pengaruh lokasi server ke website

Pengaruh Lokasi Server untuk Website dan Cara Memilihnya

Lokasi server adalah faktor yang secara tidak langsung dapat berpengaruh terhadap performa website kamu di mesin pencari (search engine). Hal ini dikarenakan semakin dekat sebuah server dengan pengguna, maka semakin cepat juga waktu muat sebuah website.

Ada juga beberapa faktor lain yang menjadikan letak geografis server salah satu pilihan krusial untuk website kamu. Yuk, kita bahas pengaruh letak geografis server terhadap website secara lebih lengkap.

Pengaruh Lokasi Server Pada Sebuah Website

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, letak geografis server berpengaruh terhadap performa website di mesin pencari. Berikut beberapa pengaruhnya:

Mempercepat Waktu Muat Website

Letak geografis server dapat meningkatkan waktu muat website. Jika server website kamu berada dekat dengan target pasar, waktu muatnya akan menjadi lebih cepat.

Hal ini dikarenakan jarak transfer data server dengan perangkat pencari yang dekat. Sebaliknya, jika kamu berada di Amerika Serikat dan mengunjungi website dengan server di Singapura, waktu muat website tersebut akan melambat.

Meningkatkan Posisi di Mesin Pencari

Letak geografis server secara tidak langsung dapat meningkatkan posisi website kamu di halaman hasil mesin pencari (SERP). Selain waktu muat website yang lebih cepat, mesin pencari juga menggunakan lokasi pencari sebagai faktor untuk menampilkan hasil yang relevan.

Meningkatkan Traffic

Semakin tinggi posisi website kamu di mesin pencari, maka semakin besar juga kemungkinan meningkatnya traffic. Tentunya hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti judul halaman, relevansi dengan kata kunci, dan tujuan pengguna (search intent).

Menentukan Uptime

Memilih server di lokasi berinfrastruktur baik dapat meningkatkan ketersediaan (uptime) website. Server yang berada di lokasi yang rawan bencana akan lebih sering mengalami gangguan, sehingga berisiko menurunkan ketersediaan website.

Pilihlah server dengan jaminan uptime 100% untuk memastikan website kamu selalu tersedia.

Cara Memilih Lokasi Server yang Tepat

Setelah kita membahas pengaruh letak geografis server terhadap website, mari kita bahas beberapa cara untuk memilih lokasi server yang tepat:

Lokasi Server Dekat Dengan Target Pasar

Lokasi antara server yang dekat dengan target pasar akan mempercepat waktu muat website kamu. Contohnya, jika sebagian besar target pasar kamu berasal dari di Indonesia, maka pilihlah lokasi server di Indonesia atau Singapura.

Kamu dapat melihat data ini di Google Analytics pada tab GeoLocation.
Geo Location pengunjung

Baca juga: Cara Menggunakan Google Analytics Sebagai Alat Tracking Bisnis

Pilih Server dengan Latency Terkecil

Setelah menentukan di mana server akan kamu tempatkan, saatnya memilih server dengan latency tercepat. Latency adalah waktu yang diperlukan oleh server dan browser untuk transfer data yang diukur dalam satuan milidetik (ms). Pilih server dengan latency terkecil sehingga waktu muat website menjadi lebih cepat.

lokasi server untuk latency

Pastikan Infrastruktur Server Memadai

Untuk memastikan ketersediaan website dan keamanan data, pastikan fasilitas server yang kamu pilih sudah memadai. Infrastruktur yang dimaksud di sini adalah aliran listrik, penataan kabel jaringan, keamanan gedung, dan sebagainya.

Gunakan Server dengan Uptime Tertinggi

Uptime adalah ketersediaan sebuah server, dan down time adalah waktu dimana server tidak tersedia dikarenakan perawatan atau hal lainnya. Semakin sering website kamu tidak dapat diakses, semakin besar kemungkinan posisinya menurun di SERP. Karena itu, pilihlah penyedia server dengan garansi uptime terbaik untuk website kamu.

Pilih Lokasi Server yang Aman

Keamanan data website kamu tentunya menjadi salah satu prioritas dalam memilih letak server. Tidak hanya keamanan digital website, tetapi juga keamanan lokasi fisik server tersebut seperti adanya petugas penjaga, generator cadangan, sistem pemadam api, dan sebagainya.

Pilih Penyedia Server dengan Reputasi Baik

Untuk menjaga reputasi website kamu, maka sebisa mungkin hindarilah penyedia server yang terkait dengan banyak situs ilegal.

Jika website kamu berada dalam satu server dengan situs ilegal, maka mesin pencari dapat menganggap website kamu terkait dengan aktivitas ilegal juga.

Pilihan Lokasi Server Dewaweb

Dewaweb menyediakan 4 lokasi penempatan server yang dapat kamu pilih. Tentunya lokasi-lokasi ini sudah memenuhi semua kriteria untuk memastikan website yang berada di server kami mempunyai load speed yang cepat, selalu tersedia, dan aman.

Berbagai Lokasi Server yang Tersedia di Dewaweb:

Indonesia

Pilih lokasi ini jika kamu hanya mempunyai pengunjung website dari Indonesia. Infrastruktur server di Indonesia saat ini sudah memadai untuk website dengan traffic besar.

Singapore

Pilih lokasi ini jika mayoritas pengunjung website kamu berada di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan sekitar Asia. Singapura merupakan titik tengah dari negara-negara Asean, sehingga cakupannya cukup luas.

USA

Pilih lokasi ini jika pengunjung website kamu tersebar di seluruh dunia. Server kami berada di San Jose, lokasi yang sangat strategis karena terletak di West Coast sehingga negara-negara Asia dapat mengakses website dengan kecepatan yang relatif tinggi.

Perbedaan Server Dewaweb dan Layanan Lainnya

Dewaweb terus menambahkan pilihan lokasi data center sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan permintaan pasar. Kami juga mengenakan tarif yang sama untuk setiap lokasi untuk mempermudah penghitungan budget pelanggan.

Semua infrastruktur server kami menyediakan unlimited bandwidth. Kami selalu pastikan bahwa kapasitas jaringan dan data center setiap lokasi berada pada kondisi maksimal, fully redundant dengan jaminan 100% uptime.

Tutorial Pemilihan Lokasi Server Dewaweb

Pemilihan server di Dewaweb sangat mudah, kok. Setelah kamu melakukan pemilihan paket hosting website yang ingin dipesan, kamu akan melihat dialog berikut ini:
Lokasi Server Dewaweb

Jika kamu ingin memilih lokasi lain, cukup klik menu lokasi server yang diinginkan (saat ini ada 3: Singapore, Indonesia dan San Jose – USA). Dewaweb akan terus menambahkan pilihan lokasi server di masa yang akan datang.

Simpulan

Lokasi server memang tidak memengaruhi performa website secara langsung di halaman hasil pencarian. Meskipun demikian, lokasi server berkontribusi dalam menentukan cepat atau lambatnya sebuah website dimuat. Sehingga, pilihan lokasi server terbaik untuk website kamu adalah yang terdekat dengan target pembaca atau pengunjung yang kamu ingin capai.

Jadi, jangan sampai salah pilih, ya! Jika kamu membaca artikel ini, tentunya kamu berada di Indonesia. Server kami terletak di Jakarta, sehingga kamu dapat memuat halaman ini dalam beberapa detik saja. Jangan lupa gunakan layanan hosting terbaik agar website kamu punya uptime 100%. Selamat berbisnis online!