menjaga keamanan data wordpress

Trik Menjaga Keamanan Data WordPress Anda

Keamanan data sebuah website sangatlah penting, terlebih jika Anda memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis. Membangun situs pun dapat dilakukan melalui berbagai sumber, seperti menggunakan CMS dan memanfaatkan layanan hosting murah. Untuk Anda pengguna layanan hosting Indonesia dan menggunakan WordPress sebagai CMS, berikut ini beberapa trik keamanan data WordPress milik Anda.

Update Versi Terbaru WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS yang secara rutin melakukan sejumlah perbaikan software. Saat WordPress memiliki versi terbaru, lakukanlah update, karena versi terbaru tersebut umumnya hadir dengan sejumlah peningkatan dari sisi keamanan script maupun fitur. Update WordPress ini dapat Anda lakukan secara manual, atau meminta bantuan dari penyedia hosting Indonesia yang Anda gunakan.

Hindari Penggunaan “Admin” sebagai Username

Penggunaan username “admin” memudahkan para hacker untuk memasuki pertahanan keamanan data Anda. Untuk itu, hindari penamaan username tersebut, dan ganti dengan username yang lebih secure dan sulit ditebak oleh orang lain.

Baca Juga: 30 Tips, Trik dan Hacks Untuk WordPress

Blokir Host yang Mencurigakan

Anda pun harus selalu waspada saat menemukan host yang berpotensi merusak website Anda. Saat menemukan host yang mencurigakan, Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu, seperti menggunakan situs hackrepair.com dan memasukkan host yang mencurigakan tersebut.

Pakai Password yang Kuat

Selain mengganti username default “admin”, Anda pun sebaiknya segera mengganti password lama Anda dengan yang lebih aman. Gunakan kombinasi angka dan huruf yang sulit ditebak oleh hacker atau user lain, selanjutnya ingat selalu password yang baru Anda ganti tersebut.

Bijak Memilih Plugins

Anda pengguna hosting murah, mungkin sering meng-install plugins untuk mengoptimalkan kinerja WordPress. Namun, plugins yang tidak diperlukan mungkin saja berakibat buruk pada website Anda. Untuk itu, bijaklah dalam menggunakan plugins, dan hanya meng-install plugins yang paling Anda butuhkan saja.

Baca Juga: 7 Plugin WordPress yang Wajib Kamu Instal

Backup, Backup, dan Backup!

Backup sangatlah penting untuk Anda lakukan dalam menjaga dan mencegah hal buruk yang bisa terjadi pada website WordPress Anda. Maka dari itu, selalu lakukan backup secara menyeluruh terkait semua data penting milik Anda, sehingga saat terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda dapat mengembalikan kondisi website Anda seperti semula.

Pilih Hosting yang Bagus untuk WordPress

Trik terakhir adalah melakukan pencegahan dari segi hosting. Agar keamanan data WordPress Anda dapat diatur dengan lebih maksimal, gunakan penyedia hosting yang juga bisa memberikan manfaat untuk WordPress yang Anda miliki. Layanan ini tentunya juga memiliki fitur yang terkait dengan penggunaan CMS WordPress.

Trik-trik di atas dapat dilakukan untuk menjaga keamanan data WordPress Anda. So, dengan melakukan tips di atas, maka CMS WordPress yang Anda kelola melalui layanan hosting Indonesia tetap aman dan nyaman digunakan. Anda pun sekarang tak perlu khawatir lagi menggunakan layanan hosting murah untuk mengoptimalkan WordPress Anda dan juga keamanan untuk semua data di dalamnya.