Dunia hiburan yang ada di seluruh penjuru bumi memiliki beberapa medium tersendiri yang sama-sama mempunyai penggemar yang berbeda-beda. Ada musik, film hingga komik. Untuk komik sendiri ada Marvel yang diketahui sebagai penerbit komik berkualitas di dunia. Tapi, tahukah kamu siapa pendiri Marvel Comics?

Popularitas komik Amerika Serikat

Ya, kalau berbicara mengenai komik, sebenarnya lebih condong hanya untuk anak-anak saja, berbeda dengan musik dan film. Tapi jangan salah, di luar sana juga banyak sekali orang dewasa yang suka dengan komik. Komik yang beredar di dunia biasanya dibagi dua tipe yaitu komik jepang atau yang biasa disebut dengan manga dan komik Amerika Serikat.

Khusus untuk komik Amerika Serikat, Marvel merupakan penerbit dengan pondasi yang kuat sejak puluhan tahun yang lalu.  Tak heran jika saat diadaptasi dalam film bisa mendunia. Salah satu tokoh pergerakan komik Amerika Serikat yang tidak mungkin dilupakan adalah Stan Lee, pendiri dari Marvel Comics.

Pengaruh Stan Lee bagi Marvel Comics

Sebagai pendiri dari Marvel, Lee sangatlah diagung-agungkan oleh para pecinta komik. Hal ini tentu saja tidak salah karena berkat karyanya, muncul berbagai macam superhero ikonik yang hingga detik ini namanya semakin membesar seperti Iron Man, Captain America hingga Thor. Kontribusi terhadap dunia komik tidak hanya itu saja karena Stan Lee juga menjadi inspirasi para komikus muda lainnya sehingga akhirnya, banyak sekali muncul karakter superhero yang lahir dari para komikus muda itu.

Lahir pada tanggal 28 Desember 1922 di New York, imajinasi Lee sudah teruji sejak masih di bangku sekolah.  Walaupun harus bekerja serabutan sejak kecil, Lee suka menulis cerita esai hingga dia mengikuti perlombaan dan selalu menang. Perjalanannya terus berlanjut hingga dia akhirnya masuk ke satu perusahaan komik bernama Timely Comics. Di sanalah dia merintis karier di dunia komik profesional.

Kolaborasi bersama sahabatnya, Jack Kirby

Namun jika berbicara mengenai Lee, maka pembuatan Marvel Comics adalah langkah yang paling tepat dalam hidupnya. Bekerja sama dengan Jack Kirby yang merupakan sahabatnya sejak lama, mereka akhirnya membangun Marvel Comics dari Timely Comics yang sudah berubah nama terlebih dahulu sebagai Atlas Comics. Ya, pendiri Marvel Comics tidak bekerja sendirian dari nol. Karena pada dasarnya merupakan perubahan nama dari Altas Comics, tapi di sini, posisi Lee sudah cukup berpengaruh dan sukses membuat beberapa karakter superhero yang sangat disukai.

Superhero pertamanya yang dibuat dengan atas nama Marvel Comics adalah Fantastic Four. Dilanjutkan dengan Spider-man, Hulk, Thor, Ant-Man, Iron Man, X-Men, Daredevil, The Inhumans, Black Panther, Doctor Strange, Captain Marvel dan Silver Surfer. Dari karakter superhero inilah, nama Lee semakin dikenal.

Seiring berjalannya waktu, kebesaran Marvel Comics membuat beberapa superhero di sana diadopsi ke dalam film. Grup superhero Avengers menjadi film yang paling sukses dari Marvel sehingga menciptakan satu universe baru bernama Marvel Cinematic Universe. Namun, Stan Lee telah meninggal dunia pada tanggal 12 November 2018 pada usia ke 95 tahun.

Baca juga: Kisah Sukses Jeff Bezos Pendiri Amazon.com

Bagi penyuka komik Amerika Serikat yang identik dengan superhero, pasti tidak akan mungkin melupakan kehebatan Stan Lee yang terus berjuang membuktikan kalau komik bisa disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Jangan lupa, kamu yang sedang menjalankan website baik untuk keperluan bisnis atau sekadar blogging selalu percayakan kelancaran situs pada perusahaan penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia.

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia