dewaweb-blog-apa-itu-podcast

Pernah dengar istilah Podcast? Anda dapat mengetahui segala hal mengenai Podcast dengan membaca artikel kami kali ini. Pertama, mari kenali definisi jelasnya!

Apa itu Podcast?

Podcast adalah rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai. Hal ini sebenarnya berbeda dengan radio yang kebanyakan kontennya merupakan siaran langsung.

Sejarah Podcast

Podcast telah ada semenjak tahun 2005, namun memang Podcast ini baru populer mulai tahun 2007. Sejak tahun 2007 itulah di mana Podcast mulai banyak didengarkan orang-orang.

Istilah Podcast itu sendiri berasal dari gabungan kata kata “iPod” dan “Broadcasting”. iPod ini merupakan salah satu produk dari Apple, brand ternama yang pasti Anda sudah mengetahuinya.

Rekaman audio itu sendiri bukan suatu hal baru dalam sejarah, namun cara untuk mendapat suatu rekaman audio secara rutin dan terorganisir melalui media tertentu baru benar-benar diusung serius oleh Apple. Hal ini terjadi tepatnya pada saat  Apple baru merilis iPod dan iPhone.

Apple memang cukup dikenal cerdas dalam mengubah hal rumit menjadi sederhana dan menarik untuk digunakan. Tapi, Podcast itu sendiri, kini tak hanya dikuasai Apple. Anda bisa mengaksesnya tak hanya dari iPhone atau Mac. Anda juga bisa mendengarkannya dari Android, tablet sejenis dan lain sebagainya. Tak hanya iTunes, Spotify pun menyediakan layanan streaming Podcast dari berbagai negara dengan berbagai topik.

Apa kelebihan Podcast?

Berikut adalah beberapa kelebihan Podcast:

  • Ada banyak pilihan. Tersedia ratusan kategori dan juga banyak sekali jumlah podcast yang bisa Anda pilih untuk didengarkan. Anda bisa memilihnya berdasar minat dan hobi Anda.
  • Tidak ada iklan yang menginterupsi Anda selayaknya pada radio.
  • Anda bisa mendengarkan podcast dengan lebih fleksibel soal waktu. Anda bahkan dapat mendengarkan ulang Podcast manapun yang Anda inginkan.

Bagaimana Cara Membuat Podcast Sendiri?

  • Tentukan Karakter Podcast Anda

Anda dapat menemukan sendiri bahwa ada banyak sekali podcast yang sudah dirilis ke publik. Banyak media podcast menyediakannya berdasarkan kategori semacam komedi, berita politik, komentar olahraga, musik, film dan lain-lain.

  • Siapkan Alat untuk Membuatnya

Anda tak harus mengandalkan mikrofon yang masih standar semacam yang ada di PC Anda. Anda sebaiknya terdengar seprofesional mungkin pada hasil rekaman audio Anda. Jadi, Anda perlu sebuah set lengkap dengan mik peredam gangguan supaya suaranya bisa didengar jelas oleh pendengar. Carilah alat yang cukup memadai namun berharga terjangkau sesuai kondisi keuangan Anda.

  • Buat Kontennya

Anda bisa mulai buat naskah soal apa yang mau Anda katakan di awal acara dan bagaimana musik atau sound yang mengisi pada saat transisi dari satu kisah ke kisah yang lainnya. Urutkan konten Anda dan perkirakan durasinya.

  • Gunakan Editing Software

Sound Recorder (pada Windows) bisa jadi pilihan bagus, tapi cuma bisa disimpan sebagai audio dalam format wav. Anda sebenarnya perlu mengubah hasil rekaman menjadi berkas mp3 agar cocok dengan format yang bisa diputar pada media umumnya. Anda juga bisa memakai Adobe Audition yang sudah sering dipakai oleh para pengolah audio profesional.

  • Tambahkan Keterangan dan Upload

Tambahkanlah keterangan yang dibutuhkan semacam informasi artis, album, dan lain sebagainya. Berikanlah sampul album yang menarik. Coba desain sendiri atau carilah gambar gratisan di internet yang tak dilindungi oleh hak cipta.