10 Situs yang Bisa Membantumu Belajar Online

Seiring berjalannya waktu, setiap orang harus berakhir pada suatu tingkat pendidikan tertentu. Entah karena memang sudah waktunya lulus dari sebuah instansi, atau karena kendala biaya. Tapi, alasan ini tidak bisa digunakan ketika kita sudah hidup di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Ada berbagai macam situs yang bisa kamu gunakan untuk belajar online.

Jika memang berniat untuk meningkatkan kemampuan akademis maupun kemampuan diri sesuai dengan minat yang kamu miliki, keterbatasan waktu dan medium sudah bukan menjadi halangan lagi. Kita hidup di zaman serba instan dan hampir segala sesuatunya sudah semakin mudah, termasuk untuk belajar. Kamu bisa menggunakan beberapa situs di bawah ini untuk menuntut ilmu yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan diri di lingkungan yang semakin ketat akan persaingan.

  1. Khan Academy (khanacademy.org)

Kamu yang selalu ingin mempelajari hal-hal baru di luar pendidikan formal, mungkin pernah mendengar nama website yang satu ini. Khan Academy merupakan organisasi non-profit yang dibentuk oleh Salman Khan pada tahun 2008. Ada begitu banyak ragam jenis ilmu yang bisa kamu pelajari di Khan Academy, mulai dari pelajaran Matematika yang bisa dipilih sesuai topik atau kelas, ilmu komputer, sains hingga pengembangan pola pikir dan sejarah seni dari seluruh dunia yang dibagi menjadi beberapa periode waktu tertentu.

  1. TEDEd (ed.ted.com)

Media yang namanya adalah singkatan dari Technology, Entertainment, Design ini merupakan organisasi yang dibentuk sejak 1984 oleh Richard Saul Wurman dengan nama TED Conference. Saat ini, TED sudah melebarkan sayap hingga hadir TED Talks, TED-Ed, TEDx, dsb. Melalui TEDEd, kamu tidak hanya mempelajari berbagai hal terkait teknologi, entertainment, dan desain saja, tapi kamu juga bisa berbagi melalui TED-Ed Student Talks.

  1. Coursera (coursera.org)

Masih sama dengan konsep belajar online gratis, Coursera menawarkan ratusan pelajaran yang bisa kamu pilih sesuai dengan passion-mu. Tidak hanya memberikan pendidikan secara online, situs ini juga bisa memberikanmu sertifikat online jika kamu membeli program premium dengan harga tertentu. Pastinya, sertifikat yang dirilis oleh Coursera bisa berguna bagi CV-mu. Alasan lain yang membuatmu tidak perlu ragu dengan pendidikan yang diberikan oleh Coursera adalah karena materi yang tersedia di website dibawakan oleh para ahli dari berbagai universitas terkenal, seperti Yale University, Columbia University hingga Stanford University dan IBM.

  1. Brainly (brainly.co.id)

“Dari bertanya jadi mengerti” merupakan slogan situs yang berdiri sejak 2009 di Polandia ini. Brainly mengoperasikan sekelompok jaringan pembelajaran yang bisa digunakan oleh siswa, guru, bahkan orang tua. Mempunyai sistem seperti Yahoo! Answers, Brainly telah membantu jutaan siswa di seluruh dunia mendapatkan jawaban untuk tugas-tugas mereka. kamu juga bisa menggunakan Brainly untuk mengeksplor kemampuan mengajarmu melalui tulisan.

  1. Ruangguru (bimbel.ruangguru.com)

Nah, kamu pasti pernah mendengar perusahaan startup yang bergerak di bidang pendidikan ini. Website dengan aplikasi bernama sama ini dibuat oleh anak muda asal Indonesia pada tahun 2014, Adamas Belva Syah Devara dan M. Iman Usman. Ruangguru yang lebih berfokus pada aplikasi ini menawarkan kursus atau bimbingan belajar online (bimbel online) dengan biaya yang sangat terjangkau dibanding bimbel biasa atau les privat.

  1. Duolingo (duolingo.com)

Situs ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari berbagai bahasa lain di dunia. Didirikan pada tahun 2012 oleh Luis von Ahn dan Severin Hacker, aplikasi ini menawarkan puluhan jenis bahasa asing yang bisa kamu pelajari sesuai keinginanmu, termasuk bahasa Klingon dan High Valyrian. Sesuai dengan tagline-nya, “Learn a language for free. Forever,” kamu tidak dipungut biaya sepeser pun untuk mengakses semua bahasa yang ingin dipelajari, namun kamu harus benar-benar belajar agar dapat membuka semua materi yang tersedia. Selain situs online, Duolingo juga bisa diunduh melalui aplikasi di Android maupun iOS.

  1. Canva (canva.id)

Meski Canva sebenarnya adalah perusahaan penyedia stok foto dan jasa desain grafis, namun tidak menutup kemungkinan bagimu untuk tetap menimba ilmu. Selain menawarkan produk, website Canva juga berisi beberapa artikel yang bisa menjadi bahan pembelajaranmu dalam memperkaya pengetahuan akan tips, fakta, atau tutorial mengenai desain grafis. Tidak menutup kemungkinan, kamu yang mungkin tidak berkecimpung di dunia desain juga bisa mengerti setidaknya beberapa pengetahuan dasar mengenai desain grafis yang bisa berguna untuk mendesain brand, produk, atau merencanakan desain untuk marketing campaign yang akan kamu lakukan.

  1. Udemy (udemy.com)

Berbeda dengan Khan Academy yang lebih memfokuskan materi pada pendidikan akademis dan teknis, Udemy muncul sebagai situs belajar online dengan ilmu-ilmu praktis yang bisa diterapkan di kehidupanmu sehari-hari. Mulai dari peningkatan kepercayaan diri, kepemimpinan, teknik marketing hingga cara merawat dan mengajar hewan peliharaan. Namun, tak menutup kemungkinan bagimu untuk mempelajari topik-topik akademis, seperti Sains, Matematika, Bahasa, atau Teknologi.

  1. edX (edx.org)

Tidak berbeda jauh dengan situs-situs lain, edX juga menyediakan materi yang bisa kamu pelajari di luar materi formal yang bahkan mungkin tidak kamu dapatkan di instansi pendidikan yang pernah atau sedang kamu tempuh. Tapi, selain materi-materi untuk belajar non formal, edX juga menyiapkan pilihan untuk menempuh gelar non formal yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan value atau nilaimu di CV. Topik yang ditawarkan edX juga beragam, mulai dari teknologi, hukum, arsitektur, sampai pelatihan dan contoh soal untuk menghadapi ujian TOEFL.

  1. Alison (alison.com)

Satu lagi situs yang sayang jika tidak kamu gunakan untuk belajar, Alison.com yang didirikan di Irlandia pada tahun 2007. Meski namanya kurang terkenal di Indonesia, tapi Alison sebenarnya menyediakan ratusan materi yang bisa kamu pelajari secara cuma-cuma, kecuali jika kamu memutuskan untuk membeli sertifikat yang menyatakan kelulusanmu atas suatu materi. Tak hanya berfokus pada pendidikan online gratis, Alison juga menyiapkan materi yang bisa mengarahkanmu untuk mempelajari ilmu terkait pekerjaan yang ingin kamu ambil berdasarkan industri yang ingin ditekuni.

Baca Juga: OneDrive VS Dropbox: Mana yang Terbaik?

Simpulan

Bagaimana, setelah kamu mengetahui beberapa jenis situs untuk belajar online dengan mudah tanpa harus memakan biaya besar, adakah yang sesuai dengan ketertarikanmu? Bagi kamu yang masih harus menghadapi pelajaran formal, teruslah semangat dan sebisa mungkin carilah ilmu di luar pendidikan formalmu. Tapi, jika pendidikan formalmu sudah usai atau mau tidak mau harus berhenti, jangan patah semangat dan carilah ilmu dari berbagai sumber.

Tidak menutup kemungkinan, kamu juga bisa belajar berbisnis dan membuka usahamu sendiri, atau mulai membuat website yang bisa kamu desain sendiri. Kalau kamu memutuskan untuk membuat website sendiri, Dewaweb siap menjadi support dalam menyediakan cloud hosting murah dengan kecepatan dan keamanan yang sangat bisa diandalkan. Selamat belajar!!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia