15 Website Freelancer Indonesia Hasilkan Cuan, Wajib Coba!

15 Website Freelancer Indonesia Hasilkan Cuan, Wajib Coba!

Kamu tertarik untuk mendapat penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer, maka kamu wajib tahu website freelancer Indonesia terbaik dan terpercaya. Sudah bukan rahasia lagi, bekerja freelance adalah cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Modal yang dibutuhkan hanyalah perangkat HP atau laptop serta koneksi internet, pekerjaan pun bisa dilakukan di mana saja!

Ada banyak sekali pilihan situs freelance, mungkin akan membuatmu bingung memilih mana yang cocok. Ditambah lagi, keamanan dari tiap lowongan freelance yang tidak dapat dijamin. Tapi tenang, artikel ini hadir agar kamu mendapatkan rekomendasi website freelance terbaik dan aman untuk cari cuan tambahan. Langsung simak!

Rekomendasi Website untuk Freelancer Indonesia

Berikut ini daftar situs freelance terbaik dengan reputasi dan jaminan pembayaran yang sudah terbukti. Beberapa situs di daftar ini, bahkan mengharuskan penggunanya untuk mengikuti proses seleksi yang cukup ketat, agar keamanannya dapat terus terjaga.

1. Freelancer Indonesia

Situs Freelance - Freelancer

Portal kerja Freelancer Indonesia adalah salah satu situs freelance Indonesia yang terbesar. Situs ini merupakan versi Indonesia dari freelancer, yang merupakan startup asal Australia. Mereka mengklaim sudah terhubung dengan lebih dari 57 juta pengguna terdaftar, serta 21 juta total pekerjaan yang telah terpasang.

Di situs ini, kamu bisa menemukan berbagai proyek mulai dari informasi dan teknologi (IT), desain, marketing, jasa penerjemahan, sampai jurnalistik. Detail pekerjaannya pun dijelaskan dengan jelas pada setiap entri proyek. 

Kamu akan melihat nama, deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, deadline, berapa orang yang melamarnya, dan berapa upah untuk pekerjaan tersebut. Salah satu fitur unik yang mereka tawarkan adalah kamu bisa menawar atau melelang bayaran untuk mengerjakan proyek tersebut.

Selain proyek, situs ini juga menawarkan kontes di mana kamu perlu bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien. Situs freelance ini, bisa dikatakan sebagai salah satu situs terbaik untuk mencari cuan tambahan.

Sebelum kamu bergabung dengan Freelancer Indonesia, pastikan bahwa kamu memiliki kartu kredit atau akun PayPal karena mereka melakukan dan menerima pembayaran melalui kedua platform ini.

Keunggulan:

  • Situs freelance terbesar dengan lebih dari 57 juta pengguna terdaftar.
  • Banyak pilihan pekerjaan dengan 1800 kategori yang berbeda, dan 21 juta total pekerjaan yang telah terpasang.
  • Terdapat free trial hingga 8 kali pengajuan proposal. Sehingga, kamu dapat mencobanya terlebih dahulu sebelum membayar menjadi pengguna.

2. Projects.co.id

Situs Freelance - Projects.co.id

Projects merupakan salah satu situs freelance terbaik selanjutnya. Di Projects, kamu bisa menemukan pekerjaan freelance di bidang informasi dan teknologi, media sosial, Search Engine Optimization (SEO), dan berbagai cabang pemasaran digital lainnya. 

Tidak hanya menemukan pekerjaan freelance online, kamu juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital seperti lisensi software, ebook, desain kaos, desain website, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur unik dari situs ini adalah adanya program afiliasi. Jadi, jika kamu mengajak klien untuk mendaftar dan bertransaksi dengan URL referral milikmu, kamu akan mendapatkan komisi berkisar antara 10 persen hingga 20 persen dari harga proyeknya.

Keunggulan:

  • Situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia.
  • Dapat melakukan transaksi jual-beli produk digital (lisensi software, ebook, desain kaos, dll).
  • Terdapat program afiliasi. Sehingga bisa mendapatkan pasif tambahan dari transaksi melalui URL referral milikmu.

Baca Juga: Pengertian Affiliate Marketing dan Bedanya dengan Reseller

3. 99Design

Situs Freelance - 99dessigns

99Design adalah salah satu situs freelance yang ditujukan untuk kalangan desainer grafis dan seniman digital lainnya.

Situs ini menggunakan sistem kontes, di mana kamu akan memasukkan hasil karya kamu ke proyek tertentu dan klien akan memilih mana yang paling mereka sukai.

Menariknya, situs freelance ini juga menyediakan beberapa artikel seputar desain yang akan menambah wawasan kamu terkait dunia desain.

Selain itu, 99Design juga menyediakan program afiliasi di mana kamu bisa mendapatkan pasif tambahan jika seseorang menggunakan jasa 99Design melalui link 99Design milikmu.

Keunggulan:

  • Situs freelance khusus designer. Sehingga lebih fokus pada proyek-proyek desainer.
  • Terdapat program afiliasi, untuk mendapatkan penghasilan pasif tambahan.
  • Terdapat artikel seputar desain, yang akan membantumu mengembangkan skill desain.

4. Upwork

UpWork Freelancer

Upwork adalah situs freelance terbaik berbasis cloud dengan jumlah pengguna yang sangat besar. Situs ini bisa digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran dan freelancer dengan tingkat keterampilan yang berbeda. 

Kamu bisa melakukan penyaringan dan pencarian pekerjaan freelance yang sesuai dengan keterampilanmu. Fitur penilaian di Upwork juga memudahkan kamu untuk mengidentifikasi klien mana yang terpercaya dan mana yang sebaiknya dihindari.

Selain itu, ada juga fitur komunikasi dalam bentuk chat dan voice call yang memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan klien. Upwork juga mendukung fitur group chat yang sangat berguna dalam proyek besar yang melibatkan lebih dari satu freelancer.

Keunggulan:

  • Jumlah pengguna yang besar. Ada banyak tawaran freelance melalui situs ini.
  • Terdapat fitur penilaian, sehingga dapat menilai mana klien yang terpercaya dan yang harus dihindari.
  • Terdapat fitur chat dan voice call, memudahkan komunikasi dengan klien.

5. CrowdSource

CrowdSource OpenSpace Freelance

Jika kamu mencari pekerjaan freelance di bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, maupun penerbit, maka CrowdSource merupakan situs freelance terbaik yang wajib kamu coba.

CrowdSource juga menawarkan solusi untuk untuk proyek besar, di mana klien dapat membagi pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil untuk mempermudah pemantauan proses pekerjaan. Fitur ini, tentunya juga berguna bagi freelancer untuk menunjukkan proses pekerjaannya kepada klien.

Keunggulan:

  • Situs freelance khusus konten dan data. Sehingga lebih fokus pada proyek-proyek pembuatan konten, data, dan sejenisnya.
  • Proses follow-up pekerjaan yang mudah, dengan fitur pembagian proyek.

6. Toptal

Situs Freelance Terbaik - Toptal

Sebagai salah satu situs freelance terbaik, Toptal menawarkan solusi kepada perusahaan dan bisnis yang ingin mencari pekerja freelance untuk membantu usaha mereka.

Karena reputasinya yang sangat baik, Toptal telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama seperti AirBnb, Spotify, Duolingo, dan Bridgestone.

Kamu dapat mendaftarkan diri sebagai freelancer secara manual, atau menggunakan profil LinkedIn yang disambungkan ke situs ini.

Toptal juga menjunjung kualitas pekerja freelance yang terdaftar di situs freelance mereka. Sehingga, pendaftaran kamu akan disaring dan diseleksi dengan proses yang sangat ketat sebelum dapat mencari pekerjaan freelance di Toptal.

Keunggulan:

  • Memiliki banyak klien dengan reputasi bagus, sehingga kamu tidak perlu takut tertipu.
  • Terintegrasi dengan LinkedIn untuk mempermudah proses pendaftaran.
  • Proses seleksi yang ketat. Menjamin keamanan dan kualitas pekerjanya.

7. PeoplePerHour

PeoplePerHour

Situs freelance PeoplePerHour diperkirakan telah membantu para penggunanya mendapatkan $150 juta atau sekitar Rp2,2 triliun selama masa operasionalnya.

Kamu dapat mendaftarkan diri sebagai freelancer di situs ini dengan berbagai keahlian, mulai dari desain 3D hingga konsultan media sosial.

Situs freelance ini juga menggunakan intelejensi buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk memudahkan bisnis dan perusahaan menemukan profil yang tepat dengan lebih cepat. Jadi, kamu perlu mengatur profilmu dengan cermat agar dapat ditemukan oleh calon klien.

Keuntungan:

  • Pendaftaran gratis. Sehingga kamu bisa langsung daftar dan menggunakanya.
  • Terdapat sistem penilaian agar dapat bersaing dengan pengguna lainnya.

8. Guru

Situs untuk Freelancer - Guru

Guru adalah salah satu situs freelance yang sangat populer dengan lebih dari 3 juta pengguna. Sebagai situs freelance yang terpercaya, Guru selalu memverifikasi calon freelancer untuk memastikan klien menemukan pekerja lepas yang dapat dipertanggungjawabkan kemampuannya. Jadi, pastikan kamu melengkapi profilmu dengan menggunakan data yang akurat dan terbaru.

Dari segi pembayaran, Guru memiliki empat metode kalkulasi upah yang terdiri dari upah per jam, upah per proyek, upah per tugas, dan upah reguler (gaji).

Keunggulan:

  • Situs freelance terpercaya, dengan adanya verifikasi calon freelancer.
  • Banyak pilihan segi pembayaran, yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Sistem pencocokan profil, yang dapat meminimalisir ketidakcocokan dengan klien.

9. Aquent

Aquent

Aquent adalah situs freelance yang menonjolkan kualitas dan akurasi pencocokan freelancer dengan calon klien. Situs ini mempromosikan diri sebagai sebuah agensi penyedia tenaga kerja kreatif.

Situs freelance ini menggunakan pencocokan dengan teknologi bernama Aquent’s Book, yang dapat kamu gunakan untuk mengatur dan menandai (tagging) portofolio kamu dengan lebih efektif. Sehingga, kamu dapat ditemukan oleh calon klien dengan kecocokan yang tinggi.

Keunggulan:

  • Khusus untuk pekerja freelance kreatif, dengan berbagai pilihan pekerjaan kreatif.
  • Mengutamakan kualitas dan kecocokan freelancer dengan calon klien.
  • Dengan Teknologi Aquent’s Book, klien dapat menemukan kamu dengan mudah.

10. Fastwork

FastWork

Fastwork merupakan salah satu situs freelance terbaik yang cukup populer. Situs ini telah dipercaya oleh berbagai bisnis dan perusahaan dalam mencari pekerja freelance.

Kamu dapat mendaftar sebagai freelancer ke berbagai kategori seperti desain grafis, penulisan, penerjemahan, programming, dan masih banyak lagi.

Untuk memulai petualangan freelance kamu, tim Fastwork akan memverifikasi dan menilai ‘toko’ virtual kamu terlebih dahulu.

Proses verifikasi dapat memakan waktu 2-3 hari, dan jika ditolak, profilmu belum dapat ditemukan oleh calon klien. Artinya, kamu harus melakukan revisi pendaftaran atau pengaturan ‘toko’ jasamu.

Keunggulan:

  • Situs freelance terpercaya dan populer yang banyak digunakan di Indonesia.
  • Terdapat pilihan kategori freelance dengan berbagai pilihan.
  • Proses verifikasi yang dapat menjamin keamanan dan kualitas pekerjanya.

11. SociaBuzz

SociaBuzz

SociaBuzz adalah sebuah marketplace untuk menampung jasa freelance terkait publikasi dan media sosial. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang fotografi dan pemodelan, situs freelance ini bisa jadi tempat yang cocok untuk menawarkan jasamu. 

Selain itu, jika kamu memiliki jumlah followers yang besar di media sosial, atau memiliki keterampilan sebagai makeup artist (MUA), MC, atau pembicara, kamu juga dapat menjual jasamu di SociaBuzz Marketplace.

Baca Juga: Perbedaan E Commerce & Marketplace yang Penting Diketahui

Target pasar marketplace ini sangat spesifik, sehingga meningkatkan kemungkinan pertemuan klien dan jasa tenaga freelance yang cocok satu sama lain.

Keunggulan:

  • Cukup populer dan digunakan banyak orang.
  • Situs freelance khusus untuk publikasi dan media sosial.
  • Target pasar yang spesifik, meningkatkan kecocokan antara klien dan freelancer.

12. Fiverr

Fiverr

Tahukah kamu? Fiverr merupakan website freelance pertama yang paling populer saat ini, bahkan lingkupnya sudah seluruh dunia. Fiverr menyediakan berbagai jenis pekerjaan freelance seperti penulisan, penerjemahan, desain grafis, input data, hingga menjadi asisten virtual.

Menariknya, melalui Fiverr kamu dapat mengajukan lamaran ke klien melalui penawaran kerja terbuka, hingga dapat melakukan penawaran secara personal melalui fitur chat.

Keunggulan:

  • Digunakan banyak orang, karena merupakan situs freelance yang pertama.
  • Tersedia berbagai jenis pilihan pekerjaan yang dapat disesuaikan dengan kemampuan.
  • Terdapat fitur chat, untuk melakukan penawaran personal.

13. Sribulancer

Sribulancer

Bagi kamu para pemula yang baru masuk ke dunia freelance, Sribulancer merupakan situs freelance yang wajib kamu kunjungi. Setidaknya, ada 14 ribu freelancer yang terdaftar di situs ini.

Selain sangat populer, Sribulancer juga menyediakan berbagai pekerjaan seperti video dan fotografi, penerjemahan, entri data, desain, hingga pengembangan website.

Sribulancer juga menjamin freelancer berkualitas, dengan transaksi yang aman, serta garansi uang kembali. Jika kamu baru saja memulai karier di dunia freelance, Sribulancer dapat menjadi opsi terbaik untuk kamu coba. Selain bisa dicoba secara gratis, situs ini juga bisa melakukan pembayaran melalui transfer bank bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit.

Keunggulan:

  • Situs freelance populer untuk pemula.
  • Memiliki 14 ribu freelancer yang terdaftar.
  • Mendukung pembayaran melalui transfer bank, sehingga cocok untuk orang Indonesia.

14. Sribu

Situs Freelance Terbaik - Sribu

Berbeda dengan Sribulancer, situs freelance yang satu ini hanya fokus menyediakan jasa desain. Jadi, bagi kamu yang jago desain, situs ini akan sangat cocok untukmu.

Kebanyakan klien yang ada di Sribu, mencari jasa desain untuk membuat desain logo, konten, product package, UI/UX website dan aplikasi, serta desain baju dan merchandise.

Baca Juga: 7 Perbedaan Antara UI dan UX Beserta Contohnya [Lengkap]

Situs freelance Sribu sudah terkenal di kalangan perusahaan nasional, mulai dari Pertamina, DHL, TransTV, hingga Telkomsel.

Keunggulan:

  • Situs freelance khusus desain, cocok untuk desainer.
  • Target pasar lebih spesifik, dengan berbagai jenis pilihan desain.
  • Tersedia sistem kontes untuk menambah portofolio dan mendapatkan hadiah dari Sribu.

15. Freelance Writing

Asset Blog Dewaweb

Sesuai dengan namanya, Freelance Writing merupakan website freelance yang khusus menyediakan jasa penulisan. Jika kamu seorang penulis, maka situs ini wajib untuk kamu kunjungi.

Selain memiliki berbagai jenis pekerjaan freelance di bidang penulisan, Freelance Writing juga menyediakan pilihan artikel yang dapat membantu kamu mengembangkan skill menulis.

Ditambah lagi, situs ini menyediakan kontes penulisan yang bisa membantumu mendapatkan lebih banyak cuan. Menarik, bukan?

Keunggulan:

  • Situs freelance khusus penulisan, cocok untuk penulis.
  • Terdapat konten penulisan, untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan.
  • Terdapat banyak pilihan artikel untuk mengembangkan skill menulis.

Baca Juga: Panduan Lengkap untuk Menjadi Online Freelance Writer

Yuk Coba Kerja Freelance!

Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi freelancer? Jika tertarik maka cobalah salah satu website untuk freelancer Indonesia seperti yang disebutkan di atas. Tapi tidak hanya satu, kamu bisa mencoba beberapa website sekaligus, kok. Pilihlah sesuai preferensi dan kebutuhanmu.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!

Asset Blog Dewaweb
Mike Napizahni

Menulis segala hal yang berkaitan dengan hiruk pikuk dunia teknologi. Pegiat dan penikmat karya sastra lulusan Universitas Negeri Jakarta. Saat ini, menjadi bagian dari Dewaweb sebagai Content Writer.