Ketika hendak membuat halaman yang bisa diakses secara online, kamu bisa memilih antara membuat blog gratis melalui WordPress, Blogger, Wix, dan sebagainya, atau membuat website yang bisa kamu atur sedemikian rupa menggunakan berbagai tema premium. Tentunya, akan ada biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membuat website. Tapi, jika dengan membuat website kamu bisa mendapatkan tema WordPress premium gratis, apakah blog masih cukup untukmu?

Mungkin kamu masih ragu dengan pilihanmu untuk menggunakan tema WordPress premium karena kamu merasa hanya ingin menggunakan fitur blog untuk menulis. Tapi, pikirkan kembali beberapa hal berikut:

Panjang Nama Domain

Jika menggunakan blog gratis, nama domain yang kamu miliki harus menggunakan ekstensi domain sesuai layanan yang kamu gunakan, misalnya andidevelops.blogspot.com atau michaellearnstowrite.wordpress.com. Tidakkah nama ini terlalu panjang? Bagaimana menurutmu, apakah calon pembaca bisa dengan mudah mengingat nama domainmu?

Domain Tidak Profesional

Selain nama domain yang lebih panjang, kamu juga tidak terlihat serius jika masih menggunakan ekstensi domain dengan akhiran nama layanan blog. Hal ini tak hanya berpengaruh bagi kamu yang hendak mempunyai website untuk menjalankan bisnis e-commerce, tapi juga bagi kamu yang berniat membangun website untuk portfolio. Jika menggunakan website, kamu sudah tak perlu menambahkan embel-embel nama layanan blog di akhir Second-Level Domain (SLD) milikmu lagi.

Keunikan Tampilan

Tampilan blog yang lebih simpel memang terlihat mudah digunakan. Tapi, tahukah kamu bahwa halaman blog dengan desain yang mirip dengan blog lain bisa membuat pembacamu lebih mudah bosan dan ingin segera meninggalkan halaman blog. Bayangkan, berapa jumlah pengguna melakukan hal yang sama?

Bagaimana, ternyata website juga merupakan hal penting ‘kan untuk membangun profilmu secara online? Apakah kamu setuju dengan ketiga alasan di atas? Jika ya, berarti kamu berkesempatan mendapatkan tema WordPress premium gratis. Pelajari bagaimana cara mendapatkannya dengan menelusuri artikel berikut!

Faktor yang Memengaruhi Pemilihan Tema WordPress Premium

Meski memiliki nilai yang lebih prestisius, masih ada beberapa hal yang patut kamu pertimbangkan ketika memilih tema WordPress premium untuk website-mu. Selain tampilan layout menarik, berikut ini ada faktor lain yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan. Kamu juga bisa mengecek artikel selengkapnya dari sini.

  • Sesuai standar: Pastikan tema yang hendak kamu gunakan mempunyai standar yang seimbang dengan versi terbaru dari WordPress, CSS, dan HTML.
  • Responsif: Nilai responsivitas pada website-mu nantinya akan terbaca pula oleh Google dan bisa memengaruhi peringkat website-mu di mesin pencari Google.
  • Kompatibel: Tidak kalah penting, tema yang hendak kamu gunakan juga harus bisa diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat pintar, terutama mobile, kamu bisa melakukan tes terlebih dulu untuk mengecek kompatibilitas di browser dari perangkat lain.
  • Bebas disesuaikan: Inilah tujuanmu menggunakan tema premium, yaitu agar terlihat beda dari website pada umumnya, oleh karena itu, jangan lupa untuk memilih tema yang bisa diatur sesuai dengan keinginanmu.
  • Bekerja baik dengan plugin lain: Agar dapat saling bersinergi, kamu juga perlu memastikan bahwa tema yang hendak kamu gunakan bisa bekerja optimal dengan plugin yang kamu terapkan pada website.

Tema WordPress Premium Gratis dari Dewaweb

Berikut ini ada merupakan tema WordPress premium gratis dari Dewaweb. Siapa tau, salah satu dari tema ini bisa menjadi favoritmu juga.

Tema ini cocok bagi kamu yang menggunakan website untuk membuka toko e-commerce. Sesuai dengan namanya, Smart Toko menyajikan tema dengan tampilan seperti website e-commerce yang menjajakkan produk di etalase toko. Tidak perlu takut, tema ini bisa kamu atur dengan mudah di halaman beranda CMS WordPress.

Divi merupakan tema yang paling sering digunakan. Pasalnya, Divi tak hanya mudah diatur tapi juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Contohnya, kamu bisa menggunakan Divi untuk membangun website profil maupun untuk portfolio.

Tak berbeda jauh dengan tema Divi, Extra juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Kamu bisa melakukan pengaturan tema Extra sama seperti mengatur tema pada umumnya melalui Menu Bar pada dashboard WordPress. Tema ini bisa kamu gunakan jika kamu perlu menyampaikan informasi padat dalam satu halaman, karena tema default Extra bisa menampilkan berbagai informasi di satu halaman yang sama.

Selain menarik, tema Smart Toko juga cocok jika kamu ingin mengembangkan bisnismu secara online melalui website. Di sisi lain tema Divi pun cocok bagi kamu yang harus mengurus website-mu secara pribadi. Sebab, tema keluaran Elegant Themes yang dirilis sejak Mei 2013 ini menyajikan panel yang bisa kamu atur sedemikian rupa hingga seperti yang kamu harapkan. Di sisi lain, jika kamu adalah seorang desainer web, tema ini juga sesuai denganmu karena kamu bisa berkreasi tanpa dibatasi oleh tata website yang monoton.

Plugin Premium

Tak berhenti sampai di tema-tema premium yang bisa membuat website-mu lebih menarik, Dewaweb juga telah menyediakan beberapa plugin premium yang bisa kamu miliki jika mempunyai akses cloud hosting premium.

Elementor Pro page builder adalah plugin yang berfungsi untuk mengatur halaman sebuah website. Setelah memilih tema, kamu perlu menata website-mu agar terlihat berbeda dari website lain. Plugin ini juga bisa kamu gunakan jika kamu menggunakan tema Divi atau Extra karena Elementor Pro bisa bersinergi dengan kedua tema premium tersebut. Baca juga: Tutorial Mudah Elementor Pro

Plugin yang satu ini merupakan management tool caching. Tujuannya adalah untuk mempercepat waktu loading website karena LiteSpeed Cache sudah dilengkapi dengan fitur optimasi yang memadai. Dampaknya, website memiliki skor kecepatan loading yang lebih tinggi dibandingkan dengan situs lain.

Sama seperti namanya, Monarch Social Media Sharing berguna untuk menyambungkan website-mu dengan akun media sosial lain. Tidak hanya melengkapi informasi pada website, menampilkan akun media sosialmu di website juga bisa meningkatkan kredibilitas dan brand knowledge bagi para pengunjung. Tapi jangan lupa, buatlah akun media sosialmu terlihat menarik dan informatif ya!

Plugin ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan subscriber email. Bloom Email Opt-In bisa menjaring para pengunjung untuk berlangganan email dari website-mu. Tenang saja, Bloom Email Opt-In mempunyai tampilan yang menarik dan tidak membosankan sehingga kamu tak perlu cemas website-mu akan terlihat mengganggu atau membosankan dengan adanya pop-up langganan email.

Cara Klaim Tema WordPress Premium Gratis

Tema website merupakan salah satu elemen penting untuk membangun website dan akan lebih menarik jika tema website yang kamu miliki bisa memenuhi persyaratan di atas. Saat melakukan pembelian hosting di Dewaweb, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan tambahan, salah satunya adalah tema WordPress premium gratis. Tidak perlu cemas, karena untuk mengklaim tema WordPress premium gratis dari Dewaweb, kamu akan dibantu oleh Ninja Support 24 jam dengan cara berikut:

  • Login ke halaman Client Area Dewaweb, lalu pilih menu paling kanan, “Support Tickets.”

  • Lihat susunan menu di sebelah kiri, lalu klik “Buat Tiket Baru.”

  • Tujukan tiket untuk layanan “Support.”

  • Isilah kotak yang diberi tanda seperti pada gambar. Gunakan subjek “Klaim Bonus Premium Themes and Plugins – <nama domain>” lalu isilah pesanmu dengan tema atau plugin yang kamu perlukan serta username dan password untuk login ke halaman WordPress Admin agar memudahkan para Ninja melakukan instalasi (gunakan plugin dan tema sesuai kebutuhan, ya!). Jika sudah selesai, klik “Submit” yang terdapat di bagian bawah halaman.

  • Setelah itu, Ninja Support Dewaweb akan membantu instalasi tema/plugin pilihanmu tanpa biaya apapun. Tapi ingat, klaim ini hanya berlaku untuk satu domain utama saja, ya. Kalau ingin mengklaim tema/plugin premium untuk domain tambahan (add-on domain), kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp50 ribu (one time) per domain.

Plugin Tambahan

Selain empat plugin premium di atas, ada pula beberapa plugin tambahan yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan kinerja website-mu. Mulai dari Jetpack yang mempunyai berbagai fungsi hingga Loginizer dengan konsep sederhananya, inilah plugin tambahan yang bisa berguna untukmu. Jangan lupa, perhatikan optimisasi website ketika memilih plugin agar kamu bisa mendapatkan manfaat maksimal dari plugin yang digunakan.

  • Loginizer

Brute force atau percobaan login berkali-kali ke CMS WordPress bisa menjadi satu hal yang dapat membahayakan website-mu, terlebih jika password yang menurutmu sudah aman ternyata dapat dipecahkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan plugin Loginizer untuk mengakalinya. Kelebihan plugin yang satu ini adalah kemudahan instalasi hingga penggunaannya dan kamu tak perlu merasa takut karena setidaknya hingga saat ini, plugin Loginizer masih dapat bekerja secara optimal.

  • Akismet

Kamu tidak mungkin mengecek komentar spam yang terdapat pada konten yang kamu unggah di website. Oleh karena itu, kamu butuh plugin Akismet. Jika sebelumnya pernah mempunyai blog WordPress, seharusnya kamu sudah tak asing dengan plugin yang satu ini. Plugin Akismet berguna untuk mendeteksi dan menghapus komentar yang dianggap spam, sangat membantu, ‘kan?

  • Yoast SEO

Peringkat tinggi di mesin pencari adalah satu faktor penting yang perlu dicapai oleh sebagian besar website. Salah satu elemen yang memengaruhi peringkat di mesin pencari adalah keramahan konten dengan SEO. Kamu bisa menggunakan plugin yang satu ini untuk mengecek hasil analisis keramahan SEO dari konten buatanmu, mulai dari jumlah kata yang ideal hingga penggunaan kata kunci di keseluruhan artikel.

  • Jetpack

Jetpack merupakan sebuah bundling dari berbagai jenis plugin. Oleh karena itu, plugin yang satu ini tentunya bisa memberikan berbagai keuntungan untukmu. Beberapa plugin penting Jetpack adalah plugin yang berfungsi untuk melindungi website-mu dari ancaman brute force, menunjukkan jumlah statistik pengunjung, serta fitur keamanan, yaitu Protect dan Monitor.

Simpulan

Itulah pembahasan mengenai tema WordPress premium gratis plus beberapa plugin yang bisa kamu dapatkan ketika berbelanja hosting di Dewaweb. Ingat, kamu boleh saja memilih tema yang sesuai dengan keinginanmu, tapi pastikan bahwa kecepatan dan responsibilitas website-mu tetap terjamin kualitasnya dengan membatasi penggunaan widgets. Jangan lupa juga untuk menginstal plugin yang benar-benar berfungsi untuk meningkatkan kualitas website hingga lebih mudah terbaca oleh mesin pencari Google, seperti LiteSpeed Cache atau Yoast SEO. Selamat mencoba!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia