Smart Footer System: Plugin Footer WordPress Terbaik

Footer menjadi salah satu elemen penting dalam anatomi sebuah website. Dengan footer, pemilik website bisa memberikan catatan informasi berupa sitemaps, copyright, privacy policy, atau informasi lain yang berguna bagi pengunjung.

Bagi pengguna CMS WordPress, tidak perlu khawatir jika ingin membuat footer karena WordPress memiliki berbagai plugin yang bisa membantu kamu untuk membuat footer dengan mudah. Salah satu plugin footer WordPress yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Smart Footer System.

Di artikel ini, kami akan membahas semua tentang Smart Footer System, mulai dari fitur-fiturnya, mode dan cara menggunakannya.

Apa itu Smart Footer System?

Smart Footer System (SFS) merupakan salah satu plugin footer WordPress premium terbaik dengan harga terjangkau. Plugin ini dapat membuat tampilan maupun layout footer website sesuai keinginanmu.

Tidak hanya itu, tampilan responsive smart footer system juga memberikan hasil maksimal yang akan menarik perhatian pengunjung. Kamu bisa mengkombinasikan plugin Elementor, Visual Composer, Fusion Builder, Enfold Builder atau pembuat halaman lainnya dengan HTML custom.

Baca Juga: 4 Plugin PDF WordPress Terbaik

Fitur Utama Smart Footer System

Smart Footer System memiliki 9 fitur utama yang bisa kamu coba, antara lain:

  • Sangat Responsive.
  • Sangat mudah dikustomisasi.
  • Memiliki lebih dari 30 style berbeda.
  • Pengaturan panel khusus untuk WooCommerce.
  • Kompatibel dengan WPML untuk Situs Multi bahasa.
  • Mampu mendeteksi tipe post dari theme secara otomatis.
  • Pilihan untuk menonaktifkan footer untuk setiap perangkat seperti Desktop, Tablet, dan Mobile.
  • Terdapat berbagai jenis animasi beserta kecepatannya.
  • Terdapat opsi auto show dan auto hide.

Mode Smart Footer System

Smart Footer System memiliki beberapa mode, yaitu:

Normal footer

Normal footer adalah footer yang terletak pada bagian bawah website seperti footer pada umumnya. Dan jika kamu memilih mode ini, maka footer custom akan menggantikan footer default dari theme. Tidak bisa menambahkan animasi ataupun special effect.

Reveal footer

Reveal footer adalah mode footer yang sesuai untuk website sederhana yang memuat infromasi pentingnya di bagian footer. Reveal footer akan memperlihatkan footer block pada bagian bawah page, tapi footer-nya akan mengikuti saat kamu nge-scroll.

Slide up footer

Slide up footer merupakan footer yang kaya akan fitur. Sekalinya diaktifkan, kamu akan mendapat control panel dengan pengaturan “Settings” dan “Handle Style”. Pada Settings, kamu bisa memutuskan apakah kamu ingin membuka footer handle dengan klik atau mouse hover.

Kamu juga bisa menentukan ukuran tinggi dari konten footer, tinggi dan warna posisi separator di bawah handle, mengatur animasi dari footer handle, mengatur kecepatan membuka konten footer, dan kamu juga bisa memutuskan apakah kamu ingin membuka konten footer secara otomatis atau tidak saat pengguna mencapai bagian akhir page.

Banner footer

Banner footer didesain untuk menyediakan pengalaman navigasi yang unik bagi pengguna desktop dan mobile. Jika memilih mode ini, maka kamu bisa membuat 2 gaya yang benar-benar berbeda dan unik untuk berbagai perangkat.

Kamu dapat menentukan padding vertikal atau horizontal, mengatur alignment dari konten tekstual di dalam banner dan mengatur kecepatan membuka konten footer.

Kamu juga bisa menentukan semua parameter untuk background banner dan menyesuaikan tombol yang akan ditampilkan pada banner bersama teks.

Banner Footer dari plugin footer WordPress ini juga menawarkan pilihan untuk menambahkan opsi tambahan supaya banner tidak terlalu menutupi konten web (invasif) dengan mengaktifkan Auto Show dan Auto Hide.

Accordion

Accordion menawarkan kesempatan untuk memperlihatkan konten footer hanya saat user mengeklik pada custom bar dengan central icon dan dua teks pendek pada sisi-sisinya di bagian akhir page, yang menunjukkan footer sebagai sebuah harmonika.

Ini merupakan cara yang elegan dan non-invasif untuk memperlihatkan konten, yang itu bisa teks, gambar, atau apa pun yang dibuat dengan Page Builder atau HTML.

CSS3 Footer

CSS3 Footer adalah mode footer yang mengizinkan kamu untuk memperlihatkan konten footer dengan animasi sederhana di CSS3. Kamu bisa memilih kombinasi hingga 81 style berbeda. Plugin footer WordPress ini akan secara otomatis menonaktifkan animasi pada perangkat mobile untuk performance yang lebih baik.

Baca Juga : Cara Install WordPress di cPanel

Cara Menggunakan Smart Footer System

Berikut ini cara menggunakannya:

smart footer system1
[Foto: Centerklik.com]
Setelah plugin diaktifkan, terdapat menu baru yang bernama “Smart Footer System”, silahkan klik menu Smart Footer System » Settings, dan kamu akan mendapati halaman pengaturan dengan tampilan yang mudah.
smart footer system2
[Foto: Centerklik.com]
Selanjutnya, jika kamu pengguna page builder seperti Visual Composer akan jauh lebih mudah menggunakan plugin ini. Ada banyak sekali sample tema footer yang sudah disiapkan untuk mendukung visual composer. Kamu bisa melakukan sample import footer di bagian menu tab “Import / Export Footer” dan klik tombol “Import Demos”.
smart footer system3
[Foto: Centerklik.com]
Masih dibagian Settings, kamu bisa mengatur beberapa footer, seperti dibagian homepage atau blog bisa memilih footer yang berbeda dengan footer yang akan kamu tampilkan pada bagian Single Post, Woocommerce maupun bagian Archive.

Jika sudah selesai melakukan konfigurasi pada bagian settings silahkan untuk menyimpan dengan klik “Save Changes”.

smart footer system4
[Foto: Centerklik.com]
Langkah berikutnya untuk membuat footer, kamu bisa membuat sendiri dengan klik Smart Footer System » Add New Footer, atau mengedit contoh-contoh footer yang sudah di import sebelumnya dengan langsung masuk ke bagian Smart Footer System » Footers.

Pada bagian “Footers” ini ada sekitar 24 contoh footer yang siap pakai. Untuk pemula dan pengguna page builder visual composer, kami sangat menyarankan untuk mengedit sample footer yang sudah tersedia agar lebih mudah.

Baca Juga: Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips ini!

Pada artikel ini kami akan mencoba untuk membuka salah satu contoh footer yang sudah tersedia yaitu Accordion Footer 2. Kemudian, untuk pengaturan Smart Footer Setting terletak dibagian bawah editor seperti gambar berikut.

smart footer system5
[Foto: Centerklik.com]
Pengaturan ini terbagi menjadi 2 bagian meliputi bagian Settings dan bagian Footer Type. Untuk bagian setting di menu tab “General” terdiri dari Background, border, body dan display tersedia area untuk Custom CSS di bagian menu tab “Advance”.
smart footer system6
[Foto: Centerklik.com]
Bagian kedua untuk “Footer Type” ada bagian menu scroll down berisikan beberapa type footer seperti Accordion, normal, reveal, slide up, banner dan Css3 animation. Sedangkan pada bagian Settings ini berbeda-beda tergantung dari Footer Type yang kamu pilih.

Untuk contoh yang kami buka ini karena memilih type Accordion maka pada bagian Setting akan muncul menu tab untuk pengaturan Type, Icon, Text dan Fonts.

smart footer system7
[Foto: Centerklik.com]
Kamu bisa melihat hasil dari footer type Accordion yang sudah disediakan pada gambar dibawah ini.
smart footer system8
[Foto: Centerklik.com]
Itulah penjelasan tentang salah satu plugin footer WordPress terbaik bernama Smart Footer System. Plugin ini mendapat review yang positif dari para penggunanya karena kelebihan-kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya dan sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin membangun website sendiri. Harganya hanya $16 di Code Canyon dengan standar lisensi Envato.

Demikian penjelasan tentang plugin Smart Footer System. Selain menggunakan plugin terbaik, jangan lupa juga untuk memilih web hosting Dewaweb yang memiliki beragam harga hosting hingga hosting gratis.