Rekomendasi Plugin Slider WordPress Terbaik

Saat ingin membangun website dan membuatnya lebih interaktif, kamu dapat menambahkan fitur slider pada website. Dalam sebuah website WordPress, hal ini dapat dilakukan dengan plugin slider WordPress.

Tambahan fitur interaktif dari slider dapat membuat situs kamu tampak lebih profesional dan terpercaya, apalagi jika website kamu ditujukan untuk bisnis ataupun portfolio. Slider memungkinkan kamu untuk menempatkan konten penting pada visual slideshow yang interaktif di bagian atas halaman.

Dengan banyaknya jumlah plugin slider WordPress yang tersedia, kamu mungkin kebingungan mencari salah satu yang paling oke. Maka dari itu, kami telah mengumpulkan 11 plugin slider WordPress terbaik yang dapat kamu coba untuk menjadikan situsmu tampak lebih profesional.

11 Plugin Slider WordPress Terbaik

Daftar plugin slider WordPress di bawah ini sudah kami kurasi untuk menemukan 11 plugin saja yang layak kamu coba untuk situs kamu.

1. Plugin Slider WD

Plugin Slider WordPress by WD

Slider WD ini dapat digunakan untuk membuat widged, serta bisa juga dimodifikasi menjadi format PHP sehingga support dengan tema WordPress apa pun yang sedang kamu gunakan untuk website. Kelebihan slider WD adalah fitur efek transisi yang bisa membuat website kamu terlihat lebih keren dan profesional.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Website Content Kamu Diklik Banyak Orang

2. Meta Slider

metaslider WordPress

Ini dia plugin slider WordPress yang paling populer dan mudah digunakan. Salah satu alasannya adalah karena plugin ini memberi kamu pilihan untuk membuat tayangan slide yang responsif.

Tidak hanya itu, plugin slider satu ini juga hadir dengan fitur pemotongan gambar yang sangat baik dan kompatibel dengan plugin translator. Ada dua versi plugin Meta Slider yang ditawarkan, yaitu versi gratis dan pro. Khusus untuk versi pro, Meta Slider menyediakan fitur animated layer slides, video slides, post-feed slides, HTML slides, dan thumbnail navigation.

3. Master Slider 3

Master Slider WordPress

Selain Meta Slider, plugin slideshow yang juga direkomendasikan adalah plugin Master Slider. Keunggulan Master Slider terletak pada dukungan slider sentuh yang belum pernah ditemukan di situs sebelumnya. Tidak ketinggalan adanya enam slide transisi yang begitu interaktif dan fitur auto crop yang mudah dioperasikan. Kabar baiknya lagi, kamu bisa menggunakan plugin Master Slider secara gratis!

4. Smooth Slider

smooth slider WordPress

Plugin Smooth Slider dapat membantu kamu membuat slider dan carousels dengan transisi yang halus untuk situs WordPress kamu.

Slider ini didesain secara khusus untuk situs berbasis WordPress, sehingga interface yang ada pada plugin ini sangat sederhana dan mudah dipahami oleh pengguna WordPress.

Dengan plugin ini, kamu dapat membuat beragam jenis slider seperti slider yang berisi postingan, gambar, dan video.

Baca Juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

5. Soliloquy

plugin slider wordpress Soliloquy

Rekomendasi plugin slider terakhir untuk website WordPress adalah Soliloquy yang dikenal begitu responsif dan mudah untuk dipakai. Bahkan kamu bisa membuat slider dengan tampilan menarik hanya dalam waktu beberapa menit.

Asyiknya, Soliloquy mempunyai fitur yang memungkinkan kamu menambahkan informasi meta ke gambar sehingga bisa mengoptimalkan performa website di mesin pencari online.

Selain itu, plugin slider satu ini juga mendukung untuk sentuhan yang kompatibel dengan perangkat smartphone. Walaupun bisa digunakan secara gratis, Soliloquy juga menyediakan plugin slider versi pro yang mencakup berbagai add ons seperti Instagram, Pinterest, cropping, dan thumbnail.

6. Smart Slider 3

smart slider 3 plugin

Smart Slider 3 adalah plugin slider lainnya yang menawarkan user interface unik dan berbeda dari tampilan utama WordPress. Plugin ini cukup mudah digunakan, hanya saja, kamu perlu sedikit mengulik untuk mengetahui letak berbagai menu dan opsi.

Proses instalasinya dimulai dengan pemilihan template yang sudah disediakan. Pilihannya template juga cukup beragam dan dapat diimplementasikan secara mudah baik dengan metode short code, blok di editor Gutenberg, atau template tag.

Baca juga: 15 Plugin WordPress Wajib Install untuk Website Bisnis

7. WonderPlugin WordPress Slider

Wonderplugin slider

Plugin ini menawarkan slider WordPress sederhana dan responsif yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar.

Tentunya, kamu akan mendapatkan lebih banyak fitur jika menggunakan versi berbayar. Versi gratis WonderPlugin juga menawarkan fitur yang cukup lengkap, hanya saja tampilan slider kamu akan ditambahkan watermark.

8. Toolset

toolset slider plugin

Toolset menawarkan salah satu solusi paling lengkap di pasaran untuk membangun slider WordPress. Selain akses untuk membuat slider statik yang dapat ditemukan pada ratusan plugin lain, Toolset menawarkan slider dinamis untuk konten custom.

Kamu dapat membuat berbagai macam slider dinamis tanpa sedikitpun pengetahuan tentang coding, sehingga kamu dapat menambahkan gambar dan konten dinamis dengan kontrol penuh.

9. RoyalSlider

royalslider plugin wordpress

RoyalSlider adalah plugin slider lainnya yang menawarkan opsi animasi, kustomisasi, dan transisi yang cukup lengkap. Plugin ini berfokus kepada user interface yang intuitif dengan performa yang lebih baik.

Dengan plugin ini, kamu dapat membuat slider yang touch-friendly dan responsive, sehingga tampilannya cocok untuk semua jenis perangkat.

Baca juga: 11 Plugin Popup Terbaik untuk Situs WordPress Kamu

10. LayerSlider

layerslider wordpress plugin

Plugin slider yang satu ini menawarkan opsi advanced dengan berbagai fitur kustomisasi lanjutan untuk membuat slider, galeri, animated landing pagepage blocks, atau bahkan sebuah website.

Salah satu kekuatan plugin ini adalah ketersediaan akses untuk berbagai macam transisi dan animasi di slider kamu. LayerSlider juga menyediakan 200+ template transisi, efek parallax, dan animasi yang dapat kamu gunakan hanya dalam beberapa klik.

Baca juga: 26 Website Parallax Terbaik untuk Inspirasimu

11. FlexSlider

flexslider wordpress

Plugin slider WordPress satu ini dapat kamu gunakan secara gratis untuk membuat slider fully responsive yang berbasis jQuery.

Dengan plugin ini, kamu dapat menambahkan slider horizontal atau vertikal, sekaligus menambahkan animasi untuk menambahkan efek interaktif bagi pengunjung.

Kesederhanaan plugin ini cocok untuk kamu yang ingin membuat slider sederhana, tanpa banyak fitur-fitur non-esensial.

Simpulan

Sebetulnya masih ada banyak lagi plugin slider yang bisa kamu gunakan untuk membuat slideshow di website berbasis WordPress. Namun, rangkuman kelima plugin slider WordPress terbaik di atas sudah cukup untuk membuat tampilan slider website kamu semakin keren.

Agar performa website WordPress kamu semakin cepat, aman, dan dapat diandalkan, gunakan juga jasa layanan hosting terbaik dari Dewaweb. Selamat mencoba dan semoga kamu suka!