10+ Situs Short URL Terbaik untuk Perpendek Link Gratis

10+ Situs Short URL Terbaik untuk Perpendek Link Gratis

Saat ingin membagikan tautan atau link, mungkin kamu pernah mendapat link begitu panjang sehingga memenuhi kapasitas karakter. Alhasil, kamu mencari tahu bagaimana cara mempersingkat URL. Tenang, kamu berada di artikel yang tepat! Simak beberapa rekomendasi situs short URL terbaik yang bisa kamu gunakan untuk memperpendek link berikut.

Mengapa Perlu Membuat Short URL?

Selain untuk memperpendek link, situs atau layanan short URL juga bisa kamu gunakan jika kamu ingin link yang dibagikan terlihat rapi dan profesional dengan jumlah huruf yang singkat. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengapa perlu membuat short URL

  • Membuat URL terlihat lebih ringkas dan mudah diingat, misalnya jika kamu membagikan artikel atau halaman produk dari website dengan jumlah huruf yang banyak seperti “https://cikenblekpaper.com/blog/2021/01/menu-baru”, kamu bisa memangkasnya menjadi “bit.ly/CBPmenubaru”, “gg.gg/CBPmenubaru”, dan sebagainya. Selain singkat, juga mudah diingat, ‘kan?
  • Mempermudah pelacakan traffic berdasarkan beberapa faktor, seperti perangkat yang mengakses URL, lokasi pengakses hingga dari mana mereka mengklik URL tersebut. Hal ini bisa membantumu menganalisis program marketing yang kamu jalankan.
  • Jumlah karakter yang sedikit juga bisa membuat link yang kamu bagikan terlihat lebih profesional karena rapi dan tidak bertele-tele.

Baca Juga: Apa itu URL? Penjelasan Lengkap URL

Situs Short URL Terbaik untuk Perpendek Link Gratis

Berikut ini adalah rekomendasi 13 situs short URL yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk memperpendek link hingga mengelola link yang kamu perpendek.

S.id

Situs short URL pertama datang dari dalam negeri. S.id yang dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) adalah situs short URL yang tak hanya dapat memperpendek tautan, tapi kamu juga bisa membaca statistik dari link yang kamu persingkat.

Jika ingin memperpendek link sendiri menggunakan S.id, kamu bisa memilih dua cara, yang pertama hanya memperpendek link tanpa dimodifikasi. Cara kedua, kamu bisa memodifikasi akhiran (slug) link, dan melakukan tracking untuk link tersebut, tapi kamu harus mendaftarkan akun di website S.id.

Bit.ly

Mungkin kamu sering melihat shortener URL gratis yang satu ini. Bagaimana tidak, selain penggunaannya yang mudah hingga akses gratis untuk banyak fitur bermanfaat membuat Bit.ly menerima sekitar 600 juta permintaan untuk memperpendek URL setiap bulannya.

Bit.ly merupakan salah satu situs short URL terbaik karena memiliki berbagai fitur bermanfaat yang bisa membantu kamu mengelola link. Kamu juga bisa mengganti awalan link dengan berpindah ke akun premium dan membayar mulai dari US$29/bulan (sekitar Rp400 ribu) untuk berbagai fitur menarik lainnya.

Dik.si

Dik.si adalah situs short URL kedua yang berasal dari Indonesia. Situs yang dapat mempersingkat URL ini bekerja dengan cara yang kurang lebih mirip Bit.ly, namun kamu diwajibkan untuk login jika ingin menggunakan layanan mereka. Dik.si bisa menjadi salah satu situs short URL terbaik dengan fitur proteksi password untuk memberikan perlindungan tambahan.

Rebrandly

Seringkali disebut sebagai kompetitor Bit.ly, Rebrandly memang membuktikan keandalannya untuk memperpendek URL online. Cara penggunaan penyingkat link ini mudah, kamu hanya perlu mendaftarkan akun baru secara gratis, verifikasi email, kembali ke dashboard, lalu perpendek link apa saja yang diinginkan dan klik “Create Link” seperti gambar berikut.

short url terbaik rebrandly contoh persingkat url

Selain itu, kamu juga bisa melihat seberapa banyak klik yang didapat dari link yang sudah kamu persingkat. Kini ekstensi Rebranly sudah bisa kamu instal khusus untuk Google Chrome.

Baca Juga: Rekomendasi Ekstensi Domain untuk Keperluanmu

TinyURL

contoh penggunaan tinyurl di twitter

Jika kamu pernah menggunakan Twitter, mungkin situs perpendek link yang satu ini sudah familiar untukmu. Sebab, TinyURL sempat menjadi salah satu situs untuk memperpendek URL terfavorit para pengguna Twitter. Saat ini, kamu bisa menikmati tampilan baru TinyURL dan memanfaatkannya untuk mempersingkat link yang ingin kamu bagikan.

tampilan baru tinyurl

Mirip seperti S.id, kamu juga bisa membuat link yang diperpendek tanpa mendaftarkan akun, namun jika di S.id kamu tidak bisa memodifikasi akhiran link, lain halnya dengan TinyURL yang memungkinkanmu untuk melakukannya, hanya saja kamu tidak dapat merekam data klik dari link yang kamu perpendek jika tak login atau mendaftarkan akun.

Tiny.cc

Meski mempunyai nama yang mirip, namun Tiny.cc tidak sama dengan TinyURL. Meski begitu, cara penggunaannya tak kalah mudah dibanding situs short URL lainnya, tapi kamu harus mendaftarkan akun terlebih dulu agar link yang kamu perpendek tidak hangus. Setelah memiliki akun, masukkan link yang akan dipersingkat, lalu klik “Shorten”.

Yourls

Situs short URL yang satu ini merupakan singkatan dari “Your Own URL Shortener”. Berbeda dari layanan short URL lainnya, Yourls menggunakan sistem self-hosting sehingga kamu perlu melakukan instalasi manual di server hosting-mu sendiri. Yourls juga memungkinkanmu untuk mengecek data terkait pengguna internet yang mengklik link kamu.

ShortURL.at

Jika slug dari link yang kamu perpendek tidak perlu dimodifikasi sesuai keinginan, maka ShortURL.at bisa kamu andalkan. Selain itu, situs short URL ini juga dapat melacak berapa kali link-mu diklik, meski kamu tidak membuat akun terlebih dulu. Jika kamu tak mau repot, mungkin ShortURL.at bisa menjadi solusi.

BL.INK

Pemilik website toko online mungkin bisa mengandalkan situs short URL yang satu ini. BL.INK adalah layanan pemendek link yang tak hanya dapat memperpendek URL tapi sekaligus dapat melacak dan menganalisis URL yang dipersingkat berdasarkan perangkat yang mengakses, lokasi pengakses, serta dari mana mereka mengklik URL tersebut.

Jika memiliki website toko online, mungkin kamu bisa menggunakan informasi ini untuk mencatat hasil analisis dari percobaan pemasaran yang kamu lakukan. Cara lainnya, kamu juga bisa mengecek hasil analisis traffic di website-mu menggunakan Google Analytics.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Google UTM untuk Menganalisis Traffic

Cutt.ly

Cutt.ly tidak main-main dengan tagline-nya, “The new standards for link analytics”. Bagaimana tidak, selain memperpendek URL dan menganalisis hasil klik, kamu juga bisa membuat link dengan kode UTM langsung dari situs ini. Namun, kamu harus memiliki akun terlebih dulu untuk membuat link kode UTM

Jika ingin terlihat lebih profesional, kamu bisa mengganti awalan domain (cutt.ly/) menjadi domainmu sendiri dengan membayar mulai dari US$25 per bulan (sekitar Rp360 ribu). Selain mengubah nama domain, kamu juga bisa mendapatkan beberapa fitur lain, seperti fitur A/B testing atau mengubah redirect URL.

Gg.gg

Situs untuk memperpendek URL yang satu ini mungkin akan mudah diingat dan diketikkan karena hanya menggunakan satu jenis huruf dan sebuah titik. Gg.gg memiliki tampilan website yang sederhana dan mudah dipahami. Kamu hanya perlu memasukkan link yang ingin dipersingkat, kemudian beri tanda centang jika ingin memodifikasi akhiran (slug) link dan tentukan nama link, lalu klik “Shorten URL”.

Setelah URL yang diperpendek sudah jadi, kamu bisa mengecek hasilnya terlebih dulu dengan mengklik “Open Link in New Tab”. Jika sudah benar, kamu dapat segera membagikannya ke media sosial lain atau mengubahnya menjadi QR Code dengan mengklik tombol “QR Code For This Link”.

gg.gg situs short link

Is.gd

Tak berbeda jauh dengan Gg.gg, Is.gd juga menawarkan layanan untuk memperpendek URL dengan tampilan sangat simpel, sederhana, dan tentunya mudah digunakan. Selain memperpendek link, kamu juga bisa mengubah URL kamu menjadi QR Code. Kemudian, kamu pun bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mengakses link kamu setiap harinya melalui hasil statistik.

Tr.im

Sesuai namanya, Tr.im juga bisa kamu gunakan untuk memperpendek link yang panjang. Kemampuan untuk melakukan link targeting dan membangun link UTM menjadi keunggulan situs short URL yang satu ini. Tr.im menjadi salah satu situs short URL terbaik karena kamu tak perlu membayar untuk layanannya yang lengkap, alias gratis!

Baca Juga: Cara Membuat Barcode dan Bedanya dengan QR Code

Simpulan

Demikian 12 rekomendasi situs short URL terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mempersingkat link secara gratis. URL atau link yang sudah dipersingkat bisa membantumu menaikkan traffic, mempermudah untuk mengingat link yang panjang hingga meningkatkan profesionalitas brand-mu.

Namun, jika kamu ingin mempersingkat URL toko online milikmu pastikan kamu mengarahkan ke website yang tepat, ya. Pastikan juga website-mu menggunakan cloud hosting terbaik agar selalu aman, cepat, dan bisa diandalkan. Semoga artikel ini membantu, salam sukses online!