15 Text Editor Terbaik untuk Coding dan Pemrograman

15 Text Editor Terbaik untuk Coding dan Pemrograman

Bagi seorang programmer, coding merupakan kegiatan sehari-hari. Dalam melakukan coding, seorang programmer menggunakan text editor untuk membantu mempermudah pembacaan tag-tag dalam bahasa pemrograman. Jika semua teksnya berwarna sama, tentu akan sangat menyulitkan programmer dalam membedakan mana tag bahasa pemrograman dan mana teksnya. Untuk itu, di sini akan dibahas text editor terbaik untuk coding yang bisa dicoba.

Di sinilah text editor berperan penting dalam membantu proses coding. Dengan menggunakan text editor, seorang programmer bisa lebih mudah membedakan tag dan teks. Lalu, apa itu text editor? Yuk simak penjelasannya!

Baca juga: Panduan Dasar Text Editor Atom, Sublime, Notepad++

Apa itu Text Editor?

Text editor merupakan salah satu tools penting dalam keperluan coding di dunia pemrograman. Secara sederhana, text editor merupakan aplikasi yang dipakai programmer dalam menyusun kode saat proses pembuatan aplikasi ataupun website. Tanpa menggunakan text editor, tentu akan sangat menyulitkan programmer dalam membedakan tag dan teks.

Layaknya dalam dunia pertukangan, text editor juga memiliki klasifikasi berdasarkan lengkap tidaknya peralatan (tools) untuk keperluan coding. Di dalam text editor, terdapat beberapa tools yang yang berfungsi untuk membantu proses coding.

Baca Juga: Pengertian XAMPP, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Bagi pengguna sistem operasi Windows, kamu mungkin sudah pernah dengan dan menggunakan aplikasi Notepad. Nah, Notepad merupakan salah satu contoh text editor. Setelah Notepad, ada Notepad++ yang memiliki nama sama tapi fitur berbeda jauh. Di Notepad++ terdapat fitur lebih canggih dibanding Notepad.

Terdapat banyak sekali aplikasi text editor yang bisa digunakan di Windows. Mulai dari text editor dengan fitur sederhana, sampai yang fiturnya lengkap dengan plugin. Kita akan membahas beberapa rekomendasi text editor yang bisa kamu gunakan untuk membantu proses coding kamu.

Baca Juga: Apa Itu Flutter? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Tips Memilih Text Editor

Sebelum memilih text editor yang akan kamu gunakan, pastikan kamu melihat minimum requirement dari text editor tersebut. Hal ini karena setiap text editor memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda. Sebaiknya, kamu memilih text editor sesuai kebutuhan yang bisa berjalan lancar di komputer kamu. Artinya, jika kamu menggunakan komputer dengan RAM 2GB, maka tidak cocok jika kamu memilih Adobe Dreamweaver.

Dengan komputer ram 2GB, kamu lebih baik jika menggunakan text editor Notepad++ saja. Karena minimum requirement Notepad++ hanya 512 MB. Dengan begitu, komputer kamu tidak terasa berat saat ingin menjalankan aplikasi lainnya seperti browser misalnya.

Yuk kita simak rekomendasi text editor terbaik yang bisa kamu gunakan.

Baca juga : Belajar Coding untuk Pemula

Rekomendasi Text Editor Terbaik

Ada berbagai jenis software text editor terbaik yang bisa kamu gunakan. Tetapi, tidak semua text editor tersebut bisa berjalan dengan lancar di komputer kamu. Cek terlebih dahulu spesifikasi komputer kamu sebelum menggunakan text editor. Hal ini karena ada beberapa jenis text editor yang membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup tinggi.

Berikut ini rekomendasi text editor yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi komputer yang kamu gunakan.

1. Notepad++

text editor - notepad

Notepad ++ merupakan text editor terbaik versi gratis yang mendukung berbagai bahasa pemrograman. Aplikasi editor teks yang satu ini bisa berjalan dengan baik di komputer dengan ram 2GB. Selain ringan, Notepad++ juga sudah menyediakan fitur yang lengkap.

Notepad++ sudah mendukung fitur Convert Case, Line Operations, Comment/Uncomment, Auto-Completion, dan fitur menarik lainnya. Cocok bagi anda yang membutuhkan text editor gratis dengan fitur lengkap.

Baca Juga: Apa Itu Nginx? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

2. Emacs

text editor - emacs
Gambar: emacs

Emacs merupakan salah satu text editor yang populer di kalangan pengguna Linux di seluruh seluruh dunia. Aplikasi ini dikembangkan oleh GNU Project yang didirikan Richard Stallman pada 1976. Emacs merupakan singkatan dari Editor MACroS.

Bagi pengguna Linux, kamu mungkin perlu untuk mencoba text editor yang satu ini. Selain fiturnya yang lengkap, di situs resmi Emacs juga sudah disediakan dokumentasi penggunaan yang lengkap.

3. Bluefish

text editor - bluefish
Gambar: bluefish

Bluefish merupakan text editor terbaik yang disediakan untuk para programer dan developer dengan dukungan berbagai bahasa pemrograman. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis. Kamu bisa menjalan aplikasi Bluefish pada sistem operasi Linux, FreeBSD, MacOS-X, Windows, OpenBSD dan Solaris.

Ada beberapa fitur seperti tabs to spaces, join lines, lines to columns, strip whitespace, dan lainnya yang bisa kamu gunakan. Bluefish masuk dalam kategori aplikasi editor yang ringan. Sangat cocok untuk kamu yang membutuhkan aplikasi editor yang stabil digunakan dalam komputer dengan RAM minimal 2GB.

Baca Juga: Apa Itu NPM (Node Package Manager)? Ini Penjelasan Lengkapnya

4. Sublime Text

text editor - sublime
Gambar: sublime text

Text editor terbaik selanjutnya yaitu Sublime Text. Aplikasi editor yang satu ini memiliki fitur yang lengkap dengan tampilan yang lebih elegan. Tersedia mode gelap dan mode terang. Kamu juga bisa merubah warna tema pada aplikasi Sublime Text.

Saat ini Sublime Text sudah masuk pada versi 4. Aplikasi ini dikembangkan secara berkala. Sublime Text merupakan aplikasi berbayar. Tetapi kamu bisa menggunakan versi gratisnya untuk mencobanya terlebih dahulu.

Sublime Text adalah aplikasi yang ringan dan mendukung banyak bahasa pemrograman. Berikut yang baru pada Sublime Text 4 : GPU Rendering, Apple Silicon and Linuz ARM64, Tab Multi-Select, Context-Aware Auto Complete, Refreshed UI, Typescript, JSX and TSX Support, Superpowered Syntax Definitions dan Updated Python API.

5. Vim

text editor - vim
Gambar: Gonzalo123

Vim merupakan text editor yang disediakan untuk para programmer. Aplikasi ini dikenalkan pada 1991 dan menjadi salah satu text editor terbaik sampai saat ini dikalangan pengguna Linux.

Dari sisi penggunaan, vim cenderung lebih sulit dibanding dengan text editor lainnya. Hal ini karena tidak adanya GUI pada text editor ini. Bagi yang sudah terbiasa dengan Linux, aplikasi editor yang satu ini sangat cocok untuk kamu coba.

Tampilan pada vim sangatlah sederhana. Namun jika kamu menginginkan kecepatan editing, vim adalah juaranya. Vim merupakan salah satu text editor paling ringan yang paling sering digunakan. Aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis.

Baca Juga: Pengertian GitHub, Fungsi dan Cara Menggunakannya

6. Visual Code Studio

text editor - visual code studio
Gambar: visaul code studio

Visual Studio Code (VSCode) merupakan salah satu text editor buatan Microsoft yang memiliki fitur lengkap. Text editor ini juga sudah disediakan untuk sistem operasi Linux dan MacOS. Visual Studio merupakan text editor dengan tampilan yang elegan. Kamu akan merasakan sensasi editing yang menyenangkan dengan menggunakan visual studio.

Beberapa fitur unggulan pada visual studio adalah Meet IntelliSense, Print statement debugging is a thing of the past, Git commands built-in, Extensible and customizable, dan fitur menarik lainnya.

Visual studio juga sudah mendukung banyak bahasa pemrograman. Beberapa diantaranya JavaScript, Python, Java, Markdown, TypeScript, C/C++, JSON, Powershell, HTML/CSS, C#, PHP, YAML dan masih banyak lainnya.

Kamu juga bisa menggunakan extension yang sudah disediakan pada Visual Studio. Tersedia banyak sekali ekstension yang bisa membantu kamu dalam menulis kode.

Baca juga : Cara Mengatasi Visual Editor WordPress Tidak Muncul

7. Komodo Edit

komodo edit
Gambar: komodoedit

Komodo Edit merupakan text editor yang juga disediakan secara gratis. Komodo edit diperkenalkan pada Januari 2007 untuk melengkapi Komodo IDE.

Fitur yang ada pada Komodo Edit di antaranya Multi-Language Editor, Auto-Complete & Calltips, Multiple Selections, Toolbox, Projects & Places Manager, Skins &, Icon Sets, Minimap, Track Changes, dan masih banyak lagi.

8. Atom

atom
Gambar: atom

Atom merupakan salah satu text editor yang bersifat open source. Atom bisa kamu gunakan secara gratis. Fitur yang ada pada text editor ini sudah cukup lengkap. Di situs resminya, Atom juga sudah menyediakan dokumentasi penggunaan yang lengkap. Kamu bisa membacanya terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan Atom sebagai text editor kamu.

Berikut fitur unggulan pada Atom Cross-platform editing yakni Built-in package manager, Smart autocompletion, File system browser, Multiple panes, Find and replace

9. Geany

geany
Gambar: Geany

Selanjutnya, ada Geany. Geany merupakan salah satu text editor yang ringan dan bersifat open source. Text editor yang satu ini terkenal dengan kestabilannya dalam hal editing teks.

Saat ini, Geany sudah tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan MacOS. Komunitas pengguna Geany bisa kamu cek di situs resminya.

Baca Juga: Apa itu CRUD? Definisi, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

10. Brackets

brackets
Gambar: brackets

Brackets merupakan salah satu aplikasi text editor yang dibuat untuk para pengembang website. Aplikasi text editor ini dipublikasikan oleh Adobe secara open source. Brackets berfokus pada text editor dengan tampilan visual yang modern dan elegan. Selain bisa menggunakannya sebagai text editor, kamu juga bisa ikut berkontribusi dalam pengembangan Brackets.

11. Intype

intype
Gambar: Softpedia.com

Intype merupakan aplikasi text editor yang ringan. Dari segi tampilan, aplikasi ini mirip dengan notepad++. Bagi pengguna notepad++ tentu sudah familiar jika menggunakan aplikasi intype. Fitur-fitur dan navigasi dalam intype hampir mirip dengan notepad++.

Aplikasi editing yang satu ini cocok bagi kamu yang sedang mencari aplikasi editing teks yang ringan namun memiliki fitur yang lengkap.

Baca Juga: HTML5: Pengertian dan Perbedaannya Dengan HTML

12. Ultraedit

ultraedit

UltraEdit merupakan text editor berbayar yang disediakan oleh pendiri IDM Computer Solutions Inc. Aplikasi editor teks yang satu ini bisa dijalankan pada Windows, Linux dan OS X. Bagi kamu yang ingin mencoba teks editor yang satu ini, silahkan cek selengkapnya di situs resmi Ultraedit.

13. AIDE

aide

AIDE merupakan text editor yang disediakan bagi para programmer yang ingin mengembangkan aplikasi secara langsung melalui aplikasi android. Teks editor ini dapat dibangun dengan SDK, Phonegap, NDX hingga Java sehingga sangat cocok untuk membuat program yang berkaitan dengan bahasa tersebut. Kamu bisa mendownloadnya di PlayStore.

Baca Juga: Apa itu XML? Pengertian, Contoh & Cara Membuka XML

14. Netbeans

netbeans
Gambar: opensource

NetBeans merupakan salah satu software untuk editing teks yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java. Aplikasi ini sudah mendukung beberapa bahasa pemrograman. Diantaranya bahasa pemrograman JavaScript, Java, HTML5, PHP, C/C++, dan lainnya.

15. Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver merupakan program aplikasi text editor yang dibuat oleh Adobe. Dulunya aplikasi ini dikenal dengan nama Macromedia Dreamweaver yang dibuat oleh Macromedia. Aplikasi ini sering digunakan oleh desainer website karena fitur-fiturnya yang menarik. Serta kemudahan dalam penggunaan juga membuat aplikasi Adobe Dreamweaver menjadi salah satu editor teks yang direkomendasikan untuk kamu gunakan.

Namun sayangnya aplikasi ini berbayar. Kamu bisa mencoba versi trialnya terlebih dahulu sebelum membeli lisensinya.

Baca Juga: Apa itu Composer? Penjelasan & Pentingnya bagi Developer

Mana Text Editor Pilihanmu?

Setelah membaca berbagai jenis text editor, sekarang waktunya kamu menentukan text editor terbaik yang paling cocok untuk kamu gunakan. Kamu bisa mencobanya satu per satu sebelum benar-benar memilih text editor. Dengan begitu kamu akan menemukan teks editor yang paling kamu sukai.

Demikian artikel mengenai teks editor. Buat kamu yang membutuhkan layanan hosting untuk website yang sudah kamu buat. Silahkan gunakan cloud hosting di Dewaweb. Salam online!