10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

10 Cara Meningkatkan Engagement Instagram, Wajib Tahu!

Jika kamu pengguna Instagram untuk bisnis, kamu harus tau cara meningkatkan engangement di akun Instagram. Siapa sih yang tak mau memiliki peluang bisnis dari medsos? Semua pasti menginginkannya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan engagement Instagram? Algoritma Instagram menilai seberapa banyak interaksi yang terjadi pada akunmu. Dengan adanya interaksi yang padat itu, Instagram akan memunculkan akun dan posting-an kamu semakin sering dan kepada semakin banyak akun pengguna lainnya yang berpotensi menjadi audiens setia.

Instagram bisa saja menampilkan posting-an di halaman “explore” atau bahkan, lebih baik dari itu! Mengapa? Karena kini Instagram memunculkan saran kumpulan hashtag di main feed pengguna. Posting-an kamu bisa muncul di halaman utama Instagram dari para pengguna.

Terpikir untuk pakai cara curang dengan jasa beli followers instagram atau aplikasi followers instagram gratis? Itu sih sudah ketinggalan jaman. Lagipula, kini Instagram tidak mentoleransi alat bot semacam itu yang secara otomatis dapat memberi “like”, komentar atau “follow”. Walau ya, memang benar dampaknya tak langsung terasa.

Jadi, mari kita pakai cara jitu meningkatkan engagement akun Instagram yang sifatnya organik. Bagaimana cara dapat meningkatkan engangement/ interaksi audiens di Instagram? Baca lebih lanjut artikel berikut!

Baca Juga: 20+ Instagram Tools Gratis yang Bermanfaat bagi Pemilik Bisnis

Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

1. Posting Konten yang Berkualitas

Jujur saja, seberapa banyakpun kiat Instagram yang dibaca, jika kamu tidak mengunggah konten visual yang berkualitas maka semua referensi itu tidak ada yang akan menghasilkan. Di era digital ini, kamu hanya punya beberapa detik untuk menarik perhatian orang ketika mereka bisa dengan gampangnya scrolling down home feed di berbagai platform media sosial.

Untuk itu, memposting konten yang bagus adalah langkah pertama untuk bisa meningkatkan engagement IG. Lantas, Seperti apa konten Instagram yang bagus?

  • Foto yang berkualitas tinggi (tidak perlu kamera mahal semacam DSLR, kamera ponsel pun dengan adanya perkembangan teknologi sudah cukup bagus tapi coba edit dengan berbagai aplikasi bagus yang kini sudah banyak tersedia gratis di app store smartphone
  • Foto yang meninggalkan kesan menyenangkan karena unsur kreatif dan tentunya mampu menarik perhatian
  • Caption foto yang juga menyenangkan, inspiratif atau memotivasi pembacanya
  • Video yang keren, bisa jadi yang lucu-lucu semacam video anak anjing atau kucing
  • Keseluruhan foto yang tematik, yang mewakili gaya Anda sendiri sehingga unik

Tips Instagram 1 - Dewaweb

Dewaweb juga mengunggah video berkualitas dengan resolusi cukup tinggi dan konten-konten informatif yang di-posting secara tematik. Anda dapat mengunjungi Instagram dewaweb untuk melihatnya lebih langsung.

2. Gunakan Hashtag dengan Benar

Cara meningkatkan engagement Instagram lainnya adalah menggunakan hashtag. Kamu perlu memerhatikan bahwa ada jumlah besar postingan orang lain yang sama-sama memakai hashtag. Gunakan hashtag yang lebih banyak dipakai orang. Selain followers, kamu juga bisa menjaring audiens lain untuk menemukan akunmu. Ini juga bisa jadi cara untuk membangun komunitas di Instagram. Selain itu, ini juga cara agar algoritma Instagram dapat mengetahui kategori konten visual apa yang diunggah, sehingga Instagram bisa menampilkan postinganmu ke orang-orang dengan minat sama.

Pastikan agar apa yang sudah kamu posting dengan hashtag itu tidak salah tulis dan sesuai dengan konten yang diunggah. Jangan sampai hashtag-nya soal sepatu, tapi konten yang diunggah tak berhubungan dengan sepatu sama sekali. Semakin banyak hashtag relevan yang dipakai, peluang akun IG ditemukan oleh audiens akan semakin besar.

Baca Juga: 7 Contoh Content Marketing di Instagram yang Bisa Jadi Inspirasi

3. Posting pada saat Followers sedang Ramai

Cara meningkatkan engagement Instagram selanjutnya adalah mengetahui kapan waktu di mana Instagram banyak dikunjungi oleh followers atau audiens kamu. Saat mereka sedang aktif-aktifnya, saat itulah kamu harus posting konten. Mengapa? Karena pada saat itu, potensi agar akun melibatkan banyak interaksi menjadi besar.

Tapi bagaimana cara mengetahuinya? Gunakanlah berbagai aplikasi/online tool yang bisa dipakai untuk meninjau atau menganalisa audiens Instagram. Aplikasi yang bagus memberitahumu beberapa hal berikut!

  • Kapan waktu terbaik buat posting (hari dan jam)
  • Kapan waktu terbaik untuk berinteraksi dengan followers

Kemudian, gunakanlah info-info penting ini untuk meningkatkan engangement. Bayangkan kamu ingin membuat pengumuman penting yang ingin semua orang tahu/berpartisipasi.

4. Ketahui Postingan Paling Top 

Ketahui posting-an yang mana yang paling top selama ini dari akun IG kamu. Top dalam artian paling banyak interaksinya, baik likes atau comment. Intinya yang postingan yang top adalah yang paling menarik perhatian orang, khususnya followers kamu. Jika mau menganalisanya sendiri, berikut adalah beberapa pertanyaan terkait yang bisa dipertimbangkan soal posting populer kamu:

  • Jenis konten seperti apa?
  • Bagaimana tone color pada konten itu?
  • Gaya caption-nya seperti apa?
  • Hashtag apa saja yang dipakai?

Baca Juga: 9+ Cara Jitu Menambah Jumlah Followers dan Likes di Instagram

5. Posting Lebih Banyak Konten seperti Kiriman Top Anda

Kiriman top Anda sudah jelas merupakan posting-an yang paling disukai orang. Jadi, poskan lebih banyak foto, video, atau insta-story seperti kiriman top Anda. Hal ini perlu dilakukan agar Anda bisa terus mengembangkan akun Anda.

6. Posting dengan Pola yang Efektif

Cara meningkatkan engagement Instagram selanjutnya adalah memposting konten dengan pola yang efektif. Setiap akun tidaklah sama, terkadang satu cara cocok untuk akun lain, namun pada akunmu tidak. Tidak harus satu pola yang sama, kamu bisa melakukan uji layaknya A/B Testing.

Kamu bisa coba berbagai macam pola dalam mengunggah postingan. Misal, kamu coba unggah sejenis konten populermu secara rutin selama dua kali seminggu. Intinya, rajinlah bereksperimen untuk menemukan pola yang cocok untuk akun Instagrammu.

7. Posting Secara Konsisten

Trik ini sudah banyak yang tahu. Cara meningkatkan engagement di akun Instagram yakni memposting dengan konsisten. Memposting konten secara konsisten bisa berdampak baik bagi peluang bisnis. Orang-orang diteliti memiliki pola waktu yang teratur untuk mengakses akun Instagram mereka. Misal, pada jam makan siang dan lain-lain. Dengan pengguna yang mengakses Instagram secara konsisten, maka kamu juga perlu unggah konten secara teratur.

Coba rencanakan dengan seksama (didukung data survey dan lain-lain). Jangan unggah secara acak, baik waktu atau jenis kontennya. Cobalah konsisten setiap saat dan pisahkan akun pribadi dan akun bisnis jika ingin memposting hal-hal pribadi yang tak beraturan.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Caption Instagram untuk Tingkatkan Engagement

8. Ajukan Pertanyaan di Caption bagi Followers

Ajak mereka berinteraksi di akunmu dengan cara mengajukan pertanyaan menarik yang tak harus sulit dijawab. Kamu bisa saja memancing engagement dengan cara menanyakan hal yang sederhana, seperti dari mana mereka berasal atau apa bidang profesional mereka dan sebagainya.

9. Selalu Balas Komentar di Postingan

Usahakan untuk selalu balas komentar atau coba balas komentar sebanyak mungkin di Instagram kamu. Ini merupakan bentuk apresiasi bagi audiens kamu, sehingga mereka akan terus berinteraksi denganmu karena menunjukkan interaksi yang ramah.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Feed Instagram Kamu Jadi Makin Menarik

10. Fokus untuk Menambah Teman, Bukan Followers

Jika baru memulai di Instagram, jangan terburu-buru untuk langsung menambah followers. Gunakan waktumu sebaik mungkin, lakukan riset untuk menemukan cara yang tepat. Temukan komunitas kecil yang memiliki minat sama. Usahakan untuk saling mendukung setiap kali seseorang memposting, juga komentari dan sukai posting orang-orang itu.

Jangan lewatkan referensi terkait lainnya yang bisa mendukung usahamu dalam mengembangkan akun Instagram. Baca juga bagaimana cara membuat Instagram Ads dan baca strategi marketing Instagram bagi bisnis.

Baca Juga: Panduan Membuat Akun Instagram Bisnis

Terapkan Cara Meningkatkan Engagement Instagram!

Dengan membaca artikel ini, kamu sudah tahu cara meningkatkan engagement Instagram. Tak hanya bagi branding activation, cara-cara ini bisa menngkatkan peluang bisnis.

Sebagai provider hosting murah dan vps murah, khususnya cloud hosting Indonesia yang telah bersertifikat internasional , Dewaweb berkomitmen untuk membantumu sukses secara online. Baca juga berbagai konten menarik lainnya dari kami di blog Dewaweb. Selamat berusaha dan semoga berhasil ya!