20+ Template WordPress Premium Terbaik dan Terpopuler

20+ Template WordPress Premium Terbaik dan Terpopuler

Bagi kamu yang baru saja memiliki website WordPress, mungkin kamu bingung apakah ingin menggunakan template WordPress premium atau gratis. Template premium WordPress adalah template WordPress berbayar yang bisa kamu dapatkan dari pihak ketiga di luar template yang disediakan oleh WordPress.

Mungkin kamu juga bertanya-tanya kenapa kamu harus menggunakan template premium kalau bisa menggunakan template gratis?

Baca juga: Cara Mendapatkan Tema dan Plugin WordPress Premium Secara Gratis!

Kapan Template Premium Diperlukan?

Memilih sebuah template untuk website bukan hanya tentang tampilannya saja. Kamu harus memperhatikan fitur apa yang bekerja untuk konten website-mu dan apa yang ingin kamu capai dengan website-mu. Sederhananya, gunakanlah template WordPress gratis kalau kamu:

  • Ingin memulai sebuah blog pribadi.
  • Tidak masalah jika website-mu memiliki tampilan yang sama dengan jutaan website lainnya.
  • Hanya mengejar kegunaan dasar website.
  • Tidak membutuhkan banyak dukungan teknis untuk mengembangkan situs.

Di sisi lain, sebaiknya kamu memilih template premium WordPress kalau kamu:

  • Menggunakan website untuk menjalankan bisnis secara online.
  • Ingin memperluas kegunaan website dengan menggunakan fitur seperti e-commerce.
  • Ingin memiliki tampilan website yang unik.
  • Memerlukan dukungan teknis untuk mengembangkan website.

Jika kamu memilih untuk menggunakan template premium WordPress, langkah pertama sebelum memilih jenis template apa yang kamu inginkan adalah dengan mendefinisikan jenis website-mu terlebih dulu.

Kalau kamu ingin membuat sebuah website untuk portfolio fotografi, blog tentang makanan, atau website e-commerce, kamu tentunya perlu memilih template WordPress yang sesuai.

Perhatikan juga, kamu perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjalankan dan mengelola website-mu jika kamu memilih template yang lengkap untuk mendapatkan fitur dan fungsi tambahan.

Baca juga: 50 Tema WordPress Gratis Terbaik untuk Websitemu

Apa Saja yang Kamu Dapatkan dengan Template WordPress Premium?

Sama halnya jika memilih hosting, kamu juga bisa menganggap template premium WordPress sebagai salah satu investasi untuk bisnismu.

Template berbayar ini tidak disebut sebagai template premium hanya karena harganya yang “premium,” tetapi mereka juga menyediakan fitur-fitur premium. Mulai dari responsivitas hingga optimasi, inilah faktor yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih template.

Ketika sudah menemukan opsi yang sempurna untuk website-mu, kamu tak hanya mendapat template yang fungsional tapi juga dukungan teknis, pembaruan rutin, pemilihan customization yang luas, serta keamanan website. Selain itu, template premium WordPress juga lebih unik dibanding template WordPress lainnya.

Berikut adalah beberapa elemen yang perlu kamu perhatikan ketika memilih template premium WordPress:

  • Standards-compliant. Pastikan bahwa template tersebut sudah diperbarui ke versi terbaru WordPress, PHP, CSS, dan HTML.
  • Responsive. Website WordPress-mu harus menggunakan template yang responsif karena Google menghitung mobile-responsiveness atau seberapa responsif layout tersebut di ponsel sebagai salah satu faktor perangkat di halaman hasil pencarian.
  • Kompatibel untuk semua browser. Kamu juga perlu memastikan bahwa website-mu bisa diakses melalui berbagai jenis browser berbeda agar dapat memudahkan para pengunjung mengakses website.
  • Bebas disesuaikan. Berikan kesempatan bagi dirimu sendiri untuk berkarya dengan menyesuaikan template yang ada dengan keinginanmu, oleh karena itu kamu perlu mengecek pula apakah template tersebut bisa disesuaikan.
  • Bekerja baik dengan plugin lain. Selain mempunyai script yang sudah diperbarui, responsif, kompatibel di semua browser, dan bisa disesuaikan, kamu juga perlu memastikan template yang hendak kamu gunakan bisa bekerja optimal jika dikombinasikan dengan plugin lain yang ingin kamu terapkan.

Baca juga: Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

Framework Template WordPress

Ada beberapa tema WordPress yang dibuat dengan menggunakan framework atau kerangka kerja, sementara yang lainnya dibangun dari nol. Secara umum, framework ini paling tepat digambarkan sebagai fondasi untuk template WordPress. Biasanya, framework akan berisi kode inti, meliputi fitur dasar dan elemen desain.

Kerangka ini kemudian digunakan sebagai titik awal saat tema baru dibuat. Fitur dan elemen desain baru ditambahkan ke dalam kerangka untuk menciptakan produk jadi. Framework tema WordPress terbagi menjadi dua kategori utama.
Pertama, kamu memiliki kerangka kerja internal yang telah dibangun untuk digunakan oleh tema tertentu. Lalu ada framework yang bisa digunakan siapapun sebagai fondasi proyek mereka. Beberapa framework dalam kategori ini bebas untuk diunduh.

Kamu juga dapat menemukan tema gratis atau komersial yang dibangun di atas framework. Kamu dapat membeli framework-nya dan kemudian menggunakan child theme gratis atau komersial yang dibuat dengan framework ini oleh orang lain.

Child theme adalah tema WordPress yang mewarisi fungsi dari tema induknya. Berbeda dengan tema biasa, child theme bisa diutak-atik sesuai keinginan. Child theme bisa digunakan saat kamu ingin menyesuaikan tema WordPress yang ada tanpa kehilangan kemampuan untuk memperbarui tema tersebut.

Dulu, tidak ada cara termudah untuk memperbarui tema WordPress tanpa kehilangan semua style dan penyesuaian yang sudah kamu lakukan. Tapi di child theme, kamu bisa melakukan perubahan tanpa kehilangan fungsi yang sudah disesuaikan karena fungsinya memang berasal dari tema induk.

Nantinya, hal ini bisa membantu mempermudah proses transisi kalau kamu ingin mengubah tampilan website.

Baca juga: Cara Membuat Website dan Blog di HP, Gak Perlu Komputer!

Rekomendasi Template WordPress Premium Terbaik

Ini adalah tema premium WordPress yang paling populer dan template manapun yang kamu pilih akan membantumu memiliki website dengan tampilan unik dan menarik.

1. X

template premium wordpress x

X adalah salah satu template WordPress premium yang bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai macam jenis website.
Template yang satu ini menyediakan empat kategori utama agar pengunjung bisa mendemonstrasikan fleksibilitasnya. Setiap kategori mengandung berbagai variasi untuk berbagai jenis proyek.

Dengan demikian, apapun jenis website yang hendak kamu buat, mulai dari home page bisnis, portfolio online, sampai e-commerce dan blog biasa, X bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan template website-mu.

X juga menggunakan Cornerstone, yaitu salah satu page builder WordPress terbaik. Tool page builder yang satu ini menggunakan drag-and-drop front-end system, hal ini bisa memudahkanmu dalam melakukan pengaturan website.
Banyaknya jumlah modul yang tersedia di Cornerstone bisa memudahkanmu mengatur layout website dan memasukkan berbagai elemen untuk membuat website-mu terlihat lebih unik ketimbang website lain.

Sebagai sebuah template premium WordPress yang fleksibel dan dilengkapi dengan berbagai fitur, X adalah salah satu template premium WordPress terbaik yang pantas dilirik.

2. Bridge

bridge

Bridge adalah salah satu template WordPress paling populer sejak dirilis tahun 2014. Sejak saat itu, Bridge sudah sering diperbarui dan sekarang sudah mencapai versi 19.5 pada 23 Desember 2019.

Di versi terbarunya, template WordPress Bridge memiliki 145 demo. Ini berarti, tak peduli jenis website dan desain seperti apa yang kamu inginkan, kamu akan menemukan layout favoritmu di antara 145 ragam layout yang telah disediakan.

Namun, kalau kamu tidak menemukan demo layout yang cocok dengan harapanmu, kamu bisa menggabungkan elemen-elemen yang ada lalu membuat desain untuk website-mu sesuai keinginan. Kamu juga bisa menemukan plugin Visual Composer yang membantumu melakukan modifikasi dengan mudah atau mengedit layout website-mu sendiri dari nol.

Jumlah demo yang banyak menjadikan Bridge sebagai salah satu template premium WordPress terbaik. Tentunya, Bridge juga mempunyai beragam fitur yang bisa membantumu membuat website yang unik dan menarik.

Baca juga: 20 Plugin Social Media WordPress Terbaik

3. Flatsome

Flatsome adalah sebuah template e-commerce yang menggabungkan beberapa tren desain e-commerce agar kamu bisa membuat sebuah website yang menarik dan bisa meningkatkan konversi pada bisnismu. Dibangun oleh tim dari UX Themes, template premium WordPress yang satu ini adalah sebuah template yang dibuat khusus untuk website dengan WooCommerce.

Selain beberapa demo e-commerce, template ini juga mencakup berbagai jenis toko online. Template premium WordPress Flatsome juga memiliki tool builder yang bisa dengan mudah di-drag-and-drop.

Alat ini memudahkan pembuatan desain dan layout khusus untuk situs web mu, termasuk etalase dan halaman produk individual yang membentuk toko online milikmu.

Agar dapat memastikan kenyamanan pengunjung website-mu via ponsel, Flatsome sengaja dibuat responsif bagi pengguna mobile. Pengguna smartphone dan tablet dapat mengakses website, menambahkan barang ke keranjang belanja mereka, dan checkout dengan mudah, bahkan hanya melalui perangkat mobile mereka.

Flatsome cocok kamu gunakan jika website-mu berfungsi untuk menjual produk yang hendak kamu jual.

4. Divi

Menggunakan semboyan “the sky’s the limit,” Divi menawarkan fitur penyesuaian tak terbatas dan fungsionalitas superior. Sebelum kehadiran Divi, penyesuaian tema dan template hanya bisa dilakukan oleh seorang pengembang situs web (developer).

Saat ini, Divi menjadi template utama Elegant Themes yang menggunakan fitur drag-and-drop serta koleksi persediaan template yang menarik. Oleh karena fitur-fiturnya, Divi dapat digunakan untuk membuat layout pada berbagai jenis website.

Divi memiliki fitur yang disebut dengan Divi Builder. Salah satu masalah yang sering dialami saat menggunakan builder dari template lain adalah penyesuaian layout yang terbatas, sedangkan di sisi lain Divi memperbolehkan pengguna mengubah keseluruhan template.

Kamu bisa mengubah warna, icon, halaman, dan format unggahan. Cara ini adalah salah langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan website yang dinamis tanpa melakukan coding apapun. Selain itu, Divi Builder juga menggunakan drag–and-drop interface sehingga mudah digunakan oleh siapa pun.

Divi mempunyai 18 layout berbeda dan kamu hanya perlu menginstal template-nya dan mulai mengunggah konten-konten website-mu. Desain template ini cukup responsif dan template yang efisien ini merupakan pilihan tepat bagi tampilan apapun yang ingin kamu tunjukkan di website.

Template yang responsif juga bisa meningkatkan peringkat di Google Search karena Google bisa mendeteksi kecepatan dan responsivitas website untuk menilai kredibilitas dan kepantasan website tersebut untuk direkomendasikan kepada para pengguna.

Baca juga: 11 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website Anda

5. Genesis

Genesis adalah salah satu jenis template yang sering digunakan oleh para pengguna website. Template yang satu ini sudah terjamin aman, teroptimasi untuk SEO, dan mudah disesuaikan. Pasalnya, Genesis memang dirancang khusus untuk dipadukan dengan child theme. Kamu bisa membeli dari StudioPress atau membuat child theme-mu sendiri.

Template multifungsi ini akan cocok untukmu kalau kamu mempunyai pengalaman di bidang web developing, meskipun kamu tetap bisa mempelajarinya secara otodidak. Jika kamu adalah seorang pemula yang ingin menggunakan template Genesis, sebaiknya gunakan child–theme terlebih dulu.

6. Foodie Pro

Salah satu contoh child-theme Genesis adalah Foodie Pro. Sayangnya, tema yang satu ini tidak terlalu cocok untuk semua jenis website. Pasalnya, Foodie Pro dibuat khusus buat kamu yang ingin membuat blog makanan atau kuliner.

Foodie Pro telah diciptakan untuk dengan menggunakan framework Genesis. Ini berarti, situsmu akan dibangun di atas dasar yang kokoh serta dikombinasikan dengan desain stylish Foodie Pro dan kekuatan WordPress.

Kalau kamu memilih Foodie Pro untuk situs web, kamu akan mendapatkan enam pilihan layout, termasuk untuk menyesuaikan dan mengatur widget yang hendak kamu tampilkan di halaman website.

Bagi kamu yang tertarik membuat situs web tentang pilihan kuliner dan tidak ingin merasa kewalahan dengan keputusan dan pilihan, maka Foodie Pro serta pendekatan elegannya terhadap desain bisa menjadi pilihan yang tepat.

7. Avada

Avada adalah salah satu template premium WordPress yang paling banyak digunakan oleh para pemilik website karena kemudahan tools yang dimiliki. Pasalnya, para pengguna Avada bisa menggunakan plugin Fusion Core yang berisi page builder, generator shortcode, mega menu, dan masih banyak lagi. Jika fitur-fitur ini digabungkan dengan pilihan template yang lebih advance, kamu bisa membuat tampilan layout yang unik tanpa perlu melakukan coding apapun.
Kamu juga bisa menyaksikan video berikut untuk pembahasan lebih lanjut.

Baca juga: 10 Template WordPress Company Profile yang Populer

8. NewsPaper

newspaper

NewsPaper jadi template premium WordPress yang cukup populer dan biasanya digunakan untuk platform-platform media massa, berita, majalah, dan lainnya. Template premium WordPress ini menyediakan berbagai macam fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya, di antaranya:

  • Menyediakan lebih dari 120 desain halaman web siap pakai
  • Support AMP
  • Mendukung optimasi SEO
  • Responsif ke berbagai perangkat
  • Mendukung AdSense, seperti Google Ads
  • Kompatibel dengan plugin multibahasa, seperti WPML

Tema WordPress NewsPaper ini sudah digunakan oleh hampir 111.000 orang lebih. Kelebihan lain dari NewsPaper ini adalah akses gratis ke tagDiv Cloud Library, sehingga akan banyak elemen web, halaman, hingga layout yang bisa didapatkan.

9. Soledad

soledad

Soledad adalah tema WordPress premium lainnya yang tidak kalah populer dengan tema-tema yang lainnya. Sama seperti NewsPaper, Soledad biasanya digunakan untuk portal berita atau orang yang bekerja sebagai jurnalis. Lantas, apa saja fitur-fitur yang ada di tema premium Soledad ini? Berikut informasinya.

  • Menyediakan lebih dari 6000 demo beranda
  • Kompatibel dengan page builder (WP Bakery & elementor)
  • Support AMP
  • Mempunyai lebih dari 30 elemen khusus untuk page builder
  • Kompatibel dengan WooCommerce
  • Ramah SEO
  • Terdapat banyak slot iklan

10. Beoreo

Selanjutnya adalah Beoreo. Tema WordPress premium ini hadir dengan desain yang sangat menarik dan kreatif. Melihat dari tampilan layoutnya, Beoreo ini merupakan tema yang diperuntukkan bagi pebisnis yang gemar dengan tema-tema minimalis. Menariknya, Beoreo menyediakan 18 demo halaman rumah, sehingga kamu bisa mulai membangun halaman website yang diinginkan secara instan.

Tema-tema tersebut juga dilengkapi dengan opsi desain yang memang berfungsi untuk website bisnis kamu, loh. Apabila kamu ingin menambahkan toko untuk menjual produk yang dimiliki, kamu bisa mengunduh plugin WooCommerce yang dijamin akan bekerja dengan mulus menggunakan tema ini.

11. Brando

brando

Brando adalah tema yang cocok untuk para profesional. Sebab, tema ini memiliki desain yang kompeten, inovatif, dan mudah digunakan. Tidak hanya itu, Brando termasuk tema yang intuitif serta responsif, sehingga bisa membantu kamu untuk membuat jenis situs website menggunakan tema ini.

Selain itu, Brando juga menawarkan tata letak blog dan template halaman ‘Coming Soon’. Untuk penyesuaiannya pun, Brando dapat dibundel dengan plugin WPBakery Page Builder dan mencakup desain header, opsi warna tak terbatas, Google Font, latar belakang video, dan masih banyak lagi yang lainnya.

12. Intact

Intact adalah salah satu tema terbaik WordPress premium di pasar Theme Forest. Intact menyediakan tata letak blog yang menarik, portofolio, dan 12 demo yang bisa disesuaikan dengan selera. Usai memilih template yang diinginkan, kamu bisa menyesuaikannya menggunakan plugin Visual Composer Premium. Adapun beberapa alat premium lainnya yang bisa digunakan, yakni Slider Revolution, Templatera, dan IconsMind.

13. NewsMag

Template premium WordPress yang lainnya adalah NewsMag. Jika melihat dari namanya, template ini memang diperuntukkan bagi majalah atau situs berita, namun tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa menggunakan template ini sebagai blog pribadi.

Kelebihan dari NewsMag ini adalah desainnya yang beragam dan siap untuk dipakai, sehingga kamu tidak perlu membangun dari awal website yang diinginkan. Adapun beberapa fitur utama dari template premium ini, seperti adanya widget gratis, mulai dari cuaca, sosial media, kemudian support AMP dan mendukung iklan dalam versi AMP, hingga kompatibel dengan plugin populer lainnya, seperti WPML dan WooCommerce.

Baca juga: 10 Pilihan CMS Website Terbaik untuk Kelola Situs Web

14. Verve

Verve adalah tema kreatif yang menawarkan kepada para penggunanya tata letak yang menarik dan unik. Biasanya, orang-orang yang menggunakan template premium ini adalah agensi, blogger, dan lain sebagainya. Jadi, template Verve ini menawarkan navigasi carousel, navigasi tersembunyi, dan dukungan video. Bahkan ada yang khusus untuk blogging dan portofolio.

Agar template Verve lebih menarik lagi, kamu bisa menggunakan plugin Visual Composer bawaan serta panel admin tema yang sudah disempurnakan. Panel ini memiliki lebih dari 100 alat dan posi penyesuaian, termasuk warna, pengunggah gambar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

15. Kalium

kalium

Kalium adalah tema premium WordPress yang dapat menawarkan desain minimalis, 100+ opsi penyesuaian dan berbagai portofolio, proyek, dan tata letak blog. Jika melihat dari tampilannya, Kalium memiliki desain yang tegas dan profesional, sehingga cocok untuk para pebisnis. Tidak lupa, template Kalium juga bisa dibekali dengan plugin powerful, efek gulir unik, animasi transisi dan lain-lain.

16. Phlox

phlox

Phlox adalah tema WordPress multiguna terbaik dan populer yang sudah terintegrasi dengan elementor. Dalam penerapannya, Phlox hadir dengan koleksi demo unik berdasarkan tren baru di industri web dan koleksi ini terus berkembang. Demo Phlox mencakup berbagai macam kategori termasuk blogger, fotografer, e-commerce, agensi, studio, restoran, makanan, dll.

Template Phlox juga hadir dengan berbagai wizard penyiapan modern dan layanan cloud cerdas untuk membuat pengimporan demo lebih cepat, mudah, dan aman.

17. Choco

Choco adalah tema multiguna lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan kelompok atau individu. Dibandingkan dengan yang lainnya, Choco menawarkan 11 demo yang paling menonjol untuk desain minimalis, seperti tata letak yang bersih, skema yang dominan warna putih serta hitam, dan font yang mudah untuk dibaca.

Untuk menyesuaikan salah satu demo ini, Choco dibundel dengan plugin Visual Composer drag-and-drop premium. Plugin tersebut memiliki panel opsi unik yang dibandingkan dengan kerangka kerja Redux untuk membantu kamu membangun situs WordPress yang lebih cepat dan mudah.

18. Rhye

rhye

Rhye adalah salah satu tema WordPress paralaks terbaik yang dirancang khusus untuk para seniman. Melalui template ini, kamu bisa membuat situs portofolio yang mudah untuk diingat menggunakan transisi AJAX, tipografi yang lancar, hingga efek paralaks dan distorsi. Dalam penerapannya, situs Rhye bekerjasama menggunakan plugin Elementor dan 27+ widget khusus yang disertakan dengan tema.

19. Oshine

oshine

Oshine adalah tema kreatif multiguna yang telah dipilih dan digunakan oleh ribuan pengguna WordPress. Tema ini muncul dengan lebih dari 50 template demo yang ideal untuk situs web portofolio dan fotografi. Oshine juga kaya akan fungsionalitas dan menawarkan pembuat halaman front-end untuk membuat perubahan langsung di halaman web kamu.

Kelebihannya, Oshine mencakup 10 gaya tajuk, 5 tata letak menu, 3 tata letak badan dan footer, halaman portofolio tak terbatas, dan lusinan kode pendek untuk menyesuaikan situs kamu dengan cepat.

20. Flow

Flow adalah tema WordPress premium yang biasanya digunakan untuk portal berita, majalah, atau bisa juga digunakan oleh para blogger. Tema ini menawarkan layout yang unik, tipografi, gambar, dan warna yang memukau untuk menarik pembaca. Dengan menggunakan tema ini, kamu juga bisa menyajikan konten yang up to date.

Menariknya, Flow dapat menyematkan Instagram feed, sehingga kamu bisa berkesempatan untuk mempromosikan akun Instagram agar dikunjungi oleh para pembacanya.

21. Impreza

impreza

Impreza adalah salah tema yang paling kaya dengan fitur-fiturnya. Impreza sendiri menawarkan lebih dari 20 situs demo untuk restoran, blog, portofolio, agensi kreatif, dan bisnis lainnya. Selain demo lengkap ini, ada lebih dari 300 template yang dapat disesuaikan untuk membantu membangun website yang menarik.

Baca juga: Alasan Memulai Blogging dan Tips Membuat Blog untuk Pemula

Penutup

Template premium WordPress bisa dianggap sebagai sebuah investasi jika kamu berbisnis menggunakan website. Tak dapat dipungkiri, tampilan yang menarik adalah salah satu daya tarik sebuah website. Oleh karena itu, tak ada salahnya kalau kamu menginvestasikan waktu dan usaha untuk menyusun template bagi layout website-mu.

Baca Juga: Dapatkan Elementor Pro, Elegant Themes, dan Lapak Instan Gratis!

Selain kumpulan template premium WordPress di atas, kamu juga bisa menggunakan tema website yang menarik dan unik agar website-mu terlihat lebih unik dan elegan.

Tapi jangan lupa, pastikan kombinasi antara tema dan template yang kamu gunakan bisa bersinergi secara optimal. Caranya, kamu bisa menggunakan plugin seperti LiteSpeed Cache yang hanya bisa didapatkan dengan melakukan pembelian hosting dari Dewaweb.

Pilih paket cloud hosting minimal paket Warrior dan dapatkan berbagai tema dan plugin premium yang bisa didapatkan dari Elementor Pro, Lapakinstan, dan Elegant Themes. Selamat berkreasi!