Apa itu Progressive Web Apps yang Bisa Tingkatkan Conversion?

Apa itu Progressive Web Apps yang Bisa Tingkatkan Conversion?

Progressive web apps adalah salah satu solusi pengembangan aplikasi untuk meningkatkan performa website dan conversion. 

Penerapan progressive web apps telah dirasakan oleh beberapa brand ternama seperti Debenhams, AliExpress, Flipkart, dan yang lainnya. Mereka melaporkan, setelah menggunakan PWA terjadi peningkatan conversion sebesar 17% serta penurunan rasio bounce rate sekitar 15%.

Hasil tersebut menunjukkan bahwa progressive web apps berhasil meningkatkan tingkat konversi website. Meski begitu, masih ada para developer yang belum tahu solusi ini.

Oleh karena itu, di artikel ini kita akan membahas secara lengkap apa yang dimaksud dengan progressive web apps, kelebihan, hingga contoh website yang sudah menggunakannya. Simak terus sampai akhir ya!

Baca Juga: Mengenal Conversion Rate, Faktor Penting, dan Cara Optimasinya

Apa itu Progressive Web Apps?

Progressive web apps adalah pengembangan aplikasi yang dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang sebanding dengan aplikasi mobile native, tetapi diakses melalui web browser.

Teknologi ini dikembangkan sebagai solusi antara mengembangkan mobile web atau mobile apps. Keunggulan mobile web terletak pada proses pengembangannya yang lebih cepat dan aksesibilitas yang mudah melalui browser di berbagai. Sedangkan mobile apps menawarkan fitur yang lebih kaya dan interaktif, namun memerlukan instalasi serta memakan ruang penyimpanan.

Dengan solusi yang sangat inovatif, tak heran jika saat ini PWA populer digunakan di berbagai website. Menurut data BuiltWith pada tahun 2023, terdapat sekitar 22.000 situs web yang menerapkan PWA. 

Penerapan progressive web apps tidak hanya memberikan akses situs yang cepat, melainkan memberikan peningkatan konversi sebesar 93,3%, angka ini meningkat 8x lipat dibandingkan dengan situs web biasanya.

Tidak hanya konversi, situs bisnis yang beralih ke PWA seringkali mendapatkan angka engagement yang tinggi mulai dari 20% – 250%, sangat fantastis bukan?

Tetapi tidak berhenti sampai di situ, progressive web apps menawarkan sejumlah kelebihan lain yang akan kita bahas di bawah ini.

Baca Juga: Panduan Jitu Membuat Product Page untuk Meningkatkan Conversion Rate

Kelebihan Progressive Web Apps

Sebagai solusi dalam mengembangkan aplikasi, progressive web apps memiliki beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut.

1. Lebih hemat biaya produksi

Mengembangkan aplikasi berbasis PWA mampu menekan biaya produksi. Sebab, dalam satu kali pengembangan dapat menghasilkan aplikasi yang dapat dijalankan di semua perangkat, baik mobile maupun web.

Hal ini tidak hanya memangkas biaya produksi, tapi juga biaya pengembangan karena mengurangi kompleksitas pemeliharaan dan pembaruan.

2. Mudah digunakan di berbagai perangkat

Menurut laporan yang dirilis Think With Google, bahwa 94% pengguna internet menggunakan perangkat mobile. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan aplikasi yang mudah beradaptasi di berbagai perangkat.

Dalam hal ini PWA mampu memberikan tampilan yang responsif sehingga memastikan pengguna dapat mengakses aplikasi dengan mudah, baik melalui smartphone, tablet, atau perangkat desktop.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Website Mobile Friendly, Mudah Kok!

3. Tidak bergantung pada app store

Jika menggunakan cara tradisional, distribusi aplikasi mobile harus melalui penyetujuan dan peninjauan yang ketat oleh pihak app store, seperti Apple App Store atau Google Play Store serta membayar biaya langganan yang tidak murah.

Namun, dengan PWA kamu tidak lagi bergantung dengan kebijakan mereka dan membayar biayanya. Dengan tidak bergantung pada app store maka developer lebih leluasa mengembangkan aplikasi tanpa harus terikat pada persyaratan minimal tertentu. 

Serta memungkinkan pengguna langsung mengakses aplikasi tanpa perlu mengunduh dari app store.

4. Kinerja yang lebih apik

Menurut salah satu artikel Medium yang ditulis oleh Suggestron, hampir 53% pengguna internet cenderung meninggalkan website jika loadingnya melebihi 7 detik, masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan PWA.

Progressive web apps memiliki kinerja yang lebih apik dengan memanfaatkan teknologi terkini, seperti Service Workers, yang memungkinkan penyimpanan cache dan akses offline. 

Baca Juga: 10 Cara Mempercepat Loading Website supaya Gak Lemot Lagi

5. Keamanan terjamin

Salah satu cara utama PWA meningkatkan keamanan adalah melalui penggunaan protokol HTTPS. Protokol HTTPS memberikan lapisan keamanan tambahan dengan mengenkripsi data yang dikirimkan antara pengguna dan server. 

Progressive web apps mampu menerapkan HTTPS sehingga setiap interaksi pengguna dengan aplikasi web tersebut menjadi lebih aman dan mengurangi risiko peretasan. 

Selanjutnya SSL yang digunakan dalam koneksi HTTPS memastikan informasi yang dikirim antara pengguna dan server terenkripsi, sehingga tidak akan terbaca oleh pihak yang tidak berwenang.

Baca Juga: HTTPS: Arti, Manfaat, dan Bedanya dengan HTTP

6. Updatenya otomatis

Kelebihan terakhir PWA yakni mampu melakukan pembaruan otomatis melalui Service Workers dan skrip JavaScript di latar belakang. PWA secara otomatis memeriksa dan mengunduh pembaruan setiap kali pengguna mengakses aplikasi, sehingga mengurangi kebutuhan update manual yang  cukup merepotkan. 

Hal ini akan memastikan pengguna selalu menggunakan versi terbaru, serta memudahkan pemilik website dalam manajemen versi terbaru. 

Contoh Progressive Web Apps

Setelah mengetahui apa saja kelebihan PWA, selanjutnya kita akan membahas beberapa contoh aplikasi web yang menggunakannya.

1. OLX

Contoh website pertama yang menggunakan PWA yaitu OLX. OLX, sebagai platform perdagangan online terkemuka, telah mendapatkan dampak positif setelah menerapkan PWA. 

Menurut situs Doccly, OLX berhasil meningkatkan re-engagement sebesar 250%. Mereka menggunakan fitur seperti ikon di layar beranda dan push notification, OLX berhasil membawa pelanggan kembali ke platform, sehingga menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan demikian membantu menarik pelanggan yang sebelumnya kurang aktif.

Tidak hanya engagement, melainkan juga angka CTR yang meningkat hingga 146%. Tingkat konversi yang tinggi berkaitan dengan kecepatan pemuatan iklan. Semakin besar jumlah pengguna di platform, semakin besar perhatian yang diberikan pada iklan. 

2. Twitter Lite

Twitter Lite berhasil mengalami peningkatan kinerja yang signifikan setelah mengadopsi progressive web app PWA membantu meningkatkan kecepatan loading halaman, membuat Twitter Lite lebih responsif, terutama pada perangkat yang sudah cukup tua. 

Dari segi fitur, semuanya mirip dengan aplikasi Twitter asli, hanya saja Twitter Lite didesain sebagai PWA, sehingga bisa digunakan sebagai halaman web dan bisa dipasang di layar beranda perangkat.

Tidak hanya itu, dengan PWA mereka dapat menghasilkan ukuran aplikasi yang lebih kecil sehingga tidak memakan banyak ruang penyimpanan. 

3. Forbes

Contoh website berikutnya adalah Forbes. Situs ini mencapai engagement yang signifikan setelah menggunakan PWA.

Situs ini memberikan experience pengguna yang lebih baik dengan waktu muat lebih cepat, navigasi yang mirip aplikasi, dan konten visual. Pengguna Android juga mendapatkan peningkatan kemampuan seperti membaca offline dan pemberitahuan push.

Langkah ini menjadikan Forbes sebagai media berita digital yang menggunakan PWA untuk situs seluler utamanya. Salah Zalatimo, SVP Produk dan Teknologi di Forbes Media, menyatakan bahwa penggunaan PWA adalah upaya besar untuk mengoptimalkan pengalaman yang lebih dan lebih menarik bagi pembaca. 

Baca  Juga: Apa itu User Experience (UX), Manfaat dan Cara Penerapannya

Kesimpulan

Progressive web apps adalah pengembangan aplikasi yang dirancang untuk memberikan pengalaman yang sebanding dengan aplikasi mobile native, tetapi diakses melalui browser web.

Dengan PWA, kamu dapat memadukan keunggulan mobile web dan mobile apps, yakni aksesibilitas yang cepat melalui browser dan tanpa perlu instalasi di perangkat. 

Tidak hanya itu, dari segi produksi, PWA juga menawarkan penghematan biaya produksi dan maintenance karena pengembangan yang sekaligus dilakukan untuk seluler dan web serta perawatan yang mudah.

Untuk memastikan situs web bekerja secara optimal, pilihlah layanan hosting terbaik Dewaweb. Dengan infrastruktur server terkini, SSD super cepat, perlindungan keamanan tingkat tinggi, dan dukungan terhadap teknologi-teknologi terkini seperti HTTP/2 dan LiteSpeed Web Server.  Dewaweb memastikan kecepatan loading yang maksimal, sehingga aplikasi PWA kamu dapat memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna

Beli hosting Dewaweb sekarang untuk situs kamu sekarang juga, kami siap membantumu 24/7!