dewaweb-blog-situs-freelance-terbaik-dan-terpercaya

11 Situs Freelance Indonesia Terbaik dan Terpercaya

Situs freelance terbaik adalah situs yang dapat menawarkan kesempatan pekerjaan dan penghasilan tambahan bagi para penggunanya. Jika kamu sedang mencari pekerjaan lepas, kemungkinan kamu akan perlu menggunakan beberapa situs pekerjaan freelance Indonesia yang dapat dipercaya.

Tentunya, banyak faktor yang menentukan kualitas sebuah situs freelance. Beberapa faktor terpenting adalah reputasi, potensi klien, jaminan pembayaran, dan tentunya ketersediaan kategori yang sesuai dengan jasa yang kamu jual.

Di artikel ini, kami mengumpulkan 11 situs freelance terbaik yang dapat kamu coba untuk menemukan proyek dan klien baru dengan aman.

Baca juga: 21 Usaha Sampingan Online Tanpa Modal yang Wajib Kamu Coba

Situs Freelance Terbaik di Indonesia

Berikut adalah daftar situs freelance terbaik dengan reputasi dan jaminan pembayaran yang sudah terbukti. Beberapa situs di daftar ini mengharuskan calon freelancer untuk melalui proses seleksi yang ketat, dan beberapa akan langsung menerima pendaftaran pekerja.

1. Freelancer Indonesia

situs freelance indonesia

Freelancer Indonesia adalah salah satu website freelance terbesar di Indonesia. Website ini memang merupakan versi Indonesia dari website Freelance yang merupakan sebuah startup asal Australia. 

Mereka mengklaim bahwa mereka sudah terhubung dengan lebih dari 29 juta pencari jasa dan freelancer di lebih dari 247 negara.

Di Freelancer Indonesia, kamu bisa menemukan berbagai proyek mulai dari informasi dan teknologi (IT), desain, marketing, jasa penerjemahan, sampai jurnalistik. Detail pekerjaannya pun dijelaskan dengan jelas pada setiap entri proyek. 

Kamu akan melihat nama, deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, deadline, berapa orang yang melamarnya, dan berapa upah untuk pekerjaan tersebut.

Salah satu fitur unik yang mereka tawarkan adalah kamu bisa menawar atau melelang bayaran untuk mengerjakan proyek tersebut.

Selain proyek, Freelancer juga menawarkan kontes dimana kamu perlu bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien. Sebelum kamu bergabung dengan Freelancer Indonesia, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki kartu kredit atau akun PayPal karena mereka melakukan dan menerima pembayaran melalui kedua platform ini.

2. Projects.co.id

situs freelance projects.co.id

Projects merupakan salah satu website freelance terpercaya di Indonesia. Di Projects, kamu bisa menemukan pekerjaan freelance di bidang informasi dan teknologi, media sosial, Search Engine Optimization (SEO), dan berbagai cabang pemasaran digital lainnya. 

Tidak hanya pekerjaan, kamu juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital seperti lisensi software, ebook, desain kaos, desain website, dan masih banyak lagi.

Salah satu fitur unik Projects adalah program afiliasinya. Jika kamu mengajak klien untuk mendaftar dan bertransaksi dengan URL referral milikmu, kamu akan mendapatkan komisi berkisar antara 10 persen hingga 20 persen dari harga proyeknya.

Baca Juga: Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Sukses Affiliate Marketing

3. 99Design

situs freelance 99design

99Design adalah salah satu website freelance yang ditujukan untuk kalangan desainer grafis dan seniman digital lainnya. Situs freelance ini menggunakan sistem kontes, di mana kamu akan memasukkan hasil karya kamu ke proyek tertentu dan klien akan memilih mana yang paling mereka sukai.

4. Upwork

upwork situs freelance indonesia

Upwork adalah situs freelance berbasis cloud yang dikenal memiliki jumlah pengguna yang sangat besar. Website ini bisa digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran dan freelancer dengan tingkat keterampilan yang berbeda. 

Kamu juga dapat melakukan penyaringan dan pencarian pekerjaan untuk menemukan lowongan yang sesuai dengan keterampilanmu. Fitur penilaian di Upwork juga memudahkan kamu untuk mengidentifikasi klien mana yang terpercaya dan mana yang sebaiknya dihindari.

Selain itu, ada juga fitur komunikasi dalam bentuk chat dan voice call yang memudahkan kamu untuk berkomunikasi dengan klien. Upwork juga mendukung fitur group chat yang sangat berguna dalam proyek besar yang melibatkan lebih dari satu freelancer.

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube, Dijamin Berhasil!

5. Crowdsource

crowdsource situs freelance indonesia

Crowdsource telah disebut sebagai salah satu website freelance terbesar dan terpercaya saat ini. Situs ini ditujukan bagi kamu yang mencari pekerjaan dalam bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, dan penerbit.

CrowdSource juga menawarkan solusi untuk untuk proyek besar, di mana klien dapat memecah pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil untuk memudahkan pemantauan proses pekerjaan. Fitur ini tentunya juga berguna untuk freelancer dalam menunjukkan proses pekerjaan kepada klien.

6. Toptal

toptal freelance

Toptal menawarkan solusi kepada perusahaan dan bisnis yang ingin mencari pekerja lepas untuk membantu usaha mereka. Karena reputasinya yang sangat baik, Toptal telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama seperti AirBnb, Spotify, Duolingo, dan Bridgestone.

Kamu dapat mendaftarkan diri sebagai freelancer secara manual, atau menggunakan profil LinkedIn. Toptal juga menjunjung kualitas pekerja lepas yang terdaftar di website mereka, sehingga pendaftaran kamu akan disaring dan diseleksi dengan proses yang sangat ketat sebelum dapat mencari pekerjaan lepas.

7. PeoplePerHour

peopleperhour situs freelance indonesia

PeoplePerHour diperkirakan telah membantu para pekerja lepas di situsnya untuk mendapatkan £130 juta atau sekitar Rp 2.5 triliun selama masa operasionalnya. Kamu dapat mendaftarkan diri sebagai freelancer dengan berbagai keahlian, mulai dari desain 3D hingga konsultasi media sosial.

Situs ini juga menggunakan intelejensi buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk memudahkan bisnis dan perusahaan untuk menemukan profil yang tepat. Jadi, kamu perlu mengatur profilmu dengan cermat agar dapat ditemukan oleh calon klien.

8. Guru

guru situs freelance indonesia

Guru adalah salah satu platform pekerja lepas yang sangat populer dengan lebih dari 3 juta pengguna. Sebagai situs yang terpercaya, Guru selalu memverifikasi calon freelancer untuk memastikan klien menemukan pekerja lepas yang dapat dipertanggungjawabkan kemampuannya. Jadi, pastikan kamu melengkapi profilmu dengan menggunakan data yang akurat dan terbaru.

Dari segi pembayaran, Guru memiliki empat metode kalkulasi upah yang terdiri dari upah per jam, upah per proyek, upah per tugas, dan upah reguler (gaji).

Baca juga: Tips Monetisasi Blog di Tahun 2021

9. Aquent

aquent freelance situs freelance indonesia

Aquent adalah situs pekerjaan lepas yang menonjolkan kualitas dan akurasi pencocokan freelancer dengan calon klien. Situs ini mempromosikan diri mereka sebagai sebuah agensi penyedia tenaga kerja kreatif.

Mereka menggunakan pencocokan dengan teknologi bernama Aquent’s Book, yang dapat kamu gunakan untuk mengatur dan menandai (tagging) portofolio kamu dengan lebih efektif, sehingga kamu dapat ditemukan oleh calon klien dengan kecocokan yang tinggi.

10. Fastwork

fastwork situs freelance indonesia

Fastwork adalah situs pekerjaan freelance Indonesia yang cukup populer digunakan oleh berbagai bisnis dan perusahaan untuk mencari tenaga kerja lepas. Kamu dapat mendaftar sebagai freelancer dalam berbagai industri seperti desain grafis, penulisan, penerjemahan, programming, dan masih banyak lagi.

Untuk memulai petualangan freelance kamu, tim Fastwork akan memverifikasi dan menilai ‘toko’ virtual kamu terlebih dahulu. Proses verifikasi dapat memakan waktu 2-3 hari, dan jika ditolak, profilmu belum dapat ditemukan oleh calon klien. Artinya, kamu harus melakukan revisi pendaftaran atau pengaturan ‘toko’ jasamu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Mudah dan Efektif!

11. SociaBuzz

sociabuzz situs freelance indonesia

SociaBuzz adalah sebuah marketplace untuk jasa yang terkait dengan publikasi dan media sosial. Jika kamu memiliki kemampuan di bidang fotografi dan pemodelan, situs ini adalah tempat yang cocok untuk menawarkan jasamu. 

Selain itu, jika kamu memiliki jumlah followers yang besar di media sosial, atau memiliki keterampilan sebagai makeup artist (MUA), MC, atau pembicara, kamu juga dapat menjual jasamu di SociaBuzz Marketplace.

Target pasar SociaBuzz yang sangat spesifik juga meningkatkan kemungkinan pertemuan klien dan jasa tenaga kerja lepas yang cocok satu sama lain.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Online Freelancer

Simpulan

Situs-situs freelance di atas adalah penyedia marketplace jasa pekerja lepas yang terpercaya dan berkualitas – jadi tidak ada pilihan yang salah. Kesuksesan pekerjaan freelance kamu ditentukan dari kesesuaian kebutuhan klien dan jasa yang kamu tawarkan.

Selain menjadi freelancer, kamu juga dapat melakukan berbagai cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya adalah dengan membuat dan memonetisasi blog berkualitas yang dilengkapi dengan layanan hosting website yang cepat, aman, dan dapat diandalkan dari Dewaweb.