Panduan Riset Keyword YouTube untuk Meningkatkan Views 🚀

Panduan Riset Keyword YouTube untuk Meningkatkan Views 🚀

Salah satu tantangan menjadi content creator di YouTube adalah meningkatkan views video dengan melakukan riset kata kunci Youtube.

Menjadi seorang Youtuber memang harus kreatif dalam membuat konten. Namun selain konten yang menarik, kamu juga perlu mengertahui apa yang sering dicari oleh para pengguna YouTube.

Bayangkan kamu sudah membuat konten semaksimal mungkin tapi ternyata views-nya sedikit. Lalu, mengapa penontonnya bisa sedikit? Tentu karena video kamu tidak muncul di beranda atau kolom pencarian atas.

Lalu apa solusinya? Yaitu dengan melakukan riset keyword,banyak orang berpikir melakukan riset itu sulit padahal sebenarnya bisa kamu pelajari lho.

Berikut beberapa panduan riset kata kunci Youtube yang bisa kamu coba.

Kenapa Perlu Riset Keyword untuk YouTube?

Riset keyword merupakan hal yang penting dilakukan untuk para content creator. Tapi dibalik itu seberapa penting sih meriset kata kunci untuk Youtube?

Nah sebelum mengetahui manfaat melakukan research keyword Youtube, sebaiknya ketahui dulu istilah apa itu riset keyword.

Youtube keyword research merupakan cara yang dilakukan untuk mendapatkan kata kunci atau frasa yang sering digunakan orang dalam mencari video di Youtube.

Cara riset keyword Youtube sebenarnya sama saja seperti riset kata kunci untuk blog atau website, hanya saja platform-nya yang berbeda.

Dengan mengetahui cara mendapatkan keyword terbaik dan menerapkannya pada konten kamu. Maka peluang video tersebut untuk muncul pada kolom pencarian atas akan lebih besar.Semakin sering muncul di pencarian atas maka akan semakin banyak penonton yang meng-klik video kamu juga.

Selanjutnya, seperti apa pentingnya meriset kata kunci untuk Youtube? Berikut beberapa alasannya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Youtube Dashboard

Meningkatkan Views

Seperti Google, Youtube juga memiliki algoritma dalam menentukan video yang muncul di kolom pencarian atas. Salah satu indikatornya yaitu kata yang paling sering dicari oleh penonton.

Maka dari itu, kamu perlu riset kata kunci Youtube kira – kira apa yang sering mereka cari. Setelah itu sisipkan keyword tersebut pada judul, deskripsi dan yang lain.

Semakin banyak mengandung keyword maka semakin tinggi peluang muncul di peringkat pertama. Tapi ingat jangan terlalu banyak sebar keyword juga karena justru dapat terdeteksi menjadi spam.

panduan riset kata kunci untuk Youtube - meningkatkan views

Apabila video kamu sudah berhasil muncul di peringkat pertama seperti gambar di atas maka semakin besar juga jumlahviewers-nya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Peringkat Video YouTube di Mesin Pencari

Meningkatkan Jumlah Subscriber

Masih berhubungan dengan sebelumnya, ketika viewers kamu semakin banyak maka kemungkinan jumlah subscriber kamu juga akan meningkatkan.

Contohnya ketika kamu sedang mencari video tutorial di Youtube, setelah menuliskan keyword maka nanti akan muncul ribuan video yang relevan dengan kata kunci.

Dari banyaknya video tersebut indikator pertama yang kamu lihat pasti jumlahviews. Kamu dan mungkin banyak orang di luar sana pasti menganggap semakin banyak video tersebut ditonton orang artinya kualitas video tersebut juga bagus.

Semakin banyak views dan orang yang tertarik pada video kamu maka mereka juga akan senang hati untuk subscribe channel Youtube tersebut.  Dari sana maka jumlah subscriber kamu juga akan terus meningkat.

Baca juga: 20 Tips untuk Menambah Subscriber YouTube 

Mempermudah Audiens Mencari Video

Salah satu kunci agar video mudah ditemukan oleh penonton yaitu gunakan kata – kata yang sering dipakai oleh mereka ketika mencari video.

Pada dasarnya, algoritma Youtube mengutamakan pengalaman pencarian yang dapat memuaskan penggunanya.

Dengan kata lain, YouTube hanya akan menampilkan video-video yang relevan dengan kata kunci pencarian. Selain itu, informasi personal audiens seperti lokasi, bahasa, riwayat pencarian, dan channel yang di-subscribe juga menjadi faktor tambahan.

Jadi, semakin baik keyword yang kamu riset, semakin relevan keyword yang digunakan pada konten maka semakin mudah pula video kamu ditemukan oleh mereka.

Maka dari itu jangan sembarangan ketika meriset kata kunci Youtube. Pastikan kamu menggunakankeywordyang  komunikatif dan sesuai dengan target audiens kamu.

Contohnya seperti keyword judul berikut:

  • Kue kering enak, gurih dan lembut bagaimana membuatnya? ❌
  • Cara membuat kue kering enak, gurih dan lembut ✅

Dari dua keyword di atas, kebanyakan audiens pasti lebih sering menggunakan kata kunci kedua.

Oleh karena itu gunakankeyword terbaik agar video kamu lebih mudah ditemukan audiens.

Tapi masalahnya bagaimana cara riset kata kunci Youtube?

Cara Melakukan Riset Kata Kunci untuk YouTube 

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan kata kunci Youtube.

1. Telusuri Keyword yang Ingin digunakan

Ketika kamu belum menemukan kata kunci yang tepat tentang ide konten yang akan dibuat, kamu bisa mencarinya pada beberapatools research keyword berikut ini.

  • Ubersuggest: salah satu platform riset kata kunci YouTube yang dapat digunakan secara gratis.Selain untuk meriset kata kunci, Ubersuggest juga memiliki banyak fitur lain yang dapat membantu meningkatkan performa video sepertiSEO analyzer, backlink checker, content idea, dan masih banyak lagi.
  • VidIQ: VidlQ adalah sebuah extension yang dapat kamu pasang dibrowser Google Chrome, Mozilla, atau Edge. Kamu dapat memperoleh data seperti keyword turunan, competition keyword, top kreator untuk keyword tersebut, dan masih banyak lagi.
  • Semrush: Tool ini memiliki fitur yang cukup lengkap, bahkan untuk pengguna gratis. Tidak hanya menemukan kata kunci, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan informasi volume pencarian bulanan, tingkat kompetisi keyword, dan yang lain.
  • Tubebuddy: Salah satu tool yang dibuat khusus untuk melakukan riset kata kunci di YouTube. Meskipun begitu banyak fitur yang dapat mempermudah kamu seperti video topic planner, best time to publish, tag explorer,dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 13 Keyword Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Kata Kunci

2. Gunakan Fitur Autocomplete Youtube

Melakukan riset kata kunci Youtube tidak hanya bisa kamu lakukan lewat tools di atas. Bahkan kamu bisa mendapatkannya secara natural dan gratis dari Youtube langsung yaitu dengan fitur autocomplete.

Caranya kamu bisa langsung mengetikan kata apapun ke dalam kolom pencarian Youtube. Setelah itu kamu bisa langsung melihat hasil dari pencarian yang relevan dan paling sering dicari oleh audiens. Contohnya seperti berikut.

hasil pencarian autocomplete

Pada gambar di atas, kamu bisa hanya memasukan kata “cara membuat” setelah itu Youtube akan otomatis melengkapinya. Hasil autocomplete itu bisa kamu lihat di bagian bawah.

Dari hasil tersebut, kamu dapat memilih mana keyword Youtube yang sekiranya akan kamu gunakan dan apa saja keyword turunannya.

3. Periksa Keyword dari Video Populer

Terakhir yaitu dengan cara melihat keyword yang digunakan oleh video populer di Youtube. Misalnya kamu menemukan salah satu video di peringkat atas Youtube, lalu kamu ingin mengikutikeywordyang digunakan.

Nah, caranya kamu bisa buka video terlebih dulu, lalu klik kanan pada mouse dan pilih view page source, setelah itu nanti muncul halaman baru yang berisi file HTML.

pilih view page source

Di halaman tersebut klik ctrl + f dan tuliskan keywords. Setelah itu nanti muncul macam – macam keyword yang digunakan seperti gambar di bawah.

contoh keywords

Kata kunci di atas bisa kamu gunakan ketika kamu membuat danuploadkonten nantinya.

Siap Kembangkan Channel Youtube Kamu?

Itulah beberapa cara riset keyword untuk Youtube, kamu bisa menggunakan berbagai tools yang tersedia atau mencarinya manual di Youtube. Jadi sebenarnya riset kata kunci untuk Youtube tidak terlalu sulit kan?

Yuk, kembangkan channel Youtube kamu dan buat video kamu berada di peringkat atas dengan riset keyword terlebih dulu.