Perbedaan Wix vs WordPress

Memilih platform yang tepat untuk membuat website pribadi menjadi tantangan tersendiri. Salah satu platform website pendatang baru, Wix, memberikan persaingan yang cukup sengit pada platform website terbesar, WordPress. Nah antara Wix vs WordPress, mana yang lebih baik? Apa sajakah perbedaan dari keduanya? Yuk, kita bahas.

Baca juga: Cara Membuat Website Dari Nol Terbaru, Dijamin Mudah!

Mengenal Wix dan WordPress

Meskipun masih bisa disebut sebagai platform baru, Wix sudah menguasai 1.5% pasar Content Management System (CMS). Memang, jika dibandingkan dengan WordPress yang sudah menguasai 39% dari pasar CMS, pengguna Wix sangat kecil jumlahnya. Tetapi bukan berarti Wix tidak layak untuk dijadikan pertimbangan sebagai platform untuk website kamu.

Wix

Sebagai salah satu pembuat situs web terkemuka, Wix adalah pilihan yang tepat untuk membuat segala jenis situs web. Keunggulan platform ini adalah adanya beragam template website yang bisa kamu dapatkan secara gratis atau berbayar.

Template yang disediakan oleh Wix memudahkan kamu dalam menyusun tampilan dan memvisualisasikan elemen website kamu.

Wix site editor adalah salah satu website builder dengan fitur drag-and-drop, sehingga kamu dapat menambahkan, memindahkan, dan menghapus elemen website dengan mudah.

Baca juga: Blogspot vs WordPress, Manakah yang Lebih Baik?

WordPress

Sampai sekarang WordPress menjadi pilihan terpopuler sebagai platform untuk membangun website. Sebesar 39% dari semua website menggunakan WordPress, maka tidaklah mengherankan jika komunitas pengguna WordPress sangat besar.

WordPress menyuguhkan user interface yang sangat mudah dan intuitif yang memudahkan pemula untuk menggunakan platform mereka. Tetapi, WordPress juga mendukung banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola website yang sudah berpengalaman.

Baca juga: Sejarah WordPress, Perkembangan, dan Fakta Uniknya

Perbandingan Wix vs WordPress

Untuk memudahkan perbandingan antara Wix dan WordPress, maka ada baiknya kita membahas beberapa aspek dari kedua platform website ini. Berikut adalah beberapa aspek yang akan digunakan untuk perbandingan:

Wix vs WordPress: Harga dan Biaya Penggunaan

Budget adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih platform pembuatan website kamu. Mari kita mulai dengan membandingkan biaya yang dikenakan oleh Wix dan WordPress.

Wix: Gratis – Rp 489.000/bulan

Wix menawarkan layanan gratis, sehingga kamu dapat membuat website di platform mereka dengan beberapa batasan sebagai berikut:

  • Tidak dapat menghilangkan tampilan iklan
  • Kamu harus menggunakan domain name Wix (username.wix.com/namawebsite)

Selain layanan gratis, Wix menawarkan 7 layanan berbayar dengan berbagai fitur, 3 layanan di antaranya dikhususkan untuk eCommerce.

biaya wix

WordPress: Gratis – Rp 534.000/bulan

WordPress juga menawarkan layanan gratis yang dapat digunakan untuk membuat website dengan batasan sebagai berikut:

  • Menggunakan domain WordPress (namawebsite.wordpress.com)
  • Kustomisasi website yang terbatas

Pilihan paket premium WordPress untuk personal dimulai dari Rp 89.400/bulan, dan paket bisnis/ecommerce dimulai dari Rp 298.000/bulan. Memang WordPress memiliki biaya yang lebih mahal dibanding Wix, tetapi kamu juga mendapat akses ke berbagai fitur menarik untuk website kamu.

biaya wordpress

Wix vs WordPress: Kemudahan Penggunaan

Kemudahan penggunaan mungkin dapat menjadi pertimbangan apabila kamu belum memiliki banyak pengalaman dalam membuat website. Wix dan WordPress memiliki level kemudahan penggunaan yang berbeda. Mari kita bahas.

Wix: Cocok untuk pemula

Wix adalah sebuah platform website yang menerapkan konsep Drag and Drop untuk membangun dan kustomisasi tampilan. Tentunya hal ini sangat membantu untuk para pemula dengan pengetahuan teknis yang terbatas.

Selain itu, Wix site builder adalah alat dengan konsep “What you see is what you get” (Apa yang kamu lihat, itu yang kamu dapat). Jadi kamu tidak perlu khawatir tampilan website kamu akan tidak sesuai dengan apa yang ada di Wix site builder.

wix site editor

WordPress: Lebih bermanfaat untuk yang berpengalaman

WordPress memiliki interface yang cukup mudah dimengerti, sehingga pengguna pemula dapat beradaptasi dengan mudah. Tetapi fitur-fitur advanced di WordPress akan lebih optimal kegunaannya di tangan pengelola website yang sudah berpengalaman.

Dashboard WordPress

Wix vs WordPress: Kustomisasi dan Desain

Fitur kustomisasi tentunya layak menjadi pertimbangan dalam memilih platform website kamu. Kamu perlu memastikan tema yang kamu inginkan dan semua elemen desain yang kamu butuhkan dapat diakses di penyedia platform website kamu.

Wix: Bebas dan mudah

Selain 800 pilihan template yang dapat digunakan oleh pengguna dengan layanan gratis, ada beberapa keunggulan terkait kustomisasi yang ditawarkan oleh Wix:

  • Fitur drag-and-drop untuk memudahkan pengaturan tata letak
  • Penambahan media yang terintegrasi dari unsplash
  • Fitur animasi yang terintegrasi ke site editor untuk menambahkan efek visual

WordPress: Kustomisasi tanpa batas

Jika kamu menggunakan website WordPress, maka batas kustomisasi adalah kreativitas kamu sendiri. Karena kelebihan ini, WordPress dapat menjadi jauh lebih rumit dibandingkan Wix.

Berikut beberapa keunggulan kustomisasi WordPress

  • WordPress menyediakan lebih dari 200 tema resmi buatan mereka.
  • Ada puluhan ribu tema gratis dan berbayar dari pihak ke tiga yang dapat kamu gunakan.
  • Kembangkan tema website sendiri bersama web developer dari nol.

Wix vs WordPress: Plugin dan Aplikasi

Ketersediaan plugin yang menambah dan memperbaiki fungsionalitas situs kamu juga layak dipertimbangkan. Idealnya, platform yang kamu pilih harus dapat mendukung situs kamu untuk berkembang, salah satunya dengan ketersediaan plugin.

Wix: Terbatas dan berkualitas

Layanan App Market milik Wix menawarkan 250+ plugin berbayar dan gratis yang dapat digunakan dalam beberapa klik saja. Kamu juga akan dimudahkan dalam mencari aplikasi dengan tujuan tertentu dengan adanya filter kategori.

Sebagian dari aplikasi yang tersedia adalah buatan Wix, dan sebagian lagi buatan pihak ketiga. Setiap aplikasi pihak ketiga yang ada di App Market sudah ditinjau ulang oleh team Wix untuk memastikan kompatibilitasnya dengan website berbasis Wix.

wix app market

WordPress: Kuantitas plugin dan aplikasi

Karena WordPress adalah open source platform, maka semua developer berhak mengunggah dan membagikan plugin dan aplikasi ke WordPress. Saat ini, ada lebih dari 50 ribu plugin yang tersedia di WordPress. Jadi, kamu pasti menemukan plugin yang kamu butuhkan.

Kekurangan dari open source platform adalah tidak adanya proses review sebelum sebuah plugin dapat dipublikasikan ke pasar plugin WordPress, jadi kamu harus jeli dalam memilih mana yang berkualitas, dan mana yang kurang baik untuk digunakan.

WordPress plugin

Baca juga: 7 Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Kamu Install 

Wix vs WordPress: Search Engine Optimization (SEO)

Agar website kamu dapat berkembang, kamu perlu melakukan berbagai langkah optimasi untuk search engine (SEO). Nah, Wix dan WordPress memiliki kesamaan di bidang ini: keduanya bergantung pada plugin untuk SEO. Mari kita bahas satu per satu.

Wix: Integrasi mudah dan murah

Wix menawarkan berbagai alat SEO buatan mereka sendiri kepada para penggunanya. Salah satu yang paling populer adalah Site Booster, yang akan kamu dapat saat bergabung dengan layanan premium Wix.

Ada juga beberapa tool SEO dari pihak ketiga seperti Visitor Analytic, WEB-STAT, dan lainnya. Tetapi  aplikasi pihak ketiga yang tersedia mempunyai batasan akses ke situs Wix, sehingga pilihan SEO terbaik untuk situs Wix adalah menggunakan aplikasi SEO buatan Wix sendiri.

WordPress: Plugin SEO yang lebih kuat

Sifat WordPress yang open source membuka pintu bagi para developer untuk menjual atau menyediakan plugin SEO untuk situs WordPress. Kamu juga akan menemukan plugin SEO yang sangat lengkap seperti Yoast SEO, All-in-One SEO Pack, The SEO Framework, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: 15 SEO Tools Gratis, Murah, Terbaik untuk Audit Website

Wix vs WordPress: Ecommerce

Ecommerce adalah salah satu industri bisnis yang sedang berkembang pesat. Seiring meningkatnya konsumsi online, idealnya platform website pilihan kamu juga harus mendukung fitur ecommerce untuk mendukung bisnis online kamu.

Wix: Untuk menjual beberapa jenis barang

Jika kamu ingin menjual barang atau jasa secara online, kamu dapat memilih salah satu paket ecommerce Wix. Paket ecommerce Wix sudah termasuk fitur pembayaran aman, analisa pelanggan, dan berbagai fitur ecommerce lainnya.

Setelah memilih paket, kamu dapat memilih di antara 100+ template yang disediakan oleh Wix dan mengkustomisasi tampilan toko, mengatur pembayaran, mengatur pengiriman, dan memilih domain website kamu.

wix ecommerce

WordPress: Untuk toko online besar

WordPress tidak memiliki fitur ecommerce bawaan, tetapi kamu dapat menggunakan plugin khusus toko online bernama WooCommerce. WooCommerce adalah salah satu platform toko online terbesar di dunia, dengan segudang fitur yang mendukung perkembangan bisnis online.

Plugin WooCommerce juga bersifat open source, jadi kamu dapat melakukan berbagai kustomisasi toko dengan WooCommerce Themes dan WooCommerce plugins untuk mengubah tampilan dan fitur toko online kamu.

WordPress WooCommerce

Wix vs WordPress: Blogging

Wix: Lebih cocok untuk blog kecil

Selain menawarkan 57 template blog untuk niche yang berbeda, opsi blogging di Wix memang lumayan bagus. Kamu dapat membuat kategori, tag, menjadwalkan postingan, dan menampilkan postingan terkait.

Interface yang digunakan juga sangat mudah dipahami, bahkan untuk para pemula. Hal yang disayangkan adalah layout editor yang tidak secanggih site editor karena tidak adanya fitur drag-and-drop. Fitur postingan sudah cukup baik, tapi masih sangat terbatas.

Fitur dasar seperti penambahan gambar, divider, galeri, dan video memang sudah tersedia, tapi untuk fitur lainnya, kamu harus menggunakan HTML. Wix juga bekerjasama dengan unsplash, sehingga kamu dapat menambahkan media dari situs tersebut ke blog Wix langsung dari blog editor.

WordPress: Cocok untuk blog besar

WordPress menawarkan lebih banyak opsi blogging dibandingkan dengan Wix. Kamu dapat mengontrol visibilitas posting dengan mengubah pengaturan menjadi publik, private, atau password-protected.

Fitur editor terbaru WordPress Gutenberg juga menambahkan fitur drag-and-drop layaknya site editor Wix, sehingga kamu dapat berkreasi dengan susunan artikel-artikel kamu.

Wix vs WordPress: Layanan Pelanggan

Dalam mengeksplorasi platform baru, ada kalanya kamu akan mengalami kendala dalam melakukan sesuatu. Di satu titik atau selanjutnya, pasti kamu akan membutuhkan bantuan.

Di sini kamu akan melihat perbandingan layanan pelanggan dan dukungan dari Wix dan WordPress

Wix: Help Center dan layanan pelanggan

Wix memiliki tim support yang siap membantu kamu 24/7 dalam menyelesaikan masalah. Tetapi, kamu disarankan untuk mencari solusi masalah kamu terlebih dahulu di Help Center yang memiliki berbagai artikel dan dokumentasi.

WordPress: Forum dan komunitas global

Sebagai platform open source WordPress tidak memiliki tim support khusus untuk membantu pelanggan. Sebagai gantinya, WordPress memiliki komunitas pengguna global dengan jutaan anggota yang dapat membantu menyelesaikan masalahmu.

Kamu dapat mengunjungi forum dengan jutaan postingan, komunitas di berbagai media sosial, dan halaman khusus plugin yang juga disediakan guna menyelesaikan masalah terkait plugin tertentu.

Banyaknya pengguna juga meningkatkan volume video dan artikel tutorial terkait WordPress. Kamu dapat belajar banyak dari konten gratis yang tersedia online.

Wix vs WordPress: Perawatan Website

Selain biaya berlangganan, tentunya kamu juga harus mempertimbangkan seberapa sulit dan berapa banyak biaya (jika ada) untuk merawat website kamu di platform pilihan kamu.

Wix: Membantu merawat website

Setiap terjadi pembaruan terhadap sistem Wix, tim teknis internal mereka akan membantu memberikan pembaruan tersebut ke website kamu.

Dengan kata lain, kamu hanya terima jadi mengenai pembaruan tersebut. Hal ini termasuk dengan penambahan template dan tema baru. Semuanya akan langsung dapat kamu akses tanpa perlu melakukan import atau update manual.

WordPress: Keputusan pengguna

Software WordPress sering mengalami pembaruan untuk meningkatkan fitur-fitur keamanan dan memperbaiki bugs. Ketika terjadi pembaruan, kamu dapat memilih untuk menerapkannya ke website kamu atau tidak.

Hal ini dikarenakan WordPress tidak mengharuskan pembaruan, mereka hanya memberikan pemberitahuan pada pemilik website tentang adanya pembaruan tersebut.

Simpulan

Baik Wix atau WordPress dapat membantu kamu membuat website tanpa pengetahuan coding sama sekali. Pilihan platform tentunya sangat ditentukan oleh apa yang kamu ingin capai, fungsionalitas yang dibutuhkan, dan seberapa banyak waktu dan biaya yang ingin kamu keluarkan.

Jangan lupa untuk cek layanan hosting website Dewaweb, karena kamu dapat mendapatkan akses WordPress gratis untuk membuat website terbaru kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Halaman HTML Static Dengan WordPress