dewaweb-blog-social-media-marketing-101

Jika Anda harus menebak berapa banyak waktu yang dihabiskan orang di social media, berapakah kira-kira jawaban Anda?

Tahukah Anda bahwa rata-rata orang-orang menggunakan social media sebanyak satu jam dan empat puluh menit setiap harinya? Penggunaan media sosial mencapai sekitar 28% dari waktu yang kita habiskan di internet. Aktivitas kita sehari-hari banyak terjadi secara online, mulai dari belanja, belajar, sampai memeriksa rekening bank. Salah satu yang bisa dikerjakan melalui social media adalah social media marketing.

Social media marketing adalah salah salah satu hal yang bisa Anda lakukan di internet untuk bisnis Anda. Social media marketing dapat menguntungkan tanpa henti dan hampir semua bisnis memahami pentingnya berinvestasi dalam jenis digital marketing yang satu ini. Namun, banyak yang belum tahu bagaimana untuk memulai. Dalam panduan pemasaran media sosial kami, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang ini. Tetapi sebelum kita mulai, mari kita bahas dulu apa itu social media.

Baca juga: 15 Tren Digital Marketing 2018

Definisi Social Media

Social media adalah salah satu cara bagi orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online. Dalam 10 tahun terakhir ini kita telah melihat bagaimana social media terus bertambah dan menjadi semakin popular.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat konten juga sudah menjadi semakin simple. yang telah membantu meroketnya penggunaan media sosial. Pengguna web sekarang dapat dengan mudah membuat konten pada sejumlah platform yang berkembang pesat, seperti blog dan forum, lalu mempromosikan konten mereka di berbagai platform social media, sambil berinteraksi langsung dengan pembaca dan konsumennya.

Untuk bisnis, pergeseran konsumerisme web dan meningkatknya penggunaan social media membawa peluang dan tanggung jawab. Jumlah data yang sangat banyak yang disediakan pelanggan melalui media sosial saja dapat membuat web marketer semangat dalam mengeksekusi strategi marketing mereka. Tetapi sebenarnya social media menciptakan peluang bagi bisnis untuk membangun hubungan yang langsung dan berkelanjutan dengan pelanggan bisnis mereka. Anda memiliki tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Perilaku konsumen sendiri sudah berubah, termasuk ekspektasi mereka. Dengan kata lain, Anda bisa memulai percakapan dengan pelanggan Anda melalui social media. Anda bisa menggunakan social media untuk mengetahui apa yang pelanggan Anda suka dan tidak suka serta apa yang mereka inginkan dari bisnis atau brand Anda.

Mengapa bisnis perlu melakukan social media marketing?

Menurut data dari Market Force, 81% keputusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dipengaruhi oleh postingan social media teman-temannya. Dengan kata lain, ketika followers Anda terlibat dan berinteraksi dengan akun social media Anda, tidak hanya Anda membangun koneksi dengan mereka tetapi juga mempengaruhi keputusan pembelian mereka dan teman-teman pelanggan Anda.

Selain itu, menurut data dari Hubspot, 71% pengguna social media mengatakan bahwa mereka akan lebih mungkin melakukan pembelian setelah mereka melihat review atau referensi dari social media. Jadi ketika ada pelanggan Anda yang mereferensikan bisnis Anda ke orang lain melalui social media, ada kemungkinan bahwa orang lain akan lebih tertarik untuk melihat bisnis Anda.

Data lain dari Bazaarvoice mengatakan bahwa conversions dapat meningkat sebesar 133% jika seorang pembeli melihat review bagus tentang bisnis Anda sebelum mereka belanja. Review baik dari Google atau Facebook serta platform social media lainnya dapat meyakinkan customer Anda untuk mencoba produk atau jasa dari bisnis Anda.

Customer sekarang menggunakan social media untuk mencari brand dan bisnis baru. Social media memberikan kemudahan untuk para pelanggan dalam mencari tahu lebih tentang bisnis atau brand itu sendiri serta melihat review dan opini dari customer lainnya.

Social Media apa yang cocok untuk marketing Anda?

Di luar sana, sudah ada banyak social media yang bisa dimanfaatkan untuk social media marketing. Semuanya kembali ke kebutuhan Anda. Berikut ini adalah daftar social media yang paling popular dan paling banyak digunakan di dunia saat ini.

Facebook

Facebook adalah salah satu social media yang paling banyak digunakan saat ini. Saat ini, Pages untuk brands di Facebook sudah benar-benar dioptimasi untuk bisnis. Customer bisa melihat waktu operasional business Anda dan lokasi toko Anda melalui fitur maps. Tidak hanya itu, customer juga bisa meninggalkan review dan melihat konten-konten terbaru Anda. Facebook juga menyediakan CTA untuk pages for brands untuk membantu bisnis Anda mencapai goal social media marketing Anda.

social-media-marketing-facebook-dewaweb

Ada banyak bisnis menggunakan Facebook sebagai platform utama dalam strategi social media marketing mereka. Bisnis-bisnis tersebut fokus dalam mengelola halaman Facebook mereka. Ini adalah strategi yang baik. Tetapi Anda perlu memperhatikan bahwa algoritma terbaru Facebook akan mempengaruhi jangkauan audience Anda. Untuk menjaga agar jangkauan Anda tetap luas, Anda bisa membaca artikel kami tentang algoritma terbaru Facebook. Jika Anda ingin menjangkau audience baru dengan cepat, Anda juga bisa menggunakan layanan Facebook ad.

Baca juga: Cara Meningkatkan Followers dan Likes Facebook

Twitter

social-media-marketing-twitter-dewaweb

Twitter memang mengalami naik turun dalam popularitasnya sebagai tool social media marketing. Meski begitu, Twitter tetap bisa bertahan dan banyak bisnis yang masih menggunakan twitter untuk strategi marketingnya. Twitter sendiri sebenarnya hanya akan efektif menjadi marketing tool jika Anda bisa memulai percakapan di Twitter. Ada banyak bisnis yang menggunakan twitter hanya untuk meletakkan link ke blog mereka tanpa melakukan engagement yang berarti. Jika Anda tidak memulai percakapan dengan user lain, marketing Anda tidak akan efektif di Twitter. Di Twitter, Anda bisa membuat polls dan konten-konten yang diakhiri dengan pertanyaan untuk memulai percakapan. Ini agar Anda mendapat lebih banyak retweet dan response. Twitter chat juga adalah salah satu cara yang bagus untuk menjaga hubungan dengan komunitas dan memulai percakapan tentang bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Follower Twitter

Instagram

social-media-marketing-instagram-dewaweb

Instagram memang dimiliki Facebook, tetapi mereka adalah platform yang berbeda dengan Facebook. Instagram adalah platform yang lebih mengutamakan visual dengan estetik yang mengagumkan dan video menarik di seluruh platformnya. Pengguna Instagram juga terus meningkat dan Instagram memiliki engagement rate paling tinggi dibanding dengan platform social media lainnya. Walaupun mereka juga merubah algoritma Instagram dan sekarang tidak lagi kronologis, profil bisnis Instagram tidak mengalami penurunan sebesar yang terjadi dengan algoritma baru Facebook. Untuk memanfaatkan Instagram, Anda sebaiknya menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Instagram. Anda bisa membuat stories, posting foto setiap hari, dan gunakan hashtag yang relevan untuk memulai percakapan dan mendapatkan follower baru. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan user-generated content di Instagram, loh!

Artikel Terkait: Trik Instagram 2018 Untuk Menambah Followers dan Engagement  

Baca juga: Tips dan Strategi Instagram Untuk Bisnis

LinkedIn

Jika bisnis Anda bergerak di industry B2B, Anda harus memiliki akun LinkedIn. Anda perlu membuat profil untuk Anda sendiri dan perusahaan Anda. Dengan LinkedIn, Anda bisa mencari pekerja atau mempromosikan bisnis Anda. LinkedIn banyak digunakan oleh para professional untuk berbagi berita industry dan kebanyakan konten yang ada juga lebih dalam dan berkisar pada topik tentang karir dan kehidupan professional. Dalam membuat konten untuk LinkedIn, Anda perlu memposting konten yang teman-teman dan customer potensial Anda piker valuable, actionable, dan thought-provoking. Ini adalah konten yang sering dishare di LinkedIn dan mendapat banyak engagement. Anda juga bisa membuat LinkedIn Ads untuk memperbanyak jangkauan share Anda.

Baca juga: Cara Membuat LinkedIn Ads

Pinterest

Pinterest bisa dibilang sedikit berbeda dengan social media lainnya. Fokus pinterest adalah agar penggunanya menyimpan konten. Pinterest bisa dibilang seperti gabungan dari wishlist dan vision board. Di Pinterest, Anda bisa menemukan apapun dari resep makanan sampai instruksi interior design. Untuk bisnis sendiri, Pinterest mungkin tidak akan cocok untuk semua jenis bisnis tetapi Pinterest bisa menjadi platform yang tepat untuk beberapa industry. Dengan menggunakan keyword yang tepat di deskripsi profil serta judul dan descriptions yang tepat untuk boards dan pins Anda, Anda bisa mendapatkan traffic dan berbagi konten, produk, dan idea Anda dengan audience yang lebih engaged. 87% pengguna Pinterest sudah pernah membeli barang karena Pinterest. 93% penggunanya mengatakan bahwa mereka menggunakan Pinterest untuk merencanakan pembelian. Sementara 83% dari pengguna Pinterest mengatakan bahwa mereka lebih mem-follow brand daripada celebrity di website ini. Dari data-data tersebut, Anda bisa melihat bahwa Pinterest banyak digunakan untuk melakukan research produk dengan banyak users mencari produk baru dari search engine Pinterest.

Baca juga: Memanfaatkan Pinterest Untuk Meningkatkan Traffic Website

Youtube

social-media-marketing-youtube-dewaweb

Youtube adalah platform video terbesar di dunia. Dengan berbagai macam video di Youtube, Anda bisa memanfaatkan Youtube untuk marketing jika Anda tahu bagaimana caranya. Seperti Pinterest, keyword adalah bagian penting dari Youtube marketing. Letakkan keyword di judul video, deskripsi video serta tags. Anda bisa membuat video seperti tutorial, Q&A, dan konten informasional yang dicari oleh audience Anda. Sebagai contoh, Dewaweb sendiri mengupload video-video tutorial untuk website Anda di channel Youtube Dewaweb. Eksekusi marketing di YouTube adalah gabungan dari content marketing dan social media marketing. Jangan lupa untuk mengirim traffic ke website utama Anda untuk meningkatkan conversions.

Snapchat

Social media yang satu ini memang lebih popular dengan orang-orang berusia di bawah 25 tahun. Snapchat bisa bermanfaat untuk brand yang unik dan humoris. Seperti Instagram, Snapchat adalah platform yang lebih visual tetapi gambar yang Anda gunakan di Snapchat tidak harus HD. Ini membuat Snapchat lebih mudah digunakan dan Anda bisa mengeluarkan konten dengan lebih cepat.

Selain platform-platform di atas, masih ada platform social media yang lebih kecil. Jika bisnis Anda jatuh ke audience yang niche, Anda mungkin akan menemukan bahwa beberapa platform lain bisa membantu bisnis Anda. Misalnya, untuk pecinta music, music.ly app adalah salah satu aplikasi yang popular. Selain itu ada juga social media seperti Flickr dan Tumblr yang bisa Anda pertimbangkan untuk bisnis Anda.

Tips untuk social media marketing

Jika Anda bingung bagaimana Anda harus memulai strategi social media marketing, jangan khawatir! Kami akan memberi tahu Anda bagaimana Anda bisa memulai social media marketing:

Tentukan goal yang ingin Anda capai. Apakah Anda ingin mempromosikan bisnis Anda sebagai leader di industry Anda? Apakah Anda ingin mencari customer baru dan membangun hubungan dengan customer Anda? Dari goal-goal ini baru Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Pilih platform social media yang akan membantu bisnis Anda. Di luar sana memang ada banyak platform social media tetapi sebaiknya Anda tidak langsung membuat seluruh akun social media karena Anda perlu mengelola komunitas di setiap social media. Pilih satu atau dua platform yang akan membantu Anda. Apakah bisnis Anda di industri B2B dan ingin membangun thought leadership? Pilih LinkedIn. Apakah Anda memiliki produk yang bisa memanfaatkan visual marketing? Pilih Instagram.

Buat profil Anda. Pastikan bahwa profil brand atau bisnis Anda merefleksikan audience Anda di social media yang Anda pilih. Ini berarti Anda tidak bisa menggunakan deskripsi yang sama di setiap platform social media. Misalnya, jika Anda membuat profil LinkedIn, tulis deskripsi bisnis seperti jika Anda bertemu dengan professional lain di acara seminar. Jika Anda menggunakan Instagram, pilih bio yang lebih menarik dan engaging.

Tentukan konten seperti apa yang ingin Anda share. Postingan yang Anda buat juga harus sesuai dengan platformnya sendiri. Anda tentu bisa menggunakan konten yang sama untuk beberapa social media misalnya Facebook dan Twitter. LinkedIn tentunya membutuhkan konten yang lebih professional. Jangan lupa gunakan gambar di social media Anda. Ingat bahwa gambar dan headline harus menarik perhatian ketika orang-orang scroll feed social media mereka.

Buat jadwal konten. Sama seperti content marketing, Anda juga memerlukan jadwal untuk mempermudah Anda mengelola social media Anda. Ada beberapa software yang bisa Anda gunakan seperti Sprout Social dan HootSuite untuk mengatur jadwal postingan social media Anda. Kalendar konten dapat membantu Anda menentukan tipe postingan apa yang ingin Anda share di social media Anda. Kemudian Anda bisa mempersiapkan konten postingan itu terlebih dahulu. Selain itu, dengan software yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa langsung menjadwalkan postingan sehingga Anda tidak harus melakukan postingan social media secara manual.

Monitor akun social media Anda. Perhatikan analytics platform social media Anda untuk melihat tipe konten seperti apa yang disukai followers Anda. Alat ukur yang bisa Anda gunakan adalah engagement. Lihat konten mana yang memiliki engagement paling tinggi di akun social media Anda. Tidak hanya analytics, Anda juga harus memonitor akunnya sendiri dan lihat kesempatan untuk berinteraksi dengan followers Anda. Jika ada pertanyaan, jawab pertanyaan secepat mungkin. Jika ada yang meninggalkan review, ucapkan terimakasih dan engage dengan komen dan response sesering mungkin. Ini penting untuk membangun komunitas dan hubungan Anda dengan customer brand Anda. Ini tentunya adalah tujuan utama dari social media marketing.

Tetap konsisten. Untuk semua platform social media Anda, Anda harus bisa terus berinteraksi dengan pelanggan dan followers Anda secara konsisten. Ini akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan followers Anda serta jumlah followers Anda sendiri.

Simpulan

Social media marketing memiliki audience yang sangat besar dan beragam. Channel marketing ini juga gratis dan dapat diakses dengan mudah. Ini adalah peluang bagus untuk membangun hubungan dengan customer Anda dan membangun komunitas online. Agar social media marketing membantu menguntungkan bisnis Anda, terus kelola dan pantau social media Anda dengan hati-hati. Pastikan bahwa Anda terus konsisten dalam menggunakan berbagai social media yang Anda pilih. Selamat mencoba!

Daftar dan tonton webinar Dewatalks