dewaweb-blog-monitor-servermu-dengan-7-tools-terbaik

Ketahui apa saja server monitoring tools gratis yang terbaik untuk Anda, para developer. Baca ulasan lengkapnya berikut!

Apa itu Server Monitoring?

Server Monitoring adalah proses untuk memantau sumber daya sistem server semacam CPU Usage, Memory Consumption, I/O, Network, Disk Usage dan lain sebagainya. Server monitoring ini bisa membantu Anda dalam memahami penggunaan sumber daya sistem server seperti apa yang mampu membantu Anda meningkatkan capacity plan dan memberikan juga hasil yang lebih baik, terutama terkait end-user experience.

Tantangan dalam Server Monitoring

Mengelola server dengan jumlah yang terus meningkat seiring dengan sumber daya yang terbatas merupakan tantangan besar bagi server monitoring. Dengan jumlah sumber daya yang terbatas monitoring server bisa jadi sulit untuk dilakukan.

Server yang berbeda punya sistem operasi yang berbeda pula, sehingga butuh berbagai metode yang berbeda untuk implementasi, manajemen, dan monitoring-nya. Selain itu, server monitoring juga perlu cakupan menyeluruh dan mendalam. Monitoring server yang dilakukan harus bisa memastikan bahwa sistem telah berfungsi stabil dan sudah bekerja secara efisien.

Karena beban yang ada pada server, developer sering mengabaikan fakta bahwa sumber daya hardware mungkin sudah habis. Jadi, sebenarnya monitoring server ini juga harus dapat membantu dalam manajemen pemanfaatan sumber daya yang efektif. Bagaimana caranya? Dengan memberikan wawasan yang diperlukan ke sumber daya itu sendiri. Disinilah pentingnya monitoring server tools.

Daftar Server Monitoring Tools Free Terbaik

Apa saja monitoring tools gratis terbaik yang ada? Simak daftar kami berikut ini!

Server & Application Monitor

Free Server Monitoring Tools Guide 1 - Dewaweb

Tools satu ini tersedia bagi Anda secara gratis selama 30 hari masa uji coba (free-trial). Server & Application Monitor ini memberikan lebih dari sekadar tools basic yang kebanyakan beredar di internet. Tools yang biasa disebut dengan singkatan SAM ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring yang out-of-the-box. Cobalah untuk menguliknya, Anda akan mengetahui keunikan dari tools satu ini dibanding server monitoring tools pasaran lainnya. SAM juga bisa digunakan untuk multi-vendor server hardware dan juga untuk lebih dari 200 aplikasi yang butuh server monitoring komprehensif semacam Windows, Linux, Java, IIS, Exchange, Active Directory, dan masih banyak lagi yang lainnya. SAM juga menyediakan berbagai metrik akurat yang mudah diidentifikasi. Anda jadi bisa mengatasi isu kapasitas server Anda sebelum masalahnya berdampak pada bisnis yang sedang dijalankan.

AppOptics

Free Server Monitoring Tools Guide 2 - Dewaweb

Tools satu ini juga tersedia gratis selama 14 hari masa percobaan (free trial). Hal ini sebenarnya wajar karena Anda pastinya membutuhkan server monitoring tools terpercaya yang akurat. Nah, Anda bisa juga coba AppOptics dan eksplor apa saja fitur terbaik dari tools ini. Jika Anda mencari tools yang bagus dengan harga terjangkau, AppOptics bisa jadi pilihan Anda. Tools ini bisa dikatakan powerful dengan fokus utamanya sebagai SaaS application monitoring tool. Bahkan AppOptics ini bisa diintegrasikan dengan tools lain yang sudah Anda gunakan, tersedia 150 lebih integrations dan juga plugins.

Monitor.Us

Free Server Monitoring Tools Guide 3 - Dewaweb

Ini adalah server monitoring tools gratis berbasis cloud dari TeamViewer (jika Anda pernah belum pernah mendengarnya, TeamViewer ini sendiri memungkinkan Anda untuk berbagi layar secara jarak jauh dengan pengguna CPU lain). Monitor.us ini mampu memantau server dari Windows dan Linux secara gratis. Tools satu ini juga bisa memberi Anda pandangan tentang kesehatan dan ketersediaan workstation serta server Anda, termasuk juga CPU, memori, disk, dan bandwidth. Karena di-hosting dengan teknologi cloud, Anda jadi tidak perlu reot-repot menginstal, mengkonfigurasi, atau melakukan pembaruan seperti tools pada umumnya di internet. Selain server monitoring, Anda juga bisa memantau network dan database dengan membuat terlebih dahulu dashboard khusus.

Dewaweb 4th Anniversary

Nagios Core

Free Server Monitoring Tools Guide 4- Dewaweb

Hal pertama yang paling menonjol dari tools gratis satu ini secara sekilas adalah kesederhanaan tampilannya yang membuatnya tak terlalu mendistraksi dari tujuan utama server monitoring tools. Nagios Core sudah banyak sekali sebenarnya dipakai oleh para developer di seluruh dunia karena sifatnya yang open-source. Banyak pakar IT yang bilang kalau tools satu ini secara budget paling efektif, mudah dikustomisasi sesuai keperluan dan bila Anda mengalami kesulitan sudah ada komunitas yang kuat untuk mendukung. Walaupun tampilannya sederhana, tapi cukup sulit untuk melakukan instalasi dan mengkonfigurasinya. Jadi, jika Anda suka belajar dan mengeksplorasi sendiri, tools satu ini pasti cocok bagi Anda.

Solarwinds Server Health Monitor

Free Server Monitoring Tools Guide 5- Dewaweb

Ini adalah server monitoring tools gratis yang memungkinkan Anda untuk mengecek kesehatan, status dan ketersediaan server dalam beberapa menit. Solarwinds Server Health Monitor ini juga memungkinkan Anda untuk melihat status dari komponen hardware critical server semacam kecepatan fan, temperatur, power supply, CPU, baterai, dan lain-lain. Tools ini mengklaim diri bisa mengidentifikasi secara cepat. Masalah-masalah yang akan diidentifikasi tentunya yang berdampak pada server dan performa aplikasi. Monitoring tools ini juga bisa digunakan pada Dell PowerEdge, HP ProLiant, IBM eServer xSeries servers, dan VMware ESX/ESXi hypervisor.

Ganglia

Free Server Monitoring Tools Guide 6- Dewaweb

Tools satu ini bersifat open-source dan didesain khusus bagi sistem computing yang high-performance, semacam cluster dan grid. Tools ini menghasilkan data analisis yang mudah untuk diukur. Ganglia memanfaatkan banyak teknologi mumpuni seperti XML untuk representasi data dan XDR untuk transportasi datanya. Salah satu tujuannya adalah untuk membuat struktur data dan algoritma yang berfokus pada efisiensi maksimal, serta menghasilkan overhead bagi setiap node. Ganglia juga merupakan platform monitoring yang powerful untuk mendukung berbagai sistem operasi dan prosesor di pasaran.

Collectd

Free Server Monitoring Tools Guide 7 - Dewaweb

Collectd merupakan server monitoring tools gratis yang bersifat open source. Tools ini bekerja dengan mengumpulkan statistik dari performa basic system dan menampilkan hasil datanya dalam berbagai format semacam file RRD. Collectd ini di-coding dengan bahasa pemrograman C++ dan dapat digunakan bagi berbagai macam sistem operasi. Jadi, Collectd ini biasa digunakan untuk menemukan apa bottleneck-nya, melakukan monitoring, dan memprediksi load sistem yang over-time dan memberikan peringatan pada Anda sebagai user. Biasanya developer menggunakan Collectd yang diintegrasikan dengan berbagai graphing tool semacam Graphite, Grafana, atau Cacti.

Developer, Anda mungkin juga tertarik membaca:

Cara Menggunakan Time Machine Backup Pada Server

Cara Membuat Website dengan WordPress

Selain itu, kami juga memberikan tutorial lengkap cara monitoring Big Data dari Google Analytics sehingga Anda bisa mengetahui aktivitas/pencapaian website Anda secara real-time. Berikut ada video menarik dari kami yang bisa Anda simak!

Simpulan

Itulah ketujuh server monitoring tools terbaik yang tersedia gratis di internet dan dapat Anda coba. Sebagai provider hosting terbaik dan vps murah di Indonesia yang sudah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk membantu Anda sukses secara online. Bacalah juga artikel menarik lainnya dari kami yang bisa membantu Anda dalam mengembangkan website dan bisnis Anda di era digital ini. Selamat berusaha, semoga berhasil ya!