10 Daftar Startup Unicorn Indonesia 2022, Apa Saja?

10 Daftar Startup Unicorn Indonesia 2022, Apa Saja?

Seiring berjalannya waktu, startup unicorn Indonesia terus menunjukkan perkembangan pesat setiap tahunnya. Unicorn sendiri merupakan status atau gelar yang disandang oleh perusahaan rintisan (startup) dengan nilai valuasi lebih dari US$1 miliar atau setara Rp14 triliun. Unicorn dianggap sebagai perusahaan spesial karena memiliki level valuasi yang menggambarkan potensi bisnis mereka.

Umumnya, ciri khas startup unicorn yaitu komitmen tinggi pada bisnis berbasis teknologi, baik berupa aplikasi, web app, atau website. Tiap perusahaan berlomba untuk memberikan user experience yang baik bagi pengguna mulai dari interface, kecepatan, hingga fitur-fitur canggih dan menarik. Selain itu, mereka berani merubah sistem yang sudah ada dengan menghadirkan inovasi dan terobosan-terobosan baru.

Lalu, siapa saja yang menyandang gelar startup unicorn di Indonesia saat ini? Tanpa berlama-lama, berikut ini adalah daftarnya:

Baca Juga: 11+ Cara Membuat Bisnis Startup untuk Pemula, Wajib Ditiru!

OVO

Asset Blog Dewaweb

Siapa yang tak kenal OVO, startup Indonesia satu ini bergerak di bidang financial technology (Fintech) yang menawarkan sistem pembayaran digital. Dengan OVO, memungkinkan pengguna melakukan transaksi non-tunai, misalnya pembayaran tagihan listrik, topup, ojek online, belanja, dan lain sebagainya. Selain itu, OVO juga sering memberikan promo menggiurkan bagi pengguna melalui merchant-merchant menarik.

OVO sudah menyandang startup unicorn Indonesia sejak 14 Maret 2019. Pertumbuhan valuasi anak perusahaan Lippo Group ini meningkat cukup cepat, bahkan melampaui unicorn pendahulunya yakni Bukalapak dan Traveloka. Satu tahun sebelumnya, OVO bahkan mendapatkan investasi sebesar US$ 120 juta atau setara Rp1,7 triliun dari Tokyo Century.

Gojek

Gojek

Berdiri pada tahun 2010 silam, Gojek menunjukkan perkembangan yang luar biasa cepat. Pelopor layanan ojek online di Indonesia tersebut mendapat suntikan dana dari perusahaan-perusahaan raksasa seperti Google, Amazon, Temasek Holdings, dan Tencent Holdings. Gojek juga didukung oleh perusahaan besar dalam negeri seperti Astra International dan Telkomsel.

Perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim tersebut secara resmi menyandang gelar unicorn pada 4 Agustus 2016. Gojek kini bertransformasi menjadi GoTo dan berstatus sebagai perusahaan terbuka setelah merger dengan Tokopedia.

Baca Juga: 21 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba

Dana

startup unicorn indonesia - dana

Dana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang fintech dompet digital. Dana resmi menjadi salah satu startup unicorn pada Kamis, 8 September 2022 dengan total valuasi sebesar US$1,13 miliar atau setara Rp17 triliun. Dengan begitu, Dana merupakan perusahaan startup yang menyandang status unicorn terbaru di Indonesia.

Sebelumnya, Dana juga diketahui mendapatkan suntikan dana segar dari Lazada Group dan Sinar Mas. Nilai investasi dari Sinar Mas dikabarkan mencapai US$250 juta atau sekitar Rp3,7 triliun. Sedangkan nilai investasi dari Lazada Group nominalnya masih belum dipublikasikan.

Tokopedia

startup unicorn indonesia - tokopedia

Berdiri sejak tahun 2009 silam, Tokopedia merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang e-commerce. Tokopedia resmi menyandang gelar unicorn pada tahun 2017 setelah mendapatkan suntikan dana dari Alibaba Group dengan nilai kesepakatan sebesar US$1,1 miliar. Selain itu, Tokopedia juga diketahui mendapatkan dukungan dari Softbank Group asal Jepang dan Sequoia Capital dari India.

Baca Juga: 11 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis dan Tips Menggunakannya

Traveloka

 

Traveloka merupakan startup yang bergerak di bidang travel dan pemesanan hotel. Traveloka sudah menyandang gelar startup unicorn Indonesia pada tahun 2017 setelah mendapatkan kucuran dana dari Expedia sebesar US$350 juta. Adapun perusahaan lain yang menanamkan investasi di Traveloka, sebut saja GFC dari Amerika Serikat serta JD.com dan Hillhouse Capital Group dari China.

Bukalapak

startup unicorn indonesia - bukalapak

Sama halnya Tokopedia, Bukalapak merupakan startup yang bergerak di bidang e-commerce Indonesia. Bukalapak resmi menyandang status startup unicorn pada awal tahun 2017. Nilai valuasi startup satu ini, per Agustus 2021 mencapai angka US$1,5 miliar atau setara Rp21,9 triliun. Terlepas dari banyaknya perusahaan yang menanamkan investasi di Bukalapak, hingga kini nominalnya masih dirahasiakan.

Xendit

Xendit merupakan salah satu perusahaan fintech yang berfokus pada segmen pembayaran. Meski jarang tersorot media, Xendit turut menjadi startup Indonesia yang menyandang gelar unicorn pada September 2021. Xendit diketahui telah memperoleh kucuran dana seri C sebesar US$150 juta atau sekitar Rp2,1 triliun. Baru-baru ini, pada bulan Mei 2022, Xendit juga merampungkan suntikan dana seri D dengan nominal mencapai US$300 juta atau setara Rp4,3 triliun.

Baca Juga: 20+ Instagram Tools Gratis yang Bermanfaat bagi Pemilik Bisnis

Kopi Kenangan

Kopi Kenangan menjadi startup unicorn setelah sukses mengantongi US$96 juta atau Rp1,3 triliun dari putaran dana seri C pada akhir tahun 2021. Pencapaian ini menjadikan Kopi Kenangan sebagai badan usaha New Retail Food and Beverages (F&B) yang menyandang status unicorn pertama di Asia Tenggara. Pertumbuhan jaringan Kopi Kenangan sangat pesat, mereka bahkan sudah memiliki rencana memperluas jaringan gerai kopinya hingga ke pasar internasional.

Baca Juga: 8 Software Akuntansi untuk UKM dan Tips Kelola Bisnis Online

J&T Express

J&T Express adalah satu-satunya perusahaan startup di bidang logistik, supply chain, dan delivery yang berhasil menyandang gelar unicorn pada 7 April 2021. CB Insight menyebutkan bahwa J&T Express merupakan unicorn tertinggi di Indonesia dengan valuasi hingga US$7,8 miliar atau sekitar Rp113 triliun. Melansir Deal Street Asia, beberapa perusahaan yang mengucurkan dana dan berinvestasi di J&T Express diantaranya yaitu Boyu Capital, Hillhouse Capital, dan Sequoia Capital.

Ajaib

startup unicorn indonesia - ajaib

Ajaib merupakan startup di bidang financial technology yang berfokus pada layanan investasi saham dan reksa dana. Ajaib resmi dinobatkan sebagai unicorn di Indonesia setelah berhasil mendapatkan kucuran dana sebesar US$243 juta atau setara Rp3,5 triliun pada tahun 2021. Sesuai namanya, Ajaib, perusahaan ini hanya memerlukan dua tahun saja untuk mendapatkan gelar unicorn.

Baca Juga: 8 Strategi Social Media Marketing Paling Jitu untuk Bisnismu

Sudah Tahu Apa Saja Startup Unicorn Indonesia?

Setiap tahun selalu muncul perusahaan rintisan potensial yang mungkin akan menambah daftar startup unicorn Indonesia. Selain disruptif dan inovatif, perusahaan-perusahaan di atas benar-benar menitikberatkan layanan berbasis teknologi serta berfokus pada kepuasan pelanggan. Semoga tulisan ini menambah pengetahuanmu dan salam sukses online, ya!

Daftar startup tersebut memang masih bersaing untuk mempertahankan predikat Unicorn Indonesia. Terlepas dari itu perlu dukungan dari banyak pihak, termasuk pula mengenai penyedia layanan internet maupun hosting terpercaya di Indonesia.