BitCoin adalah salah satu fenomena dibalik kemajuan dunia internet serta teknologi membuat dunia maya tidak lagi menjadi tempat untuk mencari informasi atau memberikan hiburan saja. Kamu juga bisa mendapatkan keuntungan besar dari bermain internet.

Pasti sudah banyak yang tahu tentang dunia e-commerce yang membuat banyak orang bisa mendapatkan pendapatan mencukupi dari sistem jual-beli online. Platform marketplace yang melimpah di Indonesia membuat usaha jual-beli online semakin mudah untuk dilakukan dan gampang untuk menggunakannya. Namun jika kamu semakin masuk ke dalam dunia maya, maka ada satu tambang pendapatan yang menjadi target para pemerhati internet dan pelaku dunia teknologi yaitu BitCoin.

Apa itu BitCoin?

Penjelasan mudah dari BitCoin adalah mata uang online yang dipopulerkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Mata uang lunak ini memiliki sistem ‘ditambang’ dan dikendalikan oleh perangkat lunak. Untungnya, dengan sistem terbuka, BitCoin bisa didapatkan oleh semua orang, tanpa terkecuali, asalkan memiliki perangkat memadai.

Semakin hari, popularitas BitCoin semakin tinggi karena harga jual mata uang lunak ini juga semakin mahal. Hingga tulisan ini dibuat (19/2), harga tukar 1 BitCoin dengan rupiah mencapai Rp 51.774.755. Melihat harganya yang tinggi, mungkin kamu akan tergiur juga untuk memiliki BitCoin

Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk menambang BitCoin. Dengan sistem rumit dan terbuka untuk siapa pun, masalah keamanan dan perizinan menjadi perhatian khusus dari BitCoin. Berikut ulasannya

Identitas pribadi

Di dalam dunia maya, identitas pribadi tidak lagi menjadi rahasia seorang diri saja. Media sosial membuat identitas pribadi menjadi konsumsi publik, tidak hanya orang yang sudah dikenal, tapi yang belum kamu kenal pun bisa mengetahui identitas kamu.

Apalagi ketika bermain BitCoin. Kamu juga akan mendapati identitas pribadi terkuak karena memang itulah salah satu syarat ketika ingin bermain BitCoin. Jadi jika kamu masih belum yakin dengan terkuaknya identitas pribadi kamu di dunia maya yang cakupannya jauh lebih luas lagi dibandingkan media sosial, kamu bisa berpikir ulang terlebih dahulu.

Masalah keamanan penyimpanan BitCoin

Ketika kamu nanti sudah memiliki BitCoin, sesuai namanya, ini adalah mata uang lunak yang tidak bisa kamu dapatkan dalam bentuk fisik. Kamu harus menyimpannya di internet juga. BitCoin adalah mata uang digital yang masih rentan terhadap tindak kejahatan cyber.

Tempat penyimpanan BitCoin tidak sepenuhnya aman. Dengan sistem BitCoin yang sudah terhitung rumit, maka para peretas juga memiliki sistem yang lebih rumit dan sulit dilacak saat mereka membobol tempat penyimpanan BitCoin. Dan kamu bisa menjadi salah satu korbannya. Untuk itu, perlu ada pemikiran masak sebelum kamu menambang BitCoin karena mata uang ini pada dasarnya tidak untuk semua orang.

Adanya identifikasi pemilik

Selain identitas pribadi kamu yang bisa terkuak, akan ada identifikasi pemilik BitCoin yang harus diketahui oleh pasar. Hal ini dilakukan ketika kamu bermain BitCoin dengan memakai penyedia layanan BitCoin. Tujuannya agar mereka tidak memiliki klien yang identitasnya tidak jelas. Dengan begitu, kerugian di waktu mendatang dapat dicegah.

Adanya keterbatasan penggunaan BitCoin

Melihat betapa harga BitCoin sangatlah mahal, pasti kamu akan sangat tertarik untuk memilikinya. Tapi kamu perlu ingat. Tidak semua perusahaan menerima pembayaran dengan BitCoin. Pada dasarnya, sosialisasi mengenai BitCoin masih sangatlah minim kepada masyarakat awam, begitu juga perusahaan. Ini bisa menimbulkan kerugian bagi kamu yang sudah memiliki BitCoin dengan susah payah, tapi bingung mau digunakan ke mana.

Pada akhirnya, penggunaan mata uang BitCoin hanya bisa digunakan kepada perusahaan yang memang sudah menerima pembayaran dengan cara ini dan itu sangatlah sedikit.

Bisa merugikan negara

Jika mau menarik garis lurus dengan keterbatasan penggunaan BitCoin yang di mana sangat sedikit orang yang tahu akan hal ini, maka terlihat kalau negara sendiri belum bisa menerima adanya BitCoin di masyarakat yang lebih luas. Pemerintah Indonesia belum meresmikan penggunaan BitCoin. Bahkan masih melarang adanya pembayaran transaksi BitCoin sesuai keputusan yang dibuat oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sekaligus pemerintah pusat.

Secara garis besar, pemerintah di seluruh dunia masih takut terhadap BitCoin karena bisa terjadi penurunan pendapatan negara dari pembayaran pajak. Ada juga negara yang sudah melegalkan BitCoin tapi masih takut dengan efek yang diberikan oleh mata uang lunak ini.

Harga bisa merosot secara tiba-tiba

Sama dengan nilai tukar mata uang di dunia, harga BitCoin juga bisa merosot secara tiba-tiba tergantung dari kondisi pasar mata uang virtual. Ketersediaan merchant yang menggunakan BitCoin hingga banyaknya orang yang menambang BitCoin juga bisa membuat harganya turun. Seperti hukum dagang biasa, semakin banyak barang yang tersedia, maka harga barang tersebut semakin turun. Hal ini berlaku juga terhadap BitCoin.

Selain itu, isu ekonomi global juga bisa membuat harga BitCoin merosot secara tiba-tiba. Apalagi jika ada negara besar yang melarang penggunaan BitCoin. Hal itu bisa membuat BitCoin semakin lemah. Contohnya Tiongkok yang sudah melarang penggunaan BitCoin sebagai alat pembayaran. Kamu harus memperhatikan betul bagaimana reaksi BitCoin terhadap isu global agar tidak mengambil langkah yang salah karena BitCoin tidak bisa didapatkan dengan mudah.

Tidak ada otoritas yang menjamin BitCoin

Berbicara mengenai pergerakan BitCoin di Indonesia, maka kamu sudah membaca di atas bagaimana pemerintah beserta otoritas keuangan melarang adanya BitCoin sebagai alat transaksi di sini. Tapi jika kamu masih berani mengambil langkah untuk memiliki BitCoin, kamu juga harus tau kalau tidak ada otoritas yang menjamin BitCoin di sini. Dengan tidak adanya otoritas itu, BitCoin adalah mata uang yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kepada pihak mana pun ketika mengalami masalah yang cukup besar dan itu menjadi kerugian yang cukup berefek.

Rentan penipuan

Luasnya dunia maya membuat ada banyak hal yang terdapat di dalamnya. Dari hal-hal positif hingga negatif seperti penipuan. Penipuan sangat bisa kamu dapatkan ketika berurusan dengan BitCoin. Apalagi belum ada regulasi yang mengatur segala transaksi seperti yang sudah dituangkan pada poin sebelumnya.

Untuk menghindari hal ini, kamu harus paham seluk-beluk BitCoin. Jangan hanya ikut-ikutan tren saja karena itu bisa membahayakan kelangsungan BitCoin milik kamu sendiri. Banyak modus penipuan yang biasa terjadi di dunia BitCoin seperti penyedia layanan BitCoin yang ternyata bisnisnya hanya tipuan belaka.

 

BitCoin adalah alternatif yang bisa kamu pilih untuk meraup untung maksimal, meski memiliki banyak hal yang patut dijadikan pertimbangan. Dengan mengetahui bagaimana ‘kerasnya’ dunia BitCoin, kamu bisa mendapatkan ilmu penting. Ketika nantinya berurusan dengan mata uang lunak ini kamu tidak mudah tertipu. Bagaimana menurut pendapatmu tentang mata uang digital BitCoin ini? Apakah kamu tertarik untuk mencoba menjadi penambang BitCoin dalam waktu dekat

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia