Penjelasan Lengkap Mengenai Joint Venture yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu sudah pernah dengar yang namanya joint venture? Istilah ini sangat umum digunakan dalam kerjasama bisnis dua perusahaan loh. Joint venture adalah sebuah hubungan kerjasama yang dilakukan antara dua perusahaan, biasanya perusahaan lokal dan luar negeri, untuk membangun hubungan bisnis yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Lalu, apa bedanya joint venture dengan partnership lain seperti capital venture (CV)? Yuk simak pembahasannya lebih lengkap!

Pengertian joint venture

Joint venture adalah perusahaan yang didirikan dua atau lebih entitas bisnis untuk membuat kesepakatan kerjasama bisnis dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, perusahaan yang bekerjasama adalah pihak lokal dan asing. Jika mengacu pada UU No. 25 Tahun 2007, joint venture adalah bentuk penanaman modal asing. Tujuan utamanya tentu saja adalah memberikan kekuatan ekonomi kepada perusahaan induk untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Jika dibandingkan dengan bentuk kerjasama bisnis lainnya, joint venture memiliki ciri pembeda yang mudah dipahami. Misalnya saja pada masalah jangka waktu. Joint venture memiliki batas waktu kerjasama yang lebih singkat daripada CV. Pada masalah jumlah pihak yang bekerjasama, joint venture lebih besar dari partnership atau kemitraan karena joint venture melibatkan dua atau lebih entitas bisnis yang digabungkan. Sedangkan partnership hanya melibatkan satu entitas bisnis dengan pendirinya yang bisa dua atau lebih.

Kapan waktu yang tepat melakukan joint venture

Jika kamu pemilik bisnis yang sedang berpikiran untuk meluaskan sayap bisnis dengan cara bekerjasama dengan pihak lain dan mempertimbangkan bisnis dengan modal bersama, maka inilah saat yang tepat bagimu untuk melakukan joint venture. Atau, jika kamu bekerja sama dengan pihak asing dalam hal penanaman modal, maka saat itulah joint venture harus dilakukan.

Bisnis yang wajib mendirikan joint venture

Beberapa jenis bisnis yang wajib melakukan perusahaan joint venture adalah: pelabuhan, produksi, telekomunikasi, penerbangan, pelayanan, kereta api, air minum, pembangkit tenaga atom, dan media masa. Joint venture wajib dilakukan oleh penanam modal asing terhadap perusahaan dalam negeri. Ini karena bisnis termasuk penting bagi negara dan memengaruhi hidup orang banyak. Sementara itu ada juga bisnis yang dilarang untuk melakukan joint venture seperti peralatan perang, pertahanan negara, produksi senjata, mesin, dan alat peledakkan.

Hal yang harus diperhatikan dalam joint venture

Sebelum kamu memulai joint venture, ada baiknya perhatikan beberapa hal penting terkait dengan sistemnya:

  • Tujuan khusus: perusahaan yang terlibat dalam joint venture wajib menyatakan tujuannya dalam persetujuan dan perjanjian yang dilakukan sebelum kerjasama dimulai.
  • Kesepakatan: antara pihak yang bekerjasama harus ada kesepakatan yang yang disetujui dalam bentuk tertulis, yang merincikan tentang kewajiban, rasio pembagian laba dan rugi, hak, serta kewajiban.
  • Durasi tertentu: bila tujuan kerjasama terpenuhi, pihak yang bekerjasama berhak mengakhiri hubungan bisnis tersebut, kecuali sudah ada kesepakatan sebelumnya yang menyatakan bahwa kedua belah pihak tetap bekerjasama.
  • Pembagian keuntungan: di dalam joint venture yang dilakukan, dua perusahaan yang sepakat melakukan kerjasama harus membuat perjanjian tentang pembagian rasio keuntungan. Jika tidak ada maka keuntungan akan dibagi rata.
  • Struktur usaha: pihak yang bekerjasama membuat usaha patungan dengan kontrol di salah satu aspek; aktiva, operasi, atau entitas bisnis.

Manfaat joint venture

Kerjasama dua entitas bisnis dengan sistem joint venture mendatangkan banyak manfaat, antara lain:

  • Menggabungkan sumber daya yang secara otomatis meningkatkan potensi keberhasilan usaha
  • Menggabungkan keahlian dan saling melengkapi kekuatan keahlian dari masing-masing entitas bisnis
  • Menghemat uang dalam menjalankan strategi bisnis, seperti pengeluaran untuk iklan, pameran, dan publikasi produk

Baca Juga: Bisnis Gagal – Penyebab Dan Solusinya

Nah, untuk kamu yang mempertimbangkan joint venture demi perkembangan bisnis, simak baik-baik informasi di atas ya. Semoga kamu bisa lebih mantap dalam menjalankan joint venture!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia