PHP Cloud Hosting dengan Dewacloud PaaS: Code, Deliver, Optimize

PHP Cloud Hosting dengan Dewacloud PaaS: Code, Deliver, Optimize

PHP dianggap sebagai salah satu bahasa yang paling mudah digunakan dari segi server-side. Penggunaan PHP untuk website kian meningkat, dan saat ini mencapai 78.9% (top 10 million by Alexa Rank). Kepopuleran PHP terbukti juga melihat banyaknya server PHP yang dijalankan oleh customer Dewacloud (Jelastic) berdasarkan data internal kami.

Artikel ini akan membahas tentang hosting cloud PHP di dalam Dewacloud PaaS. Apa saja kekhasan utamanya, winning points, dan kemampuan yang disediakan untuk menjalankan aplikasi secara efisien.

Yuk, simak!

Versi PHP di Dewacloud

Mengikuti perkembangan yang ada, Dewacloud PaaS men-support versi PHP terbaru (ketika artikel ini ditulis):

  • 7.2.33
  • 7.3.18
  • 7.4.10
Catatan: Kamu dapat langsung cek apakah aplikasi PHP kamu dapat di-deploy di Dewacloud dengan mendaftar free trial.

Kamu dapat memilih engine version yang kamu butuhkan pada saat membuat environment. Kamu juga bisa dengan mudah melakukan switch antar engine lewat Dewacloud UI yang intuitif.

php cloud hosting

Server Aplikasi PHP

Dua server aplikasi PHP disediakan secara default dan di-support oleh Dewacloud (update version atau security patch ditambahkan oleh tim Dewacloud ke dalam template):

Untuk melihat secara detail bagaimana mengkonfigurasikan server-server di atas dan mengetahui list config files yang dapat diedit, baca pada PHP App Server Configuration.

php file manager

Deployment Aplikasi PHP

Fitur zero downtime deployment menyediakan kemampuan untuk menjalankan aplikasi apapun termasuk cloud-native. Untuk mengirim project PHP kamu ke environment yang dibuat dalam Dewacloud, kamu dapat memilih salah satu opsi deployment yang tersedia: melalui Archive/URL, GIT/SVN, Bitbucket project, dan lainnya.

Selain itu, kamu dapat mengonfigurasi automatic-periodic re-deployment dari repositori (ini hanya dilakukan jika ada perubahan kode baru).

php app deployment

Semua node PHP Dewacloud-certified tersedia dengan pre-installed Composer dependency manager untuk menginstal semua package untuk deploy project yang diperlukan dengan cepat dan membuatnya tetap up-to-date.

Manajemen Domain

Untuk tujuan produksi, kamu bisa menggunakan nama domain external dan menggunakannya untuk aplikasimu sebagai ganti default domain environment. Ikuti pedoman custom domain untuk mempelajari caranya.

Dengan bantuan fitur swapping domains, kamu bisa mengupgrade dan memodifikasi aplikasimu tanpa mengalami downtime.

Kamu dapat menampilkan versi terbaru aplikasimu di test environment dan melakukan swap URL dengan production environment hanya dengan beberapa klik saja.

php custom domain

Menggunakan multiple domain di sebuah server PHP dapat meningkatkan usability, efisiensi, dan scalability. Hal ini sekaligus dapat menghemat biayamu tanpa harus membuat instance terpisah untuk aplikasi yang berbeda.

Automatic Vertical Scaling

Dewacloud mampu melakukan vertical scaling secara otomatis dengan mengubah jumlah resource (CPU dan RAM) yang dialokasikan untuk sebuah server tergantung permintaan, tanpa perlu perubahan secara manual.

Fitur ini memastikan kamu tidak akan kelebihan membayar untuk kapasitas yang tidak kamu gunakan dan menghemat waktu untuk melakukan penyesuaian terkait perubahan load.

Untuk mengatur penggunaan resource otomatis di server PHP, buka topology wizard environment dan tentukan upper scaling limit cloudlet (masing-masing berjumlah 128 MiB dan 400 MHz) menggunakan slider yang terletak di bagian atas:

php vertical scaling

Aplikasi kamu akan berjalan sesuai dengan batas yang telah ditentukan, dengan mengurangi penggunaan resource saat load turun dan meningkatkannya saat load sedang naik.

Dengan begitu, kamu hanya akan membayar resource yang benar-benar digunakan. Untuk informasi lebih lanjut, cek artikel Automatic Vertical Scaling Aplikasi dengan Dewacloud.

Manual Horizontal Scaling

Untuk menambahkan server PHP secara manual, klik Change Environment Topology. Kemudian tekan tombol “+” pada wizard dan tambahkan jumlah instance yang diperlukan.

php horizontal scaling

Jumlah maksimum server dengan tipe yang sama dalam satu layer environment tergantung pada pengaturan dari provider hosting (biasanya, jumlah limit adalah 16 node dan dapat disesuaikan dengan mengirimkan request ke support).

