10+ Rekomendasi Plugin Ongkir WordPress untuk Toko Online

10+ Rekomendasi Plugin Ongkir WordPress untuk Toko Online

Plugin ongkir WordPress adalah salah satu yang harus dipasang pada sebuah website toko online. Bagi kamu yang memiliki bisnis online dan terdapat situsnya sendiri, plugin ongkir WordPress dapat memudahkan pengguna ketika mengecek ongkos kirim barangnya.

Nah, apabila kamu belum menggunakan plugin tersebut dan berniat ingin menginstalnya, kali ini Dewaweb memiliki beberapa rekomendasi plugin ongkir WordPress gratis yang bisa digunakan. Simak terus sampai akhir yuk!

Baca Juga: 20+ Plugin WordPress Terbaik yang Perlu Diinstal di Website

1. WooCommerce JNE Shipping

plugin ongkir wordpress - woocommerce

Plugin ongkir WordPress yang pertama adalah WooCommerce JNE Shipping. Plugin ini cocok digunakan untuk toko online yang melayani pengiriman menggunakan ekspedisi JNE.

Pada plugin WooCommerce, terdapat 3 versi yakni JNE free, JNE full, dan JNE exclusive. Di setiap versi itu memiliki fitur yang berbeda-beda. Namun, yang jelas plugin ini memiliki fitur utama seperti pengecekan ongkir ke seluruh Indonesia, JNE tracking, perhitungan berat, dan masih banyak lagi.

2. Raja Ongkir

plugin ongkir wordpress - raja ongkir

Ketika mengecek ongkir di internet, mungkin kamu pernah menemui situs Raja Ongkir. Banyak yang mengira bahwa Raja Ongkir hanya sebagai situs pengecekan ongkos saja. Padahal, mereka dokumentasi API yang dapat kamu gunakan untuk membuat plugin atau aplikasi. Nah, maka dari itu Raja Ongkir menyediakan plugin ongkir WordPress untuk membantu para pemilik toko online.

3. Plugin Ongkos Kirim (Tonjoo Studio)

tonjoo studio

Rekomendasi plugin ongkir selanjutnya berasal dari Tonjoo Studio, yakni salah satu agensi pengembang website di Indonesia. Selain menawarkan jasa pengembangan web, mereka juga mengembangkan sebuah plugin ongkir.

Plugin ongkos kirim dari Tonjoo Studio mendukung berbagai jenis ekspedisi dan banyak fitur lain seperti kalkulator ongkir, asuransi pengiriman, dan masih banyak lagi. Selain itu, plugin ini menjadi salah satu plugin ongkir WordPress karena terdapat pilihan paket basic namun hanya terbatas untuk 14 hari saja.

4. IndoOngkir

indo ongkir

Plugin berikutnya adalah IndoOngkir. Plugin ini menjadi salah satu yang terbaik untuk kamu yang memiliki toko online WooCommerce. Ada banyak fitur menarik dari plugin IndoOngkir, di antaranya shipping zone dan multiple shipping origin, support 10+ ekspedisi dalam negeri maupun lokal.

Tidak hanya itu, IndoOngkir juga menawarkan fitur berupa pengaktifan kurir pada wilayah yang berbeda. Misalnya wilayah Jawa Tengah menggunakan ekspedisi J&T sedangkan Jabodetabek menggunakan ekspedisi lain atau justru free ongkir.

5. Epeken

epeken

Epeken adalah salah satu plugin ongkos kirim yang terbilang sudah lama berdiri, sejak tahun 2015 Epeken sudah dirilis dan hingga saat ini fitur-fiturnya terus dikembangkan. Salah satu fitur yang baru dirilis yakni Epeken kompatibel dengan WooCommerce Multi Inventories and Warehouse (Multi Gudang/Cabang).

Untuk menggunakan plugin ini mereka tidak menawarkan masa percobaan secara gratis, melainkan mereka akan tampilkan demo pluginnya. Jika kamu ingin berlangganan, cukup keluarkan 25 ribu per bulan maka kamu sudah bisa menikmati semua fitur plugin ongkirnya.

6. OngkosKirim.ID

plugin ongkir wordpress - ongkos kirim id

Selanjutnya, rekomendasi plugin ongkos kirim WordPress gratis merupakan OngkosKirim.ID. Plugin ini cukup berbeda dengan yang lain karena memberikan versi gratis untuk penggunaan selamanya.

Hanya saja versi gratis tidak memberikan seluruh fitur-fiturnya dan pilihan ekspedisinya pun terbatas. Apabila kamu tertarik meng-upgrade versi premium, kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp199.000-399.000.

7. Borzo

borzo

Plugin ongkir WordPress berikutnya adalah Borzo, plugin ini memiliki fitur dan manfaat yang cukup lengkap. Selain bisa mengkalkulasikan biaya, kamu juga akan mendapatkan informasi mengenai proses pengiriman dengan sistem lacak.

Kemudian ketika proses pengiriman barang, Borzo juga akan mengirimkan pesan kepada penerima paket.

Menariknya lagi, Borzo dapat mengirimkan barang dari toko sekaligus melayani pengiriman barang dengan sistem COD. Apabila kamu ingin solusi plugin ongkos kirim yang lengkap, Borzo bisa menjadi solusinya.

8. Woongkir

Woongkir adalah plugin yang menggunakan dokumentasi API dari Raja Ongkir yang dibuat oleh Sofyan Sitorus. Plugin Woongkir memungkinkan kamu memiliki kalkulator tarif pengiriman baik domestik maupun internasional.

Fitur lain dari plugin Woongkir yakni kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan salah satu layanan pengiriman yang masing-masing disediakan oleh kurir.

9. Deliveree

Jika kamu belum tahu, Deliveree merupakan salah satu jasa pengiriman atau ekspedisi yang cukup populer di Indonesia. Nah, selain menyediakan layanan pengiriman dengan berbagai armada, Deliveree juga menyediakan dokumentasi API yang dapat digunakan untuk toko online kamu. Plugin ongkos kirim Deliveree mendukung WooCommerce, Shopify, hingga Magento.

10. WooGoSend, WooGrabExpress, dan WooReer

WooGoSend cocok digunakan untuk toko online yang melakukan pengiriman dengan jarak dekat seperti halnya GoSend. Karena plugin ongkir ini menghitung biaya per kilometer. Selain itu, API yang digunakan tidak resmi dari Gojek, mereka hanya memperkirakan matriksnya saja. Pada plugin ini kamu juga dapat menggunakan pilihan layanan antar GoSend atau GrabExpress. Namun, jika tidak ingin menggunakan pihak ketiga, maka kamu bisa langsung menggunakan plugin WooReer saja.

11. Plug and Ship by Shipper

Plugin ongkos kirim terakhir yaitu Plug and Ship by Shipper. Plugin ini ditujukan untuk WooCommerce atau WordPress toko online dengan tarif ongkir yang selalu up to date.

Terdapat banyak pilihan ekspedisi yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan bisnis, namun untuk menggunakan fiturnya kamu harus berlangganan per tahun untuk setiap 1 website yaitu 400 ribuan.

Baca Juga: 10 Plugin WhatsApp Chat WordPress untuk Website

Mana Pilihan Plugin Ongkos WordPress Pilihan Kamu?

Dari berbagai rekomendasi plugin ongkir WordPress di atas, kamu bisa melihat satu persatu mana fitur yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan toko online kamu. Plugin tersebut bisa kamu pasang di WordPress toko online untuk membantu memudahkan pelanggan ketika akan mengecek ongkir.

Selain itu, untuk membuat WordPress toko online, sebaiknya gunakan domain yang sesuai dengan nama bisnismu serta hosting bisnis yang terpercaya. Semoga membantu ya!