Post Grid: Plugin Layout Grid WordPress

Seiring berkembangnya desain web responsive, muncul desain web baru yang bertujuan lebih memaksimalkan tampilan konten di smartphone, yaitu desain layout grid WordPress. Akan tetapi, tidak semua tema WordPress mendukung tampilan jenis grid ini, ada sebagian tema yang sudah menerapkan layout grid dan ada yang belum.

Tampilan dengan menggunakan layout grid akan memberikan efek yang sangat bagus bila diterapkan pada WordPress. Kamu bisa membuat halaman dengan layout semacam itu dengan sangat mudah menggunakan plugin bernama “Post Grid” dan bahkan bisa membuat layout grid yang jauh lebih bagus dari itu.

Plugin Post Grid

Post Grid adalah plugin WordPress buatan PickPlugin yang berfungsi membuat tampilan layout grid yang indah dari postingan, jenis postingan kustom dan halaman. Kamu bisa menampilkan layout grid di mana saja menggunakan shortcode.

Plugin ini dapat ditampilkan di halaman archive secara dinamis yang diambil dari kategori, tag, halaman taksonomi dan kustom taksonomi, author, pencarian, tanggal dan sebagainya.

Plugin Post Grid memiliki tata letak pre-build yang memungkinkan kamu membuat sendiri tampilan grid yang indah secara instan. Selain itu, plugin ini kompatibel dengan berbagai fitur dan server hosting (berfungsi dengan baik di Dewaweb).

Dengan memiliki konten dalam tampilan layout grid ini, konten kamu akan terlihat lebih sempurna di perangkat smartphone dan layout grid akan lebih menonjolkan gambar, sehingga konten milikmu akan tampil lebih menarik. Selain itu, layout grid juga akan lebih menghemat ruang sehingga kamu bisa menampilkan lebih banyak konten.

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online, Mudah Hanya 6 Langkah!

Harga Plugin Post Grid

Plugin ini adalah plugin layout grid WordPress gratis yang bisa kamu unduh langsung di library plugin WordPress.org.

Plugin ini sudah cukup untuk membantu kamu untuk menciptakan layout grid dengan indah di situs WordPress. Tapi jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak lagi, plugin ini juga memiliki versi premium dengan harga sangat terjangkau yaitu :

  • 1 Domain License ⇒ $29
  • 10 Domain License ⇒ $99
  • 100 Domain License ⇒ $199

Dengan plugin Post Grid versi Pro, kamu akan lebih banyak mendapatkan fitur-fitur yang menakjubkan sehingga bisa menampilan grid dengan berbagai macam animasi yang keren.

Fitur Plugin Post Grid

Lebih dari itu, post grid juga memiliki fitur-fitur unggulan, yaitu selain bisa membuat tampilan grid dari berbagai jenis konten dari default WordPress, plugin juga mendukung untuk menampilkan data dari plugin pihak ke-3, seperti WooCommerce, EDD, WP Commerce Product display dan tampilan post ratting via Rating-Widget, dan Query post berdasarkan meta query yang muncul dari Advanced Custom Fields.

Selain itu, Post Grid bisa menampilkan posting jenis grid dari berbagai macam query post. Kamu juga bisa menampilkan berbagai macam media pada thumbnail dari YouTube, Vimeo, Dailymotion, SoundCloud, MP3, Gallery, Font Awesome dan juga kustom link pada gambar thumbnail.

Baca Juga: Smart Footer System: Plugin Footer WordPress Terbaik

Manfaat Plugin Post Grid

Sama halnya dengan sebuah toko, layout grid WordPress akan memberikan beberapa manfaat bagi pemilik website maupun pengunjung. Sebagai berikut:

  • Kegunaan tempat

Kegunaan ini didapatkan pengunjung website, sebab dengan artikel (layout) di tempatkan pada daerah yang mudah dibaca dan terlihat oleh pengujung.

  • Informasi

Dengan penempatan artikel yang baik maka pengujung sanggup memperoleh informasi, membujuk pengunjung untuk membaca, dan mengingatkan pengunjung website supaya kembali berkunjung ke website jika membutuhkan informasi lainnya.

  • Waktu

Hal ini berkaitan dengan kenyataan bahwa pengunjung ingin mengakses informasi dengan cepat tanpa bertele-tele. Jadi dengan tampilan layout grid yang simple, pengunjung website dengan cepat mendapatkan informasi.

Cara Membuat Layout Grid dengan Plugin Post Grid

Berikut cara membuat Layout Grid di WordPress dengan Post Grid:

Instal dan Aktifkan Plugin Post Grid

Untuk memulai, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Post Grid. Lebih jelasnya silakan lihat panduan langkah demi langkah tentang cara menginstall plugin WordPress.

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]

Isi Judul pada Kolom Title

Setelah plugin diaktifkan, kamu akan melihat item menu baru ditambahkan dengan nama “Post Grid”.

Silakan masuk pada Post Grid »New Post Grid, karena tidak ada hal yang perlu kamu konfigurasi pada halaman Settings. Setelah membuka New Post Grid, kamu akan melihat kolom title dan beberapa menu tab di bawahnya. Silakan untuk mengisi judul pada kolom “Title” Sesuai dengan keinginan.

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]
Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Tabel di WordPress

Mengambil Jenis Posting

Masuk pada bagian menu tab “Query Post”, di mana bagian ini adalah untuk mengambil jenis posting apa yang ingin kamu tampilkan dalam bentuk layout grid.

Secara default, ini akan menampilkan “Post” tapi kamu dapat memilih mengambil dari “Page” atau memilih jenis posting khusus.

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]

Buat Layout

Klik pada menu tab “Layout”. Di sinilah kamu dapat memilih bagaimana ingin menampilkan layout grid. Plugin ini dilengkapi dengan beberapa pilihan seperti flat, flat centre, flat right, dan lainnya.

Kamu juga bisa mengklik tombol “Edit” dan itu akan membuka “Layout Editor” dimana kamu dapat membuat layout grid sesuai dengan keinginanmu sendiri.

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]

Tersedia 5 Skin

Plugin ini secara default sudah menyediakan lima skin. Beberapa skin memiliki efek visual yang keren dengan animasi membalik dan memutar gambar saat pengguna mengarahkan mouse ke arah gambar thumbnail.

Menyesuaikan Layout Grid

Jika kamu sudah selesai, sekarang bisa berpindah ke menu tab “Layout Settings”. Ada banyak hal bisa kamu lakukan di sini untuk menyesuaikan layout grid kamu, yaitu pilihan untuk mengaktifkan style mansory, lazy load, lebar dan tinggi item grid, background dan masih banyak lagi.

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]
Baca Juga: 4 Plugin PDF WordPress Terbaik

Menyesuaikan Style Navigasi

Selanjutnya kamu bisa berpindah ke menu tab “Navigations” di mana kamu dapat menyesuaikan style navigasi yang tersedia dan mengaktifkan fitur pencarian. Dan jika kamu memiliki kemampuan dalam coding JS dan CSS juga bisa menambahkan kode pada menu tab “Custom Script”.

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]

Publish

Sekarang pembuatan layout grid sudah selesai, cukup klik pada tombol publish. Ini akan membuat grid posting kamu tersedia, dan kamu dapat menambahkannya ke halaman di mana ingin menampilkan post grid.

Menambahkan Halaman Menampilkan Post Grid

Caranya, silakan copy shortcode yang terdapat pada menu tab “Shortcodes”. Silakan buat halaman baru atau edit halaman yang sudah ada untuk menampilkan grid pos kamu. Paste shortcode tersebut di dalam area konten yang kamu inginkan untuk menampilkan grid.

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]
Baca Juga: Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips ini!

Simpan dengan Tombol Update

Selanjutnya, simpan halaman kamu dengan mengklik tombol update. Sekarang kamu dapat mengunjungi situs web kamu untuk melihat postingan yang ditampilkan dalam layout grid yang indah.’

post-grid-plugin-layout-grid-wordpress
[Foto: Centerklik.com]
Kamu juga bisa menggunakan kode PHP jika ingin menambahkan post grid langsung ke file tema WordPress.

Demikian ulasan lengkap tentang cara membuat tampilan layout grid WordPress dengan plugin post grid, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan solusi cepat dalam membuat tampilan grid pada situs WordPress. Selamat mencoba!