Rekomendasi Plugin Anti Spam Captcha

Rekomendasi Plugin WordPress Anti Spam Captcha

Para pengguna hosting Indonesia  yang memakai CMS WordPress pasti merasa jengkel jika postingan diserang komentar spam. Semakin banyak komentar spam yang muncul, tentunya bisa membuat kamu sulit dan bahkan tidak melihat komentar dari pembaca.

Well, untuk menangkal masalah spam ini, pengguna hosting murah dapat memasang plugin anti spam captcha ke dalam WordPress. Berikut ini terdapat plugin anti spam captcha yang dapat sahabat Dewaweb pilih.

1. Captcha Bank

Captcha Bank adalah sebuah plugin anti-spam yang sederhana tapi efektif. Plugin ini memberikan test captcha yang mudah untuk diselesaikan oleh manusia, tetapi tetap sulit untuk bot.

Kamu juga dapat mengatur kompleksitas atau kesulitan catpcha yang ditampilkan seperti tata letak, tampilan, keamanan, dan sebagainya.

Baca Juga: Post Grid: Plugin Layout Grid WordPress

2. SI CAPTCHA Anti-Spam

Pengguna hosting murah juga dapat memasang plugin bernama SI CAPTCHA Anti-Spam. Plugin ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap, seperti fasilitas pingback dan trackback, dapat dikonfigurasi melalui admin panel, kompatibel dengan situs BuddyPress, memiliki dukungan Akismet dan memungkinkan kamu menambahkan captcha pada login, komentar dan menyembunyikannya pada pengguna login.

3. WP reCAPTCHA

Plugin captcha anti spam WordPress WP reCAPTCHA yang dikembangkan oleh Google. Plugin ini dapat kamu pakai untuk memasang metode captcha yang kuat atau menambahkan captcha suara. Yang tak kalah menarik, WP reCAPTCHA juga kompatibel dengan multisite WordPress dan memiliki fitur Mailhide untuk melindungi webmail kamu dari spam.

4. Blue Captcha

Ada pula plugin Blue Captcha yang dapat kamu fungsikan untuk menggunakan captcha gambar dengan 30 background berbeda. Kemudian, plugin ini pun hadir dengan fitur HOS – Hall of Shame, yang merupakan fitur untuk memungkinkan kamu melacak file log dan alamat IP spammer, kemudian memblokirnya.

Baca Juga: Cara Update Plugin WordPress Manual

5. Conditional CAPTCHA

Tak seperti plugin captcha lain, Conditional Captcha hanya menunjukkan ujian Captcha jika beberapa kondisi telah terpenuhi. Pada level paling dasar, captcha akan tampilkan jika pengunjung tidak log-in atau belum pernah mengunjungi website kamu.

Plugin ini cocok jika kamu sedang mencari plugin anti-spam yang tidak mengganggu pengunjung setiap kali mereka membuka website kamu.

6. Math Captcha

Math Captcha adalah plugin sederhana yang menggunakan pertanyaan matematika seperti pertambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian untuk membedakan pengunjung manusia dan bot.

Plugin ini dapat diintegrasikan secara mudah dengan semua WordPress form, BBPres, dan Contact Form 7. Kamu dapat langsung menggunakan plugin ini tanpa perlu pengaturan ulang karena semuanya sudah teroptimisasi pada saat pemasangan.

Baca juga: 7 Plugin WordPress yang Wajib Kamu Instal

7. HumanCaptcha

HumanCaptcha menggunakan pendekatan yang sedikit unik untuk membedakan manusia dan bot. Plugin ini menggunakan pertanyaan yang memerlukan logika manusia untuk menjawabnya. Jika jawabannya betul, mereka akan lolos dan dianggap manusia. Kamu akan mendapatkan tiga pilihan pertanyaan, tetapi kamu juga bisa menambahkan pertanyaanmu sendiri.

Dengan memasang plugin anti spam, tentu saja pengguna hosting Indonesia dapat menghalangi spammer beraksi ke dalam postingan kamu. Inilah saatnya memaksimalkan layanan hosting murah yang sahabat Dewaweb gunakan, seperti memasang plugin diatas pada WordPress kamu.

Jadi, plugin anti spam captcha manakah yang kamu pilih?  Silahkan pilih sendiri ya!