Trello adalah sebuah aplikasi yang memudahkan kamu untuk bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim saat melakukan proyek bersama. Trello akan membantumu menyusun rencana kerja dan menyelesaikannya secara bersama-sama. Yuk ketahui lebih dalam manfaat serta cara menggunakan Trello!

Manfaat menggunakan Trello

Sebelum beranjak ke pembahasan tentang cara menggunakan Trello, yang pertama harus kamu ketahui adalah bagaimana aplikasi ini akan memudahkan hidupmu saat sedang mengerjakan suatu proyek. Dengan Trello, kamu bisa memonitor progress pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Selain itu, kamu bisa mengatur deadline tugas.

Karena merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan orang dalam suatu tim untuk melakukan kolaborasi, maka kamu bisa mengundang orang lain serta berbagi pekerjaan yang sedang dilakukan.

Cara menggunakan Trello

Seperti kebanyakan aplikasi lain, cara menggunakan Trello untuk pengguna baru adalah dengan mendaftar serta membuat akun. Kamu bisa mendaftar Trello dengan memasukkan nama, alamat email, serta membuat password baru. Setelah selesai, klik pilihan Create New Account. Selesai dengan pembuatan akun, kamu bisa login kembali dengan akun dan password yang kamu daftarkan tadi.

Fitur-fitur pada Trello

Ada tiga fitur dalam Trello yang bisa memudahkan kamu untuk memahami cara penggunaanya:

  • Board

Boards atau papan adalah sebuah penanda pekerjaan yang sedang kamu kerjakan sekarang. Kamu bisa memberikan tema board sesuai dengan nama proyek yang sedang berlangsung. Selain untuk pekerjaan, Trello juga bisa digunakan anak sekolah atau kuliah untuk mengerjakan tugas bersama dalam sebuah grup.

Cara menggunakan Trello bisa dimulai dengan membuat Boards baru dengan cara klik pada pojok kiri atas laman browser atau klik pilihan Create New Board. Kamu juga bisa memilih tampilan Boards dengan pilihan warna dan tema yang ada di sebelah kanan. Setelah itu, klik Create Board.

 

  • List

Cara menggunakan Trello setelah membuat Boards adalah membuat List. List adalah tempat dimana kamu bisa membuat daftar langkah kerja atau tahapan yang harus dilakukan untuk menyelesaikan proyek-mu. Membuat List sangatlah mudah, letaknya ada di bawah nama Board. Ketikkan dahulu judul List berdasar langkah kerja yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Di bawahnya, masukkan hal-hal yang berhubungan dengan judul List yang kamu masukkan tadi. Setelahnya, buat tahapan untuk menyelesaikan langkah kerja dalam List tersebut. Di Trello, ada tiga pilihan yang bisa dipilih yaitu “Sedang Ditulis”, “Diulas Kembali”, dan “Selesai”. Dengan begitu kamu bisa memonitor progress dari langkah kerja yang dilakukan.

 

  • Card

Card berguna untuk memasukkan ide atau tugas yang harus diselesaikan agar proyek yang dijalankan bisa berhasil. Cara membuatnya mudah, kamu hanya perlu klik Add a Card. Berilah nama pada Card kamu. Jika sudah selesai membuat Card, kamu bisa mengubah pengaturannya untuk memberikan deskripsi atau informasi tentang deadline tugas tersebut.

Kamu juga bisa menambahkan Label untuk memberi warna Card. Misalnya saja merah untuk Card yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Untuk memindahkan Card ini pada List lain cukup klik dan tahan lalu menggesernya ke List yang diinginkan.

Gampang kan cara menggunakan Trello? Agar lebih memahami cara menggunakan Trello, kamu bisa langsung mencobanya. Trello hanya salah satu dari sekian banyak tools project management online yang bisa kamu gunakan. Dengan menggunakannya, kamu akan lebih dimudahkan dalam urusan perencanaan dan pelaksanaan sebuah proyek. Selamat mencoba, ya!

Cloud Hosting Terbaik di Indonesia