15 Plugin WordPress Untuk Website Bisnis Anda Dewaweb

Bagi Anda pengguna WordPress, Anda pasti tahu bahwa WordPress menawarkan berbagai plugin yang bisa Anda instal di website Anda untuk membantu mempermudah Anda dalam mengatur website Anda. Tidak hanya itu, plugin juga dapat membantu meningkatkan user experience di website Anda. Mereka dapat mempermudah pelanggan dalam menavigasi dan menggunakan website Anda.

Plugin-plugin yang harus ada untuk website bisnis Anda

Jetpack

Plugin yang satu ini dibuat oleh Automattic, yaitu tim yang membuat software WordPress. Jetpack sering disebut-sebut sebagai plugin yang harus dimiliki setiap website WordPress. Plugin ini menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu Anda mengurus website Anda.

Jetpack membantu Anda untuk mengurus performa website Anda, mulai dari keamanan, peningkatan traffic, optimasi gambar, dan masih banyak lagi.

Selain itu Jetpack juga memiliki fitur yang dapat membantu distribusi, dimana secara otomatis mereka akan membagi konten yang sudah Anda publish ke pihak ketiga seperti search engine atau mesin pencari untuk membantu Anda meningkatkan traffic . Jetpack juga membuat sitemaps sehingga search engine dapat dengan mudah mengindex website Anda.

 

Jetpack Security Dewaweb

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Jetpack juga membantu melindungi website Anda dari brute force attacks. Brute force attacks adalah situasi dimana hacker berusaha memasuki website Anda dengan memasukkan berbagai macam password pada proses login dengan harapan mereka akan menemukan password yang benar. Jetpack memonitor website Anda setiap lima menit sekali untuk menghindari downtime dan akan memberi tahu Anda secepat mungkin jika mereka menemukan masalah pada website Anda.

Anda bisa download Jetpack secara gratis. Mereka juga menyediakan layanan berbayar yang tentunya memiliki fitur lebih dan Anda bisa mengkustomisasi fitur-fitur yang Anda butuhkan.

Akismet

Akismet Dewaweb

Akismet adalah plugin yang juga dikembangkan oleh orang-orang dibalik WordPress. Ini adalah salah satu plugin yang akan secara otomatis diaktfikan pada setiap website WordPress. Pada dasarnya, Akismet adalah sebuah plugin untuk mengantisipasi adanya spamming di website Anda. Mereka mengecek semua komen dan memfilter komen-komen yang mereka anggap sebagai spam.

Plugin ini juga menyediakan history dari setiap komen agar anda bisa melihat komen mana yang dianggap sebagai spam oleh Akismet ataupun moderator. Moderator juga bisa melihat jumlah komentar yang diapprove oleh setiap pengguna, melihat URL di setiap komen, dan menghapus link yang dianggap mencurigakan.

Akismet dapat didownload secara gratis untuk website personal dan blog, sementara jika Anda adalah sebuah site commercial, Anda perlu berlangganan plan bulanan. Plan premiumnya menyediakan solusi keamanan website yang lebih advanced dan tidak hanya proteksi dari spam.

Yoast SEO

Anda pasti sudah tahu bahwa search engine adalah sumber traffic terbesar. Jumlah pengguna internet yang menggunakan search engine juga dilaporkan terus bertambah setiap tahunnya. Tentunya ini membuat SEO menjadi semakin penting di jaman sekarang. Untungnya, saat ini sudah ada plugin yang dapat membantu pengguna WordPress untuk memastikan bahwa konten mereka sudah teroptimasi.

Yoast SEO adalah sebuah plugin yang memberi tahu Anda bagaimana cara membuat konten yang lebih baik dan meningkatkan ranking Anda di halaman hasil pencarian. Yoast SEO fokus untuk membuat konten yang lebih baik – dengan SEO yang teroptimasi. Tujuan dari plugin ini adalah untuk membantu pengguna mendapat ranking di halaman hasil pencarian.

Yoast SEO Dewaweb

Seperti yang bisa dilihat di gambar di atas, Yoast SEO benar-benar mendata apa saja yang perlu diperbaiki dan apa yang sudah bagus secara SEO pada konten Anda. Pertama, mereka akan meminta Anda untuk menentukan keyword yang ingin Anda targetkan. Pada bagian analysis, mereka akan memeriksa apakah keyword yang Anda fokuskan ada di image alt tags, meta description, headings, dan di seluruh post Anda. Selain itu, mereka juga memberi tahu Anda bagaimana untuk mengatur text dan image pada post Anda untuk meningkatkan usability dan visibility pada search engine.

Selain itu, plugin ini juga membantu Anda untuk memperbaiki bagaimana page atau post Anda muncul di halaman hasil pencarian dengan snippet preview. Membuat headline yang catchy dan meta description yang menarik tentunya akan meningkatkan click-through rates untuk website Anda. Yoast SEO juga memiliki fitur readibility yang dapat membantu Anda membuat konten yang simple dan mudah dimengerti.

Untuk mempelajari plugin ini lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel kami mengenai Yoast SEO .

User Registration

User Registration Dewaweb

Fitur registrasi pada WordPress adalah fitur integral pada sebuah website. Sebenarnya fitur registrasi sendiri tersedia secara default pada instalasi WordPress yang bisa Anda aktifkan dengan langkah-langkah berikut:

Kunjungi WP admin website Anda, pilih Settings > General

Fitur Registrasi WordPress Dewaweb

Seperti yang Anda lihat di atas, anda bisa memilih ‘Anyone can register’ untuk mengaktfikan fitur registrasi atau membership milik WordPress. Setelah diaktfikan, pengguna dapat melihat register option di login page website Anda.

Tetapi, ini tentunya tidaklah user-friendly jika mereka harus mencari URL login dulu sebelum bisa register ke website Anda. Selain itu, sebagai pemilik website, Anda juga tidak bisa mengumpulkan informasi karena mereka hanya menyediakan dua kolom di form untuk pengguna memasukkan username dan email.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih, Anda membutuhkan plugin registrasi untuk website WordPress Anda. Untungnya, ada sebuah plugin yang simple dan user-friendly tersedia untuk Anda, yaitu User Registration .

User Registration adalah plugin gratis untuk membuat form registrasi di website WordPress Anda. Plugin ini terdiri dari berbagai fitur yang dapat membantu Anda untuk membuat formulir registrasi di front-end website Anda hanya dalam waktu beberapa menit.

User Registration Form Dewaweb

Beberapa fitur utama dari plugin ini adalah Unlimited registration forms, multi-column support, ReCaptcha support, notifikasi email, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin fitur yang lebih banyak lagi, Anda dapat membeli add-ons premium milik User Registration.

All in One Schema.org Rich Snippet

Anda mungkin pernah melihat beberapa informasi seperti rating dalam bentuk bintang, gambar, beberapa review, dan sebagainya di halaman hasil pencarian. Mereka memberi informasi lebih banyak tentang sebuah postingan atau page yang mungkin saja para pembaca ingin ketahui. Ini juga disebut dengan istilah Rich Snippets.

Rich Snippet Dewaweb

Rich snippets adalah salah satu cara terbaik untuk menampilkan halaman atau post Anda di halaman hasil pencarian. Snippets dapat membantu Anda untuk memberi tahu pembaca apa isi dari halaman tersebut. Jika Anda menjual satu produk, Anda bisa meletakkan keunggulan produk tersebut pada snippets Anda. Ini dapat membantu Anda mendapat click-through-rate yang lebih tinggi melalui search engine.

Untuk membuat rich snippets dengan mudah, Anda bisa menggunakan plugin All In One Schema.org Rich Snippets . Plugin ini akan membantu untuk memberikan search engine informasi apa saja yang perlu ditampilkan di halaman hasil pencarian. Ini dapat membantu situs Anda untuk mendapat ranking yang lebih tinggi serta mendapatkan click-through-rates yang lebih tinggi.

Caching Plugin

Seperti yang sudah beberapa kali dibahas oleh Dewaweb, caching adalah salah satu cara yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja website WordPress Anda. Secara simple, caching adalah menyimpan data-data website untuk sementara waktu di dalam cache sehingga website akan loading lebih cepat ketika pengunjung yang sama mengunjungi website Anda. Cache sendiri adalah tempat untuk menyimpan suatu data untuk sementara waktu dalam environment komputer.

Untuk mengaktifkan caching pada WordPress, Anda bisa menggunakan plugin. Plugin caching akan melakukan cache pada postingan dan halaman serta file HTML statis yang akan ditampilkan pada pengunjung website. Ini akan membantu mengurangi waktu loading sebuah halaman dan membantu mengoptimasi kinerja website secara keseluruhan. Waktu loading yang cepat tentunya akan berdampak baik pada SEO website Anda.

Ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk caching. Di antaranya adalah, W3 Total Cache , WP Super Cache , dan WP Fastest Cache .

WP Smush

Gambar adalah salah satu elemen dalam sebuah post yang dapat membantu membuat konten Anda menjadi lebih menarik. Menggunakan gambar dapat membantu Anda menyajikan pesan dari konten Anda dengan lebih menarik dan lebih simple daripada teks. Gambar dapat membuat halaman Anda menjadi lebih attractive, catchy, dan dapat mendukung engagement.

Meskipun dapat membuat konten Anda terlihat lebih menarik, gambar juga mengambil banyak storage space dan memperlambat website Anda. Anda tentunya tidak bisa mengabaikan kecepatan website yang lambat karena itu dapat mempengaruhi SEO Anda. Tetapi Anda tidak perlu khawatir sekarang karena Anda bisa mengkompres gambar-gambar di website Anda!

Ya, Anda bisa mengkompres dan mengoptimasi gambar Anda tanpa mengurangi kualitas gambar dengan menggunakan plugin WP Smush . Plugin ini akan mengoptimasi semua file gambar Anda baik dalam format JPEG, GIF, dan PNG dengan menggunakan teknik kompresi yang advanced. Ini tentunya akan membantu menyimpan banyak space penyimpanan. Dengan plugin ini, Anda bisa secara otomatis mengecilkan ukuran gambar saat proses upload atau mengecilkan gambar secara manual di media library. Smush juga memperbolehkan kita mengecilkan 50 file dalam satu waktu yang sama.

Smush WordPress Dewaweb

 

Optinmonster

Optinmonster adalah salah satu tool email marketing yang paling banyak digunakan. Dengan Optinmonster, Anda bisa membuat dan mengintegrasikan formulir signup untuk berlangganan email di website Anda dengan mudah. Optinmonster bekerja dengan banyak email service provider seperti MailChimp, Constant Contact, Aweber, Campaign Monitor, dan sebagainya. Tentunya dengan memasang plugin Optinmonster, Anda bisa mengembangkan email list Anda dengan lebih mudah.

Birchpress

Jika bisnis Anda membutuhkan fitur booking dan pembayaran sebelum janji, BirchPress adalah plugin yang tepat untuk Anda. Plugin yang satu ini membantu Anda untuk meletakkan sistem booking online di website WordPress Anda.

BirchPress Dewaweb

BirchPress juga akan mengirimkan email kepada pelanggan Anda untuk mengingatkan waktu appointment mereka. Sangat membantu, bukan?

Testimonials Widget

Testimonial tentunya dapat membantu bisnis Anda karena ini berasal dari klien Anda yang sudah meggunakan produk atau jasa Anda sebelumnya. Orang-orang senang mendengar pengalaman orang lain dalam menggunakan sebuah produk atau jasa sebelum mereka menggunakannya. Testimonial juga dapat membantu Anda meraih kepercayaan dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan klien-klien Anda. Testimonials widget adalah salah satu plugin yang dapat mempermudah tugas Anda dalam menunjukkan testimonial dari klien Anda di website WordPress Anda.

Quick and Easy FAQs

Ketika Anda merilis sebuah website atau produk baru, Anda mungkin perlu menambahkan section Frequently Asked Questions (FAQs) atau daftar-daftar pertanyaan yang sering ditanyakan. Anda bisa saja membuat sebuah page yang berisikan semua pertanyaan tersebut, tetapi seiring berjalannya waktu, FAQs akan terus bertambah dengan berkembangnya produk Anda dan klien Anda bertumbuh. Dengan menambahkan section FAQ, Anda bisa mengurangi support overhead dan meningkatkan konversi. Untuk melakukan ini, Anda bisa menggunakan plugin Quick and Easy FAQs . Plugin ini cukup simpel untuk Anda gunakan. Anda hanya perlu memasukkan data-data yang dibutuhkan di kolom-kolom yang telah tersedia. Quick and Easy FAQs kemudian akan mengurus bagaimana FAQ Anda disajikan.

BeaverBuilder

Desain situs web bisnis Anda memiliki dampak besar pada konversi dan penjualan Anda. Desain yang bagus dapat menarik perhatian dan membuat orang tertarik untuk menjadi pelanggan Anda.

Coba perhatikan, apakah desain Anda penyebab Anda kehilangan pelanggan. Jadi, bagaimana Anda bisa mengubah desain website Anda?

Nah, Anda bisa menggunakan Beaver Builder. Plugin ini bisa sangat berguna bagi Anda yang ingin mengubah desain website Anda tanpa mengedit kode atau mengganti tema WordPress Anda.

Beaver Builder adalah pembuat layout drag and drop yang mempermudah Anda mengatur tampilan website Anda. Plugin ini kompatibel dengan tema apapun yang Anda punya. Selain itu, mereka juga menyediakan beberapa template yang dapat langsung Anda gunakan.

MonsterInsights

Melacak traffic website Anda adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap pemilik bisnis. Dengan informasi yang Anda kumpulkan dari analisis traffic, Anda dapat menyesuaikan strategi situs dan pemasaran Anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, analisis traffic merupakan bagian besar dari pemahaman target audience Anda.

MonsterInsights adalah alat analisis traffic yang bagus. Plugin ini juga merupakan plugin Google Analytics terpopuler untuk WordPress, dengan lebih dari 1 juta pemasangan aktif! Plugin ini membuat integrasi Google Analytics dengan situs WordPress Anda menjadi mudah.

Dalam beberapa menit, Anda dapat mengetahui bagaimana pengunjung menemukan situs web Anda, sehingga Anda dapat berfokus pada hal-hal yang terus membawa mereka kembali. Dalam hitungan klik Anda dapat menyiapkan MonsterInsights dan melihat laporan Google Analytics Anda tepat di dalam dasbor WordPress Anda. Mudah bukan?

Alat ini cukup mudah digunakan untuk pemula berkat tracking, pengaturan dan alur kerja yang sangat baik yang membuat MonsterInsights dikenal dan digunakan di seluruh dunia. Fitur penting lainnya termasuk analisis e-commerce, pelacakan iklan, statistik real time, pelacakan unduhan file, dan pelacakan link.

Envira Gallery

Meskipun Anda tidak memerlukan plugin WordPress untuk menyiapkan galeri foto di WordPress, plugin galeri seperti Envira Gallery memberi galeri Anda lebih banyak kelebihan, memungkinkan Anda untuk menyajikan foto Anda dengan lebih baik lagi.

Dari segi fitur, Envira Gallery juga 100% responsif dan memiliki pembuat galeri drag and drop yang mudah untuk diutak-atik. Selain itu, ini juga mempermudah integrasi media sosial, dukungan WooCommerce, galeri video, watermarking, pemeriksaan gambar dan template buatan yang luar biasa.

WooCommerce

Jika Anda menjalankan situs e-commerce yang didukung oleh WordPress, Anda mungkin menggunakan WooCommerce.

Hanya dalam waktu lima menit, Anda bisa memiliki situs e-commerce lengkap dan langsung dapat digunakan. Dengan WooCommerce, Anda bisa menjual apapun yang Anda inginkan, memproses pesanan dan melacak persediaan dengan sangat mudah.

WooCommerce adalah e-commerce WordPress dalam sebuah kotak. Fitur penting mencakup beberapa gateway pembayaran, tema Storefront gratis, dasbor yang mudah digunakan, banyak pilihan untuk mengelola toko online Anda dan sejumlah add-ons gratis dan premium untuk membuat toko Anda menjadi lebih baik.

Dibuat oleh Automattic (ya, perusahaan di balik WordPress.com, Akismet, Jetpack dll), dengan lebih dari 3 juta pemasangan aktif dan peringkat 4.5 / 5.0 yang luar biasa, WooCommerce adalah satu-satunya plugin e-commerce yang Anda butuhkan.

Namun, perhatikan bahwa add-ons premium bisa menghabiskan banyak uang jadi pastikan bahwa Anda hanya menggunakan add-ons dengan fitur yang Anda butuhkan.

Simpulan

Plugin WordPress dapat membantu Anda untuk terus memperbagus situs bisnis Anda tanpa mempelajari kode atau mengeluarkan biaya besar. Anda hanya perlu memilih plugin WordPress yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda dan mengawasi setiap premium add-ons yang bisa menghabiskan banyak uang.

Plugin WordPress dalam daftar ini adalah beberapa plugin yang dapat membantu pengguna WordPress pemula dan juga pengguna WordPress yang sudah mengerti lebih banyak. Anda tentunya juga perlu memikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan semuanya? Pilih plugin yang dipastikan dapat membantu Anda mengatur website bisnis Anda dengan lebih baik. Semoga Anda bisa menemukan plugin-plugin tersebut di daftar ini!