Pentingnya Web Hosting untuk Perluas Bisnis

Pentingnya Web Hosting untuk Perluas Bisnis

Jika kamu adalah seorang pebisnis, maka memanfaatkan web hosting untuk keperluan bisnismu adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Web hosting menawarkan segudang manfaat untuk mengembangkan bisnismu. Tidak hanya bisnis online, bisnis offline pun juga sangat memungkinkan untuk menggunakan layanan ini.

Ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai pentingnya web hosting bagi bisnis? Berikut Dewaweb sudah merangkum informasi lengkapnya hanya untukmu.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting atau hosting adalah layanan yang disediakan oleh penyedia bagi organisasi atau individu dan umumnya digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya bisnis. Jika kamu ingin memiliki website untuk bisnis, kamu harus memiliki layanan hostingnya terlebih dahulu. Mengapa? Tentu saja karena tanpa sebuah hosting, websitemu tidak akan bisa berjalan.

Adapun pentingnya web hosting untuk bisnis yang dapat dirasakan, mulai dari performa website yang lebih optimal, email domain yang membuat pemilik bisnis terlihat lebih profesional, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, web hosting yang dimanfaatkan untuk bisnis juga bisa membantu pemilik usaha mendapatkan kepercayaan dari pasar, sehingga mereka tidak ragu untuk melakukan transaksi. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa era digital yang berkembang pesat kerap diiringi dengan berbagai macam kejahatan siber, seperti peretasan dan scammer.

Untuk mencari tahu jenis hosting apa yang cocok untuk bisnis, kamu bisa membaca artikel Jenis-Jenis Hosting & Perbedaannya sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan membeli hosting.

Kenapa Web Hosting Penting untuk Bisnis?

Berikut adalah beberapa keuntungan yang kamu dapatkan ketika kamu menggunakan web hosting untuk bisnismu:

1. Memperluas jangkauan bisnis

Tentunya dengan menggunakan web hosting, bisnismu yang semula offline bisa di-online-kan sementara bisnis online-mu akan semakin berkembang. Mengapa? Tentu saja bisnismu akan semakin meluas. Semula kamu hanya bisa menjangkau konsumen yang dekat dengan lokasi bisnismu tetapi dengan web hosting, kamu bisa menjangkau calon konsumen yang lebih jauh dan tersebar.

Web hosting untuk bisnis dapat dirasakan karena berpotensi menjangkau target pasar secara lebih luas. Selain menggunakan media sosial, website juga bisa dijadikan sebagai tempat terbaik untuk mempromosikan produk atau jasa. Jadi, website yang digunakan untuk mempromosikan produk tersebut berpotensi lebih mudah diakses oleh masyarakat baik di dalam hingga luar negeri.

2. Meningkatkan kredibilitas

Memiliki reputasi yang baik merupakan hal penting bagi sebuah bisnis. Dengan web hosting, kamu bisa meningkatkan kredibilitas bisnismu. Caranya seperti memanfaatkan template website yang profesional hingga memilih nama domain yang menarik.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

Pada umumnya, nama domain yang unik mampu meningkatkan kepercayaan konsumen, karena memberi kesan bahwa domain tersebut tidak dapat digunakan oleh orang lain. Kredibilitas suatu bisnis juga bisa ditingkatkan dengan menampilkan nama toko atau logo, sehingga konsumen tidak ragu.

Sayangnya, apabila kamu menggunakan platform gratis yang tidak berbayar, nama domain yang dimiliki biasanya dilengkapi dengan subdomain, sebagai contoh belanjayuk.wordpress.com. Nama domain tersebut tentunya terkesan tidak profesional, karena nama tersebut bisa dimiliki oleh orang lain.

Baca juga: Membuat Website Gratis dengan Google Bisnisku

3. Memudahkan pemilik usaha untuk meningkatkan pelayanan

Web hosting juga memungkinkan bisnis kamu untuk meningkatkan pelayanan yang dimiliki kepada para pelanggan. Perlu diketahui, beberapa pemilik usaha yang menjual produk atau jasa bisa melakukan promosinya dengan membuat berbagai macam konten di website, mulai dari blog, video, dan lain sebagainya. Konten-konten yang diberikan ini bisa meningkatkan berbagai pelayanan.

Sebagai contoh, Dewaweb menyediakan produk hosting dan domain. Untuk memaksimalkan pelayanan, Dewaweb menyediakan berbagai macam konten tulisan dalam sebuah blog, mulai dari tips-tips, rekomendasi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan produk yang dimiliki. Selain membantu mempromosikan produk yang dimiliki, langkah ini juga bisa memberikan informasi tambahan untuk para konsumen.

4. Memberi kemudahan akses untuk konsumen

Website yang dimiliki dalam sebuah bisnis juga dapat memberikan kemudahan untuk konsumen mengaksesnya. Jadi, ketika produk atau jasa yang dijual melalui toko offline sudah tutup, kamu bisa mengaksesnya melalui online. Kelebihan ini yang dimanfaatkan oleh kebanyakan e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, hingga BliBli.

5. Memiliki kendali penuh dalam membangun website

Sederhananya, pemilik usaha dapat menambahkan beberapa fitur yang bisa membantu konsumen, seperti katalog produk, live chat, sistem checkout, dan lain sebagainya. Adapun beberapa akses control panel yang dapat memberikan kebebasan menginstal platform toko online, seperti WooCommerce, Prestashop, Shopify, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, apabila kamu menggunakan CMS gratis untuk web hosting bisnis, seperti Tumblr, WordPress, hingga Blogspot, website pun bisa jadi terbatas ruang geraknya. Terlebih, kamu juga harus setuju akan semua ketentuan mereka (terms) yang sewaktu-waktu dapat berubah. Selain itu, kamu juga tidak bisa kustomisasi sembarangan. Jadi dengan menyewa hosting, kamu bisa mengatur semua aspek website sesuai dengan kepentingan bisnis.

Baca juga: Daftar Domain Gratis untuk Membuat Website

6. Hemat anggaran, waktu, dan tenaga

Selanjutnya, dengan menggunakan hosting, kamu untuk tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengelola server karena penyedia hosting sudah memiliki teknisi yang berpengalaman untuk memonitor server website bisnismu.

Menggunakan layanan hosting juga membuatmu lebih hemat anggaran, waktu, serta tenaga karena kamu tidak perlu lagi repot-repot menawarkan produk jualanmu kepada calon konsumen secara konvensional, semuanya serba online!

7. Jauh lebih aman

Keamanan data merupakan faktor terpenting dalam berbisnis. Dengan menggunakan hosting, bisnismu akan jauh lebih terjaga dari serangan hacker atau pembajakan yang akan mencuri data-data penting milikmu.

Baca juga: Membuat Website Tanpa Coding dengan Page Builder

Sudah Tahu Pentingnya Web Hosting untuk Bisnis?

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa web hosting untuk bisnis memiliki berbagai banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kredibilitas website hingga produk, memudahkan pemilik usaha untuk meningkatkan pelayanan, memberi kemudahan akses untuk konsumen ketika membeli produk atau jasa, dan yang terpenting lebih aman serta memperluas jangkauan bisnismu.

Namun perlu diketahui juga bahwa manfaat web hosting untuk bisnis ini dapat dirasakan apabila kamu memilih hosting dan domain terbaik yang keamanannya sudah terjamin sehingga bisa membantu kinerja web hosting yang nantinya diakses oleh konsumen.

Semoga artikel ini membantumu, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses!