15+ Contoh Strategi Promosi Produk untuk Kembangkan Bisnis

15+ Contoh Strategi Promosi Produk untuk Kembangkan Bisnis

Menerapkan strategi promosi adalah hal yang penting terlepas apapun jenis usaha yang ingin kamu jalankan. Sebab, salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis adalah menjalankan teknik promosi yang efektif menarik banyak pelanggan. Ada banyak sekali cara promosi produk dan jasa yang telah terbukti efektif dan memiliki ROI yang tinggi.

Di era digital saat ini, pemilik bisnis harus pintar memanfaatkan berbagai cara agar menarik minat pembeli. Cara promosi produk dan jasa di era digital tentu berbeda dengan dahulu. Saat ini media promosi lebih variatif. Semakin kreatif cara melakukan promosi, maka semakin mudah juga produk dikenali konsumen.

Kali ini, Dewaweb akan membahas beberapa contoh teknik promosi jitu di era digital saat ini yang bisa kamu praktikkan untuk meningkatkan penjualan. Langsung simak sampai tuntas, ya!

1. Kenali Target Pasar

Pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mulai memasarkan produk adalah mengenali target pasar dengan cara riset pasar. Kamu perlu memahami seberapa besar minat konsumen terhadap produk yang kamu tawarkan. Hal ini penting agar produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan keinginan target pasar.

Kamu bisa memulai dengan mencari tahu produk yang paling diminati oleh target pasar. Dapat dilihat dari kebiasaan dalam melakukan transaksi, produk yang sering digunakan, dan kebutuhan target pasar. Dengan begitu, kamu dapat bersaing untuk mendapatkan pasar yang lebih besar. Setelah mengenali target pasar, kamu bisa melakukan segmentasi pasar atau market segmentation agar lebih mendalam.

Baca Juga: Pengertian Market Segmentation, Jenis & Manfaatnya bagi Bisnis

2. Buat Peta Konsep Pemasaran

Langkah selanjutnya, kamu perlu membuat peta konsep untuk melakukan pemasaran. Peta konsep umumnya berisi garis besar pemasaran apa saja yang akan dilakukan. Dengan begitu, kamu bisa memiliki rencana yang lebih terstruktur sebelum menjalankan sebuah bisnis.

Dalam rancangan peta konsep, kamu dapat membuat beberapa langkah pemasaran. Dengan begitu, kamu telah membuat langkah alternatif apabila terjadi kegagalan saat melakukan langkah yang pertama. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan konsep seperti evaluasi produk, rancangan produk, dan sebagainya.

3. Lakukan Pemasaran Digital

Salah satu hal penting dalam melancarkan strategi promosi bisnis di era digital seperti sekarang adalah pemasaran digital atau digital marketing, misalnya dengan cara membuat website untuk bisnis. Website bisnis ini bisa digunakan untuk industri apa saja mulai dari bisnis fashion, kuliner, digital, jasa, bahkan properti sekalipun.Strategi promosi - Buat website brand

Pemasaran melalui website atau disebut website marketing ini merupakan salah satu contoh digital marketing yang paling menjanjikan dan menguntungkan. Kamu bisa meningkatkan kredibilitas bisnis, membangun brand awareness, menjangkau pasar yang lebih luas, dan masih banyak lagi. Jadi, nantinya usahamu yang semula offline akan dipasarkan secara online sehingga cakupannya akan lebih luas.

Baca Juga: 9+ Contoh Digital Marketing yang Bisa Sukseskan Bisnismu

4. Memberi Diskon

Siapa yang tidak suka diskon? Semua orang pasti suka dengan potongan harga yang memberi banyak keuntungan.

Memberikan potongan harga adalah strategi promosi produk yang sangat efektif sejak awal mula perdagangan. Jangan ragu untuk memberi diskon kepada pelangganmu. Diskon dalam periode waktu tertentu dapat memicu konsumen untuk melakukan pembelian dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.

Dalam memberi diskon, sebaiknya pahami dulu persentase diskon yang akan diberikan. Misalnya, kamu bisa coba berikan diskon kecil 5 – 10% terlebih dahulu. Jika ingin mengosongkan stok lama, diskon besar-besaran lebih memikat pelanggan untuk belanja.

5. Penawaran Cashback

Selain diskon, kamu juga bisa memberi penawaran cashback kepada pelanggan. Saat ini, cashback sudah sering dijumpai di berbagai platform penjualan. Cashback biasanya berlaku dengan memenuhi beberapa syarat, misalnya pembelian mencapai nominal tertentu.

Strategi promosi - cashback

Pelanggan akan merasa diuntungkan dengan cashback. Bagaimana tidak, mereka mendapat pengembalian sejumlah uang ketika melakukan pembelian di tokomu. Ini merupakan metode lain untuk memberikan diskon kepada pelanggan, selain dengan potongan harga.

Baca juga: Mengenal Copywriting dan Tips Penulisan Iklan yang Menarik

6. Free Ongkir

“Mau belanja online, tapi mahal di ongkos kirim?” Mungkin pemikiran seperti itu pernah muncul juga di benakmu ketika berbelanja online. Teknik promosi gratis ongkir dapat menghapuskan keraguan pelanggan untuk belanja di tokomu.

Jika usahamu bergerak di bidang online, promo ini layak dipertimbangkan. Pelanggan tidak lagi dibebani dengan biaya kirim, cukup membayar produk yang dibeli saja. Berikan promo free ongkir dengan total transaksi tertentu untuk memicu pelanggan belanja lebih banyak. Strategi ini dapat melipatgandakan penjualan di tokomu.

Jika kamu berjualan melalui website yang berbasis WordPress, maka kamu wajib memasang plugin ongkir untuk mempermudah perhitungan ongkir. Kamu juga bisa memasang beberapa plugin e-commerce untuk mendukung kegiatan bisnismu di website.

Baca Juga: Pengertian Plugin WordPress Beserta Jenis dan Fungsinya

7. Mengadakan Flash Sale

Bagi yang suka belanja di marketplace, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah flash sale. Sebenarnya, flash sale adalah salah satu cara promosi untuk meningkatkan jumlah transaksi dalam kurun waktu singkat.

Diskon kilat memang membuat pelanggan tergiur, bahkan rela menunggu-nunggu jam tertentu untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga murah.

cara pemasaran flash sale

Promo potongan harga besar-besaran ini dilangsungkan dalam beberapa waktu saja. Misalnya dalam 24 jam, tergantung stok produk dan antusiasme konsumen untuk membeli. Pada beberapa kasus, Flash sale bisa berlangsung hanya 1 – 2 jam saja karena stok produk yang keburu habis diborong pelanggan.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

8. Beli 1 Gratis 1

Strategi promo ini juga sering menjadi incaran konsumen. Pelanggan tentu akan merasa diuntungkan ketika mendapat gratis satu produk lagi dari pembelian yang telah dilakukan. Mereka akan tergoda untuk membeli lebih banyak. Karena dengan membayar harga yang sama, pelanggan bisa mendapat beberapa produk sekaligus.

Penerapannya pun tidak sulit. Buat ketentuan beli 1 dapat 2 atau beli 2 dapat 3, dan seterusnya sesuai dengan strategi yang ingin kamu jalankan. Kamu bisa juga memberlakukan promo ini hanya pada produk varian tertentu, misalnya jika sedang memperkenalkan produk baru kepada pelanggan. Promo ini bisa meningkatkan penjualan dengan cepat.

9. Membagikan Voucher

Membagikan voucher juga salah satu strategi yang patut dipertimbangkan. Strategi ini efektif untuk menarik minat pelanggan melakukan pembelian. Di era digital saat ini, membagikan voucher bisa dalam bentuk elektronik. Misalnya melalui email newsletter, klaim di website atau langsung dari aplikasi yang digunakan pengguna.

Baca Juga: Email Marketing: Panduan Lengkap

10. Membuat Iklan untuk Promosi Produk

Perkembangan di era digital dapat menguntungkan pemilik usaha. Contohnya ketika ingin menjangkau pasar yang lebih luas, kamu bisa membuat iklan yang tampil di platform digital, seperti ads di Google dan social media. Penawaran yang sudah dibuat dapat dipromosikan ke audiens yang lebih luas dengan ads atau iklan. Kamu bisa membuat iklan di beberapa platform berbeda misalnya Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, YouTube Ads, Twitter Ads, LinkedIn Ads, dan TikTok Ads.

Baca Juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnismu

11. Melakukan Endorsement

Endorsement merupakan salah satu contoh strategi promosi yang cukup populer untuk menarik pelanggan. Menggunakan jasa influencer atau key opinion leader (KOL) sebagai ambassador adalah cara promosi produk efektif yang saat ini banyak digunakan.

Strategi ini sering dimanfaatkan brand ketika menargetkan audiens dari para pengikut (followers) influencer yang sedang diincar. Namun, keberhasilan strategi ini dapat dipengaruhi beberapa faktor, contohnya dalam pemilihan influencer yang tepat untuk jenis bisnismu.

Endorsement bagus untuk membangun brand awareness. Terlebih lagi, jika kamu memiliki promo dan penawaran menarik yang dipromosikan dengan metode ini. Profit usahamu bisa meningkat drastis dengan strategi endorsement.

Baca Juga: Apa itu influencer dan Bagaimana Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

12. Memberikan Free Trial / Sample Gratis

Jika kamu sedang meluncurkan produk baru, jangan ragu untuk berikan sampel gratis kepada pelanggan. Memberikan sampel gratis, atau jika usaha bergerak di bidang layanan, menawarkan free trial kepada pelanggan baru akan adalah salah satu cara promosi produk yang sangat efektif.

Memberikan sampel produk dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk yang belum dipertimbangkan sebelumnya. Pelanggan pun akan merasa beruntung mendapat kesempatan mencoba produk tanpa harus membayar. Hal ini berguna untuk mengenalkan pelanggan terhadap brand kita, yang mana merupakan langkah awal dari customer journey.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Customer Journey dan Manfaatnya bagi Bisnis

13. Gift with Purchase

Cara promosi ini juga patut dicoba untuk menyenangkan pelanggan ketika melakukan pembelian di tokomu. Promo gift with purchase memberi kesempatan kepada pelanggan untuk mendapat hadiah karena telah melakukan pembelanjaan.

Hadiah yang diberikan bisa berupa apa saja, misalnya merchandise brand, voucher belanja, dan lain sebagainya. Jika ingin mengosongkan stok produk, cara ini juga bisa kamu manfaatkan. Tentu pelanggan akan merasa puas melakukan transaksi di tokomu.

14. Mengadakan Promo di Hari Khusus

Membuat promo di hari-hari khusus dapat menjadi daya tarik pelanggan berbelanja. Merayakan kebahagiaan bersama pelanggan dengan memberikan promo adalah cara terbaik untuk memikat hati mereka.

Ada beberapa momen yang tidak bisa dilewatkan ketika hendak menentukan waktu yang tepat untuk mengadakan promo. Misalnya, saat memperingati Hari Kemerdekaan, momen bulan Ramadhan, Natal, Imlek dan hari perayaan lainnya.

Beberapa jenis usaha juga bahkan sangat mempersiapkan momen ini dengan membuat produk limited edition khusus di periode tertentu. Di momen khusus seperti ini biasanya minat konsumen untuk berbelanja lebih meningkat.

Agar promo semakin menarik perhatian semakin banyak pengunjung, kamu dapat mempromosikannya melalui berbagai konten digital yang saat ini digandrungi oleh seluruh dunia.

Baca Juga: Panduan Lengkap Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

15. Pengumpulan Poin / Membuat Program Member

Strategi promosi satu ini juga bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan keuntungan usahamu. Membuat program member bisa membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnismu.

Buatlah ketentuan yang menguntungkan pelanggan jika mereka menjadi member. Baik itu dalam bentuk diskon, pengumpulan poin rewards yang bisa ditukar dengan produk atau voucher belanja di tokomu, dan lain sebagainya.

Menurut penelitian, 84% konsumen akan bertahan dengan brand yang menawarkan program loyalty. Program member akan membawa pelanggan lebih dekat dengan brand-mu. Hal ini bagus untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik minat pelanggan baru untuk belanja.

16. Adakan Giveaway

Di era digital saat ini, beragam cara dimanfaatkan pemilik bisnis untuk melakukan promosi, salah satunya mengadakan giveaway. Giveaway cocok diterapkan di tengah maraknya penggunaan media sosial seperti sekarang ini.

strategi promosi giveaway

Strategi ini biasanya berpotensi menjadi viral, karena memanfaatkan pengguna media sosial untuk membagikannya. Giveaway biasanya memiliki ketentuan dengan syarat repost foto, komen, share, like postingan, tag teman, dan lain sebagainya. Peserta akan berkompetisi untuk mendapatkan produk yang menjadi hadiah giveaway.

Sebelum menjalankan giveaway, pastikan untuk mempromosikannya dahulu di berbagai platform online jauh hari sebelumnya. Pastikan untuk memposting di waktu yang tepat supaya menarik banyak peserta.

17. Gabung Komunitas Bisnis

Membentuk relasi bisnis memang sangat bermanfaat untuk saling mendukung pemilik bisnis. Melalui komunitas bisnis, kamu bisa mendapatkan ilmu baru seputar dunia bisnis, misalnya ilmu terkait tips promosi, cara memperluas target pasar, hingga cara membangun kerja sama dalam menjalankan bisnis. Bahkan, kamu bisa berkolaborasi bersama pemilik bisnis di industri yang sama.

Itulah beberapa contoh strategi promosi produk untuk meningkatkan penjualan. Semoga bisa membantumu mencari ide promosi yang cocok untuk meningkatkan profit bisnis, ya. Perlu diingat bahwa teknik promosi tidak akan sukses tanpa dibarengi kualitas yang baik dari produk itu sendiri. Jadi, pastikanlah kualitas produkmu sudah memuaskan pelanggan.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat, ya! Kamu juga bisa membaca artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Jika tertarik, kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari Dewaweb ataupun webinar gratis dari Dewatalks yang pastinya bermanfaat untuk menambah wawasanmu seputar dunia digital dan pengembangan website. Salam sukses online!