Perbedaan WIX vs WordPress

Apakah kamu hobi menulis? Tapi tidak tahu dimana tempat menyalurkan hobi menulismu? Meski ada banyak platform untuk membuat website, memilih platform yang tepat untuk membuat website pribadi menjadi tantangan tersendiri. Dari banyaknya platform website yang paling terkenal yaitu Wix vs WordPress. Kedua platform tersebut memiliki perbedaan yang sebenarnya cukup mendasar. Apa sajakah perbedaan dari keduanya? Ada baiknya kamu simak ulasan di bawah ini.

WIX

Sebagai salah satu pembuat situs web terkemuka, Wix adalah pilihan yang tepat untuk membuat jenis situs web. Keunggulan platform ini adalah memiliki beragam template yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain itu, juga ada template lainnya dan sifatnya berbayar. Wix banyak digunakan terutama untuk pembuatan website e-commerce. Ini dikarenakan adanya fitur-fitur template yang sangat mudah untuk digunakan.

Jika dilihat dari segi performa maupun penggunaan, Wix memang cukup unggul.Setelah kamu membuat akun maka dapat dilanjutkan menuju dashboard dan kamu bisa langsung mengisi opsi-opsi yang ada. Pada bagian Wix editor, kamu bisa menambahkan unsur lainnya dengan mudah seperti teks maupun gambar. Adanya beberapa tools memudahkan penggunanya untuk mengatur tampilan website semakin menarik.

Sementara, untuk keamanan Wix menggunakan cara hosted platform atau dengan kata lain, pengguna tidak bisa mengubah fungsionalitas software dan aman dari kejahatan siber.Wix juga akan melakukan update secara otomatis. Namun, kekurangannya di sini adalah untuk mengetahui data yang bersifat analisis perkembangan website, kamu dianjurkan untuk menggunakan paket premium yang cukup mahal dari segi biaya.

WordPress

Lalu, saatnya kita mengulik WordPress. Setidaknya, sampai sekarang WordPress menjadi banyak pilihan bagi perusahaan besar sebagai platform untuk membangun website. Hampir sepertiga website di seluruh dunia menggunakan WordPress dalam menyimpan konten berkualitas. Maka tidaklah mengherankan jika WordPress memiliki komunitas pengguna yang sangat besar di dunia.

WordPress memiliki kemudahan dalam segi penggunaan sama seperti halnya Wix. Setelah mendaftar, kamu akan diarahkan ke dashboard yang beragam. Namun pada tahapan selanjutnya Anda akan dihadapkan pada beberapa proses yang cukup rumit khususnya bagi para pemula.

Dari segi layanan hostingnya juga berbeda dengan Wix, WordPress membebaskan penggunanya dalam memilih layanan hosting dan memberikan akses penuh untuk mengembangkan opsi lanjutan. Sebenarnya, cara seperti ini cukup rentan terkena serangan siber. Oleh karena itulah kamu perlu melakukan update secara berkala untuk melindungi website dari ancaman berbahaya tersebut.

Kesimpulan

Setelah memahami perbedaan Wix dan WordPress, kamu bisa memilih platform website yang tepat sesuai kebutuhanmu. Jika kamu ingin berniat membuat blog  maupun website untuk berbisnis e-commerce, Wix dapat diandalkan. Namun, jika kamu ingin membuat website untuk branding atau yang bersifat informatif kamu dapat memilih WordPress.

Berbicara soal kemudahan penggunaan, bagi kamu yang baru menjadi pemula, keuntungannya di sini adalah baik Wix maupun WordPress, sama-sama menawarkan keunggulan tersebut. Jadi kamu dapat mempelajari kedua platform tersebut dengan efektif dan efisien.

Di sini kesimpulannya adalah perbandingan WordPress vs Wix dari segi keamanan cukup seimbang. Keduanya menawarkan layanan dan fitur keamanan yang cukup baik, bahkan Wix memiliki layanan tersendiri dalam menjamin keamanan situsnya. Hanya saja, tingkat keamanan WordPress lebih tinggi, terlebih kalau kamu mau mempelajari semua opsi dan pengaturan yang ada.

Baca Juga: Cara Membuat Halaman HTML Static Dengan WordPress

Tidak hanya itu saja, agar website berjalan dengan baik kamu juga perlu menggunakan layanan hosting terpercaya dan terkemuka. Dengan begitu, traffic dan pengunjung website semakin banyak dan ini membawa hasil positif untuk bisnis yang kamu jalani tentunya.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia