Cara Setting Addon Domain dan Bedanya dengan Subdomain

Cara Setting Addon Domain dan Bedanya dengan Subdomain

Addon domain adalah fitur yang disediakan oleh penyedia layanan web hosting yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan beberapa domain ke dalam satu akun hosting.

Dengan addon domain, pengguna dapat mengelola beberapa situs web secara terpisah menggunakan satu akun hosting yang sama. Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki bisnis online atau ingin memiliki beberapa situs web terpisah untuk keperluan pribadi atau bisnis.

Secara tidak langsung, pengguna dapat menghemat biaya hosting dan waktu administrasi domain karena semua situs web dapat dikelola dari satu tempat. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang pengertian, cara setting addon domain, dan manfaatnya dalam mengelola beberapa situs web.

Apa itu Addon Domain?

Addon domain adalah fitur yang disediakan oleh layanan hosting untuk menambahkan domain tambahan ke akun hosting yang sudah ada. Dengan menggunakan domain ini, pengguna dapat mengelola lebih dari satu website menggunakan satu akun hosting.

Setiap addon domain memiliki direktori sendiri di server yang terpisah, sehingga memungkinkan pengguna untuk memisahkan konten dan data dari setiap website yang dikelola. Domain ini juga memungkinkan pengguna untuk memiliki alamat email khusus untuk setiap domain tambahan yang ditambahkan.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin mengembangkan berbagai proyek atau bisnis online tanpa harus memiliki akun hosting terpisah untuk setiap domain yang dimiliki.

Baca juga: Tips dan Cara Membeli Domain untuk Pemula

Kelebihan Addon Domain

Adapun beberapa kelebihan addon domain yang perlu kamu ketahui, mulai dari membantu mengatur mengelola sumber daya, memberikan kemampuan untuk mengelola beberapa situs, dan lain sebagainya. Berikut kelebihannya, yakni:

  • Tidak perlu membeli hosting baru untuk membuat website baru.
  • Terdapat folder baru pada public_html yang dibuat khusus untuk meletakkan file Addon Domain website sehingga tidak bercampur dengan file domain utama.
  • Pada saat membuat domain tambahan, beberapa akun seperti File Transfer Protocol (FTP) akan dibuat secara otomatis sehingga akan memudahkanmu.

Kelebihan-kelebihan yang ada di atas bisa menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin membuat beberapa situs web tetapi ingin menghemat biaya dan mengelola semuanya dengan mudah.

Dengan adanya jenis domain ini, pengguna juga bisa memiliki alamat email khusus untuk setiap situs web dan meningkatkan profesionalitas dan jangkauan bisnis mereka secara online.

Baca juga: 10+ Aplikasi FTP Server Terbaik untuk Sistem Operasi

Perbedaan Addon Domain, Subdomain, dan Parked Domain

Addon domain kerap disamakan dengan subdomain dan parked domain. Padahal, jika kamu menelisik lebih dalam lagi, ketiganya memiliki perbedaan. Lebih jelasnya, simak perbedaan addon domain, subdomain, dan parked domain pada artikel berikut ini.

1. Addon Domain

Addon domain adalah fitur yang tersedia dalam layanan web hosting yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan domain tambahan ke dalam satu akun hosting.

Jadi, ketika pengguna memiliki satu akun hosting yang sudah terdaftar, mereka dapat mendaftarkan domain tambahan untuk diarahkan ke folder atau direktori yang berbeda dalam akun hosting yang sama.

Melalui domain ini, pengguna dapat mengelola beberapa situs web yang berbeda dengan satu akun hosting, tanpa perlu mendaftar akun hosting baru untuk setiap domain. Fitur ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang ingin memiliki lebih dari satu situs web.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Hosting dan Domain

2. Subdomain

Subdomain adalah bagian dari domain utama yang mewakili suatu bagian atau subbagian dari situs web. Subdomain biasanya ditandai dengan awalan angka atau huruf sebelum nama domain utama.

Sebagai contoh, jika sebuah situs web memiliki alamat utama www.example.com, maka subdomain-nya bisa memiliki alamat seperti blog.example.com atau shop.example.com.

Subdomain memiliki kegunaan yang beragam, seperti membedakan bagian-bagian yang berbeda dalam situs web seperti blog, toko online, atau halaman kontak.

Selain itu, penggunaan subdomain juga dapat mempermudah pengaturan dan pengelompokan konten dalam situs web.

Baca juga: Memahami Perbedaan Domain dan Subdomain Serta Contohnya

3. Parked Domain

Parked domain adalah jenis domain yang tidak digunakan untuk membuat website aktif, melainkan hanya dibiarkan tanpa adanya konten yang relevan.

Umumnya, alasan untuk menggunakan parked domain adalah untuk mengamankan domain yang memiliki nilai atau popularitas yang tinggi.

Dengan menempatkan domain tersebut di bawah kepemilikan seseorang, hal ini mencegah orang lain untuk membeli dan menggunakan domain tersebut dengan tujuan yang tidak diinginkan.

Parked domain juga dapat digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke website lain, atau sebagai alamat email yang berbeda.

Meskipun parked domain tidak aktif, mereka tetap perlu diperbarui secara berkala untuk menjamin keamanan dan kepemilikan domain tersebut.

Baca juga: Perbedaan antara Sub Domain, Parked Domain, dan Add-on Domain

Cara Setting Addon Domain

Lantas, bagaimana cara setting addon domain? Yuk, simak informasinya berikut ini:

1. Login ke cPanel

login cpanel

2. Cari “Addon Domain” pada kolom pencarian lalu pilih “Domain

addon domain - cari di kolom search

3. Pilih “Create a New Domain

addon domain - create new domain

4. Selanjutnya isi kolom dengan nama domain tambahan yang kamu inginkan. Perhatikan langkah berikut:

  • Lakukan Unchecked (tidak centang) pada kotak “Share document root” sehingga direktori penyimpanan Addon Domain akan terpisah dari direktori penyimpanan domain utama. Kolom nama direktori penyimpanan domain tambahan akan otomatis terisi
  • Subdomain akan otomatis terisi sesuai dengan nama domain tambahan
  • Klik “Submit

klik submit

Baca juga: Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri

Kesimpulan

Jadi apa itu addon domain? Addon domain adalah sebuah domain yang bisa kamu tambahkan di dalam satu web hosting yang sama dengan domain utama.

Misalnya, kamu memiliki domain utama “websiteku.com” di web hosting Dewaweb untuk berjualan produk. Lalu kamu ingin membuat addon domain “portofolikoku.com” yang isinya khusus portfolio pekerjaan kamu, hal itu bisa dilakukan dalam satu web hosting yang sama.

Semua fitur domain di atas dapat diatur dengan mudah melalui control panel hosting. Semoga artikel ini membantumu, ya. Oh ya, kamu juga bisa menggunakan domain dan hosting terpercaya dari Dewaweb yang sudah terjamin keamanannya. Salam sukses online!