dewaweb-blog-tips-membuat-judul-konten-menarik

Mungkin Anda pernah memperhatikan bahwa artikel-artikel dari website seperti BuzzFeed dan Upworthy mendapat banyak klik, views, dan pengunjung website. Apa kira-kira alasannya? Satu faktor yang berhasil membantu mereka mendatangkan banyak pengunjung website adalah mereka memiliki judul atau headline artikel yang menarik dan engaging.

Baca juga: Cara Menulis Konten Berkualitas dan Menarik

Hal pertama yang dilihat seseorang saat melihat konten adalah judul. Judul konten adalah faktor penting dalam menjual sebuah konten. Bagi Anda pemilik website e-commerce, calon pelanggan Anda akan membuat kesan pertama mereka tentang brand Anda dari headline yang Anda gunakan. Tujuan utama sebuah judul konten bukanlah hanya semata-mata menjual barang atau layanan Anda. Mereka juga harus bisa membuat pembaca mau membaca artikel sampai selesai.

Dalam kegiatan digital marketing, judul atau headline sebuah konten digunakan untuk SEO, email marketing, dan social media marketing. Oleh karena itu, membuat judul konten yang menarik dan engaging menjadi suatu keharusan.

Ada banyak pertanyaan yang biasa ditanyakan tentang headline. Seberapa panjang sebaiknya sebuah judul? Apakah ada limit jumlah kata? Haruskah judul Anda hanya dioptimasi untuk SEO?

Di artikel kali ini, kami ingin berbagi tips membuat judul atau headline yang engaging dan menarik. Kalau ingin tahu, yuk lanjut baca artikelnya.

Gunakan Formula 4U Untuk Judul Konten Anda

Tidak ada headline yang benar atau salah, tetapi memang ada jenis headline yang sudah terbukti bekerja. Dengan mengikuti formula yang mirip, judul yang Anda buat bisa mendorong orang-orang untuk mengklik konten Anda dan membacanya. Melanie Duncan, seorang blogger, membuat formula 4U. Formula ini dipercaya dapat mendorong pengunjung website untuk membaca konten Anda sampai selesai.

Useful

Coba pikirkan headline seperti apa yang akan Anda klik ketika Anda sedang melihat news feed Anda. Salah satu jenis judul artikel yang akan Anda klik biasanya adalah artikel yang menawarkan sesuatu yang bermanfaat untuk Anda.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama; tawarkan manfaat kepada pembaca Anda di judul Anda. Mulai dengan mencoba mengerti apa yang audience Anda ingin ketahui dan tawarkan hal itu kepada mereka. Judul ini harus mengidentifikasi sebuah masalah dan menawarkan solusi. Begitu juga dengan isi artikelnya.

Poin ini bisa digunakan baik oleh perusahaan yang menawarkan produk maupun jasa. Kedua-duanya memang bisa membantu penggunanya untuk menyelesaikan masalah. Biasanya jenis artikel yang memiliki headline seperti ini adalah artikel-artikel how-to dan listicles.

Urgent

Salah satu cara blogger biasa menarik perhatian pembacanya adalah dengan membuat headline yang membuat nuansa urgent. Dengan nada judul yang penting, orang-orang biasa akan lebih tertarik untuk klik pada artikel itu. Mereka pasti tidak mau ketinggalan berita-berita yang sedang ramai dibicarakan, membantu, dan informatif.

Dari 4U, Urgency adalah poin yang paling susah untuk dilakukan karena belum tentu karakteristik ini sesuai dengan topik artikel Anda. Poin ini banyak digunakan di berita-berita TV.

Unique

Orang-orang senang membaca sesuatu yang unik. Biasanya sesuatu yang unik dapat langsung menarik perhatian seseorang dan membuat mereka ingin mengklik artikel tersebut. Kebanyakan website menggunakan plesetan kata-kata di judul mereka untuk menarik perhatian. Salah satu website yang memiliki judul-judul unik adalah Buzzfeed.

Ultra-Specific

Anda pasti sering melihat judul-judul artikel yang menggunakan angka. Nah, judul artikel seperti inilah yang dimaksud dengan ultra-specific. Pembaca akan tahu pasti apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mengklik artikel ini.

Dengan memastikan bahwa judul Anda memiliki keempat unsur ini, Anda akan menarik perhatian lebih banyak pembaca. Selain keempat unsur di atas, masih ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat judul yang menarik dan engaging.

Tips Membuat Judul yang Menarik dan Engaging

Pastikan manfaat dari artikel itu terlihat dari judulnya

Jika judul konten Anda menjanjikan sebuah manfaat, orang-orang akan terdorong untuk mengklik dan membaca artikelnya. Seperti yang sudah disebutkan di atas, orang-orang akan lebih mungkin mengklik sebuah artikel jika mereka tahu apa yang akan mereka dapatkan. Judul Anda harus bisa meyakinkan pembaca bahwa mereka akan mendapat sesuatu dengan membaca artikel Anda. Untuk bisa melakukan ini dengan sukses, Anda perlu mengenal audience Anda. Salah satu contoh judul artikel yang menunjukkan manfaat adalah artikel dari HuffingtonPost yang berjudul “The Best Salmon Recipes For Quick and Easy Dinners”. Dari judulnya, orang-orang akan tahu bahwa dari artikel tersebut, mereka akan mendapatkan resep salmon yang dapat dimasak dengan cepat dan mudah untuk makan malam.

Gunakan perbandingan di judul untuk menarik perhatian

Ketika Anda melakukan perbandingan pada judul konten, orang-orang biasanya akan penasaran apa hubungan di antara kedua hal itu. Setiap hari, orang-orang membuat banyak keputusan. Konten dengan judul yang mengandung perbandingan akan membuat orang penasaran. Mengapa penulis konten merasa hal A lebih baik dari hal B? Ini akan mendorong mereka untuk membaca artikel Anda. Selain itu, artikel perbandingan juga dapat membantu pembaca untuk menentukan mana hal atau produk yang tepat untuk mereka.

Baca juga: 7 Tips Content Marketing Untuk Bisnis B2B 

Masukkan angka pada judul konten

Salah satu jenis konten paling popular di Internet adalah jenis konten listicles – yaitu konten yang berbentuk daftar. Orang-orang senang membaca listicles karena ini mudah dibaca dan menyimpan waktu. Oleh karena itu, memasukkan angka pada judul konten bisa menarik perhatian pembaca. Jika Anda mengakses website Buzzfeed, Anda akan melihat banyak headline yang memiliki angka pada judulnya.

Artikel yang menggunakan angka di judulnya biasanya adalah artikel yang berisi tips dan tricks. Oleh karena itu, ada baiknya Anda merencanakan untuk mencoba membuat artikel-artikel tips dan tricks yang bisa langsung dicoba oleh pembaca artikel.

Gunakan keyword pada judul

Jika Anda menggunakan keyword di seluruh artikel, Anda juga harus memasukkannya ke dalam judul. Pembaca akan tahu apa isi artikel Anda dan apa yang dapat mereka harapkan dari membacanya; begitu juga dengan mesin pencari. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan judul seperti “Apa yang Membuat (Keyword) Sangat Penting dalam (Keyword).”

Dengan memasukkan keyword pada judul, Anda akan menarik lebih banyak klik dan pembaca, mendapatkan lebih banyak share di social media, peringkat lebih tinggi di SERPs, dan mendapatkan lebih banyak traffic website. Ketika seseorang mencari keyword tersebut dan Google memunculkannya di halaman hasil pencarian, pengguna akan tahu bahwa postingan Anda memiliki apa yang mereka cari.

Salah satu yang mungkin Anda perlu ingat, judul tidak hanya untuk artikel saja. Tetapi judul juga digunakan untuk setiap jenis konten yang Anda buat; mulai dari video, podcast, email, dan bahkan postingan social media. Langkah-langkah di atas bisa diterapkan untuk semua jenis konten ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Keyword Research

Simpulan

Judul atau headline adalah hal pertama yang dilihat orang dari merek Anda sebelum memutuskan apakah akan mengklik konten Anda atau tidak.  Meskipun tidak ada cara yang mutlak untuk menulis judul, ada beberapa formula utama yang dapat Anda ikuti untuk membuat yang lebih baik. Untuk memulai, Anda harus menggunakan formula 4U. Judul Anda harus selalu useful (bermanfaat), urgent (mendesak), unique (unik), dan ultra-specific (sangat spesifik). Membuat konten Anda menjadi panduan yang dapat langsung dilakukan adalah cara klasik untuk meyakinkan pembaca bahwa mereka tidak akan menyesal membaca postingan Anda karena ini dapat menyelesaikan masalah mereka. Selain itu, membuat mereka penasaran juga akan mendorong pengunjung website untuk membaca artikelnya. Bagaimana biasa Anda menulis judul konten Anda? Kalau Anda memiliki tips & tricks yang belum ada di artikel ini, tinggalkan komen di bawah! Semoga artikel ini membantu!