dewaweb-blog-update-segala-hal-tentang-squirrelmail-revisi

Ketahui pengertian SquirrelMail, kelebihan, cara login dan cara memakainya lewat panduan lengkap kami, berikut ini!

Pengertian SquirrelMail

Squirrelmail adalah aplikasi webmail yang basisnya web. Webmail ini dibangun dengan arsitektur komprehensif yang dapat didukung berbagai plugin sebagai fitur tambahan (kini, telah tersedia lebih dari 200 plugin pada website-nya). Webmail ini juga tersedia bagi semua platform yang mendukung PHP. Platform yang paling sering dipakai pengguna termasuk Linux, FreeBSD, macOS dan berbagai server Microsoft Windows. Aplikasi client mail ini hanya satu aplikasi diantara banyak layanan aplikasi webmail lainnya. Definisi webmail itu sendiri yaitu aplikasi khusus yang dipakai oleh pengguna dalam mengakses email/surel lewat web browser.

Anda dapat mengetahui penjelasan webmail selengkapnya di,

Panduan Webmail

Macam-macam Webmail Lain

Selain Squirell, sebenarnya ada banyak aplikasi webmail lainnya yang bisa juga Anda gunakan untuk mengakses email Anda dari web browser. Mari simak apa saja aplikasi webmail yang lainnya, berikut ini!

Roundcube

Panduan Lengkap Webmail Squirrelmail Horde Roundcube ini dari Dewaweb

Roundcube juga merupakan aplikasi webmail. Interface-nya bisa dibilang menarik, tampilannya lebih bagus dibandingkan Squirrel. Roundcube juga tergolong user-friendly. Roundcube punya berbagai fitur semacam mark, kalender, folder, buku alamat lengkap beserta koneksi berkelompok dan LDAP, fitur integrasi buku kontak, dan mendukung MIME. Roundcube ini pun sudah terintegrasi dengan fitur drag and drop.

Horde

Panduan Lengkap Webmail Squirrelmail Horde Roundcube dari Dewaweb

Sementara, Horde bisa dikatakan sebagai client email yang lengkap fiturnya. Dari mana kami tahu? Silakan Anda cek, dari variasi menunya saja sudah terlihat sebenarnya. Hampir sama seperti Roundcube, Horde dilengkapi dengan fitur semacam kalender, buku catatan, buku kontak, daftar tugas dan lain sebagainya. Horde ini punya sistem manajemen email yang tertata bahkan sudah dilengkapi dukungan filter lanjutan, lampiran, pemeriksaan ejaan dan komposisi email HTML yang kompleks. Horde pun menyediakan utilitas pengelolaan tugas tingkat lanjut. Apa maksudnya? Jadi, tugas bisa dicantumkan dan bisa diatur juga buat menyimpan catatan soal perkembangan tugas tersebut.

Kelebihan Squirrelmail

Lalu, apa sih kelebihan dari Squirrel? Secara fungsi, aplikasi webmail satu ini punya semua utilitas dasar yang dibutuhkan dari client email. SquirrelMail punya fitur pemeriksaan ejaan, kalender, dukungan MIME, buku kontak dan manipulasi folder. Mengenai tampilan, interface-nya bisa dikatakan sangat sederhana. Ini sebenarnya bisa jadi kelebihan. Anda yang hanya ingin membaca dan membalas email yang ada mungkin akan nyaman memakainya. Andapun tidak perlu menjadi seorang ahli dalam menggunakannya, Squirrel sangat mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.

Tips Memilih Aplikasi Webmail

Untuk memilih mana webmail terbaik, memang Anda perlu memikirkan atau menimbang sendiri apa sebenarnya yang jadi kebutuhan Anda. Kebutuhan setiap pengguna sebenarnya unik. Jika Anda sebagai pengguna mencari yang simple, SquirrelMail bisa jadi pilihan tepat. Jika Anda cari tampilan bagus dengan fitur tambahan yang mudah digunakan, cobalah pakai Roundcube. Jika Anda ingin fitur dengan tingkat lanjutan, silakan pakai Horde.

Tertarik coba Roundcube? Coba simak artikel berikut,

Cara Install dan Konfigurasi Roundcube

Cara Login SquirrelMail

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk login ke Squirell di Webmail Anda!

  1. Pertama, Anda harus masuk ke login webmail terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Silakan masukkan alamat dengan menggunakan format “(Nama Domain Anda).com/webmail” pada kolom akses alamat di browser Anda. Jangan lupa, isi dengan nama domain Anda sendiri
  2. Kemudian klik pada logo/tulisan “SquirrelMail” dari tampilan yang muncul di layar Anda
  3. Saat pertama kali masuk ke SquirrelMail, Anda akan diminta memasukkan beberapa informasi tambahan. Coba masukkan apa yang Anda inginkan lalu coba klik “Send” untuk menyimpan. Dengan begini Anda sudah bisa login SquirrellMail
Dewaweb cashback 30%

Cara Menggunakan Webmail SquirrelMail

Ada berbagai cara untuk memakai webmail dari Squirrel, simak pejelasan berikut!

  • Ketikkan “www.(isi nama domain Anda).com/webmail/” pada browser dan akses
  • Silakan masukkan username dan password Anda
  • Klik “Read Mail Using SquirrelMail”
  • Jika Anda ingin membuat email baru, klik “Compose” lalu klik “Send” buat mengirimkan email Anda
  • Jika Anda ingin membaca email yang ada pada Inbox, silakan Anda klik subject email apa yang ingin Anda baca
  • Jika Anda ingin hapus/delete email di kotak pesan, cobalah klik check box yang letaknya ada di sisi samping email yang ingin Anda hapus, lalu klik “Delete”. Dengan begitu email yang dipilih sudah terhapus dari kotak pesan Anda
  • Untuk keluar dari Squirrel, klik langsung “Sign Out”
  • Jika Anda ingin mengubah password Squirrel Anda, Anda harus Sign Out terlebih dahulu ketika masih di dalam Squirrel, kemudian coba login kembali. Lalu, klik “Change Password”. Isilah password baru seperti yang Anda inginkan di kolom New Password dan Password (Again). Jadi Anda mengisi satu password yang sama pada dua kolom tersebut (dua kali isi). Terakhir, klik “Change”

Anda para pengembang website, mungkin juga tertarik untuk mengetahui cara mendapatkan banyak pengunjung dengan bantuan analisa dari Google Webmaster Tools. Silakan tonton tayangan kami berikut,

Simpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda telah mendapat info mendasar soal Squirrel sebagai aplikasi webmail. Tak hanya mengetahui definisi atau fungsinya, Anda juga dapat mengetahui apa kelebihannya dibandingkan jenis webmail lainnya, dan bagaimana cara login serta penggunaannya bagi keperluan Anda. Artikel ini merupakan bentuk komitmen kami sebagai provider hosting murah dan vps profesional Indonesia yang telah bersertifikat kualitas internasional. Dewaweb memiliki misi untuk mensukseskan Anda secara online. Jadi, baca juga berbagai artikel menarik lainnya dari kami dan jangan lupa subscribe ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia