Pentingnya Digital Branding untuk Kesuksesan Bisnis Online

Membangun branding bagi bisnis online adalah salah satu hal yang sangat penting bila ingin berkembang. Seiring berjalannya waktu, kini muncul tren baru dalam branding yakni digital branding. Pada dasarnya cara ini sama dengan branding dengan cara lama, namun dilihat dari segi platform jelas cara ini lebih efektif. Mengapa digital branding menjadi penting saat ini? Berikut beberapa alasannya.

Sebagai sarana promosi yang efisien

Jika sebelumnya branding dilakukan secara konvensional, seperti menggunakan billboard, brosur hingga memasang iklan di sebuah surat kabar. Cara seperti ini memang dirasa cukup ampuh untuk mengenalkan produk atau brand kepada masyarakat luas. Namun, perkembangan internet secara massif seperti saat ini telah menggeser cara lama tersebut.

Internet menjadi ladang baru untuk digital branding bisnis online kamu. Tercatat pengguna internet di Indonesia dalam hampir dua puluh tahun terakhir meningkat drastis. Jika pada tahun 1998 baru 500 ribu, di tahun 2017 lalu sudah mencapai 100 juta. Inilah yang menjadi peluang promosi yang sangat efisien bagi brand maupun perusahaan bila dibandingkan menggunakan cara lama. Keunggulannya jelas, bisa menekan pengeluaran perusahaan.

Baca Juga: Cara Membuat Website dengan WordPress

Lebih mudah dalam menjaring calon konsumen baru

Branding secara online juga mampu untuk menjaring calon konsumen baru. Kebanyakan calon konsumen ini akan mencari tahu produk atau brand yang mereka cari di internet sebelum membelinya. Alasannya, mereka tidak ingin mengambil risiko membeli produk yang tidak berkualitas dan memiliki testimoni buruk.

Di sinilah kamu bisa mengambil kesempatan untuk mejaring calon konsumen baru tersebut. Maka dari itu, sebaiknya buatlah digital branding semenarik mungkin tentang bisnis online kamu. Sebutkan pula apa kelebihan yang dimiliki oleh brand kamu kepada khalayak. Semakin unik, mudah dan menarik pelayanan yang ditawarkan, besar kemungkinan calon konsumen akan mencoba produk tersebut.

Meningkatan awareness kepada banyak orang

Selain untuk menjaring calon konsumen baru dalam bisnis online, digital branding juga dirasa efektif untuk meningkatkan awareness mengenai sebuah produk. Awareness ini penting dilakukan ketika kamu memiliki produk atau brand, namun belum terlalu dikenal. Dalam hal ini kamu dituntut untuk lebih kreatif dalam melakukan digital branding.

Bila kamu merasa mampu, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan influencer di media sosial. Atau dengan memanfaatkan akun media sosial brand kamu dengan konten yang unik. Inilah yang dilakukan oleh perusahaan makanan cepat saji Wendy’s dalam melakukan digital branding dan membangun reputasinya lewat Twitter. Hal ini membuatnya menjadi makin dekat dengan pesaingnya yakni McDonald.

Baca Juga: Social Media Marketing 101 Untuk Bisnis Anda

Mampu untuk membangun jaringan

Disadari atau tidak, digital branding ternyata bisa menjadi sarana kamu dan bisnis online yang sedang jalankan untuk membangun jaringan. Terutama bila bisnis online tersebut masih dalam tahap rintisan atau start up. Ingat, banyak perusahaan gagal mendapatkan jaringan yang potensial karena melakukan branding yang kurang tepat.

Bila kamu melakukan digital branding dengan cara yang menarik dan berisi portofolio perusahaan yang menjanjikan, bukan tidak mungkin akan dilirik oleh perusahaan lain yang lebih besar. Dengan begitu kamu akan mendapatkan rekanan baru dan bisa untuk membangun jaringan yang lebih luas. Kedepannya, dengan adanya jaringan yang sudah terbentuk ini diharapkan dapat memperluas pangsa pasar bisnis online.

Selain keempat hal di atas, dalam melakukan digital branding untuk bisnis online kamu juga memerlukan jaringan internet baik. Mengingat hampir semua kegiatan digital branding membutuhkan koneksi internet. Oleh karena itu, penting bagi kamu memilih penyedia layanan internet terbaik di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia