Saat ini, website sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang ingin menemukan pasar mereka. Entah sebagai pebisnis online, pedagang online, penyedia layanan jasa, bahkan individu yang menggunakan website sebagai blog. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menentukan ekstensi domain apa yang cocok untuk memenuhi tujuanmu membuat website.

Hal yang sama juga berlaku bagi kamu yang sudah mempunyai website dan berniat untuk menambah domain. Setidaknya, ada 12 cara memilih nama domain yang perlu kamu pahami terlebih dulu, lalu tentukan lagi, ekstensi domain apa yang cocok denganmu. Simak beberapa jenis ekstensi domain berikut agar kamu bisa memahami apa itu ekstensi domain dan apa saja rekomendasi ekstensi yang cocok kamu gunakan.

Apa Itu Ekstensi Domain?

Domain yang berfungsi untuk menggantikan alamat IP terdiri dari tiga struktur penting, yaitu Top-Level Domain (TLD), Second-Level Domain (SLD), dan Third-Level Domain (3LD atau subdomain). Jika ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut terkait domain, kamu bisa membaca artikel: Apa Itu Domain? Kenali, Domain Adalah Hal Penting!

Dari ketiga struktur di atas, ekstensi domain terletak di bagian paling belakang domain yang disebut pula dengan Top-Level Domain (TLD). Jika kamu sudah tahu, ada begitu banyak jenis TLD yang bisa digunakan tergantung keperluan membuat website dan domain yang ingin digunakan. Misalnya, kamu bisa menggunakan .org untuk website organisasi, atau .my.id untuk membuat website personal berisi portofolio dan sejenisnya. Simak pemaparan jenis dan fungsi beberapa rekomendasi ekstensi domain berikut.

Jenis-jenis Ekstensi Domain

.com

Domain .com masuk ke dalam generic Top-Level Domains (gTLD) dan menjadi domain paling populer di dunia. Domain .com awalnya ditujukan untuk situs komersil dan merupakan kependekan dari commercial. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan ekstensi domain ini menjadi lumrah di kalangan para pemilik website.

.net

Domain .net adalah singkatan dari network atau networking. Ekstensi domain ini dikhususkan untuk website yang berhubungan dengan jaringan (network), IT, perusahaan komputer, dan layanan-layanan internet lainnya. Tidak ada syarat khusus untuk pendaftaran domain ini sehingga dapat digunakan untuk umum, seperti .COM.

Dewaweb cashback 30%

.org

Ekstensi domain yang satu ini adalah singkatan dari organization. Nama ini cocok digunakan untuk website organisasi, lembaga, atau perkumpulan tertentu. Biasanya, domain berekstensi .org digunakan untuk tujuan non profit alias tidak mencari keuntungan.

.info

Domain .INFO merupakan singkatan dari information. Domain akhiran .info biasanya digunakan untuk keperluan website yang bersifat informatif ataupun blog personal. Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar domain .info sehingga kamu hanya perlu mendaftarkan nama domain yang kamu inginkan di halaman domain Dewaweb.

.id

Domain .id secara khusus ditujukan bagi masyarakat Indonesia. Jika ingin menggunakan domain akhiran .id, Anda harus menyesuaikan penggunaan ekstensi agar sesuai dengan tema situs atau website. Contohnya, domain co.id yang ditujukan untuk badan usaha, bisnis, dan organisasi yang berbadan hukum, serta berbasis di Indonesia.

.biz.id

Jika nama domain dengan akhiran .biz alias “business” yang kamu inginkan sudah digunakan, maka kamu bisa menggunakan ekstensi domain .biz.id yang khusus digunakan jika target pasar bisnismu berasal dari Indonesia. Ekstensi domain yang satu ini juga bisa dengan mudah kamu dapatkan GRATIS dari Dewaweb dengan syarat yang bisa kamu baca di akhir pembahasan ini.

.my.id

Nama .my.id bukan berarti kombinasi nama domain Malaysia (.my) dan Indonesia (.id), ya, tapi lebih untuk website personal. Selain itu, ada syarat khusus yang perlu kamu penuhi jika ingin menggunakan ekstensi domain yang satu ini, yaitu nomor KTP dan nomor HP milikmu demi kepentingan pendataan. Ekstensi domain .my.id cocok digunakan jika website-mu berfungsi untuk memajang CV atau portofolio tentang dirimu. diperuntukkan bagi

.name

Kurang lebih mirip seperti .my.id, ekstensi domain .name seringkali digunakan untuk mewakili profil pribadimu. Menurut keterangan dari Verisign, domain .name cocok digunakan untuk menciptakan personal branding saat orang mencari namamu di mesin pencari.

.web.id

Ekstensi domain yang satu ini bisa digunakan untuk segala keperluanmu. Pasalnya, .web.id sudah cukup menjelaskan nama domain untuk website (.web) di Indonesia (.id). Sama seperti domain berakhiran .id lainnya, .web.id juga hanya memerlukan informasi diri berupa KTP Indonesia.

Selain beberapa ekstensi domain di atas, ada pula domain .net.id yang cocok digunakan oleh badan usaha atau organisasi yang bergerak di bidang telekomunikasi, domain ac.id yang diperuntukkan bagi lembaga pendidikan tinggi, .sch.id yang dikhususkan bagi lembaga pendidikan dasar hingga menengah, serta .or.id yang sering dipakai oleh organisasi politik, pemuda, dan sosial.

Setelah memilih ekstensi domain dan menentukan domain apa yang akan kamu gunakan, sekarang kamu perlu menentukan pula, jenis hosting apa yang digunakan untuk membuat website. Ada beberapa jenis hosting yang bisa kamu gunakan, tapi sebaiknya kamu menggunakan cloud hosting, mengingat kemudahan, keamanan, dan kecepatannya bisa selalu kamu andalkan dengan harga yang terjangkau.

Domain Gratis

Bagi kamu yang masih penasaran tentang bagaimana mendapatkan domain gratis, Dewaweb menawarkan domain gratis seumur hidup dengan pembelian cloud hosting dari paket Hunter ke atas. Jika memilih untuk menggunakan paket Hunter, kamu berhak mendapatkan salah satu dari ekstensi domain .biz.id/.my.id/.web.id.

Tanpa perlu repot, kamu hanya perlu menyiapkan identitas diri berupa nomor KTP Indonesia dan nomor HP yang aktif lalu kunjungi halaman domain Dewaweb dan tentukan nama domain yang ingin kamu gunakan menggunakan akhiran salah satu dari tiga pilihan di atas. Jika masih belum paham, kamu bisa menanyakan hal ini ke Ninja Support Dewaweb 24/7 yang siap membantu kamu kapan dan di mana saja.

Simpulan

Itulah beberapa rekomendasi ekstensi domain yang perlu kamu ketahui hingga informasi domain gratis dari Dewaweb. Satu hal yang penting kamu ingat ketika hendak membuat website, pastikan website-mu aman, cepat, dan selalu bisa diandalkan oleh para pengunjung serta dapat memberikan manfaat positif. Selamat mencoba!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks