12+ Plugin Instagram Terbaik untuk Website WordPress Kamu

12+ Plugin Instagram Terbaik untuk Website WordPress Kamu

Instagram bisa jadi sumber konten yang bagus untuk website. Kini, berkat melimpahnya plugin Instagram WordPress, memasukkan konten visual menarik dari akun Instagram ke website menjadi pekerjaan yang sangat mudah. Tampilannya juga bisa diatur sesukamu agar tampak lebih estetik.

Berapapun anggaranmu, bahkan jika kamu tidak mau mengeluarkan anggaran sedikitpun, ada beberapa online tool yang bagus untuk menampilkan konten Instagram di website. Berikut Dewaweb akan memberikan daftar plugin Instagram yang gratis dan tentunya oke untuk situs WordPress kamu.

Cek lebih lanjut apa saja yang ada dalam daftar plugin Instagram WordPress terbaik berikut ini!

Baca juga: 5 Plugin Invoice Terbaik untuk Website WordPress

1. Smash Balloon

smash balloon - plugin instagram

Tidak mengherankan jika plugin satu ini menjadi salah satu plugin Instagram WordPress teratas. Smash Balloon adalah plugin Instagram WordPress gratis yang populer dengan peringkat pengguna yang bagus dan diinstal oleh lebih dari 1 juta pengguna.

Plugin ini memberi berbagai pilihan untuk menampilkan feed Instagram di seluruh website page. Setiap feed bisa menampilkan foto dari beberapa akun (tidak hanya satu). Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa website menampilkan kumpulan foto yang konstan dari berbagai sumber.

Kamu bisa mengontrol bagaimana konten gambar/ visual ingin ditampilkan di website. Selain itu, kamu juga bisa mengubah lebar dan tinggi foto serta jumlah gambar yang ingin ditampilkan pada satu waktu tertentu.

Karena plugin ini sangat responsif bagi mobile device, konten Instagram kamu juga bisa terlihat oke di perangkat apapun. Plugin ini juga diperbarui secara berkala untuk memastikannya tetap kompatibel dengan perubahan terbaru pada algoritma Instagram.

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara

2. Feed Them Social

feet them social - plugin instagram

Jika kamu lebih suka pakai satu plugin saja untuk menampilkan konten dari berbagai macam media sosial sekaligus di website, maka Feed Them Social ini bisa jadi pilihan. Versi gratis dari plugin ini sudah mendukung feed Instagram, Facebook, Twitter, dan Pinterest board.

Di versi premiumnya, kamu bisa mendapat berbagai opsi pro lain yang memberikan keleluasaan lebih dalam mengatur tampilan. Sementara itu di versi gratis, kamu sudah bisa memilih untuk menampilkan konten dari berbagai feed dan akun termasuk milikmu sendiri atau orang lain.

Konten dari media sosial tersebut bisa ditampilkan di postingan pada page tertentu dan di berbagai konten lainnya, atau juga di area sidebar website. Semua konten juga sudah responsif untuk perangkat mobile dengan kompatibilitas maksimum.

3. Enjoy Plugin for Instagram

enjoy - plugin instagram

Plugin satu ini memberi berbagai pilihan yang bagus untuk menampilkan konten Instagram di situs WordPress kamu. Enjoy Social Feed memastikanmu mengitegrasikan feed Instagram ke situsmu sesuai kebutuhan.

Plugin satu ini juga bisa mengimpor konten dari akun pengguna dengan hashtag tertentu. Kamu juga bisa memilih opsi penggunaan widget sidebar/shortcode untuk menampilkan feed IG di website.

Berkat plugin Instagram WordPress ini, kamu dapat dengan mudah memasukkan feed ke dalam posting dan page di website. Ada mode grid dan carousel yang bisa kamu pilih, juga efek lightbox untuk gambar Instagram dengan versi yang lebih besar.

Baca Juga: Intip Iklan Kompetitor Pakai Facebook Ads Library, Ini Caranya

4. AccessPress iFeed

accesspress - plugin instagram

Untuk tampilan yang agak berbeda, AccessPress iFeeds hadir dengan tiga tata letak yang unik untuk dijadikan pilihan tampilan feed kamu.

Plugin Instagram WordPress gratis ini menyediakan tampilan mode dasar, slider atau lightbox yang bisa dipilih. Kamu bisa menampilkan feed dalam tampilan mosaik dengan efek floating yang keren.

Selain itu, kamu juga bisa membagikan jumlah like dan menambahkan tombol follow untuk meningkatkan jumlah pengikut Instagram kamu. AccessPress iFeed mudah digunakan dengan UI yang interaktif. Kamu juga bisa upgrade ke versi premium untuk membuka lebih banyak fitur bervariasi lainnya.

Agar plugin ini berfungsi, kamu bisa menggunakan widget atau shortcode dan meletakannya di tempat yang diinginkan, kemudian gunakan Instagram API untuk menampilkan feed Instagram di page kamu.

5. Intagrate Lite

intagrate - plugin instagram

Intagrate Lite adalah plugin Instagram praktis yang memungkinkanmu mengintegrasikan feed IG ke dalam website WordPress secara otomatis. Ya, ketika kamu mengupload postingan baru di IG, maka plugin ini akan otomatis menambahkannya di website kamu.

Intagrate Lite memungkinkan menyesuaikan judul posting, isi teks dan bahkan mengatur gambar terakhir dari feed IG secara otomatis. Kamu juga bisa menautkan gambar ke Instagram atau menyimpannya ke  library WordPress.

Kamu cukup login ke Instagram untuk mengotorisasi plugin dan membiarkannya mengakses konten. Praktis dan mudah bukan?

Baca Juga: Rekomendasi Plugin Marketing WordPress Terbaik

6. Social Feed Gallery

social feed gallery

Plugin Social Feed Gallery menawarkan kemudahan untuk menampilkan postingan feed IG di website WordPress. Plugin ini diklaim paling user-friendly karena dibangun untuk memudahkan pengintegrasian sosial media dengan beragam fitur yang ditawarkan.

Tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan plugin ini secara gratis. Namun untuk fitur yang lebih lengkap, kamu bisa membayar mulai dari $30 untuk menikmati keunggulan versi premiumnya. Di versi berbayar, kamu bisa menambahkan sebanyak-banyaknya akun IG dan membuat feed terpisah untuk setiap akun.

Selain itu, kamu mendapat ekstra layout dan opsi kustomisasi seperti tombol Load More, menambahkan avatar image, username dan deskripsi.

7. Photonic

photonic

Photonic memberikan kemudahan untuk menambahkan galeri ke dalam website WordPress kamu. Selain dari Instagram, kamu juga bisa memasukkan foto dari berbagai platform berbagi foto dan video seperti Flickr, Google Photos, SmugMug, Zenfolio, YouTube, Vimeo dan sebagainya.

Kamu bisa memilih berbagai jenis layout, misalnya slideshow, mosaic, masonry, dan grid agar galeri website kamu makin menarik. Tak perlu khawatir, kamu bisa menikmati fitur Photonic secara gratis.

Baca Juga: 20 Aplikasi Mockup Website untuk Web Designer

8.Featured Image from URL (FIFU)

FIFU

Sedikit berbeda dengan yang lain, FIFU memungkinkanmu menambahkan gambar dari luar WordPress, salah satunya dari postingan Instagram sebagai featured image blog website kamu. Plugin ini bisa kamu gunakan secara gratis dan berbayar.

Karena keunikannya, plugin ini telah membantu ribuan situs web di seluruh dunia menghemat uang untuk penyimpanan, pemrosesan, dan hak cipta. Kalau kamu tidak ingin membuang waktu dan resource untuk thumbnail, pengoptimalan dan mengunggah gambar, plugin ini sangat cocok untuk kamu.

9. 10WebSocial

10websocial

10WebSocial merupakan plugin untuk menambahkan postingan IG ke website WordPress kamu. Telah di-download oleh lebih dari 50.000 pengguna untuk membantu pengintegrasian instagram ke situs web. Selain responsif, plugin ini juga mendukung semua device.

Dengan plugin ini, kamu dapat mudah mengkustomisasi postingan Instagram untuk ditampilkan pada website. Ada beberapa layout menarik yang bisa kamu pilih untuk memperlihatkan postingan medsos, mulai dari mode thumbnails, masonry, image browser, hingga infinite scroll.

Baca Juga: Mau Buat Feed Instagram Aesthetic? Ikuti 5+ Cara Ini!

10. Envira Photo Gallery

envira

Kalau kamu ingin menampilkan bukan hanya dari postingan Instagram saja, plugin ini cocok untuk membantumu. Envira Photo Gallery memberikanmu kemudahan dalam membuat galeri foto dan video dari berbagai platform atau juga menguploadnya dari device kamu.

Dengan plugin Envira, kamu dapat membuat galeri dengan kustomisasi CSS. Galeri yang kamu buat menggunakan plugin ini sudah pasti responsif sehingga optimal untuk kecepatan website. Fitur yang ditawarkannya beragam, termasuk drag&drop, lightbox images dan juga berbagai add on seperti videos, watermark, pagination, deeplinking, dan sebagainya.

Kamu bisa mendapatkan fitur yang ditawarkan Envira dengan membayar mulai dari $26 per tahun.

11. Soliloquy

soliloquy

Soliloquy memungkinkanmu membuat slider pada website berisi postingan Instagram. Kamu dapat menambahkan postingan dari akun kamu sendiri, postingan yang kamu sukai, atau postingan dengan hashtag tertentu.

Tak hanya itu, Soliloquy juga memungkinkanmu mengimpor postingan dari beberapa platform, seperti Pinterest, YouTube, dan Vimeo. Plugin ini menyediakan template slider dan bisa kamu kustomisasi untuk website WordPress. Beberapa fiturnya meliputi drag&drop builder, product slider untuk website toko online, lightbox, dan dynamic slider.

Sayangnya, kamu perlu membayar sejumlah biaya mulai dari $17 per tahun untuk menikmati fitur yang ditawarkan Soliloquy.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

12. WPZOOM Social Feed Widget

wpzoom

Sedikit berbeda dari yang lainnya, plugin ini menyediakan layanan untuk menampilkan link dalam bentuk ikon ke berbagai media sosial termasuk Instagram di website WordPress. WPZOOM menyediakan lebih dari 400 desain ikon sosial media yang bisa kamu pilih dengan 100 lebih integrasi ke situs social network.

Penggunaannya pun cukup mudah dengan fitur drag and drop, sehingga kamu bisa mengaturnya dengan praktis. Dengan plugin ini, menambahkan ikon media sosial di footer ataupun sidebar website jadi lebih mudah. Terlebih lagi, kamu bisa menggunakannya dengan gratis. Meski begitu, WPZOOM juga menyediakan fitur premium dengan keunggulan yang lebih banyak seperti mengupload desain ikonmu sendiri.

13. Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons

social media share button

Mirip seperti WPZOOM, plugin satu ini juga memungkinkanmu membagikan link media sosial, termasuk Instagram dalam bentuk ikon ke dalam website. Dengan ratusan koleksi ikon tombol dan beragam opsi penyesuaian, kamu dapat memilih ikon yang sesuai dengan tema website kamu.

Selain membagikan ikon media sosial, Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons memungkinkan untuk menampilkan berapa kali postingan kamu telah dibagikan. Jadi, pengunjung bisa tahu seberapa populer konten-konten kamu. Ada juga fitur form berlangganan untuk menjaring lebih banyak pengunjung ke website kamu.

Baca Juga: Cara Mudah Mengubah Font Bio di Instagram Jadi Makin Keren

Pilih Plugin Instagram Terbaik untuk Websitemu

Itu dia berbagai plugin Instagram terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan feed di website. Kamu bisa pilih sesuai budget dan kebutuhanmu.

Bagi kamu yang sedang mengoptimasi blog baru, Dewaweb punya panduan lengkap yang bisa kamu baca. Download e-book “10 Langkah Optimasi Blog Baru” berikut dengan mendaftarkan email kamu ya!

[sibwp_form id=14]

 

Sebagai provider hosting murah dan vps murah, khususnya cloud hosting Indonesia terbaik dengan sertifikat kualitas internasional, Dewaweb berkomitmen untuk membantumu sukses secara online. Baca artikel-artikel informatif di blog Dewaweb terkait website, digital marketing, tutorial dan yang lainnya ya! Selamat mengembangkan website, semoga sukses!