Pentingnya Data Science untuk Meningkatkan Efektivitas Bisnismu

Pentingnya Data Science untuk Meningkatkan Efektivitas Bisnismu

Data adalah fakta yang dihasilkan dan dikumpulkan selama bisnis berlangsung. Fakta ini dapat digunakan untuk mengukur atau merekam berbagai aktivitas bisnis, baik internal maupun eksternal. Namun, agar dapat mengelola data dengan optimal, kamu perlu menerapkan data science. Simak manfaat data science untuk meningkatkan efektivitas bisnismu dari pembahasan di bawah ini.

Penggunaan Data di Dunia Bisnis

Salah satu jenis data yang penting bagi sebuah bisnis adalah data mengenai pelanggan yang berisi matriks terkait interaksi pelanggan. Contohnya adalah status pekerjaan, jumlah pendapatan, biaya yang dikeluarkan per bulan, ketertarikan (interest), perilaku (behavior), dan sebagainya. Data yang ada bisa berguna untuk berinteraksi dengan pelanggan sehingga data tak bisa dianggap remeh karena dapat berpengaruh pula terhadap kelangsungan bisnis.

Baca Juga: Apa itu Data Warehouse, Contoh dan Fungsinya untuk Perusahaan

Apakah kamu tahu bahwa data dan informasi adalah dua hal berbeda? Data adalah fakta dan statistik mentah sedangkan informasi data yang diterjemahkan menjadi lebih akurat, spesifik, dan terorganisir untuk tujuan tertentu. Artinya, informasi adalah data yang telah diinterpretasikan dan disajikan sehingga lebih mudah dipahami dan dapat digunakan untuk mengambil suatu keputusan pada sebuah bisnis.

Bagaimana Data Science Berperan bagi Bisnis?

Setelah mengetahui penggunaan data di dunia bisnis, sekarang kamu perlu tahu bagaimana data science dapat diterapkan hingga berperan bagi efektivitas bisnismu. Simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Meningkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan

data science untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan demi efektivitas bisnismu

Di tengah maraknya penggunaan media sosial, segala hal bisa diutarakan melalui media sosial dan tak ada yang dapat membendung kenyataan jika pernyataan tersebut viral. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus dapat memberikan kualitas produk dan layanan terbaik agar ulasan atau review yang disampaikan pelanggan ke media sosial tidak merusak citra brand.

Selain itu, pengelola bisnis juga harus memiliki database pelanggan berdasarkan perilaku mereka. Isinya bisa berupa ketertarikan pelanggan, tren, serta kritik dan saran dari pelanggan. Tujuannya adalah agar pengelola bisnis dapat mengetahui apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Menurut pendiri PayPal, Max Levchin, saat ini dunia sudah ‘kebanjiran’ dengan data dan kita sudah dapat melihat target konsumen dengan lebih jelas.

Artinya, perilaku pelanggan saat ini semakin mudah terlihat karena adanya media sosial dan platform review yang memudahkan perusahaan atau bisnis untuk memantau pelanggan mereka. Kemudian, data yang ada akan diterjemahkan oleh ahli data menggunakan data science sehingga dapat memberikan informasi yang berguna bagi pengelola bisnis.

2. Membantu Pengambilan Keputusan

data science untuk membantu pengambilan keputusan demi efektivitas bisnismu

Saat ini, hampir semua perusahaan memiliki website dan media sosial. Kedua teknologi ini bisa menjadi sumber data yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki dan meningkatkan efektivitas bisnis. Misalnya untuk menganalisis strategi pemasaran baru, menentukan waktu yang tepat untuk mengeluarkan produk baru, menentukan waktu yang tepat untuk mengadakan diskon, menganalisis tren pasar, dan sebagainya.

Salah satu tujuan utama dari data science adalah untuk membantu pengambilan keputusan terbaik dan didukung oleh angka dan informasi yang tepat. Alhasil, keputusan yang dibuat akan mendorong terciptanya kebijakan yang tepat sasaran dan dapat meningkatkan keuntungan serta efektivitas bisnismu.

Baca Juga: 10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis

3. Memahami Pelanggan

data science untuk memahami pelanggan demi efektivitas bisnismu

Hasil lainnya dari analisis menggunakan data science adalah untuk membantu bisnismu memprediksi perilaku konsumen, meningkatkan pengambilan keputusan, menganalisis tren, serta menentukan cara pemasaran yang terbaik. Jika sebuah bisnis dapat melihat semakin jelas siapa konsumen yang dituju, maka kemungkinan untuk menjangkau target tersebut akan semakin besar.

Beberapa contohnya seperti data desain produk yang dapat digunakan untuk menganalisis fitur apa yang sedang dicari pelanggan, lalu hasil survei pelanggan dapat dimanfaatkan untuk menganalisis minat dan perspektif pelanggan, kemudian data terkait tren dan ketertarikan pasar dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan memprediksi tren perilaku pelanggan dalam beberapa waktu ke depan, tak lupa data kritik dan saran untuk menganalisis masalah pelanggan.

Baca Juga: 15 SEO Tools Murah, Gratis, dan Terbaik untuk Menganalisis Website Kamu

Simpulan

Demikian pembahasan tentang manfaat data science untuk meningkatkan efektivitas bisnismu. Ternyata, data science itu penting, ‘kan? Kamu bisa mulai mempelajari data science dengan mengakses free trial selama satu bulan dari DQLab. Pelajari informasi lebih lengkapnya dari website DQLab, ya!

 

Jangan lupa untuk selalu memberikan yang terbaik ketika kamu menjalankan bisnis, termasuk ketika memilih hosting untuk membuat website demi meningkatkan kredibilitas bisnismu. Pastikan kamu menggunakan cloud hosting terbaik yang tak hanya membuat website kamu cepat dan aman, tapi juga selalu dapat diandalkan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Salam sukses online!