7 Strategi Visual Marketing Jitu untuk Menarik Pelanggan

7 Strategi Visual Marketing Jitu untuk Menarik Pelanggan

Kalau kamu adalah seorang blogger, kamu perlu membaca panduan komprehensif tips SEO visual content marketing berikut. Aspek visual seperti gambar memang sangat krusial demi peningkatan pengunjung website-mu. Kalau kamu ingin membuat pembaca blog-mu bertahan lebih lama di website atau halaman artikelmu, kamu perlu memahami beberapa tips SEO berikut.

Tapi sebelum itu, tahukah kamu mengapa kamu membutuhkan durasi yang lebih lama bagi para pengunjung ketika berada di website-mu?

Para ahli SEO menyatakan, lamanya pengunjung situs web mengakses suatu halaman akan menjadi faktor penentu bagi mesin telusur semacam Google untuk menaikkan peringkat website-mu di halaman hasil pencarian (SERP). Jika peringkatmu berhasil meningkat di mesin pencari Google, kamu bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung website.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Microsoft juga menyatakan bahwa saat ini manusia mempunyai durasi fokus lebih rendah ketimbang dua dekade lalu. Di tahun 2000, rentang waktu manusia bisa berfokus yakni sekitar 12 detik. Angka ini terus menurun hingga pada tahun 2016 durasi manusia bisa berfokus hanya sekitar 8 detik.

Asset Blog Dewaweb

Oleh karena itu, tidak heran kalau 73% pembuat konten merasa prioritas utama mereka memang lebih kepada penciptaan konten yang menarik secara visual. Bagaimana caranya? Gunakan tips SEO mengenai strategi konten visual berikut ini!

Dalam menjalankan visual marketing, ada beberapa tips terkait SEO yang bisa Anda coba. Berikut penjelasannya:

1. Buat Konten Gambarmu Sendiri

Buatlah konten visualmu sendiri. Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk desain gambar ilustrasi. Kamu juga bisa memotret dengan kameramu sendiri untuk dimasukkan ke dalam website-mu.

Tapi, kalau kamu tak punya aplikasi semacam Adobe Photoshop atau Adobe InDesign, tak perlu khawatir. Ada website yang bisa kamu akses sebagai online tool dalam membuat gambar dengan mudah tanpa memerlukan kemampuan teknis seperti desainer grafis, yaitu Canva. Melalui Canva, kamu hanya perlu mengerahkan kreativitasmu menggunakan berbagai fitur yang telah tersedia.

tips visual marketing seo canva

Canva adalah website desain grafis online gratis. Website ini punya banyak sekali template bagi setiap jenis konten visual yang ingin kamu buat. Mulai dari selebaran dan sampul CD hingga CV dan kartu pos, Canva juga menawarkan perpustakaan gambar yang dilengkapi dengan filter gambar. Jangan takut dulu, penggunaannya mudah kok.

Baca Juga: Apa itu Carousel? Pengertian, Jenis dan Tips Membuatnya

2. Gunakan Free-Royalty Photo Stock

Saat ini, ada banyak sekali website stok foto yang free-royalty. Maksud dari free-royalty adalah, kamu bisa menggunakan gambar tanpa harus membayar sejumlah uang atau penulisan creative common (cc) untuk hak gunanya alias cc 0 (cc zero).

Salah satu website yang menampung banyak free-royalty images adalah Unsplash. Unsplash lebih banyak menyediakan foto yang artistik dengan sentuhan filter sederhana nan menarik. Gambar-gambar pada website ini cocok untuk mencari konten visual yang akan digunakan oleh blogger fashion, interior design, atau sekadar blog personal.

Kalau kamu ingin menyamakan tema warna dari foto untuk ditaruh ke template website-mu dengan warna tertentu, kamu bisa menggunakan filter untuk menyaring pencarian berdasarkan warna.

tips visual marketing seo unsplash

3. Buat infografik

Tips SEO selanjutnya adalah untuk kamu yang membuat unggahan artikel informatif berisi data atau fakta singkat. Tahukah kamu bahwa akan lebih baik jika kamu menambahkan infografik, daripada hanya menyajikan ratusan hingga ribuan kata.

Pasalnya, kamu pasti tak mau membuat pengunjung website-mu bosan dengan apa yang mereka baca. Jadi, ringkaslah beberapa hal menarik dari pembahasanmu dan kemaslah dalam sebuah infografik yang menarik seperti gambar berikut.tips visual marketing seo infogafik

Baca Juga: User Generated Content (UGC): Penjelasan dan Manfaatnya untuk Bisnis

4. Tambahkan Screenshot Bila Memungkinkan

Kalau kamu membuat sebuah konten yang bersifat teknis atau dalam bentuk tutorial, cobalah untuk melampirkan beberapa tangkapan layar berdasarkan langkah yang kamu jabarkan. Tujuannya, agar para pembacamu lebih dimudahkan ketika memahami langkah-langkah tersebut. Selain itu, website-mu juga bisa mendapat tambahan view duration dari para pembaca yang mengamati gambar unggahanmu dengan saksama.

tips seo contoh gambar

Agar kamu tak kebingungan melakukan tips SEO yang satu ini, berikut ada cara mengambil tangkapan layar (screenshot) dari dua operasi sistem komputer, yaitu MacOS dan Windows:

  • MacOS: Tekan tombol Command, Shift dan 4 secara bersamaan. Gambar akan langsung tersimpan di layar desktop-mu.
  • Windows: Tekan tombol berlogo Windows dan PrintScreen [PrtScr] secara bersamaan.

Ada banyak cara lain untuk mengambil tangkapan layar pada layar komputer atau laptopmu. Jika tak bisa menjalankan langkah di atas, kamu bisa mencari caranya sendiri di internet. Biasanya, kamu akan menemukan informasi berupa shortcut, website, atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menangkap layar komputer atau laptop.

5. Gunakan Mim Menarik

Meme (mim) adalah ide, perilaku, atau gaya yang menyebar dari satu orang ke orang lain dalam sebuah budaya. Mengingat saat ini segala hal sudah dapat diunggah secara digital ke media sosial,  mim seringkali dibuat dalam bentuk gambar orang atau ekspresi dan biasanya dibuat dengan tujuan menghibur atau menyinggung perilaku manusia di lingkungan sosial. Mim bisa berupa gambar visual atau video.

tips seo meme

6. Tambahkan GIF Atraktif

Graphic Interchange Format (GIF) adalah gambar yang bisa bergerak karena GIF terdiri dari beberapa frame gambar yang disatukan. Kamu bisa menemukan koleksi GIF dari website GIPHY, cukup melakukan salin-tempel (copy-paste) ke draft artikel yang sedang kamu buat.

Biasanya, tips SEO ini bisa kamu gunakan untuk meringankan pernyataan agar tak terlihat terlalu serius, misalnya menyertakan GIF setelah membahas tutorial seperti GIF berikut.

Asset Blog Dewaweb

7. Masukkan Video

Selain untuk menambahkan durasi pengunjung berada di halaman website-mu, kamu juga bisa menggunakan langkah ini untuk menaikkan peringkat website-mu di Search Engine Result Page (SERP).

Pasalnya, kamu baru saja berhasil menambahkan potensi untuk menaikkan nilai Domain Authority (DA) untuk domain website-mu. Jangan lupa, pastikan videonya tetap relevan dengan artikelmu, ya!

Sebagai tambahan terkait domain, Kamu juga bisa cek domain di Dewaweb, lo!

Cara Memasukkan Embed Video YouTube ke WordPress

Klik “Share” yang ada di bawah video YouTube yang hendak kamu lampirkan ke artikelmu. Kemudian, pilih “Embed” hingga muncul tampilan berikut.

Embed YouTube Dewaweb

Setelah itu, salin link yang tersedia di sebelah kanan video seperti pada gambar di atas dan tempelkan (paste) link pada draft artikel. Tapi sebelumnya, ubah preferensi tampilan di sebelah kanan atas kotak tulisan, dari “Visual” menjadi “Text.” Selipkan di posisi yang kamu inginkan lalu tempel kode embed tadi.

SEO visual marketing: embed video di wordpress

Baca Juga: 7 Langkah Perencanaan Strategi Content Marketing untuk Bisnismu

Terapkan Strategi Visual Marketing untuk Bisnismu

Jika sudah selesai membaca tips SEO visual marketing di atas, berarti kamu sudah mengetahui tips SEO jitu untuk diterapkan di website-mu. Kalau sudah menerapkannya, inilah waktunya untuk meningkatkan web traffic dan membuat pengunjung website-mu dapat menikmati kontenmu sampai habis karena aspek visual yang menarik.

Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, jangan lupa gunakan hosting Indonesia yang aman dan juga hosting tercepat agar website-mu selalu bisa diandalkan oleh setiap pengguna internet yang mengunjunginya. Semoga sukses!