Strategi Visual Konten Blog - Dewaweb

Anda para blogger, perlu baca panduan komprehensif soal strategi visual content marketing paling update ini. Aspek visual seperti gambar memang sangat krusial demi web visitor Anda. Jika Anda ingin membuat pembaca blog Anda bertahan lebih lama di website/ page Anda, pastinya Anda harus tahu bagaimana caranya.

Sebentar, mengapa sih Anda harus membuat pembaca Anda tertahan lama pada page Anda? Para ahli SEO menyatakan, lamanya web visitor mengakses suatu page akan menjadi faktor penentu bagi mesin telusur semacam Google untuk menaikkan peringkat Anda pada halaman hasil pencarian (SERP). Jika ranking Anda meningkat di Google, Anda bisa dapat lebih banyak lagi web visitor. Hal ini dikarenakan pengguna Google cenderung mengakses page yang disarankan di halaman pertama dengan ranking bagus saja.

Lalu, penelitian yang dilakukan oleh Microsoft menyatakan bahwa kita sekarang punya rentang perhatian yang lebih pendek dari ikan emas. Ikan ‘mas? Ya, hewan satu ini diteliti memang punya daya fokus yang pendek.

goldfish attention span - dewaweb copy

Apakah ini buruk? Bagi kami, ini kenyataannya dan inilah mengapa menarik perhatian web visitor Anda menjadi pekerjaan yang semakin sulit.

Rentang waktu perhatian rata-rata pada tahun 2000 sudah tergolong pendek, yaitu 12 detik. Nah, penelitian dari Microsoft tersebut menemukan bahwa rentang perhatian rata-rata sekarang bahkan telah menurun ke angka 8 detik .

Dengan begitu, tidak heran kalau 73% pembuat konten merasa prioritas utama mereka memang lebih kepada penciptaan konten yang menarik secara visual. Bagaimana caranya? Gunakan strategi visual dari kami berikut ini!

Tips Visual Content Marketing

Buat Konten Gambar Anda Sendiri

Buatlah konten gambar Anda sendiri. Saat ini memang sudah banyak aplikasi/ software yang bisa Anda gunakan untuk desain gambar ilustrasi. Anda juga bisa memotret dengan kamera Anda sendiri untuk dimasukkan kedalam konten blog/ website Anda.

Tapi, sebenarnya Anda yang tak punya software semacam Photoshop atau Adobe InDesign, tak perlu khawatir. Ada website yang bisa Anda akses sebagai online tool dalam membuat gambar dengan mudah tanpa kemampuan teknis layaknya desainer grafis yaitu Canva .

Canva Homepage Visual - Dewaweb

Canva adalah alat desain grafis online gratis. Canva ini punya banyak sekali template bagi setiap jenis konten visual yang Anda ingin buat. Apa saja? Mulai dari selebaran dan sampul CD hingga CV dan kartu pos. Canva juga menawarkan perpustakaan gambar yang komprehensif dilengkapi dengan filter gambar. Anda jangan takut dulu, penggunaannya benar-benar mudah.

Gunakan Free Royalty Photo Stock

Saat ini, sebenarnya sudah tersedia banyak sekali website stok foto yang free royalty. Maksud dari free royalty adalah, Anda bisa menggunakan gambar/ foto tanpa harus membayar sejumlah uang untuk hak gunanya.

Salah satu website-nya adalah Kaboompics . Kaboompics ini memang lebih banyak menyediakan foto yang artistik dan kekinian dengan sentuhan filter yang disukai anak muda. Cocok untuk mencari konten visual yang akan digunakan oleh blogger fashion, interior design, atau sekadar blog personal. Jika Anda ingin menyamakan tema warna dari foto untuk ditaruh ke template website Anda dengan warna tertentu pula, Anda bisa pakai alat penyaringan pencarian berdasarkan jenis warna.

Kaboompics Filter - Dewaweb

Ingin tahu lebih banyak lagi website semacam ini? Baca daftar 20 Website Stock Photo Gratis yang telah kami buat sebelumnya.

Buat infografik

Bagi Anda yang membuat blogpost informatif yang memuat beberapa data atau fakta singkat. Akan lebih baik jika Anda menambahkan infografik, dibanding sekadar mencantumkan sederet kata-kata berupa teks langsung. Mengapa? Anda tentunya tak mau membuat pembaca/ web visitor Anda bosan dengan apa yang mereka baca. Jadi, ringkaslah beberapa hal menarik dari penjabaran Anda tersebut kedalam sebuah infografik atraktif.

Coba contoh apa yang dibuat oleh sebuah media berita Tirto.id berikut ini!

Infografik Tirto- Dewaweb

Tambahkan Screenshot Bila Memungkinkan

Jika Anda membuat sebuah konten yang bersifat teknis. Misalkan, Anda membuat konten mengenai Cara Navigasi Client Area di Website Baru Dewaweb, maka cobalah untuk melakukan screenshot pada beberapa langkah yang harus dikerjakan oleh pembaca Anda. Hal ini dilakukan untuk mempermudah mereka dalam melakukan setiap langkah-langkahnya. Selain itu, yang utama adalah untuk menahan mereka lebih lama mengakses blog Anda dan membaca konten Anda sampai habis.

Berikut contohnya dari blogpost kami!

Cara Navigasi SS 1 - Dewaweb

Contoh kedua:

Cara Navigasi SS 2 - Dewaweb

Cara Melakukan Screenshot di Mac

Tekan tombol Command, Shift dan 4 secara bersamaan. Gambar akan langsung tersimpan di layar Dekstop Anda.

Cara Melakukan Screenshot di Windows

Tekan tombol berlogo Windows dan Printscreen secara bersamaan.

Ada banyak cara lain untuka melakukan screenshot terhadap layar Anda. Anda bisa pakai berbagai aplikasi online yang lebih banyak pilihan pengaturannya semacam screenshot penuh satu tampilan page pada website tertentu dsb.

Gunakan Memes Menarik

Apakah Anda tahu memes? Memes adalah sesuatu hal yang menjadi terkenal lewat Internet. Memes bisa berupa gambar, video, atau bahkan orang itu sendiri yang sedang ditampilkan. Dikatakan meme jika dibuat dan diunggah ke Internet serta menyebar secara luas hingga viral dan dipakai ulang gambarnya oleh orang lainnya.

Kami juga kerap menggunakan strategi visual satu ini untuk menahan rentang waktu perhatian pembaca blog kami.

Berikut contohnya seperti yang kami tulis pada artikel Cara Mengatasi Plagiat Blog/ Web!

Meme Plagiat Konten - Dewaweb

Tambahkan GIF Atraktif

GIF adalah gambar bergerak yang tidak seperti video panjang. Jika Anda pernah memakai fitur Instastory, Anda pasti pernah membuat potongan klip pendek, itulah GIF.

Anda bisa cari berbagai GIF menarik di berbagai website dan download atau taruh kodenya pada text editor di CMS Anda (WordPress, Blogspot, dan lain-lain). GIPHY adalah salah satunya.

GIPHY Dewaweb

Masukkan Video

Selain membuat pembaca Anda mengakses page Anda lebih lama karena sedang asyik menonton video yang Anda sajikan, jika Anda melakukkan embed video pada blogpost, sebenarnya Anda juga menaikkan poin ranking Anda. Mengapa? YouTube sudah jelas memiliki Domain Authority yang bagus mengingat, ia adalah satu-satunya platform video yang sering orang-orang akses sepanjang waktu. Namun, hal ini hanya berlaku jika video yang Anda masukkan relevan dengan topik yang sedang Anda paparkan.

Contohnya adalah pada blog laatouche.com berikut ini, dimana blogger sedang membahas pengalamannya menonton konser musik klasik di Jakarta yang terasa seperti berada di luar negeri. Ia menyelipkan video rekaman konser di page-nya.

La Touche Dewaweb

Cara Memasukkan Embed Video YouTube ke WordPress

Klik “Share” yang ada di bawah video YouTube yang ingin Anda taruh di blog Anda. Kemudian, klik “Embed”.

Embed YouTube Dewaweb

Lalu Copy code dan salin di Post Editor Anda bagian “Text” bukan “Visual”. Selipkan di posisi yang Anda mau, coba taruh kursor dan klik di bagian “Visual” terlebih dahulu untuk memperkirakan posisi lalu klik bagian “Text” dan tempel kode embed.

Embed Video YouTube Dewaweb

Simpulan

Dengan membaca artikel kali ini, Anda sudah mendapat strategi jitu terkait konten visual untuk diterapkan pada website/blog Anda. Jika Anda sudah menerapkannya, Anda bisa meningkatkan web traffic dan membuat pengunjung website tersebut membaca konten Anda sampai habis karena aspek visual yang menarik. Sebagai provider hosting murah dan vps murah, khususnya cloud hosting Indonesia dengan kualitas internasional , kami berkomitmen untuk membantu Anda sukses secara online. Jangan lupa subscribe email kami ya, selamat mengembangkan usaha Anda!