Seperti yang bisa dilihat, saat kamu menambahkan server tambahan, maka load balancing juga akan otomatis diaktifkan.

Untuk mengetahui info selengkapnya, baca penjelasan lebih lanjut tentang manual horizontal scaling.

Automatic Horizontal Scaling

Automatic horizontal scaling dapat diimplementasikan lewat trigger, yang memantau perubahan load aplikasi dan juga memonitor penambahan / pengurangan jumlah node.

Untuk melakukan konfigurasi trigger automatic horizontal scaling, buka Settings > Monitoring > Auto Horizontal Scaling lalu tekan tombol Add.

Dengan cara ini, kamu dapat mengonfigurasi trigger untuk stack dan resource tertentu (CPU, RAM, Network, Disk) dalam environment-mu secara terpisah. Cukup tentukan penskalaan dan terapkan perubahannya.

automatic horizontal scaling

Untuk mengetahui info selengkapnya, baca penjelasan lebih lanjut tentang automatic horizontal scaling.

Klasterisasi PHP

Menerapkan PHP Session Clustering untuk aplikasimu dapat meningkatkan availability dan failover capability dengan sticky session, yang dijalankan pada beberapa node server aplikasi.

Mekanisme ini dipastikan oleh node Memcached yang ditambahkan ke environment-mu yang digunakan sebagai penyimpanan untuk processed session’s backup.

Saat melakukan scaling out server PHP dengan deploy aplikasi, kamu akan mendapatkan salinan persisnya dengan semua konfigurasi dan file yang sama di dalamnya berkat adanya built-in data synchronization.

Selain itu, Dewacloud memiliki pre-packaged Cluster WordPress yang dapat diskalakan secara otomatis dan Cluster Magento yang tersedia dengan one-click installation untuk memastikan pengoperasian layananmu. Selain itu, kamu dapat mengemas aplikasi PHP apa pun dengan cara ini untuk melakukan otomatisasi instalasi clusternya.

clustered package installation

Koneksi Database ke Aplikasi PHP

Dewacloud menyediakan set server aplikasi database yang dapat dengan mudah di-install dan dioperasikan ke dalam environment PHP. Untuk mulai mengkoneksikan, sesuaikan aplikasimu dengan mengikuti instruksi berdasarkan database yang dibutuhkan:

Modul dan Akselerator

Di Dewacloud PaaS, kamu bisa memperluas fungsionalitas environment melalui pengaturan PHP Extension di server aplikasi yang sesuai. Kamu dapat memilih salah satu ekstensi default dan mengaktifkannya, atau mengunggah ekstensi custom sendiri. Kedua cara kerja ini dijelaskan pada PHP Modules instruction.

Sebagai jenis ekstensi PHP yang terpisah, akselerator PHP dapat ditentukan. Akselerator PHP digunakan untuk memperbesar efisiensi aplikasi kamu dengan caching bagian kode PHP yang sudah dikompilasi, yang bisa cepat dieksekusi atas permintaan pengguna.

Server Apache dan NGINX memiliki sebuah set inbuilt modules tersendiri. Cek artikel berikut untuk mengetahui tutorial mengonfigurasi beberapa macam modul lainnya:

PHP Security

SSL / TLS (Secure Sockets Layer / Transport Layer Security) adalah sebuah teknologi keamanan standar untuk membangun encrypted connection antara server web dan browser. Teknologi ini di-support oleh Dewacloud PaaS untuk memastikan bahwa semua data bersifat pribadi, rahasia, dan tidak dapat disadap oleh pihak ketiga.

Selain dengan metode proteksi yang umum dilakukan, keamanan aplikasi kamu bisa ditingkatkan dengan melakukan kustomisasi file konfigurasi PHP, yaitu php.ini. Kamu bisa mengedit sejumlah default setting di dalamnya dan menambahkan sesuai dengan kebutuhan aplikasimu.

Panduan lebih lanjut tersedia untuk server aplikasi tertentu:

Cara lain untuk memastikan keamanan aplikasimu adalah menggunakan container firewall feature. Ini memungkinkanmu untuk mengontrol availability node di dalam dan luar platform.

php firewall

“PHP selalu membuat web development menjadi mudah dan dapat diakses oleh semua orang. Pendekatan Jelastic terhadap PaaS sangat sejalan dengan misi ini. Saya berharap dapat membantu mereka membangun lebih banyak produk yang hebat,”- Rasmus Lerdorf, creator PHP.

Rasmus bergabung dengan Jelastic di tahun 2013 sebagai senior advisor dan membantu mengintegrasikan teknologi PHP ke platform. Saat ini, PHP menjadi pilihan utama bagi user bersamaan dengan Java, Ruby, Python, Node.js, .Net dan Go.

Apakah kamu mencari hosting cloud PHP yang high availability, aman, dapat diskalakan secara otomatis, dan mudah dikelola? Coba gratis sekarang dan jelajahi PHP tanpa batas dengan Dewacloud PaaS!