Tips Pindah Postingan dan Redirect URL dari Blogger ke WordPress

Tips Pindah Postingan dan Redirect URL dari Blogger ke WordPress

WordPress menjadi software website builder yang paling populer, karena memiliki fitur lengkap, stabil, dan mudah digunakan.

Untuk pengguna hosting Indonesia  yang ingin redirect blogger ke WordPress, ada baiknya menyimak tips yang satu ini. Maka sahabat Dewaweb dapat bermigrasi secara aman dan tidak mendapatkan masalah di kemudian hari.

Baca Juga: Daftar Ide Topik Blog Populer dan Unik serta Tools untuk Membantu

Migrasi Postingan dari Blogger ke WordPress

Proses pertama yang harus dilakukan pengguna web hosting Indonesia saat ingin migrasi adalah login ke dalam akun WordPress. Jika sudah, Anda dapat klik tombol tools, kemudian pilih Import dan klik Blogger.

Selanjutnya, Anda dapat meng-install plugin bernama Blogger Importer, kemudian mengaktifkannya dan klik Authorize untuk memberi izin WordPress mengakses akun Blogger Anda.

Jika proses di atas sudah dilakukan, maka Anda akan melihat daftar blog yang akan di import ke WordPress, lalu klik tombol Import dan tunggu prosesnya. Setelah selesai, Anda dapat mengkliknya, kemudian pilih Author yang sesuai dengan akun Blog Anda.

Langkah terakhir adalah klik Save Changes, dan migrasi Anda dari Blogger ke WordPress sudah selesai.

Baca Juga: Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Blogger Pemula

Redirect URL Blogger ke WordPress

Setelah pengguna web hosting Indonesia mentransfer postingan dari Blogger ke WordPress, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah meng-redirect URL blogger ke WordPress.

Pertama, Anda diharuskan memasang plugin bernama Blogger To WordPress Redirection. Jika sudah terpasang, klik Tools dan buka plugin tersebut. Proses dilanjutkan dengan klik tombol Start Configuration, dimana plugin akan bekerja otomatis untuk mendeteksi blog yang telah Anda import.

Dalam menu ini, Anda dapat klik Get Code pada nama Blogger yang ada. Lalu, Anda akan menemukan kode template yang harus di-copy dan paste pada Editor HTML template pada akun Blogger Anda.

Caranya, login ke akun Blogger Anda, lalu buka Dashboard Blogger, kemudian klik Template dan pilih Edit HTML. Jika sudah, paste kode template yang tadi Anda copy, dan klik Save Template.

Baca Juga: Istilah Umum Dalam Blogging Yang Perlu Anda Ketahui Beserta Definisinya

Proses singkat di atas dapat dilakukan oleh Anda sebagai pengguna hosting murah berkualitas saat ingin migrasi dari blogger ke WordPress. Ada baiknya, Anda melakukan backup terlebih dahulu.

Kemudian, lakukan juga uji coba dengan membuka salah satu url postingan Blogger Anda, apakah page tersebut sudah otomatis teralihkan ke halaman WordPress.

Nah, cukup mudah bukan? Sahabat Dewaweb, selamat mencoba!