Cloudlet: Resource dengan Efisiensi Biaya Terbaik untuk Aplikasimu

Cloudlet: Resource dengan Efisiensi Biaya Terbaik untuk Aplikasimu

Di platform Dewacloud, penggunaan resource container diukur dalam cloudlet. Cloudlet adalah sebuah unit pengukuran khusus yang mencakup 128 MiB RAM dan 400 MHz daya CPU secara bersamaan.

apa itu cloudlet

Kamu dapat menentukan secara akurat kapasitas yang diperlukan untuk setiap server dalam environment-mu dengan terperinci.

Dengan begitu, Dewacloud dapat menggunakan model pembayaran berdasarkan pemakaian (pay-per-use). Jadi, kamu tidak akan perlu membayar biaya untuk resource yang tidak digunakan.

Catatan: Berbeda dengan penggunaan RAM (MiB = 1024 KiB unit), penggunaan disk space dan network traffic diukur dalam megabyte (1000 KB).

Artikel ini akan menjelaskan apa saja jenis cloudlet yang digunakan di Dewacloud, cara penghitungan konsumsi cloudlet, dan di mana kamu dapat melacak penggunaan resource. Yuk, baca di bawah ini!

Jenis-jenis Cloudlet

Ada dua jenis cloudlet di Dewacloud yang bisa di-setup untuk setiap server environment melalui topology wizard Vertical Scaling per Node, yaitu Reserved dan Dynamic.

Jika sebuah layer mengandung multiple nodes, limit ini dikonfigurasikan untuk semuanya secara sekaligus (sama untuk setiap instance).

cloudlet setting

Setiap toddler merepresentasikan jenis cloudletnya:

  • Reserved Cloudlet reserved cloudlet: Cloudlet jenis ini harus di-reserved terlebih dahulu dan akan dikenakan biaya terlepas dari penggunaan resource yang sebenarnya kamu gunakan. Sebagai gantinya, kamu akan mendapat diskon otomatis berdasarkan jumlahnya.
  • Dynamic Cloudlet dynamic cloudlet: Cloudlet jenis ini akan ditambahkan dan dihapus secara otomatis menyesuaikan dengan jumlah resource yang dibutuhkan oleh aplikasi kamu pada waktu tertentu. Cloudlet akan ditambahkan saat load naik dan dihapus lagi segera setelah load turun. Jadi, kamu tetap akan membayar berdasarkan penggunaan resource yang benar-benar terpakai.reserved and dynamic cloudletJenis cloudlet ini membantu mengatasi lonjakan permintaan yang tidak terduga, tanpa ada perencanaan, coding khusus, atau membayar lebih untuk resource yang tidak kamu perlukan. Dengan menggunakan slider Dynamic Cloudlets, kamu bisa mengatur Scaling Limit container dan menentukan jumlah maksimum cloudlet untuk dialokasikan.

Untuk memperoleh profit yang maksimal, disarankan menggunakan Dynamic Cloudlet dan Reserved Cloudlet untuk mendapatkan seluruh manfaat dari automatic vertical scaling aplikasimu, dan secara bersamaan bisa mendapat keuntungan dari diskon otomatis.

Perhitungan Penggunaan Cloudlet

Jumlah cloudlet yang digunakan akan dihitung per jam dengan ketentuan berikut:

  • Untuk RAM – peak value (penggunaan RAM tertinggi per jam)
  • Untuk CPU – penggunaan rata-rata

Jumlah yang lebih besar dari kedua value di atas (tidak digabung keduanya) dianggap sebagai konsumsi environment sebenarnya yang akan dikenakan biaya berdasarkan dengan tarif provider (cek informasi lebih lanjut pada Quotas & Pricing).

Misalnya, jika selama satu jam rata-rata penggunaan CPU adalah 2400 MHz (6 cloudlet), dan penggunaan RAM tertinggi sebesar 1024 MiB (8 cloudlet), maka kamu hanya akan dikenakan biaya untuk 8 cloudlet saja (bukan jumlah total yang digabung, yaitu sebesar 14 unit).

Consumption Tracking

Penggunaan resource environment secara general, dan penggunaan resource di setiap layer atau node secara khusus bisa kamu lihat pada kolom Usage di dashboard:

consumption tracking

Untuk melihat consumption level server pada periode waktu tertentu, kamu bisa melihatnya pada bagian statistik yang sesuai atau mengecek tagihan yang dikenakan pada Billing History akunmu.

Artikel lain yang berkaitan

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Dewacloud pricing model dan mencari tahu bagaimana bisa mendapat keuntungan yang maksimal, baca artikel berikut:

dofollow”>Diskon Dewacloud: Semakin Besar Resource, Semakin Murah!