Kenali Bahaya WiFi Publik dan 7 Tips Aman Menggunakannya

Kenali Bahaya WiFi Publik dan 7 Tips Aman Menggunakannya

WiFi publik atau free WiFi adalah fasilitas yang banyak diminati orang saat ini. Menggunakan WiFi publik memang nyaman, hemat dan praktis. Namun, sayangnya ada berbagai risiko keamanan yang menghantui. Menjamurnya layanan hosting murah berkualitas memberikan banyak manfaat untuk aktivitas digital, terlebih yang memiliki toko online sendiri. Namun, kamu perlu bijak saat mengakses server hosting agar terhindar dari berbagai ancaman yang salah satunya dapat masuk melalui akses WiFi public.

Untuk terhindar dari berbagai ancaman free WiFi yang membahayakan, di artikel berikut akan dijelaskan beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar lebih aman saat mengakses internet melalui WiFi publik. Simak sampai selesai ya!

Bahaya Penggunaan WiFi Publik

WiFi publik adalah salah satu fasilitas umum yang sangat digemari banyak orang. Meski menggunakan free WiFi hotspot memiliki banyak keuntungan, namun sayangnya tidak selalu aman. Justru, penggunaan WiFi publik dengan sembarangan dapat berisiko terkena ancaman digital yang membahayakan keamanan data dan perangkatmu.

Lantas, apa saja risiko penggunaan WiFi publik yang tidak aman?

Serangan Man-in-the-Middle

Salah satu risiko berbahaya dari penggunaan WiFi publik adalah terkena MitM atau Man in the Middle attack. Pasalnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bahayanya serangan Man in the Middle attack. Serangan ini bekerja dengan cara menyusup di tengah “percakapan” antara korban dan server yang dituju. Sehingga, seringkali korban tidak menyadari ketika serangan tengah menimpanya. Peretas memposisikan diri di antara dua perangkat yang saling terkoneksi dan menyadap.

Untuk mendapatkan data korban, peretas biasanya menggunakan metode Phising. Phising sendiri merupakan upaya penipuan untuk mendapatkan informasi atau data pribadi yang sifatnya penting, di antaranya nama lengkap, password, dan lainnya. Salah satu contoh skenarionya adalah peretas akan mengirimkan email yang seolah-olah itu dikirim oleh pihak bank yang berisi tautan ke sebuah situs yang mirip dengan situs bank tersebut dan diminta untuk login.

Phishing dan Smishing

Selain serangan MitM, phising merupakan ssalah satu risiko berbahaya dari penggunaan WiFi publik. Phishing adalah upaya penipuan untuk mendapatkan informasi atau data pribadi seperti nama lengkap, password, dan lainnya. Salah satu contoh metode phishing adalah mengirimkan email yang seolah-olah dari pihak bank/instansi resmi yang berisi tautan ke sebuah situs yang mirip dengan situs asli bank/instansi tersebut dan diminta untuk login.

Korban yang tidak sadar terhadap situs palsu tersebut, tidak akan ragu untuk memasukan kredensial login. Padahal, korban sebenarnya sedang menyerahkan kredensial login kepada peretas.

Selain Phising, ada juga Smishing yang merupakan penipuan untuk mendapatkan data menggunakan pesan SMS. Peretas akan mengirimkan pesan SMS yang seolah mengatasnamakan pihak resmi dengan menyisipkan tautan yang apabila diklik akan mengarahkan korban ke situs milik pelaku.

Malware

Menggunakan WiFi publik juga rawan terkena malware. Perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses free WiFi memiliki banyak risiko disisipi malware berbahaya. Malware digunakan untuk melakukan pencurian data dan juga bisa merusak sistem operasi suatu perangkat gadget. Bahkan, semua data yang ada di dalam perangkat gadget bisa saja hilang karena malware.

Tips Aman Menggunakan WiFi Publik

1. Tingkatkan keamanan perangkat

Sebelum menggunakan akses WiFi publik, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan keamanan ke dalam perangkat laptop. Kamu dapat melakukan beberapa langkah seperti menonaktifkan fitur computer sharing agar orang lain tidak dapat mengakses data di dalam perangkat saat menggunakan jaringan WiFi yang sama.

Bagi pengguna perangkat yang dijalankan pada OS Windows 8, kamu dapat masuk ke menu control panel, kemudian klik network and Intenet. Setelah itu, buka pilihan choose homegroup and sharing option untuk mematikan fitur sharing.

Sementara pengguna Mac OS X, kamu dapat masuk ke menu system preferences, pilih sharing dan hapus semua centang yang ada di dalamnya. Instal aplikasi anti-virus terbaik pada gadget dan update secara berkala. Lakukan juga full scanning secara berkala pada sistem kamu agar keamanan data-data selalu terjamin.

Baca juga: 4 Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mudah

2. Pergunakan jaringan yang dikenal dengan bijak

Saat ingin menggunakan jaringan WiFi publik di sebuah kafe atau restoran, hindari penggunaan WiFi secara asal. Tanyakan terlebih dulu pada pengelola mengenai jaringan yang disediakan khusus untuk para pelanggan.

Dengan menggunakan akses WiFi yang jelas, kamu dapat menghindari jebakan WiFi yang menggunakan nama yang mirip, sehingga menghindari ancaman yang akan menyerang perangkat. Jangan biarkan gadget kamu otomatis bergabung dengan hotspot terbuka yang ada di, walaupun itu adalah tempat nongkrong yang familiar bagimu.

Biasakan untuk melakukan hal tersebut dengan cara memilih forget this network pada settings WiFi agar kamu tidak otomatis login kembali di sana. Hindari juga melakukan online banking atau membuat transaksi di hotspot publik. Tunda hal tersebut di jaringan yang lebih aman seperti di kantor atau rumah, di mana hotspot-nya private dan terkunci.

Baca juga: Proxy: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat dan Jenis-jenis Proxy

3. Gunakan HTTPS

Menggunakan HTTPS atau SSL Certificate juga dapat mengamankan data kamu dari pihak tidak bertanggung jawab. Itulah mengapa situs perbankan atau situs yang memuat data penting di dalamnya menggunakan HTTPS.

Ketika memasukkan data pribadi di sebuah website atau toko online, pastikan halaman tersebut menggunakan HTTPS. Ini ditandai dengan gembok berwarna hijau di awal URL-nya. Kamu dapat juga memasang add-on pada browser yang nantinya akan bekerja untuk mengenkripsi datamu.

4. Aktifkan firewall

Firewall dapat mengawasi koneksi internet yang masuk maupun keluar. Walaupun proteksi yang diberikan Firewall tidak secara menyeluruh, namun Firewall dapat membantumu menggunakan WiFi publik dengan aman.

Untuk mengaktifkannya, masuklah ke Control Panel, klik Windows Firewall, lalu klik Turn Windows Firewall On atau Off. Selanjutnya, lakukan verifikasi bahwa Windows Firewall aktif dengan memasukkan kata sandi dari administrator.

Baca juga: Cara Install VPN dan Setting VPN Client di VPS CentOS 7

5. Ubah koneksi dengan VPN (Virtual Private Network)

Cara menggunakan WiFi public berikutnya adalah dengan mengubah koneksi dengan VPN (Virtual Private Network) dengan memasang sejumlah program atau aplikasi seperti Hotspot Shield atau OpenVPN.

Kedua program tersebut bekerja untuk mengubah IP address menjadi anonim, mengenkripsi semua situs yang memuat data penting menjadi HTTPS, memungkinkan kamu dapat mengakses situs terblokir dengan aman, melindungi perangkat dari malware, phishing, spam, dan situs berbahaya lainnya, serta mengaktifkan keamanan Wi-Fi guna mencegah hacker mencuri informasi pribadimu. Sebab, bukan tidak mungkin WiFi bisa mengetahui apa yang kita buka.

6. Nonaktifkan koneksi otomatis ke WiFi

Berbagai perangkat atau gadget saat ini memang berusaha untuk menawarkan fitur yang memudahkan penggunanya, salah satunya adalah fitur terhubung ke jaringan publik secara otomatis. Bahkan pada banyak sistem gadget, opsi ini diaktifkan secara default. Namun, bahayanya dengan menghubungkan perangkat secara otomatis maka akan membuka kesempatan bagi oknum kejahatan siber untuk mensisipi malware atau melakukan pencurian kata sandi.

Untuk menghindarinya, matikan Wifi saat tidak menggunakannya. Kamu juga disarankan untuk menonaktifkan koneksi otomatis ke jaringan. Gunakan opsi forget network pada jaringan Wifi publik segera setelah selesai menggunakannya.

7. Perhatikan orang sekitar saat mengakses WiFi

Yang terakhir, perhatikan sekitarmu ketika menggunakan Hotspot. Pastikan tidak ada satu pun orang yang melihat ketika login ke Operating System, email, pesan instan, atau akun lainnya. Jangan pernah meninggalkan laptop atau gadget tanpa pengawasan walau hanya sebentar.

Ketika berinternet ria, usahakan menjaga kontak dengan orang-orang sekitar dan pastikan tidak ada orang yang memperhatikan secara fokus untuk jangka waktu yang lama. Jangan buka website atau direktori tidak ingin orang lain tahu kamu membukanya.

Terapkan Tips Aman Menggunakan WiFi Publik

Cukup mudah bukan langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakan jaringan WiFi publik dengan aman? Selain dapat mengamankan data yang tersimpan ke dalam perangkat, langkah tersebut dapat mencegah berbagai virus yang akan masuk ke dalam website saat memasukkan file dan data melalui server web hosting Indonesia.

Selain tips penggunaan WiFi publik ini, Dewaweb juga telah membuat artikel tentang cara mengganti password WiFi yang pastinya bermanfaat untukmu. Selamat mencoba!