keyword tool gratis featured image

13 Keyword Tools Gratis dan Terbaik untuk Riset Kata Kunci

Keyword tools adalah software yang sangat berguna dalam menemukan kata kunci dengan potensi terbaik. Pemilihan keywords atau kata kunci yang tepat merupakan salah satu langkah dasar untuk search engine optimization (SEO).

Dengan memilih kata kunci yang tepat, kamu dapat meningkatkan kemungkinan konten kamu untuk dapat memasuki peringkat teratas di search engine.

Namun sayangnya, sebagian besar keyword tools dipatok dengan harga yangN cukup mahal, terutama untuk blogger pemula atau UMKM yang baru saja merambah pasar digital.

Di artikel ini, Dewaweb akan berbagi informasi mengenai keyword tools terbaik yang dapat kamu gunakan secara gratis untuk meningkatkan SEO dan traffic blog kamu.

Daftar Keyword Tools Gratis Terbaik

Jika kamu sedang merintis sebuah website atau menulis artikel untuk blog, riset kata kunci adalah hal yang tak dapat dipandang remeh.

Berikut ini adalah daftar keyword tools gratis yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan SEO dan traffic website kamu:

1. Google Trends

Google Trends merupakan sebuah keyword tool buatan yang dapat digunakan untuk memantau topik pencarian beserta pola naik/turunnya popularitas topik tersebut di Google. Kamu dapat menggunakan Google Trends untuk mengetahui:

  • Volume pencarian keyword
  • Keyword yang sedang trending di Google
  • Area di mana kata kunci tersebut sering dicari
  • Topik terkait untuk kata kunci tersebut

Kamu juga dapat menggunakan Google Trends untuk menemukan keyword musiman. Mari kita coba untuk telusuri tren untuk pencarian “cuti lebaran” — dari visualisasi yang terlihat, pencarian ini sangat populer di bulan Juni – Juli dari tahun ke tahunnya.

Keyword tools gratis - Google Trends

Dengan mengetahui tren ini, kamu dapat menyusun content calendar kamu dan meluncurkan konten baru tentang cuti lebaran pada periode tersebut.

Selain itu, kamu juga dapat mengetahui tren popularitas untuk setiap kata kunci mulai tahun 2004 hingga sekarang. Kamu juga dapat membandingkan dua keyword atau lebih untuk menemukan mana yang lebih populer dan berpotensi.

keyword tools gratis - Google Trends

Dengan fitur ini, kamu akan lebih mudah menemukan keyword dengan popularitas tinggi dan tren yang sedang naik. Cukup membantu, ‘kan?

Setelah menemukan keyword yang tepat, maka kamu dapat mulai menyusun konten dan mempublikasikannya pada tanggal yang tepat.

Baca lebih lanjut: Cara Menggunakan Google Trends untuk Keyword Research

2. Google Search Console

Google Search Console merupakan salah satu alat terbaik untuk riset keyword dan meningkatkan SEO website. Melalui Google Search Console, kamu dapat melihat:

  • Peringkat website untuk keyword tertentu
  • Jumlah penayangan website untuk keyword tertentu
  • Jumlah klik ke website untuk keyword tertentu
  • Persentase penayangan dan jumlah klik

Meskipun Google Search Console tidak memiliki data tentang search volume dan keyword difficulty, namun data yang digunakan adalah data dari pengguna Google. Jadi, informasi yang kamu dapat sudah tidak perlu diragukan akurasinya.

Kamu dapat melihat berbagai keyword di mana website kamu muncul di halaman pencarian beserta jumlah penayangan, klik, dan rata-rata peringkatnya. Dengan mengetahui informasi ini, maka kamu dapat menentukan keyword apa yang sebaiknya diincar.

keyword tool gratis - Google Search Console

Sebagai contoh, jika halaman kamu memiliki jumlah penayangan besar dan jumlah klik yang kecil seperti gambar di atas, kamu dapat menggunakan judul yang lebih persuasif agar orang tertarik meng-klik link kamu.

Selain untuk riset kata kunci, GSC juga menyediakan berbagai fitur lain seperti Mobile Usability, URL Inspection, Core Web Vitals, dan masih banyak lagi. Jika kamu berniat untuk membuat website atau blog sendiri, GSC adalah tool yang wajib untuk kamu pelajari.

Baca lebih lanjut: Panduan Lengkap Menggunakan Google Search Console (GSC) untuk SEO

3. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner merupakan bagian dari Google Ads yang berguna untuk melakukan keyword research sebelum meluncurkan iklan di Google.

Maka dari itu, penggunaan Google Keyword Planner akan lebih maksimal jika kamu berniat untuk memasang iklan di Google. Pada dasarnya, kamu dapat menggunakan Keyword Planner untuk mengetahui:

  • Volume pencarian kata kunci
  • Tingkat kompetisi untuk beriklan
  • Biaya untuk beriklan di kata kunci tersebut

Dalam Google Keyword Planner, kamu dapat memilih di antara dua opsi riset keyword, yaitu Discover New Keywords (mencari kata kunci baru) atau Get Search Volumes and Forecast (mencari volume pencarian dan prediksi).

Berikut ini adalah tampilan untuk Discover New Keywords dengan ide dasar “cara membuat website.”

keyword tool gratis - Google Keyword Planner

Namun seperti yang dijelaskan sebelumnya, Keyword Planner akan lebih optimal jika digabungkan dengan penggunaan Google Ads. Jika kamu ingin menunjang SEO dengan memasang iklan berbayar, maka Google Keyword Planner bisa jadi pilihan yang tepat.

Meskipun begitu, volume pencarian yang diberikan oleh Keyword Planner merupakan jumlah pencarian organik. Artinya, data tersebut dapat kamu gunakan sebagai patokan pemilihan keyword untuk konten kamu.

Baca lebih lanjut: Cara Menggunakan Google Keyword Planner

4. Google Search

Google Search adalah sebuah keyword tool yang paling sering dianggap remeh. Padahal dengan Google Search, kamu sudah dapat memperoleh puluhan ide keyword yang dapat kamu gunakan.

Misalnya, kamu sedang mencari alternatif untuk kata kunci “cara membuat website”. Kamu dapat mengetikkan kata kunci tersebut di Google Search, dan Google akan memberikan berbagai kata kunci turunan yang dapat kamu gunakan.

Google Search

Google menyarankan kata kunci turunan di atas berdasarkan popularitas dan volume pencarian. Jadi, seluruh opsi di atas merupakan kata kunci yang sedang diminati banyak orang.

Artinya, kamu dapat menjadikan seluruh kata kunci turunan di atas menjadi ide konten dengan potensi traffic tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa memperoleh ide baru dari berbagai rekomendasi Google setelah melakukan pencarian. Rekomendasi ini ada pada bagian pertanyaan serupa dan pencarian terkait kata kunci yang kamu gunakan.

Asset Blog Dewaweb

Lakukan pencarian di Google Search menggunakan mode incognito. Dengan demikian, data pencarian tidak akan terpengaruh oleh konten yang sudah dipersonalisasi untukmu.

5. Keywordtool.io

Keywordtool.io merupakan salah satu tool gratis untuk menemukan variasi kata kunci beserta turunannya. Tool ini memiliki fitur untuk mencari ratusan ide kata kunci yang dapat kamu jelajahi dan gunakan sebagai konten.

Namun sayangnya, kamu hanya dapat melihat volume pencarian, tren, dan tingkat kompetisi keyword jika kamu memiliki akun berbayar.

keywordtool.io

Keywordtool.io menggunakan data dari Google Search, jadi sudah dapat dipastikan bahwa variasi kata kunci yang kamu dapatkan akurat. Selain variasi, kamu juga dapat menemukan versi pertanyaan dari kata kunci yang kamu jelajahi.

Selain riset kata kunci untuk Google, Keywordtoo.io juga menyediakan keyword tool untuk beberapa platform lain seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan Bing.

6. Ahrefs Keyword Generator

Ahrefs Keyword Generator adalah sebuah keyword tool gratis yang memberikan hasil penelitian kata kunci yang sangat lengkap jika dibandingkan tool lain di daftar ini.

Kamu akan mendapatkan beberapa informasi penting terkait keyword yang kamu jelajahi seperti:

  • Volume pencarian
  • Tingkat kompetisi
  • Tanggal update hasil pencarian
  • Daftar pertanyaan terkait keyword tersebut

Keyword tool ini sangat bermanfaat untuk menemukan long-tail keyword atau kata kunci turunan dan menemukan keyword dengan tingkat kompetisi yang rendah.

Kamu dapat menemukan hingga 150 ide keyword untuk setiap ide dasar yang kamu miliki.

keyword tool gratis - Ahrefs Generator

Selain itu, kamu juga dapat memfilter ide yang berupa pertanyaan dengan informasi serupa. Kamu dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk menyusun header di artikel-artikel kamu.

Ahrefs Generator Questions

7. SEMrush Keyword Magic Tool

SEMrush Keyword Magic Tool merupakan salah satu dari beberapa tools SEO yang ditawarkan perusahaan ini. Untuk mengakses tool gratis ini, kamu perlu membuat akun SEMrush terlebih dahulu.

Dengan Keyword Magic Tool, kamu dapat mengetahui beberapa data penting tentang kata kunci yang sedang kamu telusuri, seperti:

  • Volume pencarian bulanan
  • Tingkat kepadatan kompetisi (untuk iklan)
  • Tingkat kompetisi keyword (untuk pencarian organik)

Keyword Magic Tool juga memiliki beberapa fitur penyortiran hasil yang sangat berguna dalam menyaring rekomendasi kata kunci berdasarkan metrik tertentu.

semrush keyword magic tool

Kamu juga dapat melihat hasil pencarian di halaman pertama Google dengan meng-klik masing-masing variasi keyword. Fitur ini akan menunjukkan analisa lebih dalam terhadap sebuah keyword.

semrush keyword overview tool

Mengingat SEMrush menyediakan tool ini secara gratis, data yang dapat kamu peroleh sangatlah lengkap dan mendalam. Mulai dari volume hingga tren pencarian, kamu dapat menggunakan seluruh data ini untuk meningkatkan performa konten kamu.

8. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan salah satu pendatang baru di dalam dunia SEO, namun keyword tool mereka menawarkan fitur yang tak kalah menariknya dengan kompetitor. Tool milik Neil Patel ini menawarkan berbagai fitur riset kata kunci yang memudahkan kamu dalam menemukan ide-ide baru.

Ubersuggest dapat menunjukan beberapa informasi penting seperti:

  • Volume pencarian
  • Tren popularitas keyword
  • Cost Per Click (untuk iklan)
  • Tingkat kompetisi berbayar
  • Tingkat kompetisi organik
  • Rekomendasi judul konten

Kamu dapat menggunakan keyword tool Ubersuggest sebanyak 3x dalam satu hari. Namun mengingat tool ini dapat digunakan secara cuma-cuma, batasan tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

Hal pertama yang dapat kamu temukan dari Ubersuggest adalah volume pencarian keyword yang sedang ditelusuri beserta estimasi kesulitan dan cost-per-click.

ubersuggest

Jika kamu scroll ke bawah sedikit, maka kamu akan menemukan ide-ide keyword turunan beserta tren pencarian, tingkat kompetisi, dan volume pencarian.

ubersuggest keyword idea

Selain itu, kamu juga akan menemukan referensi konten yang memiliki peringkat tinggi untuk keyword tersebut.

ubersuggest content idea

 

9. MOZ Keyword Explorer

Moz Keyword Explorer adalah sebuah tool riset kata kunci yang memiliki tampilan menarik dan mudah untuk dimengerti, bahkan bagi pemula. Alat ini akan menampilkan beberapa informasi terkait kata kunci, seperti:

  • Volume pencarian bulanan
  • Kesulitan kompetisi organik
  • Tingkat click-through rate untuk konten organik
  • Skor prioritas untuk setiap kata kunci pencarian

Metrik CTR yang ditawarkan oleh Moz Keyword Explorer adalah hal unik yang tidak dapat ditemukan pada keyword tool lainnya. Angka CTR ini menunjukkan berapa banyak pencari dengan kata kunci tersebut meng-klik sebuah link yang ia temukan.

Skor prioritas (Priority Score) merupakan sebuah metrik untuk mengukur kesulitan, peluang, dan volume pencarian. Artinya, kamu dapat menggunakan Priority Score untuk menemukan keyword mana yang memiliki peluang sukses terbesar.

Moz menawarkan berbagai fitur menarik dari Keyword Explorer mereka dengan limit penggunaan yang cukup besar (10x pencarian). Namun sayangnya, database Moz untuk hasil pencarian di Indonesia bisa dibilang terbatas.

moz keyword explorer

Sebagian besar ide keyword dalam bahasa Indonesia yang diberikan oleh Moz tidak memiliki data yang relevan terkait volume pencarian per bulan. Jadi, kamu tidak dapat mengestimasi traffic yang akan didapat berdasarkan volume pencarian.

10. Keyword Sheeter

Keyword Sheeter merupakan sebuah tool yang akan mencari ribuan ide turunan untuk setiap keyword yang kamu telusuri. Jika kamu ingin mengumpulkan ide keyword dalam waktu yang singkat, tool yang satu ini adalah pilihan yang cocok.

Tool ini dapat mengumpulkan hingga 1,000 keyword dalam satu menit. Kamu dapat mengunduh seluruh ide kata kunci tersebut secara gratis dengan satu klik saja.

Kamu juga dapat menggunakan filter untuk mengeluarkan atau memasukkan ide yang mengandung kata tertentu ke dalam daftar keyword milikmu.

Namun sayangnya, Keyword Sheeter tidak menunjukkan volume pencarian atau mengelompokkan kata kunci seperti Keyword Planner atau tool lainnya. Jika kamu menginginkan data seperti volume pencarian, tingkat kompetisi, dan sebagainya, kamu perlu ‘membeli’ laporan tersebut.

keyword sheeter

11. Wordtracker

Wordtracker merupakan keyword tool gratis yang dikembangkan oleh dua bersaudara, Andy dan Mike Mindel, di akhir ’90-an. Tool ini bisa kamu gunakan untuk mengoleksi informasi terkait kata kunci yang kamu butuhkan hanya dengan memasukkan short tail keyword-nya.

Setelah itu, Wordtracker akan menyediakan beberapa long-tail keyword serta popularitas kata kunci tersebut setahun terakhir.

keyword tool gratis wordtracker

12. LSI Graph

Mempunyai batas jumlah pencarian hingga delapan kata per hari membuat LSI Graph menjadi salah satu keyword tool gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Di tool ini, kamu bisa menemukan keywords yang relevan dengan keyword yang kamu cari, meski terkadang beberapa kata mungkin tak sama persis dengan apa yang kamu ketikkan di kolom pencarian.

keyword tool gratis lsi graph keyword research result

Kamu juga bisa menemukan beberapa top performing content, yaitu beberapa website teratas yang mengandung kata kunci dari hasil pencarian.

Namun, mengingat akunmu bukan premium dan terbatas hanya delapan query per hari, pertimbangkan baik-baik keyword apa yang ingin kamu cari, ya!

13. Soovle

Terlihat agak unik dan sederhana, keyword tool yang satu ini bisa kamu gunakan pula secara gratis. Meski tak ada volume search, KD, dan CPC, tapi Soovle dapat menemukan informasi terkait keyword yang kamu cari dari berbagai mesin pencari sekaligus. Jadi, tak seperti tools lain, di Soovle kamu sudah tak perlu mengklik halaman mesin pencari satu per satu untuk menemukan informasi kata kunci terkait.

soovle keyword tool gratis

Keyword Tool Mana yang Ingin Kamu Coba?

Itu dia tadi rekomendasi keyword tools gratis dari Dewaweb untuk kamu. Terlepas dari tool apa yang kamu gunakan, pemilihan keyword yang tepat memiliki peranan besar dalam menentukan performa konten di search engine.

Jadi, pastikan kamu memilih keyword yang memiliki search volume tinggi, namun dengan tingkat kompetisi yang cukup rendah.

Selain pemilihan keyword, kecepatan sebuah website juga menjadi faktor pertimbangan search engine. Pastikan kamu menggunakan cloud hosting terbaik dari Dewaweb agar website kamu selalu cepat, aman, dan dapat diandalkan.

Salam sukses online!