strategi promosi untuk mengembangkan bisnis

14 Strategi Promosi Terbaik untuk Mengembangkan Bisnis

Apapun jenis usaha yang kamu jalankan, menentukan dan menerapkan strategi promosi adalah hal penting. Sebab, salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis adalah menjalankan strategi penjualan yang efektif menarik banyak pelanggan. Ada banyak sekali cara promosi produk dan jasa yang telah terbukti efektif dan memiliki ROI yang tinggi.

Di era digital saat ini, pemilik bisnis harus pintar memanfaatkan berbagai cara agar menarik minat pembeli. Cara promosi produk dan jasa di era digital tentu berbeda dengan dahulu. Saat ini media promosi lebih variatif. Semakin kreatif cara melakukan promosi, maka semakin mudah juga produk dikenali konsumen.

Kali ini, Dewaweb akan membahas beberapa strategi promosi jitu di era digital saat ini yang bisa kamu contoh untuk meningkatkan penjualan. Langsung saja simak berikut ini ya!

Baca juga: Penjelasan Lengkap Segmenting, Targeting, dan Positioning (STP) Marketing

1. Membuat Website Brand

Salah satu hal penting dalam menjalankan strategi promosi bisnis di era digital adalah dengan website. Website penting dimiliki sebuah brand di segala industri bisnis. Mulai dari bisnis fashion, kuliner, digital, jasa, bahkan properti sekalipun.

Banyak keuntungan yang bisa diraih bagi bisnis yang memiliki website. Meningkatkan kredibilitas bisnis, membangun brand awareness, dan menjangkau pasar yang lebih luas, hanyalah beberapa di antaranya.

Jika belum punya website untuk bisnis, ini adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Dengan Dewaweb, kamu bisa membuat website sendiri untuk berbagai keperluan, termasuk toko online.

Strategi promosi - Buat website brand

Tak usah khawatir, buat website ternyata mudah kok! Dewastore menyediakan website siap pakai untuk toko online. Kamu sudah bisa miliki website dengan domain sendiri. Dengan layanan cloud hosting dari Dewaweb, website kamu dijamin aman, cepat dan bisa diandalkan untuk tiap keperluan bisnismu.

Baca juga: Panduan Lengkap Google Analytics Sebagai Alat Tracking Bisnis

2. Memberi Diskon

Siapa yang tidak suka diskon? Semua orang pasti suka dengan potongan harga yang memberi banyak keuntungan.

Memberikan potongan harga adalah strategi promosi produk yang sangat efektif sejak awal mula perdagangan. Jangan ragu untuk memberi diskon kepada pelangganmu. Diskon dalam periode waktu tertentu dapat memicu konsumen untuk melakukan pembelian dalam jumlah lebih banyak dari biasanya.

Dalam memberi diskon, sebaiknya pahami dulu persentase diskon yang akan diberikan. Misalnya, kamu bisa coba berikan diskon kecil 5 – 10% terlebih dahulu. Jika ingin mengosongkan stok lama, diskon besar-besaran lebih memikat pelanggan untuk belanja.

Baca juga: 5 Cara Menentukan Harga Jual agar Produk Semakin Laris

3. Penawaran Cashback

Selain diskon, kamu juga bisa memberi penawaran cashback kepada pelanggan. Saat ini, cashback sudah sering dijumpai di berbagai platform penjualan. Cashback biasanya berlaku dengan memenuhi beberapa syarat, misalnya pembelian mencapai nominal tertentu.

Strategi promosi - cashback

Pelanggan akan merasa diuntungkan dengan cashback. Bagaimana tidak, mereka mendapat pengembalian sejumlah uang ketika melakukan pembelian di tokomu. Ini merupakan metode lain untuk memberikan diskon kepada pelanggan, selain dengan potongan harga.

Baca juga: Mengenal Copywriting dan Tips Penulisan Iklan yang Menarik

4. Free Ongkir

“Mau belanja online, tapi mahal di ongkos kirim?” Mungkin pemikiran seperti itu pernah muncul juga di benakmu ketika berbelanja online.  Strategi promosi gratis ongkir dapat menghapuskan keraguan pelanggan untuk belanja di tokomu.

Jika usahamu bergerak di bidang online, promo ini layak dipertimbangkan. Pelanggan tidak lagi dibebani dengan biaya kirim, cukup membayar produk yang dibeli saja. Berikan promo free ongkir dengan total transaksi tertentu untuk memicu pelanggan belanja lebih banyak. Strategi ini dapat melipatgandakan penjualan di tokomu.

Baca juga: Infografis: Penjelasan Lengkap, Fungsi, dan Cara Membuatnya

5. Mengadakan Flash Sale

Bagi yang suka belanja di marketplace, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah flash sale. Sebenarnya, flash sale adalah salah satu strategi promosi untuk meningkatkan jumlah transaksi dalam kurun waktu singkat.

Diskon kilat memang membuat pelanggan tergiur, bahkan rela menunggu-nunggu jam tertentu untuk mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga murah.

strategi promosi - flash sale

Promo potongan harga besar-besaran ini dilangsungkan dalam beberapa waktu saja. Misalnya dalam 24 jam, tergantung stok produk dan antusiasme konsumen untuk membeli. Pada beberapa kasus, Flash sale bisa berlangsung hanya 1 – 2 jam saja karena stok produk yang keburu habis diborong pelanggan.

Baca juga: 15 Ide Bisnis Digital Paling Menguntungkan yang Wajib Dicoba

6. Beli 1 Gratis 1

Strategi promo ini juga sering menjadi incaran konsumen. Pelanggan tentu akan merasa diuntungkan ketika mendapat gratis satu produk lagi dari pembelian yang telah dilakukan. Mereka akan tergoda untuk membeli lebih banyak. Karena dengan membayar harga yang sama, pelanggan bisa mendapat beberapa produk sekaligus.

Penerapannya pun tidak sulit. Buat ketentuan beli 1 dapat 2 atau beli 2 dapat 3, dan seterusnya sesuai dengan strategi yang ingin kamu jalankan. Kamu bisa juga memberlakukan promo ini hanya pada produk varian tertentu, misalnya jika sedang memperkenalkan produk baru kepada pelanggan. Promo ini bisa meningkatkan penjualan dengan cepat.

Baca juga: Apa itu Brand Equity dan Bagaimana Cara Membangunnya?

7. Membagikan Voucher

Membagikan voucher juga salah satu strategi yang patut dipertimbangkan. Strategi ini efektif untuk menarik minat pelanggan melakukan pembelian. Di era digital saat ini, membagikan voucher bisa dalam bentuk elektronik. Misalnya melalui email newsletter, klaim di website atau langsung dari aplikasi yang digunakan pengguna.

8. Membuat Iklan untuk Promosi Produk

Perkembangan di era digital dapat menguntungkan pemilik usaha. Contohnya ketika ingin menjangkau pasar yang lebih luas, kamu bisa membuat iklan yang tampil di platform digital, seperti ads di Google dan social media. Penawaran yang sudah dibuat dapat dipromosikan ke audiens yang lebih luas dengan ads.

Ads bisa dibuat dengan beberapa platform, misalnya Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads dan TikTok Ads. Untuk mempelajari cara membuatnya kamu bisa baca di artikel berikut.

Baca juga: Panduan Lengkap Social Media Marketing untuk Bisnismu

9. Melakukan Endorsement

Endorsement merupakan salah satu strategi promosi yang cukup populer untuk menarik pelanggan. Menggunakan jasa influencer sebagai ambassador adalah cara promosi produk efektif yang saat ini banyak digunakan.

Strategi ini sering dimanfaatkan brand ketika menargetkan audiens dari para pengikut (followers) influencer yang sedang diincar. Namun, keberhasilan strategi ini dapat dipengaruhi beberapa faktor, contohnya dalam pemilihan influencer yang tepat untuk jenis bisnismu.

Endorsement bagus untuk membangun brand awareness. Terlebih lagi, jika kamu memiliki promo dan penawaran menarik yang dipromosikan dengan metode ini. Profit usahamu bisa meningkat drastis dengan strategi endorsement.

Baca Juga: Apa itu influencer dan Bagaimana Cara Memilih Influencer yang Tepat untuk Bisnis

10. Memberikan Free Trial / Sample Gratis

Jika kamu sedang meluncurkan produk baru, jangan ragu untuk berikan sampel gratis kepada pelanggan. Memberikan sampel gratis, atau jika usaha bergerak di bidang layanan, menawarkan free trial kepada pelanggan baru akan adalah salah satu cara promosi produk yang sangat efektif.

Memberikan sampel produk dapat mendorong pelanggan untuk membeli produk yang belum dipertimbangkan sebelumnya. Pelanggan pun akan merasa beruntung mendapat kesempatan mencoba produk tanpa harus membayar. Bukan tidak mungkin mereka akan bertransaksi setelah mencoba produkmu terlebih dahulu.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Customer Journey dan Manfaatnya bagi Bisnis

11. Gift with Purchase

Strategi promosi ini juga patut dicoba untuk menyenangkan pelanggan ketika melakukan pembelian di tokomu. Promo gift with purchase memberi kesempatan kepada pelanggan untuk mendapat hadiah karena telah melakukan pembelanjaan.

Hadiah yang diberikan bisa berupa apa saja, misalnya merchandise brand, voucher belanja, dan lain sebagainya. Jika ingin mengosongkan stok produk, cara ini juga bisa kamu manfaatkan. Tentu pelanggan akan merasa puas melakukan transaksi di tokomu.

Baca juga: Pengertian Riset Pasar, Jenis, Tujuan, dan Tips Melakukannya

12. Mengadakan Promo di Hari Khusus

Membuat promo di hari-hari khusus dapat menjadi daya tarik pelanggan berbelanja. Merayakan kebahagiaan bersama pelanggan dengan memberikan promo adalah cara terbaik untuk memikat hati mereka.

Ada beberapa momen yang tidak bisa dilewatkan ketika hendak menentukan waktu yang tepat untuk mengadakan promo. Misalnya, saat memperingati Hari Kemerdekaan, momen bulan Ramadhan, Natal, Imlek dan hari perayaan lainnya.

Beberapa jenis usaha juga bahkan sangat mempersiapkan momen ini dengan membuat produk limited edition khusus di periode tertentu. Di momen khusus seperti ini biasanya minat konsumen untuk berbelanja lebih meningkat.

Agar promo semakin menarik perhatian semakin banyak pengunjung, kamu dapat mempromosikannya melalui berbagai konten digital yang saat ini digandrungi oleh seluruh dunia.

Baca juga: Panduan Lengkap Content Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

13. Pengumpulan Poin / Membuat Program Member

Strategi promosi satu ini juga bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan keuntungan usahamu. Membuat program member bisa membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnismu.

Buatlah ketentuan yang menguntungkan pelanggan jika mereka menjadi member. Baik itu dalam bentuk diskon, pengumpulan poin rewards yang bisa ditukar dengan produk atau voucher belanja di tokomu, dan lain sebagainya.

Menurut penelitian, 84% konsumen akan bertahan dengan brand yang menawarkan program loyalty. Program member akan membawa pelanggan lebih dekat dengan brand-mu. Hal ini bagus untuk mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik minat pelanggan baru untuk belanja.

14. Adakan Giveaway

Di era digital saat ini, beragam cara dimanfaatkan pemilik bisnis untuk melakukan promosi, salah satunya mengadakan giveaway. Giveaway cocok diterapkan di tengah maraknya penggunaan media sosial seperti sekarang ini.

strategi promosi - giveaway

Strategi ini biasanya berpotensi menjadi viral, karena memanfaatkan pengguna media sosial untuk membagikannya. Giveaway biasanya memiliki ketentuan dengan syarat repost foto, komen, share, like postingan dan lain sebagainya. Peserta akan berkompetisi untuk mendapatkan produk yang menjadi hadiah giveaway.

Sebelum menjalankan giveaway, pastikan untuk mempromosikannya dahulu di berbagai platform online jauh hari sebelumnya. Pastikan untuk memposting di waktu yang tepat supaya menarik banyak peserta.

Baca Juga: Strategi Advertising Mana Yang Sesuai dengan Bisnis Anda

Sekarang kamu sudah mengetahui beberapa contoh strategi promosi untuk meningkatkan penjualan. Semoga bisa membantumu mencari ide promosi yang cocok untuk meningkatkan profit bisnis.

Tentunya, strategi promosi tidak akan sukses begitu saja tanpa disertai dengan kualitas dari produk itu sendiri. Kualitas produk tetap harus dioptimalkan untuk memuaskan pelanggan. Sederhananya, strategi promosi akan berjalan dengan sukses apabila produk yang ditawarkan juga berkualitas.

Supaya bisa bersaing di era digital saat ini, setiap bisnis perlu punya website untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Pastikan kamu selalu mengandalkan Dewaweb untuk urusan website, hosting dan server!