web design featured image

12 Tren Web Design Terpopuler di Tahun 2021 untuk Websitemu

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat website ialah mengikuti tren web design. Desain dalam website adalah hal esensial untuk memberikan citra ke pengunjung.

Inovasi desain web saat ini beradaptasi dari perkembangan teknologi dan kebutuhan pengunjung. Baik dalam segi pilihan warna, konten dan visual, semua disesuaikan untuk menarik perhatian visitor.

Nah, apakah website kamu sudah memiliki tampilan yang up to date? Jika kamu butuh inspirasi desain website yang sedang tren, cek artikel ini ya!

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Website dari Nol

1. Dark Mode

Mode gelap menjadi tren desain web di tahun 2021 ini. Seiring dengan populernya penggunaan night mode di beberapa perangkat dan aplikasi, design web turut mengadaptasi tampilan dalam mode gelap.

Design ala dark mode ini banyak digunakan oleh brand-brand terkemuka, seperti Apple, Mercedes Benz, dan lainnya. Penggunaan warna gelap membuat para desainer lebih bebas mengkreasikan elemen-elemen dalam website agar terlihat lebih menonjol.

web design dark mode

Selain nampak stylish dan elegan, ternyata penggunaan dark mode memiliki berbagai manfaat. Menurut pakar teknologi, dark mode dinilai baik untuk kesehatan baterai. Di samping itu, mode gelap juga ramah untuk penglihatan karena cahaya yang berkurang dapat mengurangi ketegangan mata.

Baca Juga: 10+ Website untuk Buat Desain Logo Online Terbaik

2. Full Page Header

Full page header juga sedang banyak digunakan dan menjadi tren design website di tahun 2021. Header berukuran besar yang memenuhi sebagian laman website mengarahkan pengunjung langsung kepada informasi yang ditujukan. Manfaatkan ruang dalam header dengan memberi konten yang tepat sasaran untuk menarik pengunjung.

Jika menggunakan full page header, penting sekali untuk memperhatikan dengan baik komponen yang ada di dalamnya. Contohnya pada website Dewaweb berikut yang menggunakan full page header sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihat informasi dengan jelas.

web design full page header

 

Kesan pertama pengunjung pasti akan langsung tertuju pada header. Pastikan gambar yang digunakan memiliki format PNG dengan resolusi yang baik dan ukuran yang tidak lebih dari 400 kb. Tambahkan kalimat Call To Action yang menarik minat pengunjung melakukan tindakan sesuai arahan.

3. Parallax Scroll Animation

Desain web yang sedang populer selanjutnya adalah efek animasi parallax. Efek parallax scrolling pada dasarnya membuat beberapa elemen visual bergerak dengan kecepatan yang berbeda dalam sebuah desain web. Dalam animasi parallax, beberapa gambar akan terlihat bergerak lebih cepat dari yang lainnya.

Pergerakan berlangsung seiring dengan tindakan scrolling yang dilakukan. Ilusi dari efek parallax dapat memancing pengunjung melakukan scrolling di website dengan pergerakan-pergerakan yang ada. Browser History adalah salah satu website yang menggunakan desain parallax scrolling.

Web design Parallax scrolling

Parallax memberi efek yang lebih hidup pada website. Meski terkesan modern dan futuristik, disarankan jangan berlebihan dalam pengaplikasiannya. Ilusi optik yang terlalu banyak bisa membuat pusing atau menyebabkan disorientasi pada sebagian orang. Jangan sampai hal tersebut mengalihkan perhatian dari informasi utama yang kamu tujukan pada website.

Baca Juga: 26 Parallax Website Terbaik di 2021 untuk Inspirasimu

4. Gradient Color

Gradient color turut meramaikan tren design website tahun ini. Bukan hanya di website saja, penggunaan warna gradasi juga banyak terlihat dalam berbagai karya desain. Skema warna transisi yang ditampilkan dalam gradient color menciptakan visual yang membuat gambar menjadi hidup. Tampilan website Moment House berikut bisa jadi inspirasi desain dengan gradient color.

Web design gradient color

Penggunaan warna gradasi memberi nuansa yang lebih fresh dan menonjol pada website. Sesuaikan warna gradasi dengan brand image yang ingin ditampilkan. Agar tidak terkesan berlebihan, cukup pilih dua atau tiga warna campuran untuk memberikan efek gradasi.

5. Light Color

Penggunaan warna terang dan lembut mulai mendominasi tren design pada website. Para web desainer mempertimbangkan penggunaan warna-warna yang lebih nyaman untuk dilihat seperti warna pastel. Palette warna ini dinilai lebih ramah dilihat mata dibandingkan dengan warna-warna kontras yang mencolok.

Warna mint, biru muda, lavender, cokelat muda, dan warna soft lainnya akan cocok digunakan dalam desain website dengan tema light color. Penggunaan warna lembut akan memberi kesan calm dan bersih pada tampilan website. Tampilan website Mend Seltzer bisa jadi inspirasi penggunaan warna light pada desain website.Web design light color

6. 3D Visuals

Design web dengan elemen 3D kian banyak digemari dan menjadi tren di tahun 2021. Bentuk-bentuk geometris dibuat lebih modern dengan bentuk tiga dimensi. Elemen 3D memberikan kesan realis dan menawan pada website. Tampilan website Adidas bisa menjadi inspirasi penambahan elemen 3D di web.

3D Visual

Jika kamu punya website toko online, design web dengan 3D visual ini sangat bagus untuk mempromosikan produk di website. Tampilan dalam bentuk tiga dimensi membuat produk yang ditawarkan akan terlihat semakin memesona dan elegan.

Baca Juga: 5 Penyebab Website Down, Apa Saja Ya?

7. Tipografi

Tipografi merupakan elemen penting dalam desain website. Tak hanya bertujuan untuk menyampaikan informasi berupa teks saja, tulisan/tipografi dapat dimanfaatkan untuk branding yang lebih unik dan kreatif.

Saat ini banyak terlihat penggunaan tulisan berukuran besar dengan efek bold menghiasi tampilan website. Tipografi bergaya retro juga mulai kembali digunakan dan menjadi tren di tahun 2021. Contohnya bisa kamu lihat pada website thePenTool berikut.

Tipografi

Banyak yang bisa dijelajahi dengan tipografi. Tulisan dengan efek bold bisa dijadikan suatu statement dalam website. Kamu juga bisa menggunakan font khusus yang diberi efek animasi agar terlihat bergerak. Hal ini bisa meningkatkan user experience karena menarik untuk dilihat.

8. Video Header

Website yang menggunakan video header juga tengah menjadi tren. Konten video dalam website selalu menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Bahkan menurut beberapa praktisi, video adalah online marketing tool terbaik yang bisa diaplikasikan. Freelancer adalah salah satu website yang menggunakan video header di halaman utamanya.

 

Memberikan video berdurasi pendek pada header bisa menjadi inspirasi mempercantik website. Pastikan konten dalam video tersebut memiliki dampak yang besar kepada pengunjung.

Selain itu, sangat disarankan untuk menggunakan video tanpa suara dengan durasi maksimal 30 detik dalam header.

9. Motion & Interactivity

Video memang salah satu bentuk konten yang menarik untuk dinikmati. Tak heran kalau motion juga turut menjadi tren pada design website. Motion dan animasi menjadikan sebuah website yang biasa terlihat lebih menarik dan menyenangkan. Desain website dengan motion dan elemen-elemen interaktif di dalamnya membuat pengunjung akan merasa lebih betah.

Elemen interaktif dalam website digunakan untuk menarik perhatian pengunjung yang sudah menyempatkan waktu ke website tersebut. Elemen motion interaktif dapat berupa games, quiz, polling, survey dan masih banyak lagi.

Motion and Interactivity Estee Lauder

Contoh website dengan motion dan interactivity di dalamnya bisa dilihat pada Estee Lauder. Fitur game interaktif di dalamnya digunakan untuk menarik perhatian pengunjung sekaligus mempromosikan produk yang mereka jual.

Baca Juga: Manfaat SEO untuk Website dan Bisnis Online

10. Minimalism

Gaya minimalis masih menjadi tren desain website yang populer digunakan. Mulai dari website portofolio, ecommerce, hingga brand banyak mengusung desain minimalis. Tampilan website bergaya minimalis memberi kesan modern dan rapi.

Pengunjung akan lebih fokus pada informasi dalam website ketimbang elemen lainnya. Inspirasi desain minimalis bisa kamu lihat pada website ETQ.

Jika kamu mencari ide desain yang timeless, gaya minimalis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa coba gunakan desain minimalis di website</mu dengan sedikit sentuhan warna pastel ataupun bold yang memberi ragam pada website. 

Minimalis

 

11. Illustration

Gambar ilustrasi semakin banyak digunakan para web desainer untuk mempercantik website. Ilustrasi juga tengah naik daun di media lainnya, seperti pada desain grafis dan media sosial.

Tak heran, elemen gambar ilustrasi kini juga masuk dalam tren web design tahun 2021.  Osakamania bisa jadi salah satu inspirasi website dengan ilustrasi tangan yang menarik.

Ilustrasi Osakamania

Penggunaan gambar ilustrasi sangat bagus untuk menambahkan sentuhan otentik pada website. Elemen yang digambar dengan tangan dibuat dalam bentuk digital untuk menghasilkan desain yang unik dan kreatif. Banyak jenis ilustrasi yang bisa diaplikasikan ke dalam website. Mulai dari ilustrasi kartun, vector, karikatur, hingga black and white.

12. Collage

Kolase adalah teknik menggabungkan beberapa media seperti gambar, foto, ilustrasi, grafik, teks ataupun animasi dalam sebuah desain. Ketika kamu ingin menampilkan keragaman atau keunikan brand dalam sebuah website, desain collage sangat tepat untuk digunakan.

Website Happy Socks bisa jadi contoh penggunaan desain kolase pada website.

Kolase

Design web menggunakan kolase memiliki keunikan tersendiri. Jika tidak memiliki gambar dengan resolusi tinggi, menggunakan desain kolase bisa jadi tips tepat. Penggabungan beberapa media menjadikan pengunjung tidak akan terfokus pada satu gambar saja, melainkan dari segi keseluruhan desain kolase itu sendiri.

Baca Juga: 6 Keunggulan Cloud Hosting untuk Website Kamu

Simpulan

Dari semua tren web design di atas, mana yang jadi favoritmu? Semuanya terlihat menarik dan patut dicoba ya! Pilih sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan dengan brand image yang ingin ditampilkan dalam website. Niscaya tampilan website semakin menarik dan kekinian.

Desain website yang menawan tak lengkap bila masih terdapat kendala saat mengaksesnya. Jangan sampai pengunjung berkurang karena page load website lambat.

Kendala seperti ini bisa menurunkan performa website lho! Untungnya, permasalahan ini bisa segera diatasi dengan web hosting terbaik Dewaweb yang bisa kamu andalkan.