dewaweb-blog-startup-metrics-north-star

Startup Metrics: North Star Metric Membuat Bisnis Anda Tertata

Anda pasti pernah mendengar istilah growth hacking. Tapi apakah Anda pernah mendengar istilah North Star Metric? North Star Metric berperan sebagai pemandu untuk bisnis dalam mengatur strategi agar mereka bisa mencapai tujuan bisnis mereka.

Di artikel kali ini, kami akan membahas semua tentang North Star Metric; mulai dari definisinya sampai bagaimana cara menentukan North Star Metric yang tepat untuk bisnis Anda. Kalau Anda ingin tahu lebih banyak, yuk lanjut baca artikelnya!

Apa itu North Star Metric?

North Star Metric (NSM) adalah sebuah konsep yang ramai digunakan di Silicon Valley untuk membantu pertumbuhan startup. Metrics ini dapat membantu sebuah tim untuk fokus dalam meningkatkan customer retention untuk jangka panjang.

Jadi, North Star Metric adalah sebuah metric yang mengukur apakah core value produk Anda sampai kepada customer atau tidak. Mengoptimasi usaha Anda untuk meningkatkan metric ini adalah salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan di semua customer base Anda.

Baca juga: Startup Metrics: AARRR

North star metric setiap perusahaan bisa berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa contoh NSM yang digunakan oleh startup-startup besar di dunia:

  • Airbnb: Lamanya seorang customer mem-booking akomodasi
  • Facebook: Jumlah user aktif setiap harinya
  • Quora: Jumlah pertanyaan yang terjawab
  • WhatsApp: Jumlah pesan yang dikirimkan oleh user

Dengan menentukan apa north star metric yang tepat untuk perusahaan Anda, Anda bisa lebih fokus dalam mengoptimasi usaha seluruh anggota perusahaan Anda agar Anda memiliki pertumbuhan yang berkelanjutan.

Bagaimana North Star Metric Dapat Membantu Bisnis Anda?

Mengidentifikasi North Star Metric untuk bisnis Anda dapat membantu Anda untuk mengerti customer dan produk Anda lebih dalam. Menurut Buckley Barlow, seorang growth advisor dan investor, NSM adalah satu faktor yang berperan dalam kegagalan MySpace dan kesuksesan Facebook.

MySpace menggunakan jumlah sign up sebagai NSM mereka sementara Facebook fokus pada jumlah pengguna aktif bulanan sebagai NSM mereka. Jumlah registrasi yang mereka dapatkan tidak menunjukkan pertumbuhan bisnis mereka karena metrics ini tidak memberi tahu mereka apakah pengguna yang sign up menggunakan platform mereka.

Penggunaan platform adalah metric yang memberitahu mereka apakah customer melihat value dari produk yang mereka tawarkan. Jika seseorang berhenti menggunakannya, berarti mereka tidak melihat value dari produk itu. Dengan memperhatikan pengguna aktif bulanan, Facebook bisa melihat berapa banyak orang yang melihat value dari social media mereka.

Selain itu, Facebook juga bisa melakukan optimasi feed mereka agar orang semakin betah menggunakan Facebook. Untuk mengidentifikasi NSM yang tepat untuk bisnis Anda, Anda perlu memahami pelanggan Anda; value apa yang mereka dapatkan dari produk Anda dan bagaimana mereka menggunakan produk itu sampai mereka bisa merasakan value tersebut.

Dengan kedua informasi ini, Anda bisa mengoptimasi produk Anda agar Anda bisa memberikan value yang lebih lagi untuk pelanggan Anda agar mereka tidak berhenti menggunakan produk Anda. Jika customer Anda terus menggunakan produk Anda, tentunya Anda akan meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan.

Baca juga: Growth Hacking Untuk Startup

Bagaimana Cara Menentukan North Star Metric?

“Untuk menentukan North Star Metric untuk bisnis Anda, Anda harus mengerti value apa saja yang customer loyal Anda dapatkan dari produk Anda.”

Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk mengidentifikasi North Star Metric yang tepat untuk bisnis Anda, Anda perlu memahami pelanggan Anda. Untuk melakukan ini, Anda bisa memulai dengan melihat berapa banyak user aktif yang Anda miliki serta berapa banyak customer loyal yang menggunakan dan engage dengan produk Anda.

Memahami kedua poin ini dapat membantu Anda mengidentifikasi metrics apa yang bisa membantu Anda untuk melakukan growth hacking. Metric inilah yang akan menjadi NSM Anda.

Kalau Anda baru pertama kali menggunakan NSM, Anda tidak perlu merasa khawatir jika Anda tidak langsung mendapatkan NSM yang benar. Anda mungkin harus mencoba beberapa metrics yang berbeda sampai Anda bisa menemukan metrics yang tepat untuk bisnis Anda di saat itu.

Hila Qu, mantan Product Manager for Growth di GrowthHackers mengatakan bahwa ada lima poin yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam memilih north star metric Anda:

  1. Metric harus bisa memperlihatkan bahwa pengguna Anda merasakan core value produk Anda.
  2. Metric harus merefleksikan engagement dan level aktivitas pengguna.
  3. North Star Metric harus menjadi satu hal yang mengindikasi bahwa bisnis Anda menuju ke arah yang tepat.
  4. Metrics harus mudah dimengerti dan dikomunikasikan ke seluruh tim
  5. Jangan terbebani dengan merasa bahwa Anda harus memiliki NSM yang sempurna. Yang ingin Anda cari adalah metric yang paling masuk akal untuk bisnis Anda. Anda mungkin harus mencoba beberapa kali sampai ada yang menemukan NSM yang paling tepat.

Baca juga: Pendanaan Startup dan Modal Usaha Peer-to-Peer Lending di Indonesia

North Star Metric Lebih dari Satu, Boleh atau Tidak?

Meskipun North Star Metric biasanya hanya satu metric, tetapi terkadang satu metrics tidak bisa digunakan untuk setiap departemen. Oleh karena itu, ada baiknya setiap departemen memiliki NSM mereka sendiri yang pada akhirnya mendukung NSM perusahaan. NSM yang tepat adalah NSM yang merepresentasikan hasil akhir dari upaya bersama setiap departemen, team, dan karyawan di perusahaan Anda.

Misalnya, Anda ingin melihat seberapa banyak orang yang menggunakan aplikasi Anda setiap hari, Anda juga tetap harus melihat metric lain seperti, sign-up baru, aktivasi pelanggan baru, dan pengembangan engagement serta user retentions.

Dengan mengerti metric yang saling berhubungan ini serta conversion rate bisnis Anda saat ini, Anda akan mendapatkan insight yang lebih dalam untuk mengoptimasi produk dan layanan Anda. Setelah Anda mengidentifikasi NSM Anda, cobalah untuk memahami tindakan apa yang harus dilakukan oleh setiap anggota perusahaan untuk bergerak ke arah yang benar.

Setiap departemen harus mengidentifikasi NSM-nya sendiri untuk fokus dan mengidentifikasi metrik pendukung tambahan. Melakukan hal ini akan membantu setiap orang di perusahaan mengidentifikasi metrik mana yang harus mereka ikuti pada tingkat individual.

Meskipun Anda sudah mengidentifikasi dan bekerja untuk mencapai NSM Anda, Anda tetap harus melakukan tracking dan meningkatkan metric lainnya. Tetapi ini sebenarnya membantu Anda untuk mencapai pertumbuhan dengan membantu semua orang di perusahaan Anda fokus pada kegiatan-kegiatan yang tepat dan juga membuat keputusan yang tepat.

Apakah North Star Metric Akan Berubah?

Salah satu yang harus Anda ingat adalah North Star Metrics Anda mungkin akan berubah sesuai dengan perkembangan perusahaan dan industry Anda. Facebook adalah contoh yang bagus untuk ini. Di awal berdirinya Facebook, NSM mereka adalah pengguna aktif bulanan. Dengan semakin berkembangnya Facebook dan industry social media, Facebook menyadari bahwa mereka juga harus mengubah metric mereka.

NSM baru mereka adalah pengguna aktif harian. Dengan semakin berkembangnya industry social media dan competitor Snapchat sudah memulai tracking pengguna aktif per jam, Facebook mungkin saja mengubah NSM mereka menjadi pengguna aktif per jam di masa yang akan datang.

Jadi, berdasarkan perkembangan perusahaan dan industry Anda, Anda harus siap untuk mengubah North Star Metrics perusahaan Anda agar bisa memenuhi tuntutan industry.

Baca juga: 5 Manfaat Penerapan Gamification di dalam Perusahaan

Simpulan

North Star Metric Anda adalah bagian penting dalam menyelaraskan tim Anda untuk mendorong pertumbuhan yang cepat dan berkelanjutan. Jika Anda mencoba melihat proses pertumbuhan, Anda akan bisa melihat bahwa pertumbuhan bukan hanya tanggung jawab tim sales dan marketing.

Setiap departemen, tim, dan individual dalam suatu organisasi memainkan beberapa peran dalam memberikan nilai kepada pelanggan. Sales dan marketing menarik pelanggan baru ke dalam sales funnel, tetapi tim customer support memiliki peran penting dalam memastikan calon pelanggan dan para pelanggan dapat merasakan core value dari suatu produk.

Mengkoordinasikan setiap tim pada perusahaan Anda untuk bekerja bersama dalam inisiatif pertumbuhan dapat sangat menantang tanpa metrik yang memusatkan mereka pada tujuan bersama.

Di sinilah North Star Metric memainkan peran pentingnya. North Star Metric yang Anda pilih akan memberi fokus kepada setiap individual, tim, dan departemen perusahaan Anda agar dengan bekerja sama, semua bisa mencapai North Star Metric yang sudah Anda tentukan.