Cara Membuat Strategi Promo Marketing yang Efektif untuk Bisnis

Cara Membuat Strategi Promo Marketing yang Efektif untuk Bisnis

Kuatnya arus tren digital ini tak terhindarkan di segala aspek kehidupan sehari-hari. Pengguna tentunya mendapatkan berbagai kemudahan dan kenyamanan lebih dengan adanya era serba digital ini. Bagi para pebisnis, tren ini tentu sangat menguntungkan. Untuk itu, kamu perlu memanfaatkannya dengan cara membuat promo marketing yang efektif untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

Supaya kamu tak makin penasaran, simak tips cara membuat promo marketing yang efektif bagi bisnis dan berbagai informasi bermanfaat lainnya berikut ini!

Baca Juga: Pengertian Internet Marketing dan Strategi Suksesnya

Promo Marketing dalam Pemasaran

Aktivitas berbelanja online di e-commerce merupakan hal yang banyak digemari konsumen belakangan ini. Untuk itu, strategi promo marketing digital adalah hal yang penting dan harus dimanfaatkan para pebisnis untuk memperoleh profit yang lebih besar.

Kepala Subdit Tata Kelola e-Business Direktorat e-Business Kominfo pada 12 Oktober lalu menyatakan Indonesia akan jadi negara dengan e-commerce terbesar dibanding negara-negara ASEAN lainnya. Semakin besar peluang bisnis yang ada itu tentunya membuat persaingan semakin ketat pula dan akan terus bertambah ketat seiring dengan bertambahnya jumlah perusahaan/produsen yang bergerak di bidang e-commerce.

Dalam hal pemasaran, promosi dibutuhkan untuk mendatangkan penjualan yang besar. Pasalnya, ketika menjual barang atau jasa kepada calon pelanggan, kita tak hanya dituntut memiliki produk baik barang atau jasa yang menjanjikan. Tetapi kamu juga harus mengetahui bagaimana strategi promosi dalam bentuk promo marketing yang harus dilakukan agar barang atau jasa yang dijual laku.

Promo marketing adalah strategi yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bagi penjual yang baru saja akan menggunakan strategi promosi dan pemasaran, mungkin masih bingung bentuk promo marketing seperti apa yang akan diterapkan.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan dijelaskan secara rinci mengenai cara membuat promo marketing yang efektif untuk bisnis. Tenang, kami akan memberikan sebuah panduan berguna untukmu yang bisa dijadikan sebagai strategipromo marketing yang jitu di segala musim. Jadi, strategi ini tidak hanya bisa diterapkan pada hari raya semacam lebaran, natalan, tahun baru dan sebagainya.

Cara Membuat Promo Marketing Terbaik untuk Bisnis

1. Kenali karakter pasar e-commerce di Indonesia

Cara membuat promo marketing sebagai langkah awal yang perlu dilakukan sebelum benar-benar mengeksekusi rencana bisnis, yaitu riset pasar. Tidak ada suatu tren pasar yang pasti di Indonesia, kamu perlu mengamati tren yang sedang berlangsung di sekitarmu.

Tak ada teori khusus yang mampu menjelaskan aspek behavioural, namun orang Indonesia memang diyakini sebagai imitator yang baik soal tren khususnya soal fashion trend. Mulai dari produk tas hingga tren merias diri yang sedang populer di luar negeri bisa dengan sangat cepat menjamur di Indonesia

Jadi, apa yang bisa dipelajari dari karakteristik pasar Indonesia tersebut? Kembali lagi ke poin awal, tren pasar di Indonesia biasa terjadi mengikuti tren pasar yang ada di luar negeri dan tren itu biasanya tak berlangsung lama.

Ini menjadi suatu tantangan khusus juga bagi para pebisnis online yang ada di Indonesia. Jika kamu menjual suatu jenis produk tertentu saja, bagaimana cara agar bisa beradaptasi dengan kondisi atau kebutuhan pasar yang ada?

Semua orang ingin layanan yang mudah, produk yang murah, dan pengiriman barang atau penyelesaian masalah (solusi) yang cepat. Melihat fakta ini, apa yang ada di benakmu sebagai pebisnis? Apa yang bisa diberikan bagi pasar yang seperti ini?

Akhir-akhir ini, misalnya, telah banyak ditemui jasa cuci sepatu premium yang bisa dijemput dan diantar. Si penggagas bisnis ini termasuk cerdik melihat karakter pasar di Indonesia yang ada. Mungkin saja ia sering mengamati orang-orang Indonesia yang jarang mencuci sepatu karena malas mencuci sendiri dan bila memncucikan sepatunya di jasa laundry biasa takut sepatunya rusak.

Memang ada masa-masa tertentu seperti sebelum lebaran dan natalan di mana pencarian user akan produk semacam baju dan sepatu jadi meningkat. Cobalah untuk memanfaatkan momen ini. Selain itu, ada fakta-fakta menarik lainnya seperti produk dan tips diet yang selalu tinggi pencariannya sehabis holiday season, coba juga tangkap momen ini jika tergolong perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan.

2. Buat ide inovatif

Cara selanjutnya untuk membuat promo marketing yang efektif yakni cari ide yang inovatif. Dibandingkan mengorbankan idealisme perusahaan yang telah menentukan branding atau karakternya sendiri dengan jelas, lebih baik mengombinasikan visi yang sudah ada tersebut sekaligus menangkap momen yang ada  Pernahkah terpikir untuk membuat tren baru yang lebih inovatif dibanding tren yang sudah ada?

Ide yang kamu buat tetap didasarkan pada tren yang sudah ada namun memberi nilai lebih pada produk yang ditawarkan.

Contohnya seperti jasa laundry tadi. Dengan menangkap momen ini, si penggagas mengembangkan ide bisnisnya untuk membuat sebuah jasa laundry sepatu yang premium. Namun, tak sampai di situ, ia memberikan kemudahan bagi para pelanggannya, sepatu yang ingin dicuci akan dijemput lalu setelah dibersihkan akan diantar kembali ke tempat kediaman customer.

3. Melakukan optimasi situs e-commerce untuk mobile device

Melakukan promo marketing secara digital tentu akan berkaitan dengan e-commerce. Mengoptomasi e-commerce untuk mobile device adalah salah satu cara membuat strategi promo marketing berjalan lebih lancar. Pasar E-commerce di Indonesia kebanyakan berasal dari penggunaan mobile device semacam smartphone. Seperti contoh sehari-hari yang kami sebutkan sebelumnya di bagian pengantar, semua aplikasi belanja atau transaksi diakses kebanyakan melalui telepon genggam user.

Bayangkan diri kamu berada pada posisi user atau calon pelanggan yang sedang mengunjungi suatu website atau product page yang tampilannya tidak pas dengan ukuran layar. Selain itu, mungkin saja kecepatan loading-nya luar biasa lambat hingga kamu tak sabar untuk segera keluar dari halaman tersebut dan mengakses halaman lainnya.

Inilah mengapa kamu perlu mengoptimasi website bisnis agar kompatibel dengan perangkat mobile yang biasa digunakan oleh internet user umumnya di Indonesia. Biasanya, pada website theme yang profesional, kamu akan diberitahu apakah tema tersebut sudah compatible atau belum dengan perangkat mobile semacam smartphone.

Kamu juga bisa menguji apakah website sudah mobile-friendly atau belum, yaitu dengan menggunakan online tools  semacam Mobile-Friendly Test dari Google Console seperti di gambar berikut. Kamu tinggal mengunjungi alamat situsnya dan memasukkan alamat website sendiri pada kolom yang tersedia.

Mobile-Friendly-Test-by-Google-cara membuat promo marketing

Kemudian, hasilnya akan sangat mudah dimengerti karena hanya ada dua pilihan jawaban, apakah website tergolong mobile-friendly atau tidak. Jadi, tool ini sangat mudah digunakan walaupun membutuhkan waktu cukup lama (sekitar 30 detik) untuk melakukan pengujian dan mengeluarkan hasilnya.

Mobile-Friendly-Test-by-Google-Result

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Website dengan Mudah & Akurat

Bagi kamu yang ingin memiliki aplikasi perusahaan sendiri seperti yang telah dimiliki beberapa online shop terkenal lainnya, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk menyewa app developer profesional yang benar-benar mengerti soal teknis aplikasi pada mobile device sehingga user experience berjalan mulus dan tidak membuat potential buyer enggan berbelanja lewat aplikasimu.

Sebuah HTML5 site yang mobile-friendly dapat secara otomatis menyesuaikan diri ke tampilan yang fungsional pada perangkat mobile apapun. Tetapi, bagaimanapun juga memang berinvestasi pada app developer yang profesional akan memberi suatu user experience yang unik dan substansial bagi customer.

Ada citra khusus dan kredibilitas perusahaan yang dinilai dari hal ini. Seandainya budget tidak mencukupi atau tidak sesuai, sebuah website yang mobile-friendly saja sudah cukup baik. Contohnya pada situs e-commerce Amazon. Toko online terkenal yang berasal dari Amerika satu ini punya beberapa karakteristik bagus yang meningkatkan kepuasan user experience-nya.

5 Amzon-Mobile-Apps

Berikut adalah poin-poin plus dari mobile app milik Amazon yang kami temukan:

  • Navigasi pada aplikasi ini dapat dilakukan dengan mudah
  • Tampilan desainnya bersih
  • Seluruh konten (gambar, teks pada deskripsi produk) terlihat jelas
  • Integrasi akun sebagai user sangat baik (perbandingan harga, barcode scanning, dll)
  • App sangat responsif

Baca Juga: 7 Strategi Content Marketing untuk Bisnis Anda

4. Membuat promo marketing di saluran media yang tepat

Melakukan kampanye soal produk atau jasa yang tawarkan adalah suatu strategi yang tak kalah pentingnya. Tujuan dari promosi yang dilakukan ini pada dasarnya adalah untuk meningkatkan brand awareness dan mengarahkan pontential buyer ke product page agar membeli produk atau menyewa jasamu.

Ada banyak digital marketing channel yang berguna untuk dijadikan saluran media promosi, berikut kami berikan beberapa di antaranya:

  • Email Marketing

Pada website, kamu dapat menawarkan pelanggan untuk berlangganan atau subscribe email sehingga kamu dapat mengirimkan email-email berupa promo marketing discount atau penawaran lainnya. Di dalam badan email-nya sendiri, kamu juga dapat membuat suatu CTA yang jelas semacam link menuju product page yang dapat diklik oleh subscribers.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal email marketing, baca artikel panduan email marketing yang kami buat sebelumnya.

  • Google AdSense

Jasa pemasangan iklan dari Google satu ini benar-benar dapat mempermudah pekerjaan kampanye yang ingin perusahaan lakukan. Google AdSense menyediakan iklan yang bisa dimunculkan di halaman hasil pencarian (SERP) dan iklan arahan (referral) yang bisa dipasang di suatu situs tertentu. Tersedia juga AdSense untuk video yang dapat ditampilkan di tayangan YouTube.

Bagaimana cara kerjanya? Sederhananya, ketika seorang user mencari keyword tertentu pada mesin penelusur yang terkait dengan bisnis atau produk Anda, iklan ini akan dimunculkan. Perhatikan juga waktu pengiriman kampanye Anda, misal Anda ingin mempromosikan hidangan restoran Anda maka waktu iklan ditayangkan seharusnya sekitar jam makan di siang atau malam hari.

Baca Juga: Cara Daftar Google AdSense Lengkap agar Permintaan Akun Diterima

  • Social Media Marketing

Ada banyak sekali jenis social media yang bisa manfaatkan untuk jadi saluran kampanye produk maupun jasa. Twitter, Facebook, Pinterest, Linkedin dan Google+. Kamu dapat menggunakan semua saluran social media marketing yang ada dengan gratis. Untuk versi berbayar, seperti pada Facebook, iklan bisa muncul di timeline publik yang menjadi target pasar. Dibutuhkan konsistensi di mana kamu mengirimkan pesan kampanye atau iklan secara rutin dan juga dengan tepat sasaran.

  • Content Marketing

Content marketing yang dimaksud adalah membuat suatu kesatuan teks atau artikel yang menarik untuk dibaca oleh publik. Artikel ini dapat juga memuat berbagai jenis media pendukung semacam gambar, infografik atau video yang menarik.

Bedanya dengan konten biasa adalah, konten satu ini harus “menjual” dalam artian mengandung soft promotion atau unsur promosi secara tersirat. Misalnya, Anda membuat sebuah artikel soal cara berpakaian terkini, Anda bisa juga menyebut salah satu produk Anda di dalamnya sebagai referensi gayanya.

Kamu memang tak harus selalu membuat konten sendiri pada blog di website, kamu bisa saja bekerjasama dengan para penulis lain (blogger maupun jurnalis) yang bisa memuat tulisan mereka sendiri soal produk atau brand Anda.

Baca Juga: Bisnis Online – Alasan Kenapa Anda Perlu Memulainya Sekarang

5. Memilih channel yang tepat untuk promo marketing

Lalu, bagaimana cara memilih channel yang efektif untuk dijadikan saluran kampanye promo marketing? Berikut adalah tips-tips singkat dari kami:

  • Sesuaikan dengan budget

Saat ini sudah banyak layanan yang membiarkanmu memasang kampanye atau iklan dengan harga sangat terjangkau. Atau, jika kamu memiliki uang lebih atau ingin berinvestasi lebih, bisa juga melakukan kerjasama dengan influencer social media yang sudah memiliki massa. Contoh: endorse produk makeup pada model yang juga merupakan selebgram terkenal seperti pada gambar berikut, di mana model memeragakan pemakaian produk atau memakai produk secara natural.

contoh promo marketing Instagram-Ad-Campaign-Gigi-Hadid

  • Sesuaikan jenis konten dengan karakter channel

Misalnya produk yang kamu tawarkan bagus secara visual dan perlu dipromosikan secara visual, cobalah saluran media semacam Instagram yang memang para penggunanya menyukai hal-hal yang bersifat estetik secara visual.

Tieks-Sponsored-Instagram-Ads-284x180

  • Sesuaikan dengan perilaku target pasar

Jika Anda menyasar kalangan anak muda mungkin saluran-saluran media visual semacam Instagram dan aplikasi chatting semacam LINE menjadi saluran promosi yang efektif. Namun, seandainya Anda menjual perangkat elektronik bagi para teknisi, gunakan forum-forum khusus di mana target pasar Anda biasa mencari tahu soal keperluan mereka tersebut.

Atau, bagi Anda yang ingin mempromosikan gadget canggih misalnya, pakai YouTube sebagai saluran kampanye Anda dengan meminta seorang YouTuber terkait melakukan review terhadap produk Anda tersebut. Hal ini dikarenakan adanya aspek behavioural pembeli gadget kini yang biasa melihat ulasan di YouTube terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan mereka ketika ingin membeli produk.

contoh promo marketing YouTube-Unbox-Theraphy-Phone-Review

Baca Juga: Menerapkan Sales Funnel Agar Bisnis Online Sukses

Sudah Tahu Promo Marketing yang Tepat untuk Bisnis?

Dengan membaca artikel ini, kamu telah mendapatkan informasi tentang promo marketing yang efektif untuk kamu pertimbangkan sehingga bisa dijadikan strategi marketing. Kamu bisa mengikuti tips cara membuat promo marketing yang tepat seperti informasi di atas. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk mensukseskan bisnis di era digital ini, namun pada dasarnya yang terpenting adalah bagaimana kamu beradaptasi dengan cepat sesuai tren pasar yang terus bergerak.

Analisa yang bersifat data-driven sangat penting bagi kesuksesan bisnis, jangan sampai menyepelekan data dan fakta yang ada di sekitar. Tangkaplah momen-momen yang ada dan manfaatkan peluang itu untuk menawarkan baik produk maupun jasa yang kemungkinan dibeli atau disewa target pasar. Selamat mencoba, semoga sukses!

Artikel ini dikembangkan berdasarkan Presentasi Dewatalks oleh Henky Prihatna dari Google Indonesia. Ingin ikut event Dewatalks? Silahkan follow social media Dewaweb untuk info-info terbaru dari kita!