13 Antivirus Terbaik untuk Lindungi Laptop Windows & Mac OS

13 Antivirus Terbaik untuk Lindungi Laptop Windows & Mac OS

Kamu ingin laptopmu dilindungi dengan antivirus terbaik? Kamu sudah sampai di artikel yang tepat! Pemasangan aplikasi antivirus laptop memang hal yang penting untuk dipertimbangkan jika kamu tidak ingin data-datamu hilang tanpa sebab secara mendadak.

Apalagi jika kamu sering berbagi flash disk maupun hard disk dengan temanmu, tentu saja peluang penyebaran virus setelah transfer data sangat tinggi. Tidak hanya dari transfer data, virus juga dapat masuk ke laptopmu jika kamu mengunjungi website yang tidak aman dan men-download sesuatu dari sana.

Untuk menghindari dan mencegah laptop disusupi malware dan virus lainnya, gunakanlah antivirus laptop. Berikut ini Dewaweb sudah rangkumkan rekomendasi aplikasi antivirus untuk laptop Windows dan Mac OS baik gratis maupun berbayar, yuk simak!

Baca Juga: 12 Jenis Virus Komputer Berbahaya dan Cara Mengatasinya

1. Avast Antivirus

antivirus windows avast

Avast adalah salah satu antivirus laptop Windows dan Mac OS yang direkomendasikan dengan berbagai kelebihannya, misalnya silent mode yang dapat menyembunyikan pemberitahuan saat kamu melakukan aktivitas lain. Lalu, proses instalasi Avast juga relatif mudah dan cepat dengan perlindungan yang sangat baik untuk berbagai virus dan malware.

Antivirus Windows yang satu ini sangat cocok untukmu yang memerlukan software untuk antivirus dan antispyware. Avast mampu memberikan perlindungan secara real time dan scan otomatis untuk mendeteksi software berbahaya, Fitur boot-scan yang dimiliki oleh Avast juga mampu melakukan scanning pada komputer sebelum masuk ke dalam sistem.

Baca Juga: Kenali 5 Serangan Hacker pada Website

2. Norton Security

Jika kamu mencari antivirus gratis terbaik dengan tampilan yang user friendly, kamu bisa menggunakan Norton Security.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Norton Security adalah proses scanning yang relatif singkat namun mendetail. Selain itu, kemampuan yang diunggulkan dari antivirus Windows ini adalah backup file serta ketanggapannya untuk mendeteksi masalah yang muncul.

Jika kamu secara tidak sengaja menghapus file atau software tertentu, Norton Security akan mengembalikannya untukmu. Fitur ini sama dengan Jetbackup yang dimiliki oleh semua paket cloud hosting di Dewaweb. Selain melakukan backup data secara otomatis, kamu juga bisa memulihkan datamu yang hilang atau error menggunakan fitur Jetbackup.

Baca Juga: Bagaimana Website Dapat Diserang Malware?

3. AVG AntiVirus

Antivirus AVG bisa kamu dapatkan baik versi gratis maupun berbayarnya. Versi gratis antivirus AVG sudah cukup baik untuk melindungi PC Windows milikmu dari serangan virus. Antivirus yang rilis stabil sejak tahun 2010 ini juga bisa melakukan pemblokiran dan penghapusan virus maupun malware berbahaya.

Kalaupun terjadi salah deteksi, hal tersebut akan tetap aman selama kamu menggunakan antivirus AVG. Namun, layanan antivirus Windows ini tidak otomatis melakukan penghapusan virus yang terdeteksi, hanya melakukan karantina saja.

Fitur lainnya, kamu bisa menggunakan antivirus AVG untuk mendeteksi keamanan tautan website yang sedang kamu jelajahi dengan link-scanner.

4. Bitdefender

Bitdefender merupakan antivirus ciptaan perusahaan asal Rumania, SOFTWIN. Antivirus yang cocok digunakan untuk OS Windows ini tersedia versi gratis maupun berbayar.

Di versi berbayar, kamu bisa mendapatkan fitur tambahan, seperti anonimitas saat menjelajah internet, koneksi WiFi yang terenkripsi. Namun, kamu perlu mengeluarkan biaya setidaknya Rp 300 ribu untuk layanan ini.

antivirus windows bitfender pricelist

Beberapa fitur lain yang dimiliki Bitdefender adalah on-demand virus scanning yang membersihkan segala jenis virus, baik virus Trojan, malware, Ransomware hingga anti-phishing untuk melindungi akun online, serta behavioral detection untuk memonitor aplikasi. Bitdefender juga memiliki sistem anti-fraud yang akan mengawasi situs yang kamu kunjungi dari beragam jenis penipuan.

Baca Juga: Cara Melindungi Komputer dari Malware dan Virus Lainnya

5. Avira

Avira Security Suite adalah aplikasi antivirus di Windows yang mampu melindungi dan memberi keamanan PC dari berbagai jenis ancaman virus dan malware. Antivirus buatan Jerman ini juga memiliki fitur canggih yang bisa mengidentifikasi virus secara otomatis.

Versi gratis dari Avira sudah bisa melakukan proteksi PC Windows milikmu dari serangan adware, spyware, virus, dan program backdoor, serta software berbahaya lainnya.

6. Kaspersky

Aplikasi antivirus terbaik lainnya yang bisa kamu coba di laptopmu adalah Kaspersky. Antivirus ini bisa kamu gunakan di sistem operasi Windows, Mac OS, Linux, Android, dan iOS. Kaspersky dikenal dengan teknologi keamanan yang sudah paten dan mudah disesuaikan.

Kaspersky memiliki fitur untuk menangkal malware yang lengkap. Beberapa di antaranya adalah Decent Parental Controls, VPN, Secure Browser, Anti-theft Protection, dan Webcam Protection.

7. McAfee Total Protection

Rekomendasi antivirus selanjutnya adalah McAfee. Software pelindung virus komputer ini mengklaim bahwa mampu memproteksi beragam jenis virus dan malware, dan bisa diinstal tanpa batasan. Software ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi device yang mencurigakan.

Selain itu, McAfee juga dilengkapi dengan fitur scanner yang bisa melindungi email dan memindai web. Terlebih lagi, McAfee menyediakan password manager di dalamnya sehingga kamu bisa menyimpan kata sandi untuk akun-akun yang dimiliki.

Baca Juga: 10+ Cara Mengatasi Malware Paling Ampuh

8. Intego

Bagi pengguna Mac OS, ada antivirus khusus yang bisa melindungi perangkatmu. Intego adalah software keamanan untuk perangkat Mac dengan fitur-fitur meliputi: antivirus, firewall, anti-spam, software cadangan, dan perangkat lunak perlindungan data.

Intego bisa dibilang sebagai antivirus untuk Mac OS terbaik. Dengan lebih dari 28 juta perangkat yang sudah dilindunginya. Belakangan ini, Intego juga merilis produk antivirus yang juga bisa digunakan untuk perangkat Windows.

9. ESET Internet Security

Kalau kamu mencari antivirus berkualitas dengan harga terjangkau, ESET bisa jadi pilihan. Aplikasi antivirus ini banyak digunakan di PC karena tools yang ditawarkan lengkap dan cukup ringan.

ESET bisa digunakan di perangkat Windows, Mac OS, dan Android. Selain melindungi perangkatmu terhadap malware, ESET juga menawarkan fitur scan sosial media, tools proteksi jaringan, dan melindungi komputer dari ancaman ransomware.

10. Bullguard

Selain antivirus di atas, kamu juga bisa menggunakan Bullguard Antivirus. Software ini memiliki fitur antivirus, internet security, premium protection dan perlindungan VPN. Bullguard bisa kamu gunakan di laptop Windows maupun Mac OS.

Didesain untuk melindungi jaringan, perangkat kamu akan terproteksi ketika berselancar di internet. Tidak hanya itu, antivirus Bullguard juga bisa mengoptimasi kinerja CPU dan mencegah ransomware menyerang perangkatmu.

11. Sophos Home

Masih kurang dengan pilihan di atas? Kamu juga dapat menggunakan Sophos Home sebagai software antivirus gratis terbaik di laptop atau PC. Bukan hanya pengamanan terhadap malware berbahaya, Sophos juga mampu memberikan perlindungan terhadap situs-situs yang dianggap mencurigakan, misalnya website penipuan.

Kelebihannya lagi, Sophos Home memiliki fitur remote management yang memungkinkan penggunanya mengatur keamanan perangkat lain secara jarak jauh. Di versi premiumnya, kamu perlu membayar mulai dari $50 untuk melindungi 10 perangkat yang berbeda.

12. Comodo

Antivirus gratis terbaik lainnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah Comodo Antivirus. Perusahaan yang juga memiliki produk Comodo SSL ini memiliki program deteksi terhadap virus, spyware, rootkits, dan jenis-jenis malware lainnya.

Kelebihan dari antivirus ini adalah, file atau program yang di-scan oleh antivirus akan disimpan di bagian lain dari PC atau laptopmu. Jadi, ketika ada program atau file yang mengandung virus, dokumen lain di PC atau laptopmu tidak akan terdampak oleh virus tersebut.

13. Immunet Antivirus

Immunet Antivirus bisa menjadi salah satu opsi antivirus laptop terbaik yang bisa kamu gunakan. Antivirus yang bisa didapatkan secara gratis ini dapat mendeteksi dan menghapus berbagai hal seperti bot, worm, trojan, virus, keylogger, hingga spyware. Immunet Antivirus juga bisa di-install dengan cepat dan tidak akan memakan banyak memori saat digunakan karena ukurannya yang kecil.

Gunakan Antivirus Terbaik untuk Cegah Virus!

Nah, ternyata ada banyak sekali antivirus gratis terbaik untuk melindungi laptop dari serangan malware. Kamu bisa memilih salah satu antivirus laptop tadi sesuai kebutuhan dan preferensi kamu. Sebaiknya tidak mengaktifkan lebih dari satu antivirus karena nantinya akan saling mengidentifikasi sebagai virus.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!