Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membuat Halaman FAQ Website Perusahaan

Membuat halaman FAQ penting bagi sebuah brand atau perusahaan. Pasalnya, kepuasan konsumen adalah hal yang utama disamping mengenai penjualan. Kepuasan konsumen tersebut selain dilihat dari kualitas brand juga ditentukan oleh pelayanan perusahaan tersebut dalam menjawab pertanyaan konsumen melalui website. Maka dari itu, penting bagi perusahaan memiliki halaman FAQ. Untuk membuat halaman FAQ ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan di bawah ini.

Cari tahu pertanyaan yang sering diajukan konsumen

Sebagai langkah awal dalam membuat halaman FAQ, kamu harus berfokus pada kebutuhan konsumen terlebih dahulu. Caranya adalah dengan fokus pada pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan. Lalu, buatlah daftar pertanyaan dari konsumen tersebut agar semakin mudah. Biasanya konsumen bertanya seputar brand dan masalah-masalah yang bersifat umum. Atau jalan keluar dari permasalahan konsumen seputar produk.

Akan lebih baik lagi bila kamu mencantumkan pertanyaan yang sering muncul tersebut sekaligus dengan jawabannya yang sudah pasti. Dengan begitu, konsumen akan lebih cepat dalam memecahkan permasalahannya dan merasa puas dengan informasi yang diperoleh. Konsumen pun akan semakin yakin dengan brand kamu.

Bahasa yang mudah dipahami

Penggunaan bahasa juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan segmentasi konsumen. Contohnya, apabila segmentasi konsumen kalangan menengah ke atas, maka sebaiknya gunakanlah bahasa bisnis dan sedikit lebih baku. Sebaliknya, jika brand atau perusahaan kamu memiliki konsumen yang menyasar anak muda, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan kekinian.

Bahasa FAQ yang baik adalah menggunakan bahasa konsumen, jadi bukan bahasa yang digunakan oleh perusahaan. Sebaiknya pula kamu menggunakan bahasa yang persuasif agar makin mudah ditangkap dan dipahami oleh konsumen. Selain bahasa yang bersifat persuasif, gaya bahasa seperti storytelling juga makin memudahkan konsumen.

Tampilan atau interface menarik

Fungsi utama halaman FAQ adalah untuk menampung pertanyaan serta jawaban yang diberikan oleh pihak perusahaan. Setelah kamu menggunakan gaya bahasa yang sesuai segmentasi konsumen, penting pula mempertimbangkan tampilan atau interface-nya. Ingat, daya visual sangat mempengaruhi konsumen untuk membaca jawaban di halaman FAQ hingga tuntas.

Apabila visualisasi interface membosankan, maka cenderung akan ditinggalkan oleh pengunjung. Mereka pun pada akhirnya tidak membaca penjelasan hingga akhir. Kamu bisa menambahkan fitur lain seperti foto maupun video dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Bagaimana membalas pertanyaan tersebut?

Selain menggunakan media visual seperti foto maupun video, kamu pun perlu menentukan platform lainnya dalam menjawab pertanyaan konsumen. Misalnya, menghubungi secara personal melalui alamat email pribadi konsumen, media sosial, atau menelpon konsumen tersebut secara langsung. Keunggulan dari cara ini adalah konsumen akan merasa semakin dihargai dan menjaga loyalitasnya.

Atau kamu bisa menggunakan aplikasi chatbot yang akhir-akhir sering digunakan oleh perusahaan besar. Secara garis besar, sebenarnya chatbot ini memiliki fungsi yang sama dengan customer service yang dijalankan menggunakan algoritma tertentu dalam menjawab pertanyaan. Kamu pun bisa menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat selama 7×24 jam.

Seringlah mengecek FAQ di website

Selanjutnya dalam membuat halaman FAQ adalah sering-seringlah memperhatikan pertanyaan yang masuk. Untuk hal ini kamu perlu melakukan pembaharuan secara berkala seperti satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Kemudian catatlah pertanyaan-pertanyaan yang masuk, tujuannya adalah ketika di lain waktu ada pertanyaan yang sama tidak mengalami kesulitan dalam menjawab.

Kamu pun perlu mengelompokkan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bagilah pertanyaan ke dalam kategori umum. Hal ini bertujuan untuk memudahkan konsumen maupun pengunjung dalam menemukan jawaban yang mereka cari.

Cukup mudah bukan dalam membuat halaman FAQ untuk website perusahaan? Selain hal di atas, untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pelanggan, kamu perlu menggunakan layanan jasa hosting terpecaya sehingga data-data pelanggan lebih terjamin.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia