Mengetahui Manfaat dan Cara Cek Lokasi Server Website

Mengetahui Manfaat dan Cara Cek Lokasi Server Website

Bagi penggiat website, kamu perlu mengetahui cara cek lokasi server sebuah website. Sebab, lokasi server yang strategis menjadi faktor yang dapat berpengaruh terhadap performa website kamu di mesin pencari (search engine).

Semakin dekat sebuah server dengan pengguna, maka semakin cepat juga waktu muat sebuah website. Di artikel ini akan membahas manfaat lokasi server sebuah website serta cara mengeceknya. Langsung simak, ya.

Baca Juga: Apa Itu Server? Pengertian, Fungsi, & Jenis Aplikasi Server

Manfaat Lokasi Server Sebuah Website

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, letak geografis server berpengaruh terhadap performa website di mesin pencari. Berikut ini beberapa manfaat lokasi server:

1. Mempercepat Waktu Muat Website

Letak geografis server dapat meningkatkan waktu muat website. Jika server website kamu berada dekat dengan target pasar, waktu muatnya akan menjadi lebih cepat.

Hal ini dikarenakan jarak transfer data server dengan perangkat pencari yang dekat. Sebaliknya, jika kamu berada di Amerika Serikat dan mengunjungi website dengan server di Singapura, waktu muat website tersebut akan melambat.

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

2. Meningkatkan Posisi di Mesin Pencari

Letak geografis server secara tidak langsung dapat meningkatkan posisi website kamu di halaman hasil mesin pencari (SERP). Selain waktu muat website yang lebih cepat, mesin pencari juga menggunakan lokasi pencari sebagai faktor untuk menampilkan hasil yang relevan.

Baca Juga: Mengenal Apa itu SERP, Fitur, dan Kaitannya dengan SEO

3. Meningkatkan Traffic

Semakin tinggi posisi website kamu di mesin pencari, maka semakin besar juga kemungkinan meningkatnya traffic. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti judul halaman, relevansi dengan kata kunci, dan tujuan pengguna (search intent).

Baca Juga: 13+ Cara Meningkatkan Traffic Website, Efektif dan Ampuh!

4. Menentukan Uptime

Memilih server di lokasi berinfrastruktur baik dapat meningkatkan ketersediaan (uptime) website. Server yang berada di lokasi yang rawan bencana akan lebih sering mengalami gangguan, sehingga berisiko menurunkan ketersediaan website. Pilihlah server dengan jaminan uptime 100 persen untuk memastikan website kamu selalu tersedia.

Cara Cek Lokasi Server Website

Berikut ini situs atau cara cek server yang bisa kamu lakukan untuk menemukan lokasi server website:

1. Website Check Host

Silakan kunjungi website Check Host kemudian masukkan hostname atau alamat IP website kamu pada kolom yang tersedia dan tekan enter. Di website itu, selain akan mendapatkan lokasi server, kamu juga akan mendapatkan informasi lainnya seperti kualitas koneksi jaringan.

Di menu DNS, kamu juga dapat mengetahui lamanya waktu TTL (Time to Live) website dari IP address dan DNS yang kamu gunakan.

2. Install Ekstensi Flag untuk Mozilla dan Chrome

Cara cek server selanjutnya yakni dengan meng-install ekstensi flagfox di layanan Mozilla atau Chrome. Ekstensi tersebut dapat mengecek lokasi server website saat kamu mengaksesnya berupa gambar bendera, koordinat GPS, IP Address, ISP, dan kode pos.

Flagfox akan memastikan website yang kamu kunjungi aman karena terdapat detail rating Web of Trust.

3. Situs Who.is

Situs Who.is dapat membantumu dalam mengecek server sebuah website. Who.is akan memberikan informasi mengenai domain saat kamu melakukan pencarian IP standar dan IP terbalik. Di situs itu, kamu bisa memeriksa informasi mengenai pemilik website, provider, dan kontak keduanya.

Baca Juga: WHOIS: Data Kepemilikan Domain yang Harus Dilindungi

Cara Memilih Lokasi Server yang Tepat

Setelah kita membahas pengaruh letak geografis server terhadap website, mari kita bahas beberapa cara untuk memilih lokasi server yang tepat:

  • Lokasi Server Dekat Dengan Target Pasar

Lokasi antara server yang dekat dengan target pasar akan mempercepat waktu muat website kamu. Contohnya, jika sebagian besar target pasar kamu berasal dari di Indonesia, maka pilihlah lokasi server di Indonesia atau Singapura.

Kamu dapat melihat data ini di Google Analytics pada tab GeoLocation.

cara cek server - Geo Location pengunjung

Baca juga: Cara Menggunakan Google Analytics Sebagai Alat Tracking Bisnis

  • Pilih Server dengan Latency Terkecil

Setelah menentukan di mana server akan kamu tempatkan, saatnya memilih server dengan latency tercepat. Latency adalah waktu yang diperlukan oleh server dan browser untuk transfer data yang diukur dalam satuan milidetik (ms). Pilih server dengan latency terkecil sehingga waktu muat website menjadi lebih cepat.

lokasi server untuk latency

  • Pastikan Infrastruktur Server Memadai

Untuk memastikan ketersediaan website dan keamanan data, pastikan fasilitas server yang kamu pilih sudah memadai. Infrastruktur yang dimaksud di sini adalah aliran listrik, penataan kabel jaringan, keamanan gedung, dan sebagainya.

  • Gunakan Server dengan Uptime Tertinggi

Uptime adalah ketersediaan sebuah server, dan down time adalah waktu dimana server tidak tersedia dikarenakan perawatan atau hal lainnya. Semakin sering website kamu tidak dapat diakses, semakin besar kemungkinan posisinya menurun di SERP. Karena itu, pilihlah penyedia server dengan garansi uptime terbaik untuk website kamu.

  • Pilih Lokasi Server yang Aman

Keamanan data website kamu tentunya menjadi salah satu prioritas dalam memilih letak server. Tidak hanya keamanan digital website, tetapi juga keamanan lokasi fisik server tersebut seperti adanya petugas penjaga, generator cadangan, sistem pemadam api, dan sebagainya.

  • Pilih Penyedia Server dengan Reputasi Baik

Untuk menjaga reputasi website kamu, maka sebisa mungkin hindarilah penyedia server yang terkait dengan banyak situs ilegal.

Jika website kamu berada dalam satu server dengan situs ilegal, maka mesin pencari dapat menganggap website kamu terkait dengan aktivitas ilegal juga.

Pilihan Lokasi Server Dewaweb

Berikut adalah berbagai lokasi server dengan load speed yang cepat, selalu tersedia, dan aman yang dimiliki oleh Dewaweb:

Indonesia

Pilih lokasi ini jika kamu hanya mempunyai pengunjung website dari Indonesia. Infrastruktur server di Indonesia saat ini sudah memadai untuk website dengan traffic besar.

Singapore

Pilih lokasi ini jika mayoritas pengunjung website kamu berada di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan sekitar Asia. Singapura merupakan titik tengah dari negara-negara Asean, sehingga cakupannya cukup luas.

USA

Pilih lokasi ini jika pengunjung website kamu tersebar di seluruh dunia. Server kami berada di San Jose, lokasi yang sangat strategis karena terletak di West Coast sehingga negara-negara Asia dapat mengakses website dengan kecepatan yang relatif tinggi.

Baca Juga: Mengenal Apache sebagai Web Server Open Source Gratis

Perbedaan Server Dewaweb dan Layanan Lainnya

Dewaweb terus menambahkan pilihan lokasi data center sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan permintaan pasar. Kami juga mengenakan tarif yang sama untuk setiap lokasi untuk mempermudah penghitungan budget pelanggan.

Semua infrastruktur server kami menyediakan unlimited bandwidth. Kami selalu pastikan bahwa kapasitas jaringan dan data center setiap lokasi berada pada kondisi maksimal, fully redundant dengan jaminan 100 persen uptime.

Tutorial Pemilihan Lokasi Server Dewaweb

Pemilihan server di Dewaweb sangat mudah, kok. Setelah kamu melakukan pemilihan paket hosting website yang ingin dipesan, kamu akan melihat dialog berikut ini:

Lokasi Server Dewaweb

Jika kamu ingin memilih lokasi lain, cukup klik menu lokasi server yang diinginkan (saat ini ada 3: Singapore, Indonesia dan San Jose – USA). Dewaweb akan terus menambahkan pilihan lokasi server di masa yang akan datang.

Baca Juga: Mengenal Pengertian JSON yang Lebih Sederhana dari XML

Simpulan

Setelah membaca artikel ini tentunya kamu menjadi tahu bagaimana cara cek server untuk mengetahui lokasi sebuah website. Lokasi server ini memang tidak memengaruhi performa website secara langsung di halaman hasil pencarian.

Pun demikian, lokasi server berkontribusi dalam menentukan cepat atau lambatnya sebuah website dimuat. Oleh karena itu, pilihan lokasi server terbaik untuk website kamu adalah yang terdekat dengan target pembaca atau pengunjung yang kamu ingin capai.

Jadi, jangan sampai salah pilih, ya! Jika kamu membaca artikel ini, tentunya kamu berada di Indonesia. Server kami terletak di Jakarta, sehingga kamu dapat memuat halaman ini dalam beberapa detik saja. Jangan lupa gunakan layanan hosting terbaik agar website kamu punya uptime 100 persen.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb, serta mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks.

Asset Blog Dewaweb
Dewaweb Team

Dewaweb Team menuliskan artikel dengan sepenuh hati. Topiknya mulai dari bisnis online, digital marketing, sampai website development. Yuk daftarkan email kamu ke newsletter Dewaweb di sebelah kanan untuk mendapatkan info terbaru dari Dewaweb!