Strategi Pemasaran Jitu untuk Dapat Uang dari Blog

Strategi Pemasaran Jitu untuk Dapat Uang dari Blog

Saat ini, ada jutaan blog yang di internet. Tak seperti awal tahun 2000-an, di mana mendapatkan uang dari blog adalah hal yang cukup mudah, persaingan dunia blogging saat ini sudah sangat ketat.

Topik yang ingin kamu tulis pasti sudah pernah dibahas oleh blog lain. Dengan kata lain, kamu sedang berkompetisi dengan blogger lain untuk mendapatkan uang dari blog milikmu.

Blog yang kamu buat tidak bisa menghasilkan apa-apa dengan sendirinya, juga tidak bisa menghasilkan uang jika tanpa adanya pembaca. Maka, selain konten, pekerjaan paling penting lainnya adalah marketing.

Ada banyak cara agar blog kamu kerap dikunjungi pembaca. Ini tergantung kepada demografi pembaca, target pasar konten yang sedang kamu promosikan, dan sumber daya yang kamu miliki.

Berikut Video Tutorial Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog:

Baca juga: Cara Migrasi dari Blogger ke WordPress

Kenali Dasar dan Konsep Pemasaran

Sebetulnya, marketing bukanlah sesuatu yang sulit, tapi agar berhasil tetap dibutuhkan pemahaman dan strategi. Di postingan kali ini, kita akan membahas konsep dasar marketing sehingga kamu bisa menerapkan strategi marketing yang paling pas untuk mendapatkan uang dari blog kamu.

Sebagai tambahan, konsep marketing yang kita bahas ini bisa juga dipergunakan untuk mempromosikan diri kamu sebagai penulis lepas, atau keahlian kamu yang lain.

Konsep Dasar Pemasaran

Ada beberapa langkah mendasar dalam pemasaran atau marketing yang sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu sebelum mulai memasarkan blogmu. Mari kita kenali beberapa konsep dasar pemasaran:

Tetapkan Target Pasar

Ada banyak pembaca yang tertarik dengan berbagai informasi yang kamu tuliskan di blog. Tetapkan demografi pembaca berdasarkan usia, jenis kelamin, dan parameter lainnya. Untuk mendapatkan informasi tentang siapa, domisili, dan bagaimana para pembaca sampai ke blog kamu, gunakan fitur statistik yang ada di blog (Stats).

kamu juga bisa menggunakan fasilitas dari pihak ketiga, Google Analytics misalnya. Google Analytics menawarkan data demografi yang lebih lengkap, jadi sangat direkomendasikan agar blog kamu dilengkapi dengan Google Analytics.

Cari Tahu di Mana Target Pasar kamu Berada

Promosi yang kamu lakukan akan sia-sia jika tidak disebarkan di tempat yang tepat. Jadi, cari tahu di mana target pasar kamu berada, blog atau situs web, dan media sosial yang mereka gunakan.

Jangan hanya terpatok pada promosi online, cari tahu juga tentang majalah yang mereka baca, toko tempat mereka biasa berbelanja, atau acara-acara seperti apa yang mereka hadiri.

Membuat Topik yang Tepat

Sekarang kamu sudah tahu siapa dan di mana target pasar kamu, waktunya untuk menarik perhatian mereka. Cari tahu topik yang lebih spesifik, isu yang sedang mereka bicarakan, lalu kaitkan dengan topik yang sering kamu bahas di blog.

Misalnya, blog ini sering membahas tentang SEO dan cara meningkatkan trafik, dan kami tahu bahwa para blogger kerap kali kebingungan tentang SEO karena dianggap terlalu rumit. Maka, untuk menarik perhatian pembaca, kami membuat postingan seperti, “Bagaimana Meningkatkan Ranking Website di Google”.

Mengoptimalkan judul untuk menarik perhatian orang adalah langkah pertama untuk mendapatkan uang dari blog milikmu.

Sebarkan

Setelah kamu punya topik dan postingan yang bisa menarik para pembaca, sebarkanlah ke berbagai media sosial yang paling banyak digunakan oleh mereka, sebarkan di newsletter, dan lain-lain.

Keunggulan dan Manfaat Pemasaran

Ada beberapa hal yang kerap sulit dilakukan oleh para pemula di bidang marketing. Pertama, mencari tahu target pasar. Kedua, menemukan pesan atau topik yang tepat untuk menarik para pembaca.

Kebanyakan para pemula lebih sering fokus kepada hal-hal hebat tentang blog mereka ketika seharusnya mereka fokus kepada bagaimana blog mereka memberikan manfaat kepada pembaca (benefit).

Misalnya, para pembaca ingin informasi tentang situs web penyedia layanan hosting murah atau bagaimana cara menggunakan dashboard cPanel, tapi kami malah memberikan pesan seperti “Kami adalah penyedia layanan hosting murah”.

Pesan seperti ini sudah jelas akan diabaikan karena tidak cukup menarik dan eye catching. Sebagai contoh, “Dengan menggunakan layanan kami, maka kamu akan mendapatkan A, B, C, dan D,” adalah pesan yang bisa lebih menarik perhatian.

Kesimpulannya, marketing bukanlah tentang diri kamu, marketing adalah tentang bagaimana postingan kamu bisa bermanfaat bagi orang lain. Ketika kamu fokus kepada bagaimana memecahkan masalah orang lain, maka pembaca akan datang dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Membuat Blog dan Mengapa Kamu Memerlukannya

Tujuan Pemasaran

Masalah lain yang sering dihadapi oleh para pemula adalah tentang menetapkan tujuan. Ketika artikel tentang marketing mengatakan bahwa kamu harus membangun email list atau mengoptimalkan Twitter sementara kamu tidak paham tentang tujuannya, itu hanya akan membuang-buang waktu.

Meningkatkan trafik dan menghasilkan uang dari blog barangkali bukan tujuan utama kamu. Barangkali bagi kamu itu semua adalah kompensasi akhir, tapi jika kamu hanya nge-Twit dan mengatakan “Kunjungi blog saya”, sampai kapanpun kamu tidak akan pernah berhasil. Sebagai gantinya, tetapkan tujuan lain yang bisa meningkatkan jumlah pembaca blog kamu, misalnya:

  • Meningkatkan jumlah subcsriber di email list.
  • Meningkatkan jumlah follower media sosial.
  • Membangun pengaruh (kredibilitas dan keahlian) terhadap target pasar atau pembaca kamu.
  • Membangun hubungan baik dengan pembaca kamu.

Tentu saja, barangkali kamu punya tujuan lain, tergantung kepada blog dan metode marketing yang kamu gunakan. Poin utamanya, setiap taktik marketing yang kamu lakukan haruslah berdasarkan tujuan.

Misalnya, twit tentang ajakan untuk bergabung dengan email list bertujuan untuk menambah jumlah subscriber. Berbagi postingan terbaru di media sosial bertujuan untuk menambah jumlah pembaca, pengaruh, serta hubungan baik dengan pembaca.

Baca juga: 6 Perbedaan Blog dan Website yang Wajib Kamu Ketahui

Strategi Pemasaran

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan uang dari blog milikmu.

The Blog Marketing Wheel

Ada banyak sekali buku yang membahas tentang marketing, tapi hanya beberapa yang menawarkan cara untuk mengembangkan strategi marketing yang mereka katakan. Marketing bisa menjadi sangat sulit tanpa perencanaan dan sistem.

Di postingan ini, kita akan membahas beberapa metode tentang bagaimana cara mempromosikan blog kamu. Tapi sebelum kita sampai ke sana, kami ingin membekali kamu dengan beberapa alat yang bisa membantu kamu menetapkan konsep marketing agar tidak terdengar begitu menakutkan.

MARKETING-WHEEL-2

Marketing wheel membantu kamu secara visual tentang bagaimana cara menetapkan strategi marketing untuk blog yang kamu miliki. Lingkaran paling tengah adalah blog kamu dan kelima lingkaran yang mengelilinginya merepresentasikan marketing area.

  • Hub: ini adalah blog kamu, pusat dari marketing wheel.
  • Social/community: Sosial media yang berguna untuk menjangkau para pemabca kamu.
  • Outreach: Aktivitas lain yang kamu lakukan di luar blog seperti guest blogging, podcast, atau partisipasi kamu di grup dan forum.
  • Media/PR: Media yang dipergunakan untuk publikasi, termasuk media kit.
  • Events: event atau acara semacam workshop atau seminar.
  • Produk/servis: Mula-mula, produk kamu hanyalah blog, tapi ketika blog kamu semakin berkembang, kamu bisa menawarkan produk lain seperti ebooks atau menawarkan jasa seperti jasa penulisan yang terkait dengan topik blog kamu.

Sampai di sini, kamu sudah siap untuk mempelajari strategi marketing yang lebih spesifik. kamu tidak harus menggunakan semua strategi, pilihlah yang sekiranya cocok dengan target pasar kamu. Jika target pasar kamu tidak di Twitter, misalnya, maka kamu tak harus menggunakan Twitter.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dengan Menjadi Food Blogger

Email Marketing

Kami belum pernah bertemu dengan pengusaha online yang tidak memiliki email list atau daftar alamat email. Kebanyakan blogger pemula mengabaikan ini karena waktu dan biaya yang harus dikeluarkan.

Tapi, ketika kamu memperhitungkan keuntungan yang bisa didapat dari email list, ini strategi yang tidak ingin kamu lewatkan begitu saja. Bahkan, ini sangat penting, kami mengkategorikannya sebagai bagian dari pusat bisnis blogging. Kenapa? Karena email memiliki kekuatan untuk:

  • Membangun kepercayaan. Semakin orang percaya kepada kamu, mereka akan semakin sering berkunjung ke blog kamu. Hal ini serta merta akan meningkatkan penghasilan blog kamu.
  • Menjaga hubungan dengan target pasar. Kebanyakan pembaca tidak menggunakan RSS feeds agar tetap terhubung dengan blog kamu (kebanyakan bahkan tidak begitu paham tentang RSS feeds). Email berguna untuk mengingatkan mereka, target pasar kamu, tentang keberadaan blog kamu dan mengingatkan mereka untuk berkunjung.
  • Mendongkrak penjualan. Berapa banyak email di kotak masuk kamu yang menginformasikan segala sesuatu yang HARUS kamu beli? Sementara itu, kamu tidak ingin terus-menerus mencekoki subscriber kamu dengan berbagai macam iklan, bukan? Maka sesekali, berilah mereka penawaran yang menarik. Jika mereka mempercayai kamu, mereka akan membelinya dengan senang hati.

Baca juga: Pentingnya Blog untuk Bisnis Online

Membangun Email List

Membuat email list tidaklah terlalu sulit, tapi tetap memerlukan waktu dan perencanaan. Ketika kamu mengunjungi blog lain atau sebuah situs web, kamu akan melihat sebuah kotak yang mengajak kamu untuk mendaftar (sign up) di email list mereka, biasanya menawarkan hadiah untuk itu.

Gambar 2. Contoh sign up email list

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat email list:

  1. Cari atau buat semacam hadiah (freebie) untuk diberikan sebagai timbal balik.
  2. Mendaftar ke penyedia layanan email list.
  3. Masukkan kode sign-up ke blog kamu.
  4. Promosikan freebie dan blog kamu.
  5. Ketika orang mendaftar ke email list, kamu akan menerima notifikasi secara otomatis.
  6. Kirimkan email penawaran kepada daftar yang ada di email list.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Travel Blog

Menawarkan Konten dan Layanan Gratis

Beberapa afiliasi menyediakan semacam laporan yang bisa dipergunakan sebagai freebie. Tapi, tidak semua. Jika tidak, jangan dulu panik, kamu bisa membuatnya sendiri dan itu tidak terlalu sulit.

mendapatkan uang dari blog - offer

Langkah paling mudah untuk membuat freebie adalah dengan membuat laporan sepanjang 4 sampai 20 halaman. Jika kamu memiliki pengetahuan tentang topik yang menarik, kamu bisa membuat laporannya sendiri. Untuk membuatnya, yang kamu perlukan hanyalah Microsoft Word atau Open Office dan mengkonversinya ke PDF agar para pembaca bisa mengunduhnya.

Jika kamu belum memiliki produk sendiri atau tidak memiliki banyak waktu untuk membuatnya, pilihan lain adalah dengan membelinya dari Private Label Rights (PLR). Jika kamu melakukan pencarian (contoh: cokelat PLR), kamu akan menemukan beberapa ebook, laporan, email course, dan tutorial video dalam beberapa topik yang dipilih.

Beli produk yang kamu inginkan, edit agar sesuai dengan blog kamu, lalu tawarkan itu sebagai freebie (atau menjualnya). Pastikan kamu tidak mengkopas seluruhnya, melainkan menuliskannya kembali agar kontennya unik, berkualitas, dan memiliki ciri khas. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Melalui Fashion Blog

Buat Penawaran Gratis Online

konten gratis online

Penawaran gratis akan membujuk pembaca untuk mendaftar di blog kamu. Ketika melakukannya, daftar akan secara otomatis mengirimkan penawaran yang kamu berikan. Untuk mendapatkan penawaran gratis yang bisa diberikan kepada para subscribers, pertama-tama kamu harus mempostingnya secara online. Begini caranya:

  1. Masuk ke web hosting dan log ini.
  2. Dari cPanel, klik File Manager.
  3. Domain kamu biasanya sudah terdaftar. Klik “Go”, dan akan terbuka di tab baru.
  4. Klik ikon File public_html. kamu akan melihat beberapa file di sana. Jangan mengubah apa-apa, biarkan saja tetap begitu.
  5. kamu bisa menempatkan penawaran kamu di folder itu, pastikan folder berada di public_html folder.
  6. Dari folder tempat freebie berada, klik ikon “upload” di atas halaman.
  7. Klik “Browse” untuk mencari file freebie ➔ “Open”.
  8. Jika sudah selesai, klik “Back to/home” dan kamu akan berada di file public_html lagi.
  9. That’s it, penawaran gratis kamu sekarang sudah online. Untuk memastikan apakah ini berhasil, buka browser kamu dan ketikkan nama domain kamu dengan nama file (contoh: yourdomain.com/yourbookname.pdf). Jika file yang diunggah sudah benar, ini akan tampil di browser. Simpan tautannya agar kamu bisa dengan mudah mengirimkan kembali kepada subscriber baru.

Simpulan

Ada banyak langkah yang perlu ditempuh untuk mendapatkan uang dari blog yang kamu tulis. Tetapi jika kamu mencurahkan sedikit usaha dan niat, maka mendapatkan uang dari blog adalah hal yang cukup mudah.

Selain itu, kamu juga dapat menjadikan blogmu sumber pendapatan pasif yang cukup menjanjikan. Jangan lupa untuk menggunakan layanan hosting website dari Dewaweb untuk membuat blog yang cepat, aman, dan dapat diandalkan. Salam sukses online!