Serve Scaled Images: Apa Maksudnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Seiring perkembangan teknologi, ada berbagai perubahan yang terjadi di masyarakat. Salah satu perubahan yang terjadi di masyarakat yaitu mengenai cara masyarakat mengekspresikan diri. Jika pada zaman dahulu masyarakat hanya dapat mengekspresikan diri dan menyalurkan hobi melalui kegiatan langsung dan bersifat pribadi, maka seiring berkembangnya zaman banyak masyarakat yang menyalurkan hobi dan mengekspresikan diri menggunakan sarana teknologi.

Ada berbagai sarana hasil teknologi yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mengekspresikan diri dan membagikan kegiatan yang dilakukan kepada orang lain seperti media sosial dan blog. Media sosial yang biasa digunakan diantaranya instagram,facebook dan twitter. Selain media sosial, saat ini banyak pengguna internet yang membagikan aktifitas sehari-harinya melalui blog.

Blog

serve-scaled-images.jpg
[Foto: Neilpatel.com]
Blog sendiri merupakan sebuah website yang dibuat oleh penulis-penulis yang berisikan konten-konten dalam bentuk artikel, video, foto, maupun link ke website lain. Blog ini biasanya berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis tersebut. Banyak masyarakat yang menggunakan blog sebagai sarana untuk menyalurkan bakat menulis. Ada pula beberapa orang yang menggunakan blog untuk mencari rezeki dengan menjadikan blog yang dimiliki sebagai blog profesional.

Karena blog ini berbentuk website, banyak blogger yang lebih sering menggunakan konten berupa gambar atau video agar blog yang dimiliki memiliki tampilan yang lebih menarik. Tampilan blog yang lebih unik dinilai sebagai salah satu daya tarik yang bisa membuat pengunjung blog tersebut meningkat dan berpotensi menghasilkan penghasilan yang lebih bagi pemilik blog profesional.

Namun tentu tidak seluruh proses penggunaan blog selalu berjalan lancar. Terkadang ada beberapa permasalahan yang dialami saat seorang blogger memposting konten yang sudah disusun. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah serve scaled images

Masalah yang satu ini cukup sering dialami oleh para blogger terutama blogger yang sering memposting pengalaman pribadi seperti pengalaman traveling dan testimoni produk. Karena banyak blogger yang sering mengalami permasalahan ini, tentu sangat penting untuk mengetahui apa sebenarnya pengertian atau maksud dari masalah ini dan bagaimana cara penyelesaiannya.

Serve Scaled Images

serve-scaled-images
[Foto: Mizbanfa.net]
Serve scale images sendiri merupakan sebuah masalah yang membuat loading blog melambat disebabkan oleh gambar yang tercantum dalam blog. Gambar yang menyebabkan permasalahan ini merupakan gambar yang dimuat tidak sesuai dengan dimensi aslinya.

Permasalahan ini sering terjadi saat pengguna blog memposting sebuah gambar untuk menambah daya tarik pada artikel atau bahan blog yang akan dibuat. Bermaksud ingin menghemat tempat agar gambar tidak terlalu banyak mengambil tempat dalam artikel, merubah dimensi atau ukuran gambar pada blog justru bisa membuat pengguna blog kerepotan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Mempengaruhi Ranking Website di Google

Pada tahun 2010, Google mengumumkan bahwa search ranking website ditentukan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kecepatan situs. Website atau blog yang memiliki akses cepat akan membuat pengunjung website betah berlama-lama mengunjungi website.  Sebaliknya jika website yang dimiliki memiliki akses yang lambat, sudah dapat dipastikan pengunjung akan beralih ke website lain karena tidak merasa nyaman dengan pelayanan website.

Baca Juga : Cara Menggunakan Google Pagespeed Insight

Website yang dimaksud oleh google berlaku untuk seluruh website termasuk blog. Pada dasarnya, seluruh blog yang ada memiliki performa kecepatan yang baik. Namun karena beberapa masalah tertentu maka performa tersebutpun terganggu bahkan menimbulkan kerugian bagi pemilik blog atau website.

Masalah serve scaled images inilah yang menyebabkan performa kecepatan blog bermasalah. Permasalahan ini disebabkan oleh gambar yang dengan sengaja diperkecil ukurannya dari ukuran asli yang seharusnya digunakan. Sebagai contoh, gambar yang memiliki resolusi 400×400 pixel namun di sunting menjadi 150×150 pixel dengan alasan agar blog tidak terlalu berat saat memposting gambar tersebut.

Cara Mengatasi Serve Scale Images

Untuk mengatasi permasalahan yang ada, pengguna harus mengetahui dulu apakah keterlambatan koneksi yang terjadi memang dihasilkan dari hal tersebut atau bukan. Untuk mengetahui penyebab permasalahan dengan pasti, pengguna harus menggunakan tools untuk mengecek kecepatan website sehingga dapat memastikan permasalahan website yang sebenarnya.

Menggunakan GTMetrix

serve-scaled-images
[Foto: Kinsta.com]
Setelah memastikan bahwa permasalahan yang terjadi adalah serve scaled images, tentu sudah waktunya permasalahan tersebut diatasi. Ada berbagai tools gratis yang disediakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya adalah GTMetrix. Layanan ini juga bisa dijadikan sebagai tools yntuk mengecek kecepatan website agar pengguna mengetahui permasalahan website yang ada.

Tes kecepatan website dengan GTMetrix

Untuk mengatasi serve scaled images menggunakan GTMetrix, pengguna harus membuka GTMetrix untuk mengetes kecepatan website atau blog pengguna. Setelah hasil test keluar, maka GTMetrix akan menampilkan gambar-gambar yang bermasalah beserta lokasi dan ukuran yang direkomendasikan.

Cek gambar yang mengalami serve scaled images

Saat gambar-gambar yang mengalami masalah sudah ditemukan, klik pada link gambar yang mengalami serve scaled images dan lihat gambarnya, biasanya GTMetrix akan menunjukkan link dari postingan yang bermasalah dan ukurannya. Setelah gambar yang bermasalah diketahui, pengguna harus membuka website atau blog yang bermasalah, kemudian cari gambar yang bermasalah dan download gambar tersebut.

Edit gambar dan sesuaikan ukuran yang disarankan GTMetrix

Setelah gambar yang mengalami serve scaled images tersebut berhasil di unduh, pengguna harus mengedit gambar tersebut di aplikasi edit gambar yang dimiliki dan menyesuaikan ukuran sesuai dengan ukuran yang disarankan oleh GTMetrix. Setelah ukuran gambar di edit sesuai ukuran yang seharusnya, pengguna sudah bisa meng-upload gambar tersebut ke website yang diinginkan.

Tes kecepatan website dengan GTMetrix

Setelah gambar di upload, ada baiknya pengguna melakukan kembali test kecepatan website. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah website tersebut masih mengalami serve scaled images atau tidak. Jika ternyata website masih mengalami hal yang sama, maka pengguna bisa kembali melakukan urutan-urutan penyelesaian di atas. Namun jika permasalahan yang dialami selanjutnya ternyata bukan permasalahan yang sama dengan sebelumnya, maka pengguna bisa menggunakan cara lain untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Selain serve scaled images, ada masalah lain yang sering dijumpai pada beberapa website seperti  Enable Gzip Compression, Leverage Broswer Caching, Minify JavaScript  CSS dan HTML, dan lain-lain. Untuk mengetahui penjelasan dari permasalahan-permasalahan tersebut, pengguna bisa mencoba untuk melakukan pencarian di beberapa situs internet dan mempelajari keseluruhan permasalahan yang sering terjadi. Hal ini perlu dilakukan agar pengguna bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi masalah-masalah tersebut pada website yang dimiliki.

Baca Juga: Panduan GTMetrix Untuk Analisa Kecepatan Website

Kesimpulan

Sebenarnya, cara untuk menyelesaikan serve scaled images cukup mudah jika pengguna mau memahami seluk beluk proses kerja website seperti hosting dan lain sebagainya. Jika pengguna website hanya ingin menggunakan website tanpa mau memahami permasalahan yang mungkin muncul saat penggunaan website, maka bukan tidak mungkin pengguna akan mengalami kerugian karena permasalahan yang ada pada website.

Maka dari itu sebaiknya para pengguna website atau para blogger untuk mempelajari seluruh unsur yang ada pada sebuah website mulai dari pembuatan website hingga proses berjalannya website beserta permasalahan yang mungkin muncul. Hal ini perlu dilakukan agar pengguna bisa menggunakan website atau blog dengan nyaman dan bisa menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan cepat.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia