bisnis kuliner featured image

10 Strategi Bangun Bisnis Kuliner dan Ide Usaha Kuliner Kekinian

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Kuliner bukan hanya sebagai kebutuhan pokok saja, banyak orang yang menjadikan hobi kuliner sebagai gaya hidup. Oleh karena itu, bidang kuliner semakin berkembang dan menghasilkan profit yang menjanjikan bagi para pelaku bisnisnya.

Sebelum memulai usaha makanan, sebaiknya kamu mempersiapkan strategi terlebih dahulu. Di artikel ini, kamu akan mengetahui cara memulai usaha kuliner dan ide-ide bisnis kuliner kekinian yang bisa jadi inspirasi. Baca selengkapnya di bawah ini ya!

Baca Juga: UKM 101: Panduan Bisnis Sukses

Strategi Memulai Bisnis Kuliner Rumahan yang Menguntungkan

meme usaha kuliner

Membangun usaha makanan memang tidak mudah. Sama halnya dengan bisnis lain yang memiliki tantangannya tersendiri. Tapi jangan berputus asa dulu, bila dijalani dengan strategi yang benar dan tekad yang kuat, bukan tidak mungkin kamu juga meraih kesuksesan di bidang ini.

Untuk membantumu mencapai kesuksesan, berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu terapkan sebelum memulai bisnis kuliner. Simak satu per satu ya!

1. Persiapkan business plan

Yang pertama, persiapkanlah rencana bisnis. Sebelum memulai usaha di bidang apapun, bisnis plan penting untuk dipersiapkan sehingga bisa memahami arah tujuan bisnis ke depannya. Bisnis plan adalah dokumen tertulis yang menjelaskan tujuan bisnis dan langkah-langkah perusahaan mencapai tujuan tersebut.

Ibarat sebuah peta, bisnis plan menunjukkan arah untuk mencapai tujuan bisnis yang telah disasar. Untuk membuat rencana usaha, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini penting agar kamu mengetahui seluk beluk bisnis yang dijalani.

meme bisnis plan

Baca Juga: Mengenal Bisnis Plan, Cara Membuat, dan Kegunaannya untuk Usahamu

2. Membuat rencana keuangan

Cara memulai bisnis kuliner selanjutnya ialah membuat rencana keuangan. Masih berkaitan dengan perencanaan, membuat anggaran keuangan penting untuk memproyeksikan bisnis berdasarkan dana yang tersedia. Hal ini juga berguna agar pengeluaran dan pemasukan lebih terkontrol. Jadi, anggaran tidak habis untuk pengeluaran yang tidak diperlukan.

3. Survei potensi bisnis

Ini masih berhubungan dengan strategi yang sudah dijelaskan di poin pertama tadi. Melakukan survei merupakan hal utama yang dilakukan sebelum kamu merencanakan bisnis. Untuk memulai usaha kuliner, cari tahu terlebih dahulu kondisi yang ada di pasaran. Bagaimana segmentasi pasar, siapa saja kompetitornya, strategi apa yang mereka lakukan, dan sebagainya. Hal ini akan membantumu menyusun strategi bisnis yang tepat.

4. Cari lokasi usaha yang strategis

Jika kamu berencana membuka kedai atau restoran, langkah selanjutnya ialah mencari lokasi yang strategis. Lokasi sangat berperan penting bagi kelangsungan suatu usaha, termasuk usaha kuliner. Maka dari itu pentingnya memilih tempat yang strategis adalah salah satu faktor utama memulai bisnis makanan. Pastikan tempat tersebut mudah diakses konsumen juga ditemukan pada mesin pencari seperti Google.

5. Menggunakan strategi promosi yang tepat

Berdasarkan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, kamu jadi bisa menentukan strategi promosi yang tepat untuk diterapkan. Strategi promosi untuk bisnis kuliner bisa dilakukan dengan offline dan online. Secara offline, strategi yang paling efektif adalah promosi dari “mulut ke mulut”. Jika pelanggan merasa puas, mereka akan datang kembali dan tidak sungkan merekomendasikan usaha kulinermu ke orang lain.

Kalau kamu berencana membuat bisnis kuliner rumahan, kamu bisa melakukan promosi secara online. Gunakan strategi promosi lewat online marketing, atau social media marketing seperti di Instagram, Facebook, TikTok dan lainnya.

Baca Juga: 10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan Saat Memulai Bisnis

6. Miliki website

Website adalah salah satu hal penting untuk dimiliki setiap bisnis, termasuk juga usaha kuliner. Siapa bilang bisnis kuliner tidak perlu website? Banyak keuntungan yang bisa kamu raih dengan website untuk usaha kuliner, beberapa contohnya:

  • Lebih mudah ditemukan secara online 
  • Menarik pasar yang lebih luas
  • Menyajikan menu
  • Menginformasikan info kontak, alamat, jam operasional, reservasi
  • Menampilkan suasana tempat lewat foto
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  • Memperlihatkan testimoni pelanggan, dan masih banyak lagi.

Itu hanya beberapa dari sekian banyak kelebihan website untuk bisnis makanan. Kalau usahamu belum memiliki website, jangan ragu untuk segera membuatnya sekarang.

Pilih Dewaweb yang selalu jadi nomor satu untuk urusan website, hosting, dan server. Tak usah khawatir, mulai dari 20 ribu/bulan saja kamu bisa miliki website dengan domain sendiri. Membuatnya pun tidak sulit kok! Ditambah lagi ada customer support yang selalu siap 24 jam membantu kamu. Yuk buat website untuk bisnismu sekarang!

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website dari Nol sampai Jadi

strategi bisnis kuliner - buat website di dewaweb

7. Mendaftar ke Google My Business

Strategi membangun usaha makanan selanjutnya adalah mendaftarkan ke Google My Business. Google Bisnisku adalah tool yang disediakan Google untuk membantu bisnis supaya mendapat tampilan profil gratis di halaman hasil pencarian. Hal ini sangat memudahkan calon pelanggan untuk menemukan info bisnis kamu di hasil pencarian Google. Panduan lengkap mendaftar ke Google My Business bisa kamu pelajari di sini.

daftar google bisnisku

8. Perbanyak pilihan cara order

Strategi satu ini juga tidak boleh kamu lewatkan ketika memulai usaha makanan. Memperbanyak opsi cara memesan adalah salah satu langkah untuk meningkatkan keuntungan. Buatlah pelanggan lebih mudah memesan makanan dari kedai atau restoran kamu.

Selain dengan datang langsung ke tempat, pelanggan bisa memesan secara online. Kamu bisa manfaatkan layanan pengantaran makanan dengan ojek online untuk mempermudah pelanggan. Selain itu kamu juga bisa menambah pilihan cara memesan dari WhatsApp, website, atau sosial media.

Baca juga: 5 Cara Menentukan Harga Jual agar Produk Semakin Laris

9. Manfaatkan platform digital secara maksimal

Memaksimalkan platform digital atau online adalah cara mempermudah pengelolaan bisnis kuliner. Saat ini sudah banyak software yang bisa membantu pengelolaan bisnis, contohnya aplikasi kasir atau disebut Point of Sales (POS).

Bayangkan saja, jika pencatatan keuangan dilakukan secara manual, kamu akan kehabisan banyak waktu dan tentunya hal tersebut jadi kurang efektif. Dengan platfrom digital seperti ini, kamu bisa lebih cepat melayani konsumen, mencatat transaksi keuangan, mengecek stok barang, dan mempermudah pembukuan.

10. Melakukan inovasi

Hal ini yang menjadikan bisnis makananmu berbeda dengan yang lain. Untuk menghadapi persaingan, kamu tentu harus memikirkan cara agar bisnis kamu memenangkan hati pelanggan. Selain memaksimalkan kualitas, pelayanan dan promosi, cara lainnya adalah terus melakukan inovasi.

Misalnya saja kue cubit yang sempat menjadi tren di tengah masyarakat. Dengan berbagai inovasi varian rasa dan topping, kue cubit menjadi banyak dicari penggemar kuliner. Semakin banyak orang menggemarinya sehingga para usaha kuliner beramai-ramai menambahkan kue cubit ke dalam menu mereka.

Baca Juga: 10 Bisnis untuk Mahasiswa, Tertarik Mencoba?

5 Ide Usaha Kuliner Rumahan yang Menjanjikan

Dari sekian banyak jenis kuliner baik masakan Nusantara atau luar, semua memiliki pangsa pasar tersendiri. Kalau kamu masih bingung memulai usaha makanan yang mana, simak beberapa ide usaha kuliner kekinian berikut ini yang tak kalah ramai penggemarnya.

1. Frozen food

Makanan beku bisa dijadikan sebagai lauk atau snack yang praktis dan bisa disimpan lebih lama. Selain itu, target konsumennya pun sangat luas dan beragam. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak menggemarinya. Pilihannya sangat banyak, mulai dari sosis, nugget, bakso, dimsum, donat, bakpao, dan lain sebagainya.

2. Kopi atau minuman botolan

kopi botolan
Gambar: Zomato.com/suasanakopi

Bisnis minuman botolan adalah salah satu yang sedang tren. Minuman seperti kopi, susu, jus, dan sebagainya banyak digemari masyarakat untuk dinikmati sambil menyantap camilan. Jika tertarik dengan bisnis minuman botolan, selain dari segi rasa dan kualitasnya, yang harus kamu perhatikan adalah pengemasannya.

Hadirkan dengan kemasan yang aman, sekaligus menarik. Jangan lupa pastikan keunikan rasa dan kualitas minuman ya!

3. Rice box

ide bisnis - rice box
Gambar: Freepik

Ide usaha makanan satu ini juga tak kalah ramai penggemarnya. Selain , nasi dengan lauk yang dikemas ke dalam satu wadah ini mudah dikreasikan. Beragam menu yang variatif membuat rice box semakin digemari banyak orang. Terlebih lagi, masakan rice box tidak repot untuk disantap dan mudah dibawa ke mana saja.

Baca Juga: Tips Memilih Nama Toko Online dan Contoh Nama Olshop yang Bagus

4. Makanan sehat

Menu masakan sehat semakin digemari banyak orang. Saat ini banyak orang berlomba-lomba menerapkan gaya hidup sehat dengan olahraga, ataupun menjaga pola makan. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membangun usaha makanan yang menjanjikan.

5. Kue dan snack

Selanjutnya, ada ide usaha kue dan snack yang memiliki pangsa pasar cukup luas. Dengan berbagai kemudahan saat ini, banyak orang memilih untuk mengirim cake atau kue sebagai hadiah atau hampers ke kerabat. Kalau kamu ahli membuat kue, ide usaha kuliner ini wajib dipertimbangkan. Banyak jenis kue dan snack yang bisa dikreasikan, mulai dari variannya, toppingnya, hingga pengemasannya yang unik.

Tertarik Membuka Bisnis Kuliner?

Itu dia cara memulai bisnis kuliner supaya kamu bisa mempersiapkan strategi yang matang ke depannya. Ditambah lagi, info beberapa ide bisnis kuliner yang kekinian hingga rumahan di atas bisa kamu jadikan inspirasi. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu yang memulai usaha kuliner. Kamu bisa baca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Salam sukses online